HIBURAN

8 Hal Ini Hanya Dirasakan Oleh Anak Kuliahan Jurusan IT, Kamu Termasuk Gak?

Skripsi

Buat kamu anak IT yang sering merasakan hal-hal berikut ini. Sabar aja ya! Anggap aja hiburanmu dikeseharian.

Anak kuliahan jurusan IT (Information Technology), memang selalu menjadi pemeran penting dalam industri bisnis yang masuk di dunia digital. Kemajuan teknologi sekarang ini hampir membuat seluruh ranah bidang teknologi diisi oleh anak kuliahan yang ada di jurusan IT. Karena bisa kita lihat bahwa kehidupan manusia sekarang ini sudah tidak bisa lepas dari namanya teknologi, dan teknologi itu sendiri tidak bisa kita pungkiri bahwa bermanfaat untuk kebutuhan hidup kita.

Dengan kehadiran teknologi sendiri banyak memudahkan segala macam urusan, seperti melakukan pembicaraan dari jarak jauh misalnya (telepon), atau memudahkan pencarian lokasi dengan bantuan GPS, kalau dulu masih menggunakan peta yang rasanya ribet sekali untuk dibawa.

Bicara soal Information Technology atau bisa kita singkat IT, harus juga singgung perkuliahan dengan jurusan IT. Karena kenapa? Karena jurusan IT saat ini menjadi salah satu dari beberapa jurusan yang populer dan banyak peminatnya. Tak heran anak-anak yang kuliah di jurusan IT sering didekati oleh anak-anak non-IT.

Tahu kenapa anak-anak IT sering didekati anak-anak non-IT? Karena mereka menganggap anak-anak IT adalah orang yang serba bisa. Buat kamu yang merasa anak di jurusan IT, beberapa hal ini mungkin pernah kamu rasakan.

1. Jurusan IT yang mempelajari segala macam teknologi, membuat kamu dijuluki teknisi yang serba bisa

Yang Dirasakan Anak Jurusan IT

Dianggap serba bisa, kadang kesel kadang bahagia

Karena kamu berada di jurusan IT, tak jarang temanmu yang non-IT menganggapmu sebagai orang yang serba bisa. Terkadang mereka meminta bantuan untuk memperbaiki alat-alat yang mereka punya, padahal bisa jadi alat tersebut tak ada hubungannya dengan apa yang kamu pelajari selama di perkuliahan.

Karena salah satu keahlian anak IT adalah memperbaiki perangkat keras, tak jarang juga segala perangkat keras yang temanmu punya jika ada kerusakan mereka akan memintamu untuk memperbaikinya, seperti kulkas, AC, dan perangkat keras lainnya. Padahal, tak ada hubungannya kan? Sedih gak sih?

2. Kamu yang mempelajari pemrograman sering dianggap sebagai pemegang kendali dunia maya

Yang Dirasakan Anak Jurusan IT

Sibuk coding buat tugas, dikira hacker

Ketika temanmu non-IT melihatmu sedang mempelajari pemrograman, atau sedang melakukan coding di laptop atau komputermu, lantas mereka akan langsung menganggapmu memiliki kendali di dunia maya. Mereka akan menganggap kamu adalah Hacker, padahal mungkin saja kamu hanya iseng-iseng buka aplikasi pemrograman.

Parahnya lagi, ketika mereka terlalu berambisi dengan keahlian pemrogramanmu, kamu bakalan sering diminta yang aneh-aneh seperti permintaan hack Facebook atau Instagram orang misalnya. Tapi meski kamu memang bisa melakukannya, sangat disarankan permintaan seperti itu tak perlu ditanggapi ya. Tahu kan sekarang sudah ada undang-undang terkait permasalahan di dunia digital.

3. Karena sering bertemu teknologi, tak jarang kamu pun juga dianggap sebagai katalog teknologi berjalan

Yang Dirasakan Anak Jurusan IT

Paling risih kalau dianggap katalog berjalan, iya gak?

Karena kamu sering bertemu teknologi dikeseharianmu berkuliah, tak jarang teman-temanmu yang non-IT sering menanyakan harga-harga berbagai macam perangkat, bahkan sampai perangkat smartphone terbaru. Meski kamu mengetahui harganya, hal ini terkadang sering membuatmu risih.

Kamu mungkin pernah ditanya tentang harga smartphone terbaru, laptop dengan monitor 15” berapa harganya, lalu mouse untuk gaming bisa dibeli dimana, dan pertanyaan-pertanyaan lucu lainnya. Tapi meski begitu, kamu anak yang kuliah di jurusan IT janganlah sedih, ambil sisi positifnya. Buat lucu-lucuan aja.

4. Ketika internet mereka yang non-IT melambat, kamu yang anak jurusan IT akan sering ditanya “biar internet cepet, harus diapakan ya sob?”

Yang Dirasakan Anak Jurusan IT

Mau internet cepat?

Nge-net memang menjadi suatu kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang-orang yang sering menggunakan smartphone. Mereka sering melakukan browsing di internet selama berjam-jam jika mereka bosan. Dan ketika internet mereka melambat, kamu yang anak jurusan IT akan sering menjadi tujuan mereka menanyakan masalah kenapa internetnya melambat.

Bahkan jika temanmu keseringan melakukan download atau upload di internet, mereka tak jarang akan menanyakan kepadamu bagaimana caranya kecepatan internetnya bisa cepat. “bro caranya download bisa 20MBps gimana ya?” mungkin itu yang paling sering ditanyakan. Kamu yang anak IT sering dikira sebagai solusi bagi internet lambat, karena kamu sering dianggap dewa internet cepat oleh teman-temanmu yang non-IT.

5. Kamu mungkin saja sesekali akan diminta “eh kamu tolong editin foto aku dong”

Yang Dirasakan Anak Jurusan IT

Please… editin foto gue bro

Ketika kamu fokus mempelajari pemrograman, dan ada seseorang yang meminta tolong untuk mengeditkan fotonya. Disitu kamu akan merasa tidak nyambung. Apa yang kamu pelajari dan apa yang mereka minta selalu saja berbeda, dan itu sering terjadi kepadamu wahai anak-anak jurusan IT.

Mereka temanmu akan menganggapmu Master of Design, padahal kamu sendiri tidak mempelajarinya. Karena mereka pikir semua anak IT adalah jago desain. Tapi kalaupun kamu memang ahli desain, ya sesekali membantu mereka yang butuh bantuan editingmu juga tidak apa-apa. Hitung-hitung tabung amal kebaikan.

6. Mereka pikir anak IT itu sering begadang, dan kerjanya selalu malam

Yang Dirasakan Anak Jurusan IT

Emang selalu malam? pagi juga bisa kali

Mungkin pernah ditanya “kamu kok kerjanya malam terus sih? Depan laptop pula? Ngapain aja sih?”. Sering? Jangan khawatir, kamu tidak sendirian yang pernah merasakannya. Memang ada beberapa sih orang IT yang bekerja saat malam hari, seperti melakukan backup server misalnya. Tapi ada banyak juga sih anak IT yang kecanduan internet sampai nge-net dari pagi ke pagi lagi. Mungkin kamu sendiri pernah merasakannya?

7. Mereka anggap, semua anak IT itu selalu setiap dengan laptop dan smartphonennya hingga anak IT dijuluki pangeran Jomblo, padahal…

Yang Dirasakan Anak Jurusan IT

Sedih gak sih dikira jomblo?

Mungkin kamu merasa sedih saat temanmu kira kamu sebagai anak IT hanya memikirkan laptop dan smartphonemu saja dan lupa untuk menjalin hubungan dengan seseorang. Mereka juga mungkin sering menganggapmu jomblo, padahal kenyataannya mungkin saja kamu punya pasangan dan kamu bukanlah seorang yang jomblo.

Meski menjadi jomblo juga tidak ada masalahnya sih, tapi ketika itu sudah menjadi sebuah olok-olokan, mungkin kamu pada akhirnya akan merasa risih. Sedih gak sih? Sabar aja ya!

8. Terlepas dari beberapa hal diatas, kamu yang anak IT sering dianggap teman-temanmu memiliki masa depan yang cerah. Pernah?

Yang Dirasakan Anak Jurusan IT

Yang penting masa depan cerah!

Jangan sedih ketika kamu dibilang teknisi serba bisa, pekerja malam, atau bahkan pangeran jomblo. Karena terkadang teman-temanmu juga sering menganggapmu yang anak IT memiliki masa depan yang cerah. Mereka anggap kamu yang mengetahui segala macam teknologi punya jenjang karir yang lebih bagus karena kamu dianggap temanmu cerdas dalam mengetahui segala macam teknologi masa kini.

Ya terlepas dari itu semua, baik atau buruknya kamu dianggap oleh teman-temanmu yang non-IT, sebaiknya diikhlaskan saja. Jangan anggap itu sebagai beban hidupmu atau bebanmu ketika berkuliah di jurusan IT. Anggap saja itu sebagai sebuah hiburan, layaknya pengobat rasa bosanmu dikeseharian. Buat kamu anak IT, yuk kita semangat lagi!

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini