HUBUNGAN

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Putus Cinta, Agar Hidupmu Selalu Bahagia

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Putus Cinta, Agar Hidupmu Selalu Bahagia

Putus cinta tak boleh membuatmu merana, beberapa hal ini bisa membantumu bahagia walaupun setelah merasakan rasanya putus cinta.

Putus cinta mungkin terdengar menyakitkan bagi sebagian orang. Hari-hari yang biasanya dilalui bersama dengan pasangan, kini tinggal menjadi sebuah kenangan. Kamu pun harus menerima fakta bahwa kamu dan dia memang tak bisa bersama kembali. Tapi jika memang kamu berjodoh dengannya, pada akhirnya kamu dan dia juga akan bersama lagi. Bukankah ada pepatah yang berkata “Kalau jodoh itu gak kemana”?

Putus cinta jangan sampai membuatmu putus asa dalam menjalani kehidupan selanjutnya. Kehidupan harus terus berjalan, walaupun tanpa pasangan. Percayalah hal baik lainnya sudah menantimu di depan mata. Jangan menyerah dengan keadaanmu saat ini. Kamu harus terus bergerak maju, relakan saja masa lalumu itu karena kelak pasti kamu akan menemukan pasangan yang baru.

Berikut ini Wokeeh berikan beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar kamu tidak berlama-lama bersedih karena persoalan putus cinta.

1. Putus cinta tak akan membuat masa depanmu pupus, mulai sekarang fokuslah pada dirimu

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Putus Cinta, Agar Hidupmu Selalu Bahagia

Fokus pada diri sendiri

Boleh saja bersedih saat putus cinta, tapi tak boleh terlalu lama. Jika kamu terlalu lama bersedih pada akhirnya kamu akan rugi sendiri. Jangan lupa juga untuk selalu introspeksi diri agar bisa memahami dan menemukan apa yang kurang dalam diri sendiri. Segeralah perbaiki kekurangan yang kamu punya agar saat di masa depan nanti bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Selalu fokuslah kepada tujuan utamamu, yaitu mengejar cita-cita yang kamu impikan sedari dulu.

Ketika kamu sukses mengejar cita-cita, maka bukan tidak mungkin urusan soal jodoh akan dimudahkan oleh Tuhan. Fokuslah pada dirimu dulu, perbaiki kekuranganmu, kembangkanlah pengetahuan dan kejarlah cita-cita, agar urusan jodoh dapat dimudahkan nantinya.

2. Bergeraklah mencari aktivitas baru agar kamu secepatnya bisa lepas dari masa lalu

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Putus Cinta, Agar Hidupmu Selalu Bahagia

Carilah aktivitas baru yang bisa melupakan kenangan masa lalumu bersamanya

Kamu tidak perlu berlama-lama dalam meratapi persoalan putus cinta, karena itu akan sangat membuang-buang waktumu yang berharga. Segeralah kamu mencari kesibukan baru yang membuatmu semakin produktif dalam menjalani hidup. Misalkan menjalani hobimu yang sudah lama tidak kamu lakukan, atau mencari kesibukan-kesibukan baru, yang nantinya secara perlahan dapat membantumu untuk melupakan segala masa lalu yang telah lewat dalam hidupmu.

Ini adalah cara yang paling efektif untuk kamu lakukan dibandingkan kamu harus meratapi kepergiannya. Agar masa lalumu dengan dia mudah dilupakan, akan lebih baik jika kamu terus konsisten dalam menjalani aktivitas barumu itu. Bisa saja dari aktivitas baru yang kamu lakukan dapat menghasilkan keuntungan untukmu. Manfaatkanlah waktu sebaik mungkin di usia muda, dan jadilah manusia yang produktif di dunia, bisa itu melalui karya, hobi, atau yang lainnya.

3. Hidup tidak selalu soal mencari pasangan. Membahagiakan keluarga khususnya kedua orang tua adalah prioritas yang utama

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Putus Cinta, Agar Hidupmu Selalu Bahagia

Keluarga yang paling utama

“Dunia ini serasa milik berdua, yang lain cuma ngontrak”

Itu mungkin anggapanmu saat kamu dan dia masih berhubungan. Padahal hidup itu bukan selalu persoalan mencari pasangan ataupun berpacaran. Ada banyak hal yang lebih penting dari pasangan. Salah satunya adalah keluarga, terutama kedua orang tua. Di dalam usia muda ada baiknya jika kita membahagiakan mereka, karena kasih sayang yang sebenarnya dan datang secara alami adalah kasih sayang dari kedua orang tua. Harta yang paling berharga dan mutiara yang paling indah adalah keluarga.

Mereka dengan susah payah membesarkanmu sampai saat ini, memberikan pendidikan yang layak, sampai merawatmu saat sedang sakit. Pasanganmu belum tentu bisa melakukannya sebaik mereka, apalagi pasanganmu yang masih dalam status pacar. Beda halnya dengan yang sudah berstatus suami-istri, karena mereka sudah mandiri dan mempunyai tuntutan yang berbeda dengan keluarga barunya.

Bagi kamu yang baru putus cinta, jangan pernah merasa merana. Karena cinta bisa datang dari mana saja. Cinta akan terus datang dari kedua orang tua. Maka bahagiakanlah selalu orang tuamu, buatlah mereka bangga, dan jadilah anak yang berguna untuk mereka. Berikan hal terbaik yang kamu bisa, seperti menuntut ilmu dengan tekun agar cita-cita yang kamu mimpikan bisa terwujud nantinya. Pada akhirnya orang tua akan merasa bangga dan bahagia dengan keberhasilan anaknya.

4. Mungkin kamu bisa lupa dengan orangnya, tapi tidak dengan kenangannya. Mulai sekarang kamu harus belajar mengikhlaskan kepergiannya

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Putus Cinta, Agar Hidupmu Selalu Bahagia

Mengikhlaskan kepergiannya itu lebih baik

Ikhlas itu memang sulit. Butuh latihan berulang-ulang, dan latihannya pun harus ikhlas. Mungkin kamu dan dia ditakdirkan tak bisa bersama lagi, tapi dengan ikhlas tak akan membuatmu bersedih hati. Kamu harus mulai terbiasa tanpa dia dalam kehidupan sehari-harimu. Carilah kegiatan-kegiatan yang bisa membantumu untuk melupakannya, agar kamu tak teringat lagi dengan dirinya.

Mungkin kamu bisa lupa dengan orangnya, namun tidak dengan kenangan-kenangan yang telah kalian alami bersama. Sebisa mungkin hindari kegiatan-kegiatan yang bisa membuatmu teringat akan hal-hal yang telah lalu, yang kalian alami bersama sewaktu dulu. Hindari tempat-tempat dimana kamu sering melakukan kegiatan bersama, seperti misalnya kencan di malam minggu. Hindari juga melewati jalan menuju rumahnya, karena itu bisa membuatmu teringat kembali kenangan bersama dirinya.

5. Walaupun berstatus mantan pacar, kamu dan dia tak boleh saling menghindar. Kamu harus tetap bersilaturahmi agar tali pertemanan tetap terjaga

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Putus Cinta, Agar Hidupmu Selalu Bahagia

Silaturahmi menjaga tali persaudaraan

Kamu mungkin boleh kehilangan pacar, tapi tidak boleh kehilangan teman. Kamu dan mantan pacar boleh saja putus cinta, tapi hal itu tak boleh jadi alasan kamu dan dia tak saling berjumpa. Tidak ada salahnya berteman dengan mantan pacar, karena memang pada awalnya kalian yang belum berhubungan adalah sepasang teman. Kamu dan dia harus kembali berteman dan saling silaturahmi satu sama lain. Kalian dulu kan sepasang teman jadi untuk apa malu-malu kembali bersalaman?

Putus cinta bukanlah akhir dari segalanya, tak boleh juga membuatmu merasa merana terlalu lama. Ingatlah bahwa perjalanan hidupmu ini masih panjang, akan ada banyak kemungkinan kamu nanti menemukan pasangan idaman di masa depan.

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini