INSPIRASI

7 Cara Untuk Kamu yang Belum Bekerja Agar Tak Lagi Merepotkan Orang Tua

7 Cara Untuk Kamu yang Belum Bekerja Agar Tak Lagi Merepotkan Orang Tua

Tak perlu menunggu kaya untuk membahagiakan orang tua. Dengan cara-cara berikut ini kamu bisa membahagiakan mereka. Buatlah mereka bangga!

Setelah perjuangan panjangmu untuk menggapai gelar sarjana, langkah hidupmu berikutnya tak berhenti sampai di situ saja. Kamu yang sudah menyandang gelar sarjana, setelah wisuda akan disibukkan dengan berbagai lamaran pekerjaan yang satu persatu kamu kirimkan. Walau menjadi pengangguran untuk sementara, kamu yang bergelar sarjana tak boleh lupa dengan kewajibanmu untuk segera mencari kerja.

Kamu tak boleh santai-santai saja dan membiarkan pengangguranmu untuk waktu yang lama, kamu yang pengangguran harus segera mencari kerja agar tak merepotkan orang tua.

“Aku gak mau kerja, mau membuka usaha aja”

Mau usaha ataupun mencari kerja di perusahaan, itu sama saja. Kamu yang sudah wisuda, jenjang kehidupanmu berikutnya adalah mencari sumber penghasilan, agar hidupmu kelak sudah bisa disebut mandiri dan tak bergantung dengan orang tuamu lagi.

Agar kamu yang belum bekerja tak lagi menjadi beban orang tua, kali ini Wokeeh akan memberikan beberapa tips untukmu agar tak jadi pengangguran yang merepotkan mereka.

1. Jadikan dirimu berguna untuk orang tua, bantulah mereka dengan melancarkan segala aktivitasnya

7 Cara Untuk Kamu yang Belum Bekerja Agar Tak Lagi Merepotkan Orang Tua

Bantu segala aktivitas yang orang tuamu lakukan via detik.com

Walau kamu tak memiliki gaji, kamu tetap bisa membahagiakan orang tua. Tak harus menunggu kaya untuk membahagiakan mereka, cukup dengan ikhlas membantu berbagai aktivitas sehari-harinya, mereka pasti akan merasa bahagia jika dibantu oleh anaknya. Statusmu yang kaya waktu luang, haruslah bisa dimanfaatkan untuk membantu keluarga.

Kamu bisa membantu ibumu ke pasar, mengantarkan ayah ke kantor, dan menjemput adik sepulangnya dari sekolah. Cara yang sederhana ini akan sangat berarti untuk mereka. Walau belum bekerja, akan lebih baik jika waktu yang kamu punya digunakan untuk membuat orang tua dan keluargamu bahagia.

2. Memiliki waktu luang tak boleh menjadikanmu orang yang malas, bangunlah pagi hari untuk membersihkan rumahmu agar terlihat rapi

7 Cara Untuk Kamu yang Belum Bekerja Agar Tak Lagi Merepotkan Orang Tua

Sudahkah rumahmu dibersihkan pagi ini? via prestohomeservice.com

Walau gelarmu sudah sarjana, kamu tak boleh besar kepala. Kamu yang masih menumpang dirumah orang tua tak boleh hanya bisa bermalas-malasan saja. Bangunlah di pagi hari untuk membersihkan rumah mereka agar terlihat rapi. Kamu yang pengangguran pastinya tak ingin membuat mereka kerepotan kan?

Kamu belum bisa disebut mandiri, karena kamu belum memiliki penghasilan sendiri. Walau kamu belum bekerja, setidaknya buatlah dirimu berguna untuk orang tua. Isi hari-harimu dengan membantu ibu membersihkan rumah, atau bisa juga membantu pekerjaan ayahmu sepulang dari kantor agar bisa meringankan bebannya.

3. Tak perlu meminta uang kepada orang tua jika itu hanya digunakan untuk bersenang-senang. Hindari pengeluaran yang tidak diperlukan

7 Cara Untuk Kamu yang Belum Bekerja Agar Tak Lagi Merepotkan Orang Tua

Hentikan pengeluaran yang tidak diperlukan

Kamu yang belum bekerja dan masih bergantung sepenuhnya kepada orang tua dalam hal materi, tak perlu lagi memanjakan dirimu untuk bersenang-senang dengan memakai uang orang tuamu. Mulai detik ini ubah lah kebiasaanmu itu. Jika kamu yang dulu sering meminta uang untuk membeli makan diluar rumah, mulai sekarang biasakan dirimu untuk makan di rumah.

4. Gunakanlah uang saku dari orang tuamu untuk kegiatan yang berguna

7 Cara Untuk Kamu yang Belum Bekerja Agar Tak Lagi Merepotkan Orang Tua

Gunakan uang saku dari orang tuamu untuk sesuatu yang berguna

Terkadang orang tua masih berbaik hati memberikan uang saku kepadamu walau kamu sudah tak lagi berstatus anak kuliah. Jika kamu masih diberikan uang saku, pandai-pandailah kamu untuk mengelolanya. Gunakan uang saku dari orang tua untuk hal-hal yang berguna, semisal membeli buku untuk menambah wawasanmu.

Jika kamu sering keluar rumah dengan menggunakan motor, cobalah mulai sekarang ganti dengan menggunakan sepeda, atau kamu yang hobi menonton film di bioskop, cobalah mulai sekarang berganti menonton film di layar laptop. Ini bertujuan agar uang saku dari orang tua tak langsung habis seketika. Gunakanlah uang saku yang diberikan untuk sesuatu yang berguna, agar kamu tak lagi merepotkan orang tua dalam hal materi.

5. Agar tak lapar mata, hindari melihat barang-barang di toko online. Ini cara bagus untukmu yang punya hobi berbelanja

7 Cara Untuk Kamu yang Belum Bekerja Agar Tak Lagi Merepotkan Orang Tua

Jauhi dirimu dari toko online

Kamu yang memiliki hobi berbelanja, agar tidak merepotkan orang tua maka sudah seharusnya kamu tidak menengok barang-barang yang dijual di toko online. Ini dilakukan agar kamu tidak lapar mata sehingga dapat berpotensi mengeluarkan banyak uang nantinya. Walau barang yang kamu lihat belum terlalu penting untukmu, bisa saja kamu tergoda seketika dan langsung membelinya saat itu juga.

Jika kamu benar-benar sulit mengendalikan hobi berbelanjamu itu, akan lebih baik jika kamu berhenti melihat barang-barang di toko online. Jika tidak perlu untuk membeli, maka kamu tidak usah membuka toko online nya. Akan lebih bijak jika waktu yang kamu habiskan untuk melihat barang-barang di toko online digunakan untuk mencari informasi mengenai berbagai lowongan pekerjaan.

Baca Juga :  6 Tips Ampuh Untuk yang Hobi Belanja Agar Tetap Punya Uang Sampai Akhir Bulan

6. Gunakan waktu luangmu itu untuk mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan

7 Cara Untuk Kamu yang Belum Bekerja Agar Tak Lagi Merepotkan Orang Tua

Mencari lowongan pekerjaan via scmp.com

Status pengangguran tak boleh bertahan terlalu lama, jadikan status itu sebentar saja. Tugas utamamu setelah wisuda adalah mencari pekerjaan dan langsung segera bekerja agar tidak merepotkan orang tua. Kamu bisa mencari berbagai informasi lowongan pekerjaan di media online, job fair, media cetak, atau jaringan pertemanan.

7. Gunakan waktu luang yang kamu punya untuk mencari pekerjaan. Walau bukan pekerjaan tetap, pekerjaan paruh waktu pun bisa kamu lakukan

7 Cara Untuk Kamu yang Belum Bekerja Agar Tak Lagi Merepotkan Orang Tua

Sambil mengisi waktu luang, kerja paruh waktu bisa kamu lakukan via pcc.az

Kerja paruh waktu sebenarnya bisa dimulai saat kamu masih sekolah atau kuliah. Kamu yang sudah wisuda, tak perlu malu dengan gelar sarjana yang kamu punya jika nantinya kamu memilih untuk memulai kerja paruh waktu. Lagipula pekerjaanmu ini kan halal, jadi untuk apa kamu malu?

Tak hanya mampu menghasilkan uang sendiri, dengan memulai bekerja paruh waktu dengan rajin dan penuh semangat pantang menyerah pastinya akan membuat orang tuamu bangga. Kamu bisa memulai bekerja paruh waktu dengan menjadi guru les, jual pulsa, atau penulis lepas.

Walau belum bekerja, setidaknya buatlah orang tuamu bangga, dan jadilah kamu orang yang berguna untuk mereka. Orang tua pastinya ingin melihat yang terbaik dari anaknya, dan sudah seharusnya sebagai anak tak boleh terlalu sering merepotkan mereka. Mulailah menggerakkan badanmu sekarang dari kasur!

Jauhi kebiasaan bermalas-malasan, waktumu ini bisa kamu maksimalkan untuk melakukan berbagai pekerjaan yang menghasilkan. Teruslah semangat menggapai masa depan yang kamu inginkan!

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini