INSPIRASI

Bingung Setelah Kuliah Mau Kerja Dimana? 8 Daftar Jurusan Kuliah Ini Memiliki Peluang Kerja yang Lebih Luas Lho!

Memilih Jurusan Kuliah

Beberapa jurusan kuliah berikut ini memudahkanmu mencari kerja dibidang yang kamu mau ketika kamu sudah lulus nanti.

Sudah satu tahun lebih telah berlalu sejak berlakunya AFTA (Asean Free Trade Area), atau yang lebih kita kenal dengan MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Dengan berlakunya MEA, pasar pekerjaan menjadi semakin keruh karena Indonesia yang merupakan negara terbesar di Asean mencakup 60% pasar yang ada. Tentunya untuk dapat bersaing dengan penduduk Asean lainnya kamu perlu memiliki skill (kemampuan) yang mumpuni dalam menghadapi ketatnya persaingan pencarian kerja di negeri sendiri.

Tentunya kamu tidak ingin menjadi penonton di negeri sendiri kan? oleh karena itu kamu harus bisa memiliki kemampuan yang lebih di atas rata-rata baik tentang pengusaaan bahasa maupun skill teknik yang mumpuni. Selain itu kamu juga harus memilih jurusan kuliah dengan prospek kerja yang masih luas sehingga kamu memiliki kesempatan yang masih luas untuk bekerja setelah kamu lulus dari jurusan kuliah yang kamu pilih.

Untuk kamu yang masih bingung memilih jurusan kuliah yang akan kamu ambil nanti setelah lulus sekolah. Berikut ini Wokeeh telah merangkum beberapa jurusan kuliah dengan prospek kerja yang masih terbuka luas yang bisa menjadi referensi kamu dalam memilih jurusan kuliah nantinya.

1. Teknik Perkapalan

Teknik Perkapalan - Daftar Jurusan Kuliah yang Peluang Dapat Kerjanya Tinggi

Teknik Perkapalan via fiazku.wordpress.com

Program pemerintahan sekarang yang ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia membuat industri perkapalan dalam negeri menjadi kembali bergairah setelah lama mengalami mati suri. Program pemerintah yang demikian itu membuat banyak tumbuh industri galangan kapal baru serta bengkel galangan kapal yang membuat lapangan kerja baru yang masih segar. Hal ini pun membuat jurusan kuliah teknik perkapalan menjadi cukup banyak diminati.

Kamu yang memiliki dasar pengetahuan teknik ketika belajar di sekolah melanjutkan kuliah dengan jurusan teknik perkapalan bisa menjadi tujuan untuk memperdalam kemampuanmu. Ketika lulus nanti, kamu bisa bekerja sebagai teknisi kapal, atau teknisi di galangan kapal baik di dalam maupun luar negeri, ataupun bekerja di kemiliteran TNI AL sebagai teknisi ahli perkapalan.

2. Teknik Penerbangan

Teknik Penerbangan - Daftar Jurusan Kuliah yang Peluang Dapat Kerjanya Tinggi

Teknik Penerbangan via fiazku.wordpress.com

Teknik penerbangan adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang desain, analisis, pembuatan model dan ujicoba pesawat terbang, pesawat ruang angkasa, satelit, roket dan misil. Industri pesawat dalam negeri yang di pelopori oleh PT. DI (Dirgantara Indonesia) telah memproduksi beberapa jenis pesawat komersil seperti N235, N290, N219 dan beberapa tipe lainnya.

Indonesia kini tengan berusaha membangun industri dirgantara dalam negeri yang mandiri dengan beberapa proyek pesawat sipil seperti N245 dan R-80 yang tengah di kembangkan serta pesawat T-50 Golden Eagle yang sedang dalam pengembangan bersama Korea Selatan, hal tersebut tentunya akan membuka peluang tenaga kerja yang luas di bidang penerbangan.

Dan sebab itu pula teknik penerbangan menjadi daftar jurusan kuliah yang harus kamu pertimbangkan untuk kamu pilih jika kamu juga tertarik ingin mempelajari tentang Aerospace.

3. Satra Jepang

Sastra Jepang - Daftar Jurusan Kuliah yang Peluang Dapat Kerjanya Tinggi

Sastra Jepang via sastrajepang.fib.ugm.ac.id

Jepang merupakan negara yang memiliki nilai investasi paling besar di Indonesia. Hal ini membuat banyak sekali perusahaan manufaktur asli Jepang maupun join venture yang berdiri di Indonesia. Selain itu Indonesia juga merupakan salah satu negara tujuan wisata yang terkenal di Jepang, hal ini tentunya mengundang banyak masyarakat Jepang untuk datang berkunjung ke Indonesia.

Jika kamu memilih kuliah jurusan Sastra Jepang, maka ketika lulus nanti kamu bisa menjadi seorang inerpreter atau penerjemah baik di perusahaan Jepang yang ada di Indonesia maupun bekerja di Jepang sebagai penerjemah bahasa Indonesia. Dan perlu kamu ketahui gaji seorang interpreter bisa sampai 5-15 juta per-sesi pertemuan bukan perbulan.

4. Sastra Indonesia

Sastra Indonesia - Daftar Jurusan Kuliah yang Peluang Dapat Kerjanya Tinggi

Sastra Indonesia via indowarta.com

Bahasa Indonesia telah menjadi bahasa yang terkenal di dunia. Minat masyarakat dunia terhadap bahasa Indonesia terbilang cukup tinggi selain karena Indonesia merupakan negara yang menarik untuk di kunjungi karena wisatanya yang banyak, bahasa Indonesia juga merupakan bahasa yang cukup mudah di pelajari dibandingkan dengan bahasa lain yang masih serumpun dengan Indonesia.

Hal ini terbukti dengan banyaknya negara yang mempelajari bahasa Indonesia seperti Australia, Vietnam, Jepang, Kanada dan masih banyak lagi. Terlebih lagi dengan berlakunya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) Indonesia sebagai negara terbesar di ASEAN menjadikan bahasa Indonesia lebih banyak dipelajari dibandingkan bahasa yang lain.

Dengan memilih jurusan kuliah sastra Indonesia kamu memiliki peluang karir sebagai pengajar bahasa Indonesia baik di negeri sendiri, maupun di negara lain di ASEAN maupun negara lain yang mempelajari bahasa Indonesia.

Baca Juga :  Merantau Karena Urusan Kuliah? 10 Kota Dengan Biaya Hidup Termurah Berikut Ini Boleh Jadi Pilihanmu

5. Ilmu Arkeologi

Ilmu Arkeologi - Daftar Jurusan Kuliah yang Peluang Dapat Kerjanya Tinggi

Ilmu Arkeologi via biblicaltruth.weebly.com

Kamu yang memiliki ketertarikan dengan sejarah, dan peradaban manusia maupun dunia. Arkeologi menjadi jurusan kuliah yang tepat bagi kamu. Arkeologi merupakan ilmu yang mempelajari  tentang hasil kebudayaan manusia pada masa lalu, secara garis besar tujuan ilmu arkeologi adalah berusaha mengungkapkan tingkal laku manusia pada masa lalu.

Tak bisa di pungkiri Indonesia memiliki sejarah yang panjang sejak zaman kerajaan hingga menjadi negara yang utuh seperti sekarang ini. Hingga kini situs-situs bersejarah baru masih bisa di temukan sehingga memberika fakta baru tentang peradaban bangsa Indonesia pada masa lalu. Ilmu Arkelogi merupakan jurusan yang tepat bagi kamu yang ingin mengetahui sejarah tentang Indonesia lebih dalam.

6. Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual - Daftar Jurusan Kuliah yang Peluang Dapat Kerjanya Tinggi

Desain Komunikasi Visual via stts.edu

Apakah kamu senang mengekspresikan diri dengan menggambar, atau memfoto objek dengan tujuan menyampaikan maksud tertentu dari foto atau gambar yang kamu buat? Jika memang iya, maka kamu bisa memilih DKV sebagai jurusan kuliah pilihanmu. Kamu akan mempelajari berbagai macam metode untuk bisa menghasilkan sebuah portofolio media yang memberikan standar desain profesional yang baru.

Tentunya lulusan DKV sangat dibutuhkan dan cocok bekerja di industri media informasi baik itu televisi, media cetak ataupun online. Karena dengan bekerja di bidang industri media kamu bisa mengeksplorasi lebih tentang kemampuanmu yang telah kamu dapatkan selama kuliah.

7. Keperawatan

Keperawatan - Daftar Jurusan Kuliah yang Peluang Dapat Kerjanya Tinggi

Keperawatan via gazettereview.com

Perawat selalu diidentikan dengan seorang perempuan, padahal perawat adalah profesi yang bisa dijalani oleh laki-laki maupun perempuan. Profesi sebagai perawat bukanlah profesi yang bisa di anggap remeh. karena perawat adalah profesi mulia dimana kamu bisa membantu orang yang sakit maupun merawat orang tua yang sangat membutuhkan bantuan.

Hingga kini profesi sebagai perawat masih memiliki banyak peluang baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Terutama di negara maju seperti Jepang. Populasi di Jepang yang 60% terdiri dari orang tua memberikan kesempatan bagi kamu untuk berprofesi sebagai caregiver untuk orang tua maupun rumah sakit.

8. Jurusan Batra

Jurusan Batra - Daftar Jurusan Kuliah yang Peluang Dapat Kerjanya Tinggi

Jurusan Batra via dearborn-mi.aauw.net

Kamu mungkin masih asing mendengar jurusan yang satu ini, Batra merupakan jurusan kuliah yang berhubungan dengan pembuatan obat-obatan tradisional. Indonesia merupakan negara yang kaya dengan rempah-rempah dan sumber daya alamnya. Sejak zaman dulu, obat-obatan tradisional telah sering digunakan oleh masyarakat Indonesia sebelum masuknya obat-obatan kimia.

Dan kini pengobatan herbal merupakan jenis pengobatan yang telah di akui oleh pemerintah dan mendapat sertifikasi dari dinas kesehatan. Memilih jurusan Batra bisa menjadi alternatif bagi kamu yang berminat mempelajari ramuan-ramuan tradisional asal Indonesia yang telah terbukti khasiatnya.

Kamu yang akan menyelesaikan sekolah SMA/SMK harus memikirkan dengan matang kemana kamu akan melangkah. Jika kamu memutuskan untuk berkuliah, maka pilihlah jurusan kuliah yang benar-benar kamu minati ataupun yang bisa memberikan peluang berkarir yang bagus.

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini