INSPIRASI

10 Cara Untuk Bisa Mendapatkan Pekerjaan Impian, Walau IPK Mu Dulu Tak Sesuai Dengan Harapan

10 Cara Untuk Bisa Mendapatkan Pekerjaan Impian, Walau IPK Mu Dulu Tak Sesuai Dengan Harapan

Walau IPK tak sesuai harapan, kamu masih punya peluang kok untuk bisa mendapatkan pekerjaan impian.

Segala proses selama di perkuliahan telah kamu lakukan, serentetan ujian dan tugas akhir yang terkadang melelahkan kamu usahakan untuk di kerjakan, kamu berjuang dengan pantang menyerah agar mendapatkan IPK yang sesuai harapan.

Setelah wisuda ada di depan mata, fase hidupmu selanjutnya adalah memperebutkan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang kamu inginkan. Kamu terus berjuang dan berusaha untuk bisa mendapatkan jabatan yang kamu mimpikan.

Mungkin kamu merasa percaya diri dengan label lulusan dari universitas ternama yang kamu punya, tapi itu bukanlah jaminan bahwa nantinya lamaran kerjamu akan diterima. Angka-angka yang berderet di ijazah seolah membuktikan bahwa kamu adalah pelamar yang memiliki kualifikasi, tapi nyatanya diluar sana banyak perusahaan yang tak menilai pelamar dari angka-angka yang ada ijazah saja.

Untukmu yang memiliki IPK yang tak sesuai harapan, tak perlu banyak memikirkan apakah bisa mendapatkan pekerjaan impian atau tidak nantinya. Beberapa cara yang Wokeeh sampaikan berikut ini bisa kamu lakukan agar kamu yang sedang mencari pekerjaan bisa dilirik banyak perusahaan, bahkan bisa mendapatkan pekerjaan impian walau IPK mu sebelumnya tak sesuai dengan harapan.

1. Saat melamar kerja pertama kali memang tidak langsung diberikan jabatan dengan gaji yang tinggi, tugasmu di awal karir adalah memperbanyak pengalaman diri

10 Tips Mencari Jodoh Ini Bisa Kamu Terapkan Agar Kamu Tak Lagi Sendirian

Perbanyak pengalaman, agar karir impian bisa cepat didapatkan

Agar seorang pelamar bisa dilirik banyak perusahaan, maka diharuskan untuk meningkatkan ‘nilai jual’ diri sendiri dengan banyaknya pengalaman yang dimiliki. Perusahaan ternama kebanyakan melihat seorang pelamar dari banyaknya pengalaman yang dipunya, jarang sekali melihat dari angka-angka di ijazah saja.

Nilai yang baik di perkuliahan memang harus kamu dapatkan, namun akan lebih baik jika selama kuliah kamu juga mencari pengalaman sebanyak-banyaknya. Dengan semakin ketatnya persaingan mencari kerja, kamu yang seorang lulusan muda tak boleh cepat berputus asa. Mulailah dulu memperbanyak pengalaman diri, walau memang awal memulai kerja kamu tak langsung diberikan jabatan dengan gaji yang tinggi.

Semua permasalahan pastinya ada solusi, kamu yang ingin mendapatkan pekerjaan tak boleh cepat lari dari permasalahan yang dihadapi. Kamu bisa menambah pengalaman diri dengan mencoba ikut program magang yang biasanya banyak ditawarkan oleh beberapa perusahaan.

Mulai dari sana kamu bisa memperkaya CV dengan sederet pengalaman yang didapat, serta juga bisa mencari dan menambah ilmu tentunya. Dengan begitu kamu akan dianggap memiliki kapabilitas yang baik saat melamar kerja nanti. Bahkan perusahaan tempat magangmu ini bisa saja akan menawarkan kontrak kerja dengan jabatan yang kamu inginkan.

2. Sebelum melamar kerja, mulailah dulu benahi penampilanmu. Perusahaan manapun pastinya bisa melihat kepribadian diri dari penampilan si pelamarnya

10 Cara Untuk Bisa Mendapatkan Pekerjaan Impian, Walau IPK Mu Dulu Tak Sesuai Dengan Harapan

Tampil bersih serta wangi bisa meyakinkan perusahaan untuk menerimamu

Meski penampilan tak selalu menjadi hal yang utama dilihat oleh perusahaan saat menerima pelamar kerja, tapi nyatanya penampilan yang baik bisa meningkatkan nilai jualmu saat seleksi pekerjaan nantinya. Tak perlu menggunakan kemeja atau jas mahal untuk melamar kerja. Cukup dengan mengenakan pakaian yang baik, sopan, dan bersih sesuai dengan bentuk tubuhmu.

3. Mempelajari ilmu sesuai jurusan memang penting, tapi punya kemampuan lain yang menarik dan sering kamu geluti juga bisa membantumu dalam seleksi kerja nanti

10 Cara Untuk Bisa Mendapatkan Pekerjaan Impian, Walau IPK Mu Dulu Tak Sesuai Dengan Harapan

Kembangkan juga kemampuan diluar jurusan

Belajarlah sesuatu diluar jurusan kuliahmu, dengan begitu ilmu yang kamu kuasai tidak hanya cuma satu. Misalkan kamu berada di jurusan Komunikasi, dan kemampuan lain yang kamu pelajari di luar jurusan kuliah adalah Pembuatan Animasi. Maka kemampuanmu berkomunikasi jika kamu gabungkan dengan keahlian membuat Animasi, nantinya akan bisa menghasilkan karya seni visual yang bisa menarik hati.

Bahkan jika atasanmu melihat karya-karyamu itu, bukan tidak mungkin nantinya jabatan tinggi yang kamu impikan akan dia berikan. Itu juga tergantung dengan perusahaan seperti apa tempatmu bekerja. Jika perusahaanmu dalam bidang media, kemampuan komunikasi dan pembuatan animasi yang kamu punya bisa saja membantumu untuk meraih jabatan baru yang lebih tinggi, asalkan jika atasanmu tertarik saat melihat karya-karya animasi ciptaanmu itu.

Baca Juga :  Jangan Asal Ambil Pekerjaan, Kamu yang Sarjana Muda Harus Memastikan 7 Hal Ini Dimiliki di Tempatmu Bekerja Nanti

4. Rajinlah membaca, dengan begitu wawasanmu akan lebih terbuka. Segala pertanyaan saat wawancara nantinya bisa kamu jawab jika kamu rajin membaca

10 Cara Untuk Bisa Mendapatkan Pekerjaan Impian, Walau IPK Mu Dulu Tak Sesuai Dengan Harapan

Membaca buku membuat wawasanmu lebih terbuka

Mengembangkan berbagai kemampuan serta memperbanyak pengalaman memanglah penting, tapi tidak hanya itu saja yang harus kamu punya. Membiasakan diri dengan membaca buku bisa memperkaya wawasanmu, dengan begitu kamu pun bisa terbantu untuk bisa menjawab segala pertanyaan saat wawancara yang terkadang menekan dirimu.

Bacalah banyak buku agar tidak hanya ilmu di perkuliahan saja yang kamu tahu. Ketika wawancara berlangsung, luasnya ilmu pengetahuanmu bisa terlihat saat kamu melakukan dialog dengan pewawancara nantinya. Semakin banyak bahan obrolan yang bisa kamu bangun saat proses wawancara, semakin tinggi pula kemungkinan kamu bisa diterima bekerja.

5. Memiliki kemampuan berbahasa asing pun menjadi nilai tambah tersendiri, kamu pun bisa dinilai lebih baik dari sesama pelamar kerja lainnya nanti

10 Cara Untuk Bisa Mendapatkan Pekerjaan Impian, Walau IPK Mu Dulu Tak Sesuai Dengan Harapan

Apakah kamu fasih berbahasa asing?

Bahasa Inggris memang perlu dipelajari, bahkan itu menjadi nilai tambah tersendiri untukmu yang ingin melamar pekerjaan nanti. Akan lebih baik jika kamu pun bisa berbahasa asing lainnya, dengan begitu peluang diterima oleh berbagai perusahaan pun semakin lebar terbuka. Memahami bahasa asing menjadi poin penting yang kamu milik agar pesonamu saat melamar kerja meningkat di mata perusahaan.

Memiliki kemampuan berbahasa asing akan membantumu saat nantinya kamu ditempatkan pada pekerjaan yang mengharuskan bertemu banyak orang. Jika kamu seorang pelamar memiliki kemampuan tersebut, maka bukan tidak mungkin perusahaan yang kamu lamar tertarik kepadamu.

6. Pastikan apa yang kamu katakan saat wawancara adalah kata-kata yang sejujurnya. Pewawancara yang kamu ajak bicara pun sudah tahu jika nantinya ada pelamar yang ingin mengelabuhinya

10 Cara Untuk Bisa Mendapatkan Pekerjaan Impian, Walau IPK Mu Dulu Tak Sesuai Dengan Harapan

Sebaiknya jangan membalikan fakta dalam wawancara kerja

Sesulit apapun pertanyaan saat wawancara nanti sebaiknya kamu jawab dengan sejujurnya, jangan mengungkapkan yang berlainan fakta dalam wawancara kerja. Kamu mungkin sudah mengetahui berbagai trik untuk mengelabuhi pewawancara, tapi ketahuilah bahwa pewawancara juga sudah mengetahui trik-triknya. Apapun yang kamu lakukan nantinya saat wawancara, sebaiknya ungkapkan saja apa adanya, jangan dibuat-buat dan jangan mengatakan yang berlainan fakta. Kejujuran bisa membantumu mudah mendapatkan pekerjaan.

7. Pengalaman organisasi yang kamu pernah jalani selama di perkuliahan dulu pastinya bisa membantumu saat bekerja sama dalam tim di perusahaan nanti

10 Cara Untuk Bisa Mendapatkan Pekerjaan Impian, Walau IPK Mu Dulu Tak Sesuai Dengan Harapan

Pengalaman organisasi sangat penting kamu miliki via kenresearch.com

Dunia kerja mengharuskan kita bisa bekerja sama dalam tim. Namun sayangnya tidak semua orang memiliki kemampuan membangun suasana kerja yang positif ketika diharuskan bekerja sama dengan orang lain. Alasannya bisa bermacam-macam, mulai dari sulit membaur dengan lingkungan yang baru sampai sering timbul rasa ingin menonjolkan kemampuan diri sendiri.

Memiliki pengalaman berorganisasi sangatlah penting. Selain angka-angka di ijazahmu itu, pengalaman berorganisasi menjadi poin tambah tersendiri bagi dirimu saat melamar kerja nanti. Jika saat perkuliahan kamu aktif terlibat dalam organisasi, kegiatan kepanitiaan, dan event maka hal tersebut akan mempertinggi kemungkinan kamu lolos tes kerja di perusahaan impian yang kamu lamar.

Baca Juga :  Uang Tak Menentukan Segalanya, Tinggi Rendah Gaji Tak Menjaminmu Bahagia

8. Kamu harus percaya diri! Tak ada yang tak mungkin jika kamu percaya pada kemampuan diri sendiri

10 Cara Untuk Bisa Mendapatkan Pekerjaan Impian, Walau IPK Mu Dulu Tak Sesuai Dengan Harapan

Kamu harus percaya diri!

Banyak orang yang kehilangan kesempatan bekerja karena mereka tak percaya pada kemampuan diri sendiri. Kamu yang ingin melamar kerja nanti haruslah terlihat yakin dan percaya diri, dengan begitu perusahaan yang kamu lamar nantinya bisa menaruh hati. Kemampuan mempresentasikan diri seperti ini yang membantumu meraih keberhasilan dalam seleksi masuk perusahaan.

Memiliki nilai yang baik serta memahami bahasa asing itu akan terasa percuma kamu miliki, jika kamu merasa tak percaya pada kemampuan diri sendiri saat proses wawancara nanti. Yakinkanlah perusahaan yang kamu lamar, dengan begitu kesempatan diterima di perusahaan impian akan terbuka lebar.

9. Rejeki bisa datang dari mana saja. Saat kamu masih menjadi mahasiswa, tugasmu yang paling utama adalah selalu menjaga dan memperbanyak koneksi pertemanan yang kamu punya

10 Cara Untuk Bisa Mendapatkan Pekerjaan Impian, Walau IPK Mu Dulu Tak Sesuai Dengan Harapan

Jaga dan perbayaklah pertemanan

Joshua : Hei Vin, kantor ku lagi nyari orang yang bisa membuat animasi 3D nih!
Kevin : Wah kebetulan banget tuh, berhubung aku bisa membuat animasi 3D, kayaknya aku berminat kerja di kantormu!

Rejeki bisa datang dari mana saja, bahkan arahnya pun tak kamu duga. Kamu yang masih menjadi mahasiswa ada baiknya memperbanyak koneksi dan jaringan pergaulan yang kamu punya, semakin banyak orang yang kamu kenal, semakin besar peluangmu menemukan pekerjaan impian.

10. Meski IPK tidak sesuai harapan, bagus atau tidaknya karirmu nanti tetap ditentukan dari usaha dan kerja keras yang telah kamu lakukan

10 Cara Untuk Bisa Mendapatkan Pekerjaan Impian, Walau IPK Mu Dulu Tak Sesuai Dengan Harapan

Jangan pantang menyerah dan selalu terus berusaha

Berbagai macam perusahaan pastinya ingin memiliki karyawan yang punya mental pejuang. Kamu yang ingin bekerja di perusahaan impian seharusnya sudah punya kepercayaan tinggi terhadap diri sendiri serta kemauan untuk bekerja keras, mau berusaha dan pantang menyerah.

Baik atau tidaknya karirmu di perusahaan nanti bisa ditentukan dari kerja keras dan usahamu selama ini. Jika kamu tak pernah berusaha untuk bekerja keras dan selalu mau berusaha, bagaimana mungkin karirmu akan maju nantinya?

Memiliki label lulusan dari universitas ternama tidak boleh membuatmu terlena, kamu yang ingin bekerja di perusahaan impian haruslah bekerja keras dan mau berusaha untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan. Semakin kamu yakin pada kemampuan diri sendiri, semakin lebar kesempatan dan peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan dan posisi jabatan yang lebih tinggi. Kuncinya cuma satu, Teruslah berusaha!

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini