INSPIRASI

7 Strategi Sukses Menjadi Pengusaha, Walau Dengan Modal yang Seadanya

Strategi Sukses Menjadi Pengusaha, Walau Dengan Modal yang Seadanya

Kamu ingin menjadi seorang pengusaha, tapi modal yang kamu punya ala kadarnya? Tak perlu khawatir! Strategi dari Wokeeh ini bisa membantumu mewujudkan impian sebagai seorang pengusaha walau dengan modal yang seadanya.

Setiap orang pastinya punya impian untuk bisa sukses di masa depan, walau mungkin jalan suksesnya yang berbeda-beda dan tak pernah sama. Ada yang ingin sukses bekerja di perusahaan dan mempunyai impian mendapatkan jabatan yang diinginkan, dan ada juga yang ingin meraih kesuksesan sebagai seorang entrepreneur.

Apapun pekerjaan yang kamu lakukan, untuk bisa meraih keberhasilan bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Harus mempersiapkan mental pejuang dan semangat pantang menyerah agar bisa mencapai keberhasilan yang di inginkan. Terlebih lagi untukmu yang memilih menjadi wiraswasta, selain semangat yang kamu punya, memiliki usaha sendiri juga memerlukan modal.

Tidak semua orang yang menjadi seorang wiraswasta mempunyai kemampuan finansial yang mapan. Apalagi banyak yang mundur gara-gara dihadapkan dengan yang namanya uang. Jika kamu tidak memilih untuk mundur dan berusaha sedikit saja, mungkin usaha yang kamu punya bisa mendapatkan modal, dengan berbagai cara yang bisa kamu lakukan tentunya.

Tapi jika kamu memang ingin menjadi seorang entrepreneur walau kemampuan finansial belum bisa dikatakan mapan, tak perlu bersedih! Berikut Wokeeh berikan beberapa strategi untuk menjadi seorang pengusaha walau dengan modal yang seadanya.

1. Saat ingin membuka usaha, cobalah dulu membuat daftar kebutuhan, lalu kategorikan sesuai prioritasnya

Strategi Sukses Menjadi Pengusaha, Walau Dengan Modal yang Seadanya

Buat daftar kebutuhan

Saat awal membuka usaha, modal memang menjadi suatu keperluan yang utama. Jika modal yang kamu punya masih belum cukup, maka langkah penting ini bisa kamu lakukan. Buatlah beberapa daftar kebutuhan untuk usaha dan kategorikan sesuai prioritasnya. Dalam hal ini, kamu dituntut untuk pintar mengatur keuangan, memaksimalkan modal minim yang kamu punya sebagai dana awal saat memulai usaha.

Ada beberapa daftar kebutuhan yang bisa kamu buat, yakni: kebutuhan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Jika semakin sering suatu produk dalam bisnis digunakan dalam kegiatan berdagang, maka semakin tinggi pula prioritas dalam kebutuhan bisnismu. Jadi kamu harus benar-benar mengalokasikan dana minimmu ini dengan sebaik-baiknya.

2. Ajak teman-teman untuk bergabung ke dalam proyek bisnis yang kamu jalankan

Strategi Sukses Menjadi Pengusaha, Walau Dengan Modal yang Seadanya

Ajak teman-temanmu untuk bergabung

Kamu bisa mengajak teman-teman yang memiliki visi yang sama denganmu. Ajak mereka bergabung dengan bisnis yang sedang kamu jalankan. Kamu dan teman-temanmu bisa bekerja sama dan membesarkan usaha dengan keahlian-keahlian yang di punya. Misalnya contoh, jika kamu mempunyai teman yang ahli dalam bidang pemrograman, maka kamu bisa manfaatkan keahlian mereka untuk membuat sebuah program yang bisa membantu bisnismu berkembang. Dengan bekerja sama, usaha yang dilakukan jadi tak terasa memberatkan.

3. Gunakan saja dulu rumahmu sebagai tempat kerja sementara, jika kamu belum ada dana untuk menyewa gedung sebagai tempat kerja

Strategi Sukses Menjadi Pengusaha, Walau Dengan Modal yang Seadanya

Gunakan rumahmu sebagai tempat kerja sementara

Tak ada salahnya jika menggunakan rumahmu sebagai tempat kerja sementara jika memang belum ada dana untuk menyewa gedung sebagai tempat bekerja. Kamu yang baru memulai usaha tak perlu memaksakan diri untuk membuat segala hal yang diperlukan harus cepat tersedia.

Modal yang kamu punya bisa dimanfaatkan untuk keperluan penting lainnya, seperti biaya listrik atau internet jika diperlukan. Saat diawal mungkin akan terasa berat, karena menggunakan fasilitas yang terbatas, tapi jika kamu terus bekerja keras, bisa saja pekerjaanmu berikutnya dilakukan di tempat yang memiliki banyak fasilitas, yaitu gedungmu sendiri.

4. Melakukan promosi adalah hal penting dalam berbisnis, gunakan sosial media untuk membuat usahamu bisa dikenal banyak orang

Strategi Sukses Menjadi Pengusaha, Walau Dengan Modal yang Seadanya

Manfaatkan berbagai sosial media yang ada

Dalam bisnis, promosi adalah hal yang utama. Tanpa melakukan promosi, suatu usaha tak akan ada yang mengetahui. Untukmu yang baru memulai usaha, tak perlu langsung promosi menggunakan media-media seperti: televisi, radio, atau koran jika danamu masih sedikit. Gunakanlah sosial media untuk membuat banyak orang mengenal usahamu itu.

Dengan adanya sosial media seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, kamu bisa memanfaatkannya untuk dijadikan sebagai mediamu berpromosi. Melakukan promosi di sosial media tak semahal melakukan promosi di media seperti televisi. Dengan modal minim yang kamu punya, kamu sudah bisa membuat usahamu itu dikenal banyak orang.

5. Uang yang diberikan orang tua untuk kebutuhan sehari-hari bisa kamu sisihkan untuk dipakai investasi

Strategi Sukses Menjadi Pengusaha, Walau Dengan Modal yang Seadanya

Sisihkan uang dari orang tua untuk investasi

Jika kamu seorang mahasiswa dan masih diberikan jatah bulanan dari orang tua, kamu bisa kok menyisihkannya untuk berinvestasi di usaha yang sedang kamu jalani. Dengan berhemat, modal bisnismu nanti perlahan akan terpenuhi. Kamu tak perlu harus memaksakan untuk memotong jatah bulanan secara besar-besaran, mulailah menyisihkan dari jumlah yang terkecil terlebih dahulu, misalnya dari 10 ribu sehari dalam sebulan.

6. Jaringan pertemanan yang kamu punya bisa menentukan modal usaha yang di dapat. Buatlah jaringan pertemanan seluas-luasnya, karena modal usaha bisa datang dari siapa saja

Strategi Sukses Menjadi Pengusaha, Walau Dengan Modal yang Seadanya

Buatlah jaringan pertemanan seluas-luasnya

Mempunyai jaringan pertemanan yang luas itu bisa mendatangkan keuntungan, kamu yang sedang memulai usaha pun bisa memanfaatkan jaringan pertemanan yang kamu punya untuk mencari si pemodal usaha. Banyaknya orang yang kamu kenal membuatmu berkesempatan bertemu dengan para investor.

Mempunyai jaringan pertemanan yang luas bukan hanya membuatmu bisa bertemu dengan investor saja, kamu juga bisa menjalin pertemanan dengan orang-orang yang sudah berpengalaman dalam bidang bisnis yang juga sama seperti kamu lakukan. Saat mereka membagikan pengalaman berbisnis yang mereka punya, wawasanmu terkait bisnis pun juga ikut bertambah dengan sendirinya. Intinya kamu tak boleh membatasi diri, karena jaringan pertemanan bisa mendatangkan kesuksesan.

7. Walau banyak cobaan, kesuksesanmu pasti akan datang jika kamu terus berusaha dan berjuang

Strategi Sukses Menjadi Pengusaha, Walau Dengan Modal yang Seadanya

Kesuksesanmu pasti akan datang

Bagi kamu yang ingin mencapai kesuksesan, kata menyerah bukanlah sebuah pilihan. Walau ada orang yang memiliki modal yang besar, tetap saja akan menghadapi berbagai kesulitan dan hambatan ketika sedang merintis sebuah usaha. Modal besar tak menjamin kesuksesan akan datang lebih cepat, justru orang yang bisa memaksimalkan modal minim yang bisa mencapai kesuksesan dengan waktu lebih cepat dari kebanyakan orang.

Kamu harus terus berusaha mencari jalan keluar di setiap hambatan dan permasalahan yang datang di dalam bisnis yang sedang kamu jalankan, percayalah bahwa segala hambatan yang datang suatu saat nanti akan membuatmu berdiri tegak di puncak kesuksesan sesuai apa yang kamu mimpikan.

Itu tadi beberapa strategi yang bisa kamu terapkan jika kamu ingin menjadi seorang pengusaha dengan modal yang seadanya. Kamu yang ingin menjadi pengusaha namun hanya memiliki modal yang seadanya, teruslah berjuang. Suatu saat pasti akan ada jalan untukmu bisa mencapai kesuksesan.

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini