KESEHATAN

7 Cara Ampuh Mengatasi Insomnia Agar Tidur Malam Bisa Lebih Efektif Dari Biasanya

Mengatasi Insomnia

Agar malam harimu tak lagi terjaga karena insomnia, gunakan cara berikut ini untuk menyembuhkannya.

Saat usia muda terkadang berbagai hal tak pernah diperhatikan, bahkan sering diremehkan. Tidur larut malam mungkin salah satu yang paling sering tidak diperhatikan, padahal itu bisa berdampak buruk untuk kesehatan.

Walau segala informasi tentang dampak dari tidur malam sudah kamu ketahui, tapi tetap saja ada alasan yang membuat matamu selalu terjaga. Tak jarang kamu terbangun dini hari walau sebelumnya kamu sudah tidur lebih awal, matamu tetap terjaga hingga matahari terbit memancarkan sinarnya.

Jika kamu mengalami susah tidur saat malam hari, itu tanda-tanda kamu terkena insomnia. Susah tidur alias insomnia ini bisa mempengaruhi produktivitasmu di tempat kerja, maka dari itu sebaiknya kamu harus cepat-cepat menyembuhkannya.

Kali ini Wokeeh mengumpulkan beberapa cara ampuh untuk mengatasi insomnia agar tidur malammu bisa lebih efektif dari biasanya, sehingga membuatmu bisa lebih produktif di kampus dan tempat kerja.

1. Sebelum tidur pastikan kamu tidak konsumsi makanan berat, namun juga jangan biarkan perut sampai kosong

Cara Mengatasi Insomnia

Hindari makanan berat sebelum tidur via prevention.com

Sistem pencernaan tetap bekerja walau tubuh sedang tidur sekalipun. Jika kamu mengkonsumsi makanan berat sebelum tidur malam, usus yang bekerja keras mengolah makanan berat dalam perut akan membuatmu tak nyaman untuk tidur. Kamu akan merasa terganggu dengan bekerjanya usus di dalam perutmu itu.

Kamu yang ingin tidur malam sebaiknya hindari makanan berat seperti nasi, atau daging-dagingan. Walau tak boleh makan berat sebelum tidur malam, kamu juga tak boleh membiarkan perutmu kosong. Kamu bisa memakan buah-buahan atau roti untuk membuat perutmu tetap terisi saat sebelum tidur di malam hari. Agar mudah mengatasi insomnia mu itu, pastikan saat malam hari kamu tidak mengkonsumsi kafein, karena itu menjadi salah satu penyebab yang akan membuatmu susah tidur.

2. Sering berolahraga agar kesehatan tetap terjaga, tidur malam pun bisa lebih nyenyak dari biasanya

Mengatasi Insomnia

Seberapa sering kamu berolahraga?

Perlu kamu ketahui bahwa energi yang kamu pakai siang hari, sangat berpengaruh pada jumlah energi yang dikumpulkan saat kamu tidur malam hari. Jadi dengan olahraga rutin setiap hari, insomniamu tak akan pernah datang lagi. Berolahraga adalah cara terbaik untuk menghabiskan energi yang kamu miliki.

Tak perlu berolahraga berat jika memang waktu tak memihakmu. Olahraga ringan pun bisa kamu lakukan, cukup jogging selama 30 menit di lingkungan rumahmu, atau bisa juga latihan ringan seperti push up, sit up, dan apapun yang bisa kamu lakukan saat itu juga yang tujuannya untuk membakar kalori di tubuh.

3. Berjemur saat pagi hari juga bisa membuatmu tidur nyenyak saat malam hari

Mengatasi Insomnia

Sudah pernah berjemur di pagi hari?

Kamu harus menambah banyaknya produksi hormon melatonin agar tidurmu semakin berkualitas. Hormon melatonin adalah sebuah zat yang mengatur siklus tidur makhluk hidup. Pada manusia, hormon ini diproduksi oleh kelenjar pineal yang letaknya di bagian pusat otak. Wajar jika pada usia muda dan dewasa banyak  yang mengalami susah tidur, karena semakin bertambahnya usia seseorang maka semakin menurunnya jumlah produksi melatonin di tubuh.

Untuk bisa menghasilkan banyak melatonin di tubuh, maka cara termudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara berjemur saat pagi hari. Dengan berjemur di pagi hari, tubuhmu bisa menghasilkan lebih banyak hormon melatonin, sehingga kamu bisa tidur dengan nyenyak saat malam hari.

Baca Juga :  7 Alasan Kenapa Meminum Air Putih Banyak Memberikan Manfaat, Hidupmu Pun Bisa Menjadi Lebih Sehat!

4. Membiasakan diri untuk tidur pada waktu yang sama setiap hari, agar waktu tidurmu bisa terkendali

Mengatasi Insomnia

Bangun tidur terasa segar jika bisa tidur nyenyak di malam hari

Kamu perlu memaksakan diri untuk tidur tepat waktu setiap hari agar kamu bisa tidur dengan nyenyak saat malam hari. Melakukan aktivitas tidur tepat waktu secara berulang-ulang mungkin akan terlihat membosankan, namun ingatlah ini dilakukan demi mendapatkan waktu tidur tepat waktu yang kamu inginkan. Ini juga menjadi cara yang ampuh untuk bisa mengatasi insomnia mu itu.

Kamu bisa mengatur jadwal yang ketat untuk mulai terlelap dan terjaga saat pagi hari tiba. Jika kamu memilih untuk mengatur jadwal tidurmu saat jam 11 malam, maka mau tak mau kamu harus terlelap saat jam 11 malam tiba. Kamu harus membiasakan tidur jam 11 malam setiap hari agar waktu tidurmu bisa terkendali.

Semakin konsisten kamu melakukan cara ini, semakin mudah kamu untuk mengendalikan waktu tidurmu agar saat pagi tiba bisa beraktivitas lebih produktif dari biasanya. Jika kamu ingin tidur saat siang hari, usahakan tidak lebih dari 30 menit agar waktu tidurmu di malam hari tak menjadi berantakan dan tetap terkendali.

5. Nyamankan dirimu dengan kamar yang kamu miliki, usahakan kamu bisa tidur terlelap di kamar yang kamu tempati

Kamar yang Bagus Juga Bisa Mengatasi Insomnia

Kamarmu juga menentukan kualitas tidurmu

Kamar menjadi salah satu tempat ternyaman dari beberapa tempat yang ada di rumahmu. Agar kamu tak terganggu dengan berbagai hal yang bisa merusak kenyamanan tidurmu, buatlah kamarmu itu senyaman mungkin untuk ditempati. Gunakan kasur dan bantal yang nyaman dipakai, jangan lupa juga rajin cuci sprei agar tidak menimbulkan aroma yang tak sedap di dalam kamarmu.

6. Agar kamu tak terjaga sampai pagi, sebaiknya hindari aktivitas internetan saat malam hari

Jauhi Internetan di Malam Hari Agar Bisa Mengatasi Insomnia

Kamu sering internetan saat malam hari?

Hampir setiap orang mungkin mengalami hal seperti ini, internetan di malam hari sehingga membuatnya terjaga sampai pagi. Mulai detik ini, ada baiknya kamu sudahi kebiasaan ini, agar program tidurmu tetap terjaga dan terkendali.

Terangnya sinar layar di smartphone mu itu akan membuat matamu tetap terjaga, walau mungkin kamu sudah ada niatan untuk tidur sebelumnya. Hindari juga cahaya terang saat malam hari, semakin banyak cahaya maka semakin sulit untuk memejamkan mata. Sangat dianjurkan untuk tidur dengan kondisi lampu mati, agar matamu bisa beristirahat dengan maksimal dan bangun dengan segar di pagi hari.

7. Sudahi segala pekerjaan yang belum terselesaikan, ini waktumu untuk tidur malam

Cara Mengatasi Insomnia

Sebelum tidur sudahi dulu segala pekerjaan, agar tak mengganggu pikiran

Walau ada banyak pekerjaan atau tugas kuliah yang masih belum terselesaikan, sudahi dulu segala pekerjaan jika sudah waktumu untuk tidur malam. Agar tak mengganggu pikiran, kamu perlu istirahat dengan tenang. Jika otakmu terus berpikir keras, maka kamu akan semakin sulit untuk beristirahat.

Jika tak bisa beristirahat, cobalah untuk tenang sejenak, sudahi dulu segala pekerjaan yang tadi sedang dikerjakan. Kosongkan pikiran dengan meditasi jika perlu, singkirkan smartphone atau laptop agar terhindar dari aktivitas internetan. Jika suasana tenang sudah di dapatkan, sudah saatnya untukmu beranjak tidur malam.

Mengatasi insomnia mungkin terlihat susah-susah gampang, tapi jika terus konsisten dengan cara-cara yang dilakukan, bisa saja tidur nyenyak yang diinginkan bisa kamu dapatkan. Kalau kamu punya cara lain untuk bisa mengatasi insomnia, Yuk! Bagikan tips-tipsmu itu dengan pembaca Wokeeh yang lain di kolom komentar di bawah ini ya.

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini