KESEHATAN

Ada Banyak Manfaat Kopi Untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Temukan Disecangkir Kopi yang Kamu Minum Setiap Hari

Kamu suka kopi? Sudah tahu belum beberapa manfaat yang ada didalam kopi? Yuk kita cari tahu manfaat-manfaat dari kopi yang bisa kamu temui di secangkir kopimu setiap hari.

Kopi bukan hanya sekedar minuman, kopi sudah menjadi tren dan gaya hidup bagi kebanyakan orang. Sudah ada banyak sekali gerai-gerai yang mengutamakan kopi sebagai minuman utamanya, membuat gerai-gerai tersebut menarik banyak perhatian orang yang suka nongkrong sambil minum kopi ria. Sebenarnya ada banyak juga manfaat kopi yang bisa kamu temukan disetiap kopi yang kamu minum.

Walaupun kopi yang memiliki harga lebih mahal dari lainnya itu adalah kopi asli, kopi yang biasa pun masih tetap enak kok untuk dinikmati. Kamu yang sering pergi ke kafe untuk meminum kopi bersama teman, pastinya itu adalah momen-momen yang menyenangkan. Tapi perlu kamu tahu, bahwa dari setiap kopi yang kamu minum itu ada juga lho manfaat-manfaatnya untuk kesehatanmu.

Kali ini Wokeeh akan berikan beberapa manfaat kopi yang bisa kamu temui dari secangkir kopi yang kamu minum setiap hari.

1. Kopi selalu menjadi penolong dikala pusing menyerang kepala

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Kopi bisa jadi solusi nyeri kepala karena tuntutan kerja

Saat kamu didatangkan dengan tugas-tugas dari kerjaan atau perkuliahan, coba deh minum kopi dulu. Manfaat kopi satu ini bisa menolong sakit kepalamu saat bertemu banyaknya tugas dari kuliahan atau kerja. Kopi mengandung kafein yang bisa jadi penghilang rasa nyeri kepalamu yang bisa meredakan nyeri dengan sangat efektif.

Untuk sementara ini para ilmuwan mengatakan bahwa kafein bisa membantu menghambat produksi molekul-molekul adenosin di dalam otak yang biasanya molekul tersebut selalu naik saat terjadi sakit kepala.

Kafein dapat bekerja dengan baik saat kamu mengkonsumsinya hanya tiga kali seminggu. Jika kamu mengkonsumsi kafein lebih banyak dari itu, maka efek kafein ditubuhmu akan perlahan mudah menurun, alhasil efek kafein ditubuh jadi tidak terasa dengan baik lagi. Tapi pastinya manfaat kopi yang satu ini selalu bisa membantu dikala banyaknya tugas menghampirimu.

2. Manfaat kopi yang lainnya juga ada untuk kesehatan kulit tubuh dan wajah. Sambil minum kopi bersama teman, kamu juga bisa sekalian menjaga kesehatan kulitmu

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Kopi juga bisa membuat kulitmu halus

Perlu kamu tahu manfaat kopi yang satu ini, kopi itu memiliki senyawa methylpyridinum yang berfungsi sebagai antioksidan yang bisa menghambat radikal bebas di dalam tubuh. Itulah alasan kenapa ada banyak klinik kecantikan yang menyediakan kopi sebagai bahan untuk spa dan masker, karena kopi sendiri mengandung senyawa yang bisa menyehatakan kulit.

Senyawa yang bernama methylpyridinium adalah senyawa yang sangat aktif untuk tubuh sehingga bisa sekali untuk dimanfatkan sebagai obat kanker. Universitas Harvard menunjukan data yang mengatakan bahwa orang yang memiliki kebiasaan meminum kopi setiap hari memiliki resiko 20% lebih rendah terkena kanker prostat dari orang-orang yang tidak mengkonsumsi kopi. Kamu bisa menemui senyawa ini di kopi-kopi yang mengandung kafein.

3. Kopi juga sebenarnya tidak menyebabkan penyakit hati, melainkan bisa mengurangi resiko terkena stroke

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Bisa juga mencegah stroke

Kamu mungkin pernah dengar bahwa kopi yang berkafein bisa meningkatkan tekanan darah. Memang benar, tapi itu hanya memiliki efek yang sangat kecil, antara 3- 4mm/Hg dan itu akan mudah hilang ketika kamu sering meminum kopi.

Untuk lebih berhati-hati, kamu yang memiliki tekanan darah tinggi lebih baik memperhatikan porsi saat sedang meminum kopi, karena efeknya bisa menetap untuk beberapa orang. Walau begitu minum kopi juga tidak menyebabkan penyakit hati, banyak penelitian pun membuktikan bahwa yang selalu meminum kopi akan memiliki resiko kecil menderita penyakit hati dibandingkan yang tidak meminum.

4. Banyak manfaat kopi yang bisa mengurangi resiko terkena beberapa jenis penyakit kanker, kamu pun bisa mencegahnya dengan meminum kopi

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Bisa juga mengurangi resiko terkena kanker

Banyak data yang mengatakan bahwa kanker menjadi salah satu penyebab utama banyak kematian di dunia. Itu memang benar. Namun kopi bisa mengurangi resiko terkena beberapa jenis kanker, seperti kanker usus yang bisa dicegah 15% karena minum kopi dan kanker liver 40% yang bisa juga dicegah karena minum kopi.

5. Sulit mendapatkan semangat setiap hari? Tenang, minum kopi saat pagi hari bisa membangkitkan semangatmu seperti biasa lagi

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Bisa jadi tambahan semangatmu dipagi hari

Salah satu manfaat kopi berikut ini menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang selalu minum kopi dipagi hari. Yup, menurut Johns Hopkins School of Medicine mengkonsumsi kopi sebanyak 200 mg perhari akan membuatmu lebih merasakan senang, hati menjadi lebih baik, serta juga tambah berenergi. Kopi yang mengandung kafein pun membuat kita lebih waspada.

Banyak diantara pria dan wanita yang memilih meminum kopi sebelum mereka beraktivitas sehari-hari. Itupun juga karena mereka tahu bahwa kopi membuat mereka lebih waspada, mempertajam ingatan, fokus, dan membantu menjalankan segala aktivitas yang rumit.

6. Meski banyak yang bilang kopi itu tidak menyehatkan, tapi ternyata kopi juga bisa memperpanjang usia seseorang

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Kamu bisa jadi lebih awet muda

Heran kan kok kopi bisa memperpanjang usia seseorang? Menurut penelitian yang dilakukan oleh New England Journal of Medicine dan dipublikasikan pada tahun 2012 lalu, mengatakan bahwa orang yang berusia 50-70 tahun yang sering meminum kopi memiliki lebih kecil resiko meninggal dibandingkan yang tidak meminum. Tapi agar badan tetap sehat, jangan juga bergantungan dengan kopi. Perlu juga dibarengi dengan makan makanan yang sehat.

7. Untuk kamu yang wanita, minum kopi juga bisa menurunkan berat badanmu lho

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Tumbuh ramping bukan lagi mimpi

Membuat tubuh menjadi lebih ramping adalah salah satu manfaat kopi yang bisa kamu temui. Itu karena kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi memiliki manfaat yang bisa membantu kamu membakar lemak didalam tubuh. Saat kamu meminum kopi, jantungmu akan berdetak lebih kencang dari biasanya, sehingga hal itu dapat membantu proses metabolisme di dalam tubuh. Tapi juga perlu ditambah dengan olahraga rutin agar tumbuh ramping benar-benar bisa kamu miliki.

8. Kopi juga bisa membantu mengobati depresi yang sedang dialami, justru dengan minum kopi kamu jadi tambah lebih ceria

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Kamu pun bisa jadi tambah ceria

Rasa depresi mungkin sering datang setiap saat, entah karena alasan apa. Depresi juga merupakan salah satu penyebab yang membuat kualitas hidup jadi berkurang. Penelitian yang dilakukan oleh Harvard pada tahun 2011 lalu mengatakan bahwa wanita yang minum 4 gelas kopi sehari memiliki peluang 20% lebih rendah terkena depresi dibandingkan yang tidak meminum kopi. Itulah kenapa saat masalah datang, terkadang minum kopi bisa jadi salah satu solusinya. Lebih baik minum kopi kan daripada menangis?

Terlepas dari baik atau buruknya orang menilai kopi, akan lebih baik jika kita minum kopi tapi juga tetap dibarengi dengan gaya hidup yang sehat. Seperti berolahraga, makan makanan yang sehat, sering melakukan meditasi, dan lainnya. Yuk sekarang kita minum kopi!

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini