KESEHATAN

Inilah Manfaat Tidur Larut Malam yang Jarang Banyak Orang Mengetahuinya

Manfaat Tidur Larut Malam

Sering tidur larut malam tidak selalu berdampak negatif untuk tubuh.

Kebanyakan orang berkata bahwa tidur larut malam itu membuat badan menjadi tidak sehat. Benarkah? 80% dari 1000 orang mungkin akan berkata ya, dan 20% lainnya akan berkata tidak. Bagi mereka yang berkata ‘tidak’ bisa jadi memiliki kebiasaan tidur larut malam. Namun faktanya beberapa penelitian ilmiah ada yang tidak setuju jika tidur larut malam membawa dampak negatif terhadap tubuh, terlebih ada beberapa data juga yang menyebutkan bahwa ada beberapa manfaat tidur larut malam yang jarang banyak orang mengetahuinya.

Namun bukan berarti data-data dari beberapa penelitian ilmiah tadi membuatmu memilih untuk terus tidur larut malam. Karena bagaimanapun juga kita harus selalu bisa tidur cukup setiap harinya, minimal tujuh atau delapan jam setiap hari agar tubuh kita selalu sehat. Boleh tidur larut malam asalkan jumlah waktu tidur tidak kurang dari tujuh jam.

Setiap orang memang bisa memilih ingin tidur pada jam-jam tertentu, namun sayangnya karena banyak rutinitas yang kita lakukan setiap hari membuat kita terpaksa tidur larut malam, sehingga lama-kelamaan hal tersebut menjadi suatu kebiasaan. Untukmu yang sering tidur larut malam jangan bersedih dulu dan jangan beranggapan bahwa kehidupanmu tidak sehat, coba lihat beberapa manfaat tidur larut malam yang perlu kamu ketahui berikut ini.

1. Seseorang yang tidur larut malam dan bangun di pagi hari memiliki IQ yang lebih tinggi

9 Tips Agar Bisa Produktif Untukmu yang Terpaksa Bekerja di Akhir Pekan

Memiliki IQ yang lebih tinggi

Sebuah studi yang dilakukan oleh Satoshi Kanazawa, seorang ilmuwan evolusioner di London School of Economics and Political Science mengatakan bahwa ada sebuah hubungan antara kecerdasan dengan perilaku adaptif. Dia mengatakan jika seseorang yang selalu bekerja atau berkegiatan hingga malam hari namun saat pagi harinya dia mudah terbangun, maka seseorang tersebut memiliki IQ yang lebih tinggi dan potensi kesuksesannya lebih besar dibandingkan yang bangun lebih lama dari kebanyakan orang dilingkungannya.

Sebuah studi lain dari Christopher Randler seorang profesor biologi dari University of Education di Heidelberg, mengatakan bahwa seseorang yang bangun pagi setelah selesai berkegiatan dimalam hari bahkan sampai larut malam sangat mudah untuk mencapai kesuksesan, dan mereka juga lebih aktif dibandingkan mereka yang bangun siang.

2. Selain IQ yang tinggi, manfaat tidur larut malam juga dapat mempertajam kreativitas seseorang

9 Tips Agar Bisa Produktif Untukmu yang Terpaksa Bekerja di Akhir Pekan

Mempertajam kreativitas

Mereka yang memiliki kebiasaan tidur larut malam karena berpikir dan bukan bermain gadget, lebih kreatif dan selalu punya solusi dari setiap masalah yang dia punya. Bahkan mereka yang sering beraktivitas hingga tertidur saat larut malam lebih orisinil dan tidak memiliki kebiasaan menjimplak hal-hal yang sudah ada, justru mereka menciptakan sesuatu yang baru.

Jika kamu memiliki kebiasaan tidur larut malam dan tidak tahu ingin melakukan apa, sebaiknya jangan memilih untuk menyibukan diri dengan gadget, cobalah membaca buku atau menciptakan sesuatu seperti menulis di blog, membuat sebuah karya seni atau hal-hal lainnya yang positif. Hal-hal itulah yang akan membantu mempertajam sifat kreatif yang ada pada dirimu.

3. Tidur larut malam bisa membuatmu lebih kebal terhadap stres

Inilah Alasan yang Menjelaskan Kenapa Kamu Harus Lebih Sering Tertawa Agar Hidupmu Bisa Lebih Bahagia

Kebal terhadap stres

Kebanyakan orang berpikiran bahwa mereka yang tidur larut malam dapat terserang stres lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak tidur larut malam. Nyatanya mereka yang tidur cepat dan bangun di pagi hari karena tuntutan aktivitas sehari-hari lebih cepat stres dibandingkan mereka yang tidur larut malam namun bangun siang hari.

Memang orang yang tidur larut malam dan bangun siang hari terkesan pemalas. Namun menurut para ahli, orang yang tidur larut dan bangun siang lebih memiliki suasana hati yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidur cepat dan bangun pagi hari karena harus melakukan sesuatu. Tidur larut bangun siang atau tidur cepat bangun pagi boleh-boleh saja dilakukan, asalkan waktu tidurnya selama tujuh jam.

Jika kamu tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur di malam hari dan bangun sesuka hati karena ada tuntutan aktivitas sehari-hari seperti kerja, kuliah, atau hal lainnya, maka coba lakukanlah pada saat hari-hari libur. Dengan begitu kamu bisa mengurangi sedikit resiko stres yang ada di dalam dirimu.

4. Tidur larut malam membuat tubuhmu lebih kuat dibandingkan orang yang tidur lebih cepat

Manfaat Tidur Larut Malam

Lebih kuat dibandingkan yang tidur lebih cepat

Manfaat tidur larut malam lainnya ada pada kekuatan fisik yang akan kamu dapatkan dan lebih unggul dibandingkan mereka-mereka yang tidur cepat. Penelitian yang dilakukan di University of Alberta memberikan sebuah data bahwa mereka yang tidur lebih cepat memiliki kekuatan fisik yang konsisten disetiap harinya, namun mereka yang tidur larut malam memiliki kekuatan fisik yang lebih unggul dibandingkan mereka yang tidur cepat.

Walaupun begitu, kekuatan fisik tidak selalu didapatkan hanya dari terbiasa tidur larut malam saja, justru bisa didapatkan juga dengan cara rajin berolahraga dan selalu memakan makanan yang bergizi. Bisa juga didapatkan dengan mengkonsumsi vitamin dengan disertai olahraga tentunya.

Nah itu tadi beberapa manfaat tidur larut malam yang bisa jadi informasi tambahan untukmu yang sering melakukannya. Memilih tidur larut malam ataupun tidur cepat itu pada akhirnya akan terlihat sama saja, dan tidak akan memberikan hasil yang berbeda. Hasil yang berbeda dan lebih unggul bisa terjadi jika ada usaha keras yang dilakukan oleh kita, tidur larut malam hanya menjadi sedikit faktor penentu unggul atau tidaknya seseorang. Paling terpenting yang harus kita lakukan adalah selalu jaga kesehatan tubuh kita, dan tidurlah sesuai waktunya masing-masing. Tidur larut malam boleh saja, asalkan bukan begadang sampai tidak tidur semalaman.

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini