NOSTALGIA

7 Mainan Anak dari Kartun Jepang Ini Pernah Jadi Tren di Indonesia Lho! Kamu Masih Ingat Gak?

Mainan Anak dari Kartun Jepang

Yuk kembali bernostalgia bersama mainan-mainan masa kecil kita dulu!

Sebelum ada namanya Fidget Spinner yang beberapa waktu lalu menjadi tren di Indonesia, dulu semasa kartun Jepang masih mendominasi tayangan televisi pada hari Minggu, ada beberapa mainan dari kartun Jepang yang pernah menjadi tren di Indonesia. Bahkan beberapa mainan anak pada waktu itu di dominasi oleh mainan anak dari kartun Jepang.

Pasti semasa kecil kamu dulu pernah memainkannya bukan? Dan kamu pun juga dapat membeli mainan anak dari kartun Jepang tersebut di toko-toko mainan atau warung-warung mainan dekat sekolahmu dulu. Sambil membeli mainan, biasanya kamu juga tak lupa untuk menonton kartunnya yang selalu tayang di hari Minggu.

Nah untuk membangkitkan kenangan semasa kecilmu dulu, berikut Wokeeh berikan beberapa daftar mainan anak dari kartun Jepang yang pasti pernah kamu mainkan sewaktu kecil dulu.

1. Tak lupa selalu bermain balapan Tamiya bersama teman-teman sepermainan

Tamiya - Mainan Anak dari Kartun Jepang

Tamiya

Pada hari Minggu kira-kira Jam 8 atau Jam 9 Pagi, pastinya kartun Tamiya berjudul Let’s & Go selalu tayang menemani. Kartun tersebut menceritakan tentang kakak beradik yang berjuang di perlombaan balapan Tamiya. Karena kartun Jepang itulah kenapa banyak anak kecil pada waktu dulu ingin sekali memiliki mainan Tamiya seperti yang ada di dalam cerita kartunnya.

Tamiya ini sebenarnya adalah nama produk mainan, namun karena anak-anak di Indonesia menyebut Tamiya ini sebagai mainan mobil balap, maka jadinya sampai sekarang Tamiya hanya digolongkan sebagai nama mainan mobil balap saja. Tapi walaupun begitu, nyatanya mainan Tamiya sampai saat ini masih banyak yang memainkannya meski tak sebanyak waktu dulu. Kamu sendiri punya Tamiya yang model apa? Magnum atau Sonic?

2. Adu kekuatan BeyBlade dengan teman, walau arenanya menggunakan wajan penggorengan

BeyBlade - Mainan Anak dari Kartun Jepang

BeyBlade

Siapa yang gak kenal dengan kartun BeyBlade dan juga mainannya. Pastinya anak-anak yang kehidupan kecilnya dihabiskan pada tahun 2000-2005an kenal dengan  mainan yang satu ini. Sama seperti Tamiya, BeyBlade ini pernah menjadi tren yang besar dikalangan anak-anak sewaktu dulu. Sudah pasti karena efek dari kartunnya yang tayang setiap hari Minggu.

Kamu masih ingat gak nih model BeyBlade seperti apa yang kamu miliki dulu? Mainnya pakai arena yang terbuat dari plastik atau justru menggunakan wajan penggorengan milik ibumu?

3. Saling dorong kekuatan dengan tabrak menabrak menggunakan mainan Crush Gear

Crush Gear - Mainan Anak dari Kartun Jepang

Crush Gear

Kamu masih ingat gak nih mainan yang satu ini? Pastinya masih ingat dong ya. Mainan dari kartun Jepang yang satu ini pernah jadi tren di Indonesia lho walau hanya sebentar. Dulu kartunnya tayang pada hari Minggu jam 10 Pagi, dan diproduksi kurang lebih dalam 68 episode. Kamu sendiri dulu punya model Crush Gear seperti apa?

4. Bermain Tamagotchi berbentuk kartun Digimon menggunakan Digivice

Digimon Digivice - Mainan Anak dari Kartun Jepang

Digimon Digivice

Kalau masa kecilmu dulu ada pada tahun 2001-2006, maka kamu pastinya pernah dong ya menonton kartun Digimon ini? Yup, kartun Digimon pada awal-awal tayang di Indonesia memang tidak langsung menciptakan tren dengan mainan-mainannya, namun beberapa tahun kemudian munculah mainan bertema sama seperti Tamagotchi namun menggunakan peralatan seperti di dalam kartun Digimon, yaitu Digivice.

Digivice adalah peralatan yang menyimpan data monster-monster Digimon itu sendiri. Nah mainan Digimon ini hampir sama seperti Tamagotchi yang memelihara hewan virtual, namun bedanya Tamagotchi Digivice ini kamu akan memelihara hewan-hewan yang ada di dalam kartun Digimon. Jadi bedanya hanya hewannya saja, bentuk permainannya hampir sama seperti Tamagotchi.

5. Mengumpulkan gambar-gambar Pokemon dalam bentuk Tazos yang biasa di dapat dari hadiah Chiki

Tazos Pokemon - Mainan Anak dari Kartun Jepang

Tazos Pokemon

Beberapa produk makanan ringan pada waktu dulu banyak sekali menggunakan tren kartun Jepang di Indonesia sebagai upaya meningkatkan penjualan produk-produknya. Salah satunya adalah Chiki. Kalau kamu dulu sering membeli Chiki, pastinya kamu akan mendapatkan Tazos dalam bentuk gambar Pokemon.

Tazos Pokemon ini pernah jadi tren di Indonesia lho, bahkan anak-anak pada waktu itu rela banyak membeli makanan ringan Chiki hanya untuk mendapatkan Tazosnya saja. Mainan dari kartun Jepang ini walau terbilang diproduksi hanya untuk hadiah dari makanan ringan, nyatanya pada waktu dulu mainan ini sangat populer sekali dikalangan anak-anak. Kamu sendiri pernah gak nih mengumpulkan Tazos Pokemon?

6. B-Daman, mainan anak dari kartun Jepang yang dibilang sebagai pengganti permainan gundu pada waktu dulu

B-Daman - Mainan Anak dari Kartun Jepang

B-Daman

Kartun ini memang tidak begitu populer seperti Tamiya, BeyBlade ataupun Pokemon. Tapi di Indonesia, mainan B-Daman ini pernah jadi tren di kalangan anak-anak pada waktu dulu. Bahkan beberapa toko mainan di Indonesia banyak yang menjual mainan ini.

7. Kartu Yu-Gi-Oh, walau jarang dimainkan tetap saja tujuannya mengumpulkan sebanyak-banyaknya kartu

Kartu Yu-Gi-Oh - Mainan Anak dari Kartun Jepang

Kartu Yu-Gi-Oh

Kartun Yu-Gi-Oh ini selalu tayang pada hari Minggu jam 10 Pagi, lalu pindah tayang menjadi jam 2 Siang. Memang pada waktu semasa kecil kita dulu banyak kartun-kartun dari Jepang yang ditayangkan dari jam 5 Pagi sampai hampir jam 3 Sore. Yup itu dulu, berbeda dengan sekarang yang sedikit sekali kartun-kartun yang tayang di pertelevisian Indonesia.

Bicara Yu-Gi-Oh, pastinya kamu akan mengingat momen-momen dimana kamu sering mengumpulkan kartu-kartunya kan? Yup, Yu-Gi-Oh sendiri pernah menjadi tren di kalangan anak-anak dengan mainan kartu nya. Bahkan ada beberapa kartu yang dijual berbeda dari kartu lainnya, alias sedikit mahal. Walau begitu, mengumpulkan kartu Yu-Gi-Oh masih terasa seru dan sama serunya seperti mengumpulkan Tazos Pokemon.

Nah itu tadi beberapa mainan anak dari Jepang yang pernah menjadi tren di kalangan anak-anak Indonesia. Kamu sendiri semasa kecilmu dulu pernah punya mainan yang mana aja nih? Atau justru kamu punya semua mainan yang disebutkan tadi?

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini