TIPS

8 Cara Hidup Hemat Anak Kost yang Buat Keuangan Tetap Aman Sampai Akhir Bulan

Cara Mengatasi Insomnia

Buat yang hidup diperantauan, beberapa tips ini bisa menyelamatkan keuanganmu sebelum akhir bulan. Simak deh tips berikut ini!

Ada kesamaan antara cara hidup hemat anak kost dengan film-film bertemakan bertahan hidup, sama-sama menderita walau sebenarnya dituntut untuk selalu kuat. Terkadang hidup di perantauan menuntutmu untuk bisa selalu mandiri baik itu dalam mengatur waktu maupun keuangan sendiri. Jika kamu masih mengandalkan uang orang tua setiap bulannya, kamu perlu bijak dalam memanfaatkan uang. Salah-salah pengeluaran, bisa-bisa akhir bulanmu membuatmu menderita.

Tapi karena namanya juga anak kost, pasti selalu ada saja cara-cara yang selalu mereka lakukan untuk bisa bertahan hidup di kehidupan perantauan, mulai dari hal-hal aneh tapi keren, sampai hal-hal yang tak diduga-duga sebelumnya. Buat kamu yang status hidupnya sebagai perantauan, berikut beberapa cara hidup hemat anak kost yang bisa kamu praktekan jika keuanganmu menipis sebelum akhir bulan.

1. Coba gunakan sabun batang saat mandi, itu lebih menghemat pengeluaran uang dibandingkan menggunakan sabun cair

Cara Hidup Hemat Anak Kost - Sabun Batang

Sabun batang, lebih hemat

Setiap orang paling tidak mandi dua kali sehari, ada juga yang mandi tiga kali sehari. Membeli sabun mandi pun sudah menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Tapi sayangnya sabun mandi ini terkadang menjadi salah satu alasan kenapa keuanganmu cepat sekali menipis sebelum akhir bulan, seperti saat kamu terus menerus membeli sabun cair misalnya.

Sabun cair memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan sabun batangan, lalu lebih cepat habis juga jika terus-terusan dipakai. Berbeda dengan sabun batang, walau kualitasnya mungkin sedikit berbeda dari sabun cair, tapi dalam hal penghematan, sabun batang lebih hemat dibandingkan sabun cair. Pakai sabun batang juga bisa membersihkan tubuhmu seluruhnya, dan sensasinya hampir sama seperti menggunakan sabun cair saat digunakan untuk mandi. Buat kamu yang mau hemat, gunakan saja sabun batang.

2. Pasta gigi sudah habis? Jangan buru-buru beli baru, coba lipat dan gulung ujungnya, lalu pencet sampai pastanya keluar

Cara Hidup Hemat Anak Kost - Pasta Gigi yang Digulung

Lipat ujung pasta gigi untuk mendapatkan sisa pasta

Jika dihitung salama sebulan, berapa kali kamu membeli pasta gigi? Mungkin beberapa orang bisa hampir membeli dua kali dalam sebulan. Barang yang satu ini memang menjadi barang yang wajib masuk keranjang belanja setiap bulannya, karena memang dibutuhkan selalu saat kita ingin menggunakanya. Walau dibutuhkan, terkadang pula pasta gigi ini sering sekali cepat habis sebelum akhir bulan, dan uang bulananmu pun belum juga datang.

Tenang jangan khawatir, pasta gigi yang habis sebenarnya belum sepenuhnya habis, masih bisa kamu gunakan untuk menyikat gigimu. Caranya bisa kamu gulung ujung pasta gigimu, lalu kemudian jepit gulungan tersebut dengan tangan atau penjepit, lalu tekan pasta giginya sampai keluar pastanya, dan setelah itu tinggal kamu gunakan kembali. Cara hidup hemat anak kost ini memang terlihat sederhana, tapi bisa menghemat uangmu sampai akhir bulan.

3. Untuk keperluan mencuci pakaian, kamu bisa gunakan deterjen cair. Walau harganya sedikit mahal, tetapi itu bisa menghemat keuanganmu

Cara Hidup Hemat Anak Kost - Deterjen Cair

Gunakan deterjen cair

Harga mahal tapi bisa menghemat keuangan? Iya benar, jadi ketika kamu menggunakan deterjen cair, kamu bisa teteskan sedikit saja cairan deterjen untuk seluruh pakaian yang ingin kamu cuci. Lebih hemat jika dibandingkan kamu menggunakan deterjen bubuk. Deterjen cair walaupun digunakan sedikit saja bisa membersihkan satu ember besar pakaian kotor, beda ceritanya jika menggunakan deterjen bubuk, butuh banyak bubuk untuk bisa membersihkan banyak pakaian kotor.

4. Tidak terlalu yakin apakah sabun dan shampoo sudah habis atau belum? Coba kamu letakan secara terbalik, dan biarkan sabun dan shampoomu digunakan sampai benar-benar habis

Cara Hidup Hemat Anak Kost - Sabun dan Shampoo Terbalik

Letakan secara terbalik

Karena kamu tidak yakin apakah sabun dan shampoomu sudah habis atau belum, akhirnya kamu memilih untuk membuangnya dan membeli baru. Hal seperti ini yang biasanya cepat menghabiskan keuangan yang kamu punya. Padahal bisa saja kamu menghemat uangnya dengan cara tidak membeli sabun atau shampoo sebelum mereka benar-benar sudah habis total.

Kamu bisa pastikan sudah habis atau belum dengan cara meletakannya secara terbalik. Dan biarkan cairan sabun dan shampoonya turun sampai ketepi penutup. Kamu bisa gunakan sisa-sisa cairan tersebut untuk kamu gunakan mandi, walau sedikit setidaknya itu bisa digunakan untuk mandi. Lebih hemat dibandingkan kamu membeli shampoo dan sabun baru yang sebenarnya sabun dan shampoomu dulu belum benar-benar habis.

5. Parfum kamu sudah habis? Jangan dulu beli yang baru. Coba pakai saja pewangi pakaian yang biasa digunakan untuk melicinkan pakaian saat digosok

Cara Hidup Hemat Anak Kost - Botol Pewangi Pakaian

Pakai pewangi pakaian

Parfum dari hari kehari selalu kamu gunakan, dan itu menjadi salah satu barang yang wajib digunakan setiap kamu ingin berpergian. Tapi dengan harganya yang agak mahal untuk anak kost, membuat sebagian anak kost bimbang antara menggunakan parfum atau tidak menggunakannya. Padahal jika keuanganmu sedang menipis, kamu masih bisa mengakalinya dengan menggunakan pewangi pakaian yang biasa digunakan saat ingin menggosok.

6. Cara hidup hemat anak kost saat kehabisan sabun cair dan shampoo, yaitu dengan memasukan air kedalam botolnya

Cara Hidup Hemat Anak Kost - Botol Shampoo Dimasukan Air

Selama masih ada air, aman deh

Sabun cair dan shampoomu sudah habis? Jika belum punya uang untuk membelinya, kamu bisa gunakan cara hidup hemat anak kost yang satu ini. Yaitu dengan memasukan air ke dalam botol sabun cair atau shampoo, dan setelah itu kocok secara cepat sehingga air yang dimasukan tadi menghasilkan banyak busa. Dan busa-busa itu yang bisa kamu gunakan untuk mandi dan membersihkan seluruh tubuhmu. Mudah kan?

7. Uang bulanan belum datang tapi kebutuhan untuk makan sudah habis duluan? Tenang, kamu bisa mengakalinya dengan membuat satu makanan yang bisa dimakan berkali-kali

Cara Hidup Hemat Anak Kost - Pizza Mie

Buat makanan yang bisa dimakan berkali-kali

Bukan hanya kebutuhan untuk kebersihan saja yang buat uang bulananmu cepat habis, tapi kebutuhan untuk makan pun juga selalu menjadi penyebab tersendiri kenapa uang bulananmu cepat sekali menipis. Buat kamu yang lagi berstatus kehabisan uang karena uang bulanan belum datang, dan kamu pun sedang kelaparan, tenang tak perlu risau. Kamu bisa membuat satu menu makanan anak kost yang harganya lumayan bisa menghemat uangmu dan bisa dimakan berkali-kali.

Yup, buat menu makanan anak kost bernama Pizza Mie dengan bahan-bahan 2 telur ayam dan 1 mie instan. Kamu bisa buat Pizza Mie dengan ukuran yang besar sehingga bisa dimakan berkali-kali dalam sehari. Harga telur jika satunya Rp 2000 dan harga mie Rp 1500, maka kamu seperti mengeluarkan uang Rp 3500 untuk dua kali makan dalam sehari, itu belum termasuk harga beras yang kamu masak menjadi nasi ya.

8. Lagi butuh internet? Gunakan saja fasilitas Wi-Fi gratis. Lebih hemat!

Skripsi

Pakai fasilitas Wi-Fi gratis untuk kerjakan tugas, lebih hemat!

Cara hidup hemat anak kost yang satu ini pastinya sudah banyak yang melakukan, karena cara ini sudah menjadi alternatif terbaik untuk internetan saat status keuangan sudah habis sebelum akhir bulan. Buat kamu yang lagi butuh internet karena ada tugas penting, jangan paksakan untuk beli kuota jika keuanganmu belum mendukung, manfaatkan saja fasilitas yang memberikan Wi-Fi gratis diberbagai tempat, misalnya kampus atau kantormu. Lebih irit bukan?

Dari kondisi yang mengharuskan untuk hidup hemat, kita banyak menemukan berbagai cara unik yang terbukti membantu kita dalam bertahan hidup. Walau mungkin caranya sedikit memaksakan, tapi nyatanya itu berhasil. Jika kamu hidup diperantauan, jangan terus menerus mengandalkan uang bulanan, coba kreatif dalam menjalani hidup agar bisa menemukan banyak cara untuk bisa bertahan hidup dalam kondisi keterbatasan.

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini