TIPS

Cara Melatih Otak Untuk Memudahkan Segala Urusan yang Kamu Rasa Sulit Untuk Dikerjakan

Cara Melatih Otak Dengan Mudah - Mendengarkan Musik klasik

Jika kamu memiliki banyak waktu luang, akan lebih baik jika itu dimaksimalkan untuk melatih kemampuan otak yang kamu miliki. Yuk kenali beberapa cara melatih otak dengan mudah berikut ini!

Bagaimanapun apa yang sedang kita lakukan pada dasarnya ada dalam kendali otak kita, kita pun selalu mengandalkan otak disetiap hal yang ingin dan sedang dikerjakan. Berbicara, berhitung, menghapal, mengingat, menganalisa, dan lainnya. Namun terkadang karena banyaknya gangguan zona nyaman dari gaya hidup jaman sekarang yang memaksa kita untuk tidak banyak menggunakan kemampuan otak kita, dan pada akhirnya kinerja otak kita menjadi semakin melemah. Oleh karena itu kenapa kita perlu melatih otak agar kinerjanya tidak semakin menurun mulai dari sekarang.

Akan jadi luar biasa ketika kinerja otak menjadi lebih maksimal dikarenakan kita sering melatih otak kita. Melatih otak pun sebenarnya tidaklah terlalu sulit, ada banyak sekali permainan asah otak, game asah otak yang tersedia di PlayStore dan Apple Store dan lainnya yang bisa kita gunakan dan manfaatkan untuk melatih otak kita.

Namun jika tidak ingin menggunakan game untuk melatih otak agar kinerjanya bisa lebih maksimal, beberapa cara berikut ini bisa juga kamu lakukan.

1. Untuk melatih otak agar tajam dalam mengingat sesuatu, kamu hanya perlu menceritakan semuanya apa yang sedang kamu ingat

Cara Melatih Otak Dengan Mudah

Melatih otak dengan bercerita via tricksforums.org

Mungkin kamu pernah merasakan kesulitan dalam hal mengingat, misal mengingat pelajaran, tugas dari pekerjaan, sampai ulang tahun pasangan. Kamu bisa kok mempertajam ingatanmu dengan melatih otak menggunakan beberapa media, misalnya kamu menonton sebuah film lalu kamu coba berusaha untuk mengingat segala hal secara detail yang terjadi di film itu, lalu kamu ceritakan setelahnya.

Proses bercerita atau menerangkan apa yang kamu ketahui dan ingat sebelumnya kepada orang lain atau dengan media apapun (blog misalnya), kamu bisa melatih otak kamu agar kinerja dalam hal mengingat bisa lebih tajam. Tidak hanya dengan cara menonton film saja, kamu juga bisa menceritakan segala hal tentang liburanmu, kenanganmu bersama keluarga, atau yang lainnya.

2. Jangan menutupi kemungkinan untuk mempelajari hal-hal baru, kamu bisa melatih otak kamu agar lebih tajam dengan bertemu dan mempelajari hal baru

8 Hal yang Tak Layak Kamu Korbankan Untuk Pasangan Walau Kamu Sudah Cinta Terlalu Dalam

Coba pelajari hal-hal baru

Sudah jelas jika otak semakin banyak digunakan semakin tajam kinerjanya. Untuk sering menggunakan kemampuan otak, maka kita perlu banyak mempelajari hal-hal baru. Dengan banyak mempelajari hal baru, proses melatih otak yang dilakukan akan semakin mudah karena kinerja otak akan terus bekerja saat dia bertemu dengan hal-hal baru yang kita pelajari.

Kamu bisa mencoba melatih otak dengan hal baru seperti belajar alat musik, atau mempelajari teknik olahraga terbaru yang ingin kamu pelajari. Selain itu kamu juga bisa mencoba belajar bahasa asing, membaca artikel, membaca buku, serta mencoba menganalisa sesuatu yang menurutmu menarik.

3. Mencoba melatih otak dengan memainkan permainan asah otak seperti catur

Tips Mengatur Keuangan yang Asyik Agar Akhir Tahunmu Bisa Piknik

Melatih otak dengan bermain catur

Jika kamu sering bermain permainan catur, justru itu lebih bagus untuk mengasah kemampuan otakmu. Permainan yang berhubungan dengan strategi atau hitung-hitungan itu akan membutuhkan daya berpikir yang lebih banyak sehingga baik untuk meningkatkan kinerja otak agar mampu bekerja secara maksimal.

Tidak perlu memaksa harus menggunakan permainan dalam bentuk fisik, dengan adanya teknologi seperti sekarang ini, kamu bisa mengunduh game catur ataupun sudoku untuk dimainkan di smartphone kamu. Dengan begitu kamu bisa melatih kemampuan otakmu dimapun dan kapanpun.

4. Dalam pikiran yang sehat, selalu ada tubuh yang kuat. Jangan lupa untuk terus berolahraga, dengan begitu kemampuan otak bisa terbantu maksimal

Tujuan Hidup - Kesehatan

Jangan lupa berolahraga

Berolahraga bukan hanya baik untuk tubuh, tetapi juga baik untuk pikiran. Dengan pikiran yang sehat, proses berpikir yang dilakukan menjadi semakin mudah dan cepat. Dengan berolahraga juga kita dapat memperoleh oksigen yang baik untuk tubuh dan juga otak, karena oksigen dasarnya adalah membantu proses pelancaran sistem aliran darah kita yang mengalir dari atas kepala ke bawah kaki.

Jika kita menginginkan kemampuan otak menjadi lebih maksimal dalam membantu segala proses kegiatan yang sedang dilakukan, maka kita perlu memelihara kesehatan otak kita dengan terus memberikan oksigen yang baik ke otak yang bisa didapat juga dengan cara berolahraga. Dengan terus berolahraga, neural baru dalam otak akan terus saling berhubungan satu sama lainnya dengan cepat, sehingga kemampuan otak akan lebih cepat juga bekerja secara maksimal.

5. Coba mendengarkan musik klasik dengan pelan, dan coba juga resapi alunan musik tersebut dengan santai

Cara Melatih Otak Dengan Mudah - Mendengarkan Musik klasik

Dengarkan musik klasik dengan santai

Saat waktumu sedang santai dan luang, cobalah untuk melatih kemampuan otak dengan mendengarkan musik-musik klasik secara santai. Karena alunan musik klasik adalah kompleks, membuat sel-sel dalam otakmu kembali aktif sehingga otak dapat bekerja menjadi lebih baik. Kamu bisa mendengarkan musik klasik versi Beethoven. Selain melatih otak, jenis musik klasik akan dapat meredakan rasa sakit dalam hati, mengurangi stres dan menghilangkan insomnia.

Baca Juga :  7 Cara Ampuh Mengatasi Insomnia Agar Tidur Malam Bisa Lebih Efektif Dari Biasanya

6. Jangan terlalu banyak menonton acara televisi yang tidak bermanfaat, cobalah kurangi kebiasaan menonton televisi

Menonton Televisi

Kurangi menonton televisi

Jangan terlalu sering menonton televisi jika kamu mempunyai banyak waktu luang, karena hal tersebut belum tentu bisa membuat kinerja otak menjadi lebih baik. Tayangan yang hadir di televisi jaman sekarang belum tentu berkualitas seperti tayangan jaman dulu. Karena otak menyerap segala bentuk visual yang kita lihat, ada baiknya jika memiliki waktu luang segeralah baca buku atau menonton tayangan yang bermanfaat misalnya kuis edukasi, informasi kesehatan, dan lainnya.

7. Banyaklah tertawa dan merasakan gembira, jangan terlalu sering murung ataupun memikirkan hal-hal yang negatif

Inilah Alasan yang Menjelaskan Kenapa Kamu Harus Lebih Sering Tertawa Agar Hidupmu Bisa Lebih Bahagia

Banyak tertawa, kurangi murung

Kamu hanya perlu tertawa untuk bisa merileksasikan otak agar tidak terlalu berat dalam berpikir. Jika bisa kamu perlu mengobrol dengan orang lain diluar sana, karena dengan mengobrol atau membangun koneksi pertemanan, kita bisa membuat otak memahami dalam proses penyerapan segala yang kita pikirkan tentang orang lain. Ditambah dengan tertawa, otakmu nantinya akan lebih kreatif dan merasa waspada tentang hal-hal bersifat komedi ataupun kesenangan.

Yuk mulai sekarang jika kamu punya banyak waktu luang, daripada menggunakannya untuk hal-hal yang pasif, kenapa tidak kita gunakan untuk hal-hal yang aktif? Sambil beraktivitas, sambil juga mengasah kemampuan otak.

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini