TIPS

Mau Mendapatkan Pekerjaan Secepat Mungkin? Beberapa Hal Ini Perlu Kamu Lakukan

Mau mendapatkan pekerjaan? Ikuti tips berikut ini.

Setelah kamu menyelesaikan sekolah ataupun kuliah, pastinya kamu akan melanjutkan kesibukanmu ke tahapan selanjutnya, yaitu bekerja. Entah itu bekerja untuk diri sendiri seperti menjadi wirausaha, atau bekerja di sebuah perusahaan. Untuk kamu yang memilih bekerja di perusahaan, seorang yang baru lulus sekolah ataupun kuliah pastinya mendapatkan pekerjaan menjadi salah satu tujuan yang paling utama bukan?

Yup, mendapatkan pekerjaan menjadi faktor penting untuk orang-orang yang baru saja lulus atau sebutannya fresh graduate, alasannya agar mereka tidak terlalu lama menganggur sehingga keuangan yang mereka punya bisa tetap terjaga. Tapi bagaimana caranya agar seorang fresh graduate bisa cepat mendapatkan pekerjaan?

Nah untuk itu Wokeeh akan memberikan beberapa tips untukmu fresh graduate atau siapapun yang ingin cepat mendapatkan pekerjaan, sehingga kamu tidak perlu terlalu lama menganggur.

1. Jika ingin mendapatkan pekerjaan impian, jangan terlalu cepat melamar, coba perbarui resume kamu terlebih dahulu

Cara Mendapatkan Pekerjaan Dengan Cepat

Perbarui dulu baru lamar

Pihak perusahaan manapun pastinya akan mempertimbangkan karyawan-karyawan baru yang akan masuk diperusahaannya, sehingga mereka sangat pilih-pilih saat menerima karyawan baru. Kalau kamu ingin mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan di perusahaan tersebut, akan lebih baik jika jangan dulu melamar jika kamu tidak memperbarui resume kamu.

Coba perbarui resume kamu menjadi luar biasa sehingga pihak perusahaan akan kesulitan menolakmu apabila kamu melamar pekerjaan disana. Jika kamu memperbaiki hal tersebut, dan menonjolkan di salah satu bidang yang kamu kuasai, otomatis pekerjaan impian yang kamu inginkan akan mudah kamu dapatkan sesuai posisi yang kamu lamar.

2. Memperluas jaringan pertemanan dengan banyak orang, itu juga salah satu cara untuk bisa mendapatkan pekerjaan

Cara Mendapatkan Pekerjaan Dengan Cepat

Dapat membantumu mendapatkan pekerjaan

Memang benar jika faktor pertemanan bisa membantu seseorang diterima kerja di sebuah perusahaan walau mungkin peluangnya sangat kecil. Tapi jika kamu fokus pada memperluas jaringan pertemananmu saat masih di sekolah atau kuliah, bisa saja saat kamu mencari atau melamar pekerjaan akan menjadi lebih mudah nantinya.

Baca Juga :  7 Strategi Sukses Menjadi Pengusaha, Walau Dengan Modal yang Seadanya

Selain memperluas jaringan pertemanan secara offline, kamu juga bisa memperluas jaringan pertemananmu secara online. Seperti contohnya Facebook, disana ada banyak sekali grup-grup yang memfokuskan diri pada penyebaran informasi lowongan pekerjaan, mulai dari sana kamu bisa mengikuti perusahaan-perusahaan mana yang akan kamu lamar nantinya.

Jangan lupa juga untuk aktif bertanya-tanya, atau sekedar chit-chat sesama pencari pekerjaan. Semakin kamu dikenal positif di grup tersebut, semakin mudah kamu dikenali oleh beberapa pihak perusahaan apabila salah satu pihak perusahaan juga ikut bergabung di grup tersebut untuk mencari calon karyawan-karyawan barunya. Intinya buat namamu di berbagai jaringan pertemanan menjadi semakin positif sehingga membuat banyak orang nantinya bisa membantumu mendapatkan pekerjaan.

3. Selalu aktif untuk mencari pekerjaan, jangan cuma menunggu jawaban dari perusahaan yang kemarin kamu lamar

Cara Mendapatkan Pekerjaan Dengan Cepat

Selalu aktif mencari lowongan pekerjaan

Menunggu jawaban dari sebuah perusahaan akan menghasilkan dua pilihan, diterima dan tidak diterima. Jika kamu memiliki banyak waktu, akan lebih baik jika kamu tidak terus-terusan menunggu jawaban dari perusahaan yang kemarin kamu lamar. Pakailah waktu luangmu tersebut untuk tetap terus mencari lagi perusahaan baru yang ingin kamu lamar. Masih banyak kok perusahaan-perusahaan terbaik yang lebih cepat menerima pegawai barunya dibandingkan perusahaan yang lain.

4. Perhatikan CV, itu adalah satu hal yang sangat menentukanmu nanti ketika melamar pekerjaan

Cara Mendapatkan Pekerjaan Dengan Cepat

Perhatikan CV

Pihak HRD tentunya selalu menerima puluhan atau ratusan CV yang nantinya perlu disortir lagi sesuai keinginan perusahaan. Apabila kamu ingin cepat mendapatkan pekerjaan diperusahaan tersebut, kamu perlu menonjolkan dirimu melalui surat lamaran dan CV yang kamu kirim. Usahakan membuatnya secara profesional dengan menggambarkan riwayat pekerjaanmu, kemampuan yang kamu punya, dan kualifikasi umum sesuai kriteria lowongan.

5. Jangan berantakan saat sesi wawancara, pastikan kamu memperhatikan penampilanmu agar bisa tampil sebaik mungkin

Cara Mendapatkan Pekerjaan Dengan Cepat

Perhatikan pakaianmu saat diwawancara

Kesan pertama memang tidak boleh dianggap enteng, dampaknya sangat luar biasa. Jika kamu memberikan kesan positif, maka akan memberikan hasil yang positif juga, dan sebaliknya. Untuk wawancara kerja, akan lebih baik jika kamu memperhatikan apa saja yang kamu pakai, jangan sampai pakaianmu itu terlihat berantakan dan menciptakan kesan buruk saat pertawa di wawancara.

Baca Juga :  Inilah Beberapa Target Hidup yang Perlu Kamu Dapatkan Saat Masih Umur 20-an

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat wawancara kerja, seperti berikut ini:

Sepatu : Pakailah selalu sepatu yang bersih dan terbebas dari kotoran. Pilih warna hitam dan tanpa ada aksesoris apapun. Usahakan pakailah sepatu yang sesuai dengan penampilan atasanmu.

Pakaian : Pakailah selalu pakaian berkerah, dan jangan sampai pakaianmu terlihat kusut dan tidak tertata. Tampilah semaksimal mungkin.

Aksesoris : Jika memungkinkan, pakailah jam tangan sebagai aksesorismu. Dan untuk wanita, usahakan tidak menggunakan aksesoris secara berlebihan. Boleh gunakan anting, jam tangan, atau kalung. Tapi jangan pakai yang berbentuk terlalu mencolok.

6. Kesopanan adalah salah satu faktor penentu seseorang dilihat baik oleh pihak perusahaan, jadi jagalah selalu tingkah lakumu

Cara Mendapatkan Pekerjaan Dengan Cepat

Jaga selalu tingkah lakumu

Kamu akan merasa diuji saat kamu sedang wawancara kerja atau mendapatkan telepon dari perusahaan yang kamu lamar. Jika kamu berniat untuk mendapatkan pekerjaan secepat mungkin, maka kamu perlu menjaga sikapmu ketika kamu berinteraksi dengan pihak perusahaan.

Contohnya, saat kamu di telepon oleh pihak perusahaan, maka pakailah selalu bahasa yang sopan namun tidak baku. Atau jika sedang wawancara kerja, duduklah yang sopan, dan jangan terlalu bertingkah laku seperti kamu sedang duduk bersama teman-teman. Ingat, kamu sedang diwawancara kerja, bukan sedang mengobrol.

Nah itu tadi beberapa hal yang harus kamu lakukan dan perhatikan jika kamu ingin mendapatkan pekerjaan secepat mungkin. Mencari pekerjaan memang tidaklah mudah, terlebih untukmu yang fresh graduate, tapi itu bukanlah alasan untukmu tidak terus berusaha agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini