TIPS

8 Cara Mudah Untukmu Menemukan Letak Kebohongan Seseorang

Pernah dibohongi orang terdekat? Jangan sampai terulang lagi. Coba gunakan beberapa cara berikut ini.

Kebohongan menjadi salah satu jalan yang biasa diambil oleh seseorang untuk menutupi suatu kebenaran. Walaupun kebohongan sering dilakukan oleh banyak orang, nyatanya jika hal ini terus-menerus dilakukan akan berdampak buruk terhadap hubungan satu orang dengan orang yang lainnya. Bisa jadi kebohongan yang terus dilakukan membuat orang lain jadi tidak percaya lagi dengan perkataannya, atau bisa jadi juga mereka yang telah dibohonginya menjadi kecewa atas kebohongan yang telah dilakukannya.

Apakah kebohongan adalah hal yang wajar? Tentunya tidak. Terlebih jika kebohongan tersebut dilakukan oleh orang terdekat yang kita kenal. Bukankah itu akan terasa menyakitkan jika kita mengetahuinya? Tapi tenang saja, kebohongan tidak selamanya akan terus bersembunyi, bukankah ada pepatah “sepandai-pandainya tupai melompat nanti akan jatuh juga

Untukmu yang sering dibohongi oleh orang-orang yang pernah kamu percaya, jangan dulu bersedih maupun kecewa atas apa yang telah mereka lakukan kepadamu dulu. Agar kejadian tersebut tak terulang kembali kepadamu, berikut Wokeeh berikan beberapa cara untukmu agar bisa menemukan letak kebohongan yang orang lakukan saat berbicara kepadamu.

1. Letak kebohongan akan tergambar jelas ketika seseorang menampilkan bahasa tubuhnya

Mengetahui Letak Kebohongan Seseorang

Lihat bahasa tubuhnya

Jika kamu mencurigai apa yang orang sedang bicarakan dihadapanmu, maka kamu bisa melihat dari berbagai macam gerak tubuh/bahasa tubuh yang dia lakukan ketika sedang berbicara denganmu. Tanda kebohongan akan terlihat ketika mereka mencoba menggenggam kedua tangan mereka, menempelkan tangan di saku celana, memegang kedua tangan dengan diletakan di belakang punggung, sampai mengetuk kaki dengan sangan cepatnya.

Bukan hanya itu saja, kebohongan seseorang juga bisa dilihat dari saat berbicara. Mereka berbicara dengan sangat gugup, selalu menjilat bibirnya kedalam dengan lidah dengan waktu yang sering saat sedang berbicara. Ketika kamu melihat tipe-tipe seseorang yang seperti itu, maka kamu bisa ajukan pertanyaan-pertanyaan lain yang berbeda namun tetap satu topik, lihat apakah jawabannya dari mereka masih sama atau berbeda. Jika berbeda, jelas itu berbohong.

2. Lihat cara mereka bernafas ketika mereka berusaha menutupi sesuatu saat sedang berbicara denganmu

Mengetahui Letak Kebohongan Seseorang

Lihat cara mereka bernafas

Cara lain mendeteksi kebohongan seseorang saat sedang berbicara kepadamu adalah dengan melihat caranya bernafas. Orang yang berusaha menutupi sesuatu cenderung bernafas lebih panjang sambil mengeluarkan suara yang kecil. Karena mereka berusaha menurunkan detak jantung jika mereka merasa gugup karena berbohong. Hal ini juga banyak dilakukan oleh orang-orang yang berhasil lolos tes pendeteksi kebohongan.

3. Orang yang berbohong cenderung tidak merasa nyaman saat diajak berbicara

Mengetahui Letak Kebohongan Seseorang

Selalu tak nyaman diajak berbicara

Mereka yang berbohong lebih menampilkan gestur tubuh yang kaku, seperti tidak terlihat santai saat diajak berbicara. Pembohong juga sering menyilangkan kakinya berkali-kali agar dirinya bisa terlihat santai/nyaman saat sedang berbicara dengan orang lain. Bahkan jika pembohong tersebut terlalu mahir, maka akan sulit untuk mengetahui kebohongan yang mereka lakukan.

4. Pembohong lebih mudah berkeringat saat sedang diajak berbicara, walaupun bahasan pembicaraan kalian sangat santai

Mengetahui Letak Kebohongan Seseorang

Mudah berkeringat saat diajak berbicara

Ketika kamu mengajak berbicara seseorang dengan topik bahasan yang santai, namun kamu melihat seseorang tersebut langsung mudah berkeringat ketika dirinya berbicara denganmu, maka hal itu sudah harus dan perlu kamu curigai. Bagaimana mungkin obrolan santai bisa membuat orang mudah berkeringat, terlebih lagi merasa gugup dan banyak gerakan tak biasa?

Bisa jadi orang yang kamu ajak berbicara sedang menutupi suatu kebohongan dihadapanmu, dengan kata lain obrolan yang kamu lakukan dengannya tadi mengandung hal-hal yang dia sembunyikan dan tidak kamu ketahui.

Baca Juga :  Menjalani Hubungan Tak Perlu Banyak Mengumbar Janji, Tapi Jalanilah Dengan Komitmen yang Tinggi

5. Mereka yang berbohong langsung berusaha mengubah pembicaraan ke arah yang lain

Gaji

Sering mengubah arah pembicaraan

Tidak banyak orang yang mahir berbohong dihadapan orang yang dia bohongi. Dan tidak sedikit orang juga yang mahir membuat strategi untuk menutupi suatu kebohongan dihadapan orang yang dia bohongi. Contohnya ketika seseorang berusaha mengubah topik pembicaraan ke arah yang lain sedangkan kamu ingin membahas pembicaraan yang ingin kamu bahas dengannya.

Mereka yang berbohong selalu merasa tidak nyaman dengan apa yang dia lakukan terhadapmu, sehingga mereka selalu mengubah pembicaraan agar dirinya bisa terlihat nyaman ketika sedang diajak berbicara. Jika kamu membahas soal A, maka dia berusaha memindahkan obrolan terkait A ke arah obrolan dengan topik B.

6. Apakah tangan mereka ada di area kepalanya ketika mereka sedang berbicara? Hati-hati, tercium kebohongan

Mengetahui Letak Kebohongan Seseorang

Selalu memegang rambut ketika berbicara

Ketika seseorang diajak berbicara namun kedua tangannya melakukan gerakan-gerakan tak biasa seperti mengelus-elus rambutnya, menyentuh wajahnya, memegang lehernya, bahkan sampai menggaruk-garuk hidungnya, bisa jadi siapa yang sedang kamu ajak bicara saat itu sedang menyimpan suatu kebohongan terhadapmu.

7. Lihat bagian mata, pembohong tidak berani bertatapan langsung dengan seseorang yang dia bohongi

Mengetahui Letak Kebohongan Seseorang

Lihatlah matanya

Ketika kamu curiga kepada orang yang kamu pikir dia berbohong kepadamu, kamu bisa menatap matanya sebentar. Jika dirinya tidak berani menatapmu, bisa jadi dia sedang menyimpan sesuatu, terlebih sesuatu yang ditujukan kepadamu. Bukan hanya soal bohong saja, bisa juga dia merasa malu karena dia suka kepadamu.

8. Pembohong selalu cepat saat berkata dan tinggi saat mengeluarkan suaranya

Mengetahui Letak Kebohongan Seseorang

Mengeluarkan suara dengan keras

Pembohong yang tidak ingin ketahuan apa yang sudah dilakukannya akan berusaha menutup-nutupi sesuatu kepada orang yang dia bohongi. Dengan mengeraskan suaranya dan berkata lebih cepat saat menjawab orang yang dia bohongi adalah salah satu cara yang banyak dilakukan oleh para pembohong. Seseorang yang biasa berkata lembut dan tiba-tiba berkata keras saat menjawab pertanyaanmu, hati-hati kamu sudah mencium suatu kebohongan dari dirinya.

Kebohongan selamanya akan mudah ditebak apabila yang berbohong tidak mahir menutup-nutupinya. Kebohongan juga selamanya akan mudah terbongkar walau mungkin butuh banyak waktu untuk membongkar kebohongannya. Untukmu yang sering dibohongi oleh orang terdekat, mungkin beberapa cara diatas bisa membantumu untuk mengetahui apakah mereka berbohong lagi kepadamu ataukah tidak. Ingat, kebohongan bisa terjadi dimana saja, bahkan orang terdekatmu sekalipun.

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini