TIPS

Jangan Asal Ambil Pekerjaan, Kamu yang Sarjana Muda Harus Memastikan 7 Hal Ini Dimiliki di Tempatmu Bekerja Nanti

Jangan Asal Ambil Pekerjaan, Kamu yang Sarjana Muda Harus Memastikan 9 Hal Ini Dimiliki di Tempatmu Bekerja Nanti

Jangan main asal lamar pekerjaan jika kamu tak mau menyesal kemudian. Butuh pertimbangan matang untuk memilih pekerjaan di perusahaan, pilihlah yang bisa membuatmu senang dan nyaman.

Bertahun-tahun kamu jalani perkuliahan untuk mendapatkan gelar sarjana. Sesaat setelah wisuda, kamu dan teman-temanmu akan melanjutkan hidup ke jenjang berikutnya, salah satunya adalah mencari kerja. Untukmu yang ingin bekerja mungkin memiliki kriteria yang kamu punya untuk calon perusahaan tempatmu bekerja nanti. Namun bagi seorang sarjana muda yang masih terbilang awam di dunia kerja, kriteria perusahaan ideal mungkin masih belum terbayang.

Mencari kerja bukan soal yang penting kerja asal jangan jadi pengangguran, mencari kerja adalah soal membangun karir yang berkualitas untuk masa depanmu dan juga keluarga. Kamu yang ingin bekerja harus bisa selektif dalam memilih perusahaan, pilihlah perusahaan yang bisa berkontribusi positif pada karirmu nantinya.

Untukmu wahai sarjana muda yang masih bingung menentukan perusahaan mana yang cocok dijadikan tempatmu bekerja, berikut ini Wokeeh memberikan beberapa panduan yang bisa memantapkan hatimu untuk memilih perusahaan mana tempatmu bekerja nanti.

1. Agar kamu merasa nyaman, carilah perusahaan yang memberikan jam kerja dan waktu istirahat yang seimbang

Jangan Asal Ambil Pekerjaan, Kamu yang Sarjana Muda Harus Memastikan 9 Hal Ini Dimiliki di Tempatmu Bekerja Nanti

Jangan biarkan perusahaan mengatur seluruh hidupmu

Kamu yang seorang lulusan S-1 baru, perlu mencari tahu tentang informasi mengenai bagaimana sistem kerja yang diterapkan oleh perusahaan tempat bekerjamu nanti. Ketahui waktu istirahat, shift, lembur, dan sebagainya sebelum kamu memilih untuk bekerja disana. Waktu kerja yang perlu kamu ketahui menurut UU Tenaga Kerja adalah berkisar 7-8 jam. Jika perusahaan menerapkan waktu kerja melebihi 8 Jam, maka seorang karyawan berhak untuk menerima upah lembur.

Perusahaan tidak boleh mengatur seluruh hidup seorang karyawan. Pengaturan waktu kerja ditentukan dengan tujuan agar bisa menjaga keselarasan waktu bekerja dengan istirahat. Perusahaan perlu mematuhi aturan-aturan ketenagakerjaan yang diberikan. Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang bisa membuat karyawannya merasa nyaman, dan perusahaan yang bisa mengatur waktu kerja sesuai dengan UU Tenaga Kerja yang berlaku.

2. Pastikan di perusahaan tempatmu bekerja nanti bisa memberikanmu banyak pengalaman

Jangan Asal Ambil Pekerjaan, Kamu yang Sarjana Muda Harus Memastikan 9 Hal Ini Dimiliki di Tempatmu Bekerja Nanti

Cari perusahaan yang memberikan banyak pengalaman

Kamu tak boleh langsung memilih perusahaan tanpa mengetahui seperti apa karakter di perusahaan tempatmu ingin bekerja nanti. Cari tahu dulu tentang apa yang nanti bisa kamu dapat di perusahaan itu, entah prospek cerah dari segi gaji atau pengembangan diri. Beberapa tempat kerja mungkin memberikan gaji yang tinggi untuk karyawannya, namun dari segi pengembangan diri, perusahaan tak menjanjikan sesuatu yang cukup baik untukmu kedepannya.

Berbagai kegiatan semisal workshop dengan para ahli, pelatihan bekerjasama dalam tim, sampai pelatihan public speaking, itu dapat membuatmu bisa berkembang untuk menjadi lebih baik. Meskipun gaji yang diterima tidaklah tinggi, dengan adanya pelatihan-pelatihan seperti ini bisa membantumu untuk mengembangkan diri.

3. Pastikan penghasilanmu tak dibawah standar, walaupun gaji yang kamu terima tidak langsung belasan juta

Jangan Asal Ambil Pekerjaan, Kamu yang Sarjana Muda Harus Memastikan 9 Hal Ini Dimiliki di Tempatmu Bekerja Nanti

Gaji yang kamu dapatkan harus diatas standar via gokicker.com

Agar tak menyesal nantinya, sebelum kamu masuk perusahaan mana yang kamu mau, cari tahu dulu berapa gaji yang kamu akan terima setiap bulannya. Lalu hitung apakah gaji yang kamu terima dapat memenuhi standar hidup di tempatmu bekekerja? Setiap daerah tentunya memiliki UMR atau Upah Minimal Regional, itu bisa membantumu untuk menentukan standar dari gaji yang ingin kamu dapatkan.

Menghitung gaji yang akan diterima lalu membandingkan dengan biaya hidup yang dibutuhkan dapat membantumu untuk bisa menentukan pilihan dimana perusahaan yang kira-kira bisa memberikan penghidupan yang layak untuk para karyawannya. Tujuan dari bekerja adalah agar kamu bisa mandiri sekaligus mengembangkan diri, jangan karena kamu seorang sarjana muda lalu merelakan hidupmu untuk bekerja dengan gaji yang dibawah standar.

Baca Juga :  Uang Tak Menentukan Segalanya, Tinggi Rendah Gaji Tak Menjaminmu Bahagia

4. Kamu harus pastikan bahwa tempatmu bekerja dapat menjadi sebuah tangga untuk menuju puncak karier yang masih jauh diatas sana

Jangan Asal Ambil Pekerjaan, Kamu yang Sarjana Muda Harus Memastikan 9 Hal Ini Dimiliki di Tempatmu Bekerja Nanti

Puncak kariermu masih jauh diatas sana via japanesestation.com

Jangan asal langsung memilih pekerjaan, kamu yang masih terbilang fresh graduate harus bisa memastikan bahwa perusahaan yang ingin kamu lamar nanti bisa menjadi sebuah tangga untukmu mencapai puncak karir yang masih jauh diatas sana. Jika sudah bekerja, pastikan tempat kerjamu yang sekarang bisa dijadikan sebagai mediamu untuk mengumpulkan banyak pengalaman yang bisa mengantarkanmu meraih karir yang lebih tinggi.

5. Gunakan kesempatan saat tes wawancana untuk mencari tahu seperti apa suasana di tempat kerjamu nanti

Jangan Asal Ambil Pekerjaan, Kamu yang Sarjana Muda Harus Memastikan 9 Hal Ini Dimiliki di Tempatmu Bekerja Nanti

Cari tahu seperti apa suasana tempat kerjamu nanti via saffluence.com

Seseorang yang merasa tertekan di tempat kerja karena atmosfer pekerjaan akan menjadi kurang produktif. Berbeda jika suasana kerja yang kondusif, justru akan dapat memberikan kontribusi positif untuk para karyawannya. Apalagi jika suasana kerja yang menyenangkan, itu dapat membantu para karyawan untuk bisa dengan mudah mencapai target yang telah ditetapkan perusahaan.

Kamu bisa mengambil kesempatan dari saat melakukan tes wawancara di perusahaan yang kamu lamar untuk mencari tahu seperti apa kondisi tempat kerjamu nanti. Bisa dilakukan dengan melihat cara-cara orang di kantor itu berinteraksi secara umum, merasakan suasana kerja saat berada di perusahaannya, dan lain sebagainya yang bisa menjadikan sebuah referensi tambahan untuk membantumu memutuskan apakah akan bergabung dengan perusahaan tersebut atau tidak nantinya.

6. Pastikan kamu Bekerja dengan perusahaan yang memiliki kredibilitas

Jangan Asal Ambil Pekerjaan, Kamu yang Sarjana Muda Harus Memastikan 9 Hal Ini Dimiliki di Tempatmu Bekerja Nanti

Apakah perusahaan tempatmu bekerja memiliki kredibilitas? via time-tolose.co

Setiap pekerja berhak menyaring berbagai perusahaan dan mencari tahu kredibilitas di tempat ia bekerja kelak. Kamu bisa mencari tahu apakah perusahaan yang ingin kamu lamar memiliki kredibilitas ataukah tidak, dengan cara menanyakan kepada orang-orang yang bekerja disana. Itu adalah salah satu cara yang pas untukmu agar bisa melihat sejauh mana kredibilitas perusahaan tersebut.

Melakukan proses seperti ini dapat menjadi bahan pertimbanganmu sebelum kamu melamar bekerja disana nantinya. Cari tahu juga apakah perusahaan yang ingin kamu lamar memiliki track record yang baik untuk urusan pembayaran gaji, perlakuan terhadap karyawan, sampai jaminan kesehatan yang diberikan. Perlu pertimbangan yang matang sebelum kamu memilih sebuah pekerjaan.

7. Apakah kamu merasa bahagia dengan rencanamu untuk bekerja disana? Jika Iya, maka janganlah ragu untuk bergabung dengan mereka

Jangan Asal Ambil Pekerjaan, Kamu yang Sarjana Muda Harus Memastikan 9 Hal Ini Dimiliki di Tempatmu Bekerja Nanti

Kamu merasa bahagia dengan rencanamu untuk bekerja disana?

Tak ada suatu pekerjaan yang menjanjikan kebahagiaan yang penuh pada setiap orang yang menjalaninya. Apapun bentuk pekerjaannya, pasti memiliki kesulitan dan juga tantangannya tersendiri. Saat kamu ingin melamar kerja ke sebuah perusahaan yang membuatmu menghadapi berbagai kesulitan, segala tanggung jawab dan juga resiko, sudah seharusnya kamu jujur dengan dirimu sendiri apakah sudah siap dengan itu semua?

Kamu yang sarjana muda mungkin belum memiliki pengalaman, dan awam dengan dunia kerja. Agar tidak menyesal nantinya, kamu yang seorang sarjana muda harus bisa lebih selektif dalam memilih perusahaan mana yang ingin kamu lamar. Pastikan perusahaan tersebut bisa membantu pengembangan karirmu ke depannya. Jangan pernah patah semangat, bekerjalah dengan bahagia agar hasil akhirnya tak membuatmu kecewa.

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini