TIPS

9 Tips Agar Bisa Produktif Untukmu yang Terpaksa Bekerja di Akhir Pekan

9 Tips Agar Bisa Produktif Untukmu yang Terpaksa Bekerja di Akhir Pekan

Akhir pekanmu terpaksa harus diisi oleh tugas-tugas dari pekerjaan? Tak perlu khawatir, beberapa tips ini bisa membantumu produktif menyelesaikan pekerjaan saat di akhir pekan.

Akhir pekan terkadang menjadi hari-hari yang membuat orang suka bermalas-malasan, mulai dari guling-gulingan di kasur, menonton TV sepuasnya sampai tidur seharian pun juga dilakukan. Namun terkadang kegiatan bermalas-malasan yang sering dilakukan terpaksa harus ditinggalkan lantaran ada tugas-tugas penting pekerjaan yang harus diselesaikan di akhir pekan.

Tugas-tugas yang berdatangan di akhir pekan seakan mulai membuatmu kelelahan. Mau tak mau tetap saja tugas-tugas yang diberikan oleh atasan haruslah segera kamu selesaikan. Rasa lelah dan pusing mungkin menghampiri, membuat produktivitas kerjamu tak seperti biasanya lagi, padahal kamu ingin sekali bisa bekerja dan tetap produktif seperti hari biasanya.

Kali ini Wokeeh akan memberikan beberapa tips untukmu yang terpaksa bekerja di akhir pekan agar bisa tetap produktif serta tugas-tugas yang datang bisa cepat terselesaikan.

1. Tidur yang cukup perlu kamu lakukan, tapi jangan juga sampai tidur seharian

9 Tips Agar Bisa Produktif Untukmu yang Terpaksa Bekerja di Akhir Pekan

Jangan sampai tidur seharian

Tidur dengan waktu yang cukup memang perlu dilakukan, tapi jangan juga sampai membuatmu tidur seharian. Jika kamu terbiasa menggunakan alarm untuk bangun dari tidur, usahakan jangan menggunakan fitur snooze. Fitur Snooze adalah fitur pada alarm yang berfungsi untuk mengulang bunyi dari alarm jika kamu berniat untuk tidur lagi saat alarm berbunyi.

Tidur kembali setelah alarm berbunyi tidak akan membuat tubuhmu menjadi segar, justru hal itu yang akan membuat badan dan juga otak menjadi kelelahan karena berulang kali bangun dan kembali tidur dalam jangka waktu yang dekat. Jika kamu pakai alarm untuk bagun dari tidur, usahakan segeralah bangun saat alarm berbunyi. Itu yang akan membuat badanmu menjadi lebih segar, dan kerja di akhir pekan pun bisa produktif seperti hari biasanya lagi.

2. Saat kamu baru bangun dari tidur, akan lebih baik jika kamu menyantap sarapan terlebih dulu. Bukan langsung melihat laptop dan smartphonemu

9 Tips Agar Bisa Produktif Untukmu yang Terpaksa Bekerja di Akhir Pekan

Menyantap sarapan saat pagi hari bagus untuk dilakukan

Berbagai macam kecanggihan teknologi yang ada pada masa kini terkadang sering membuatmu tergoda saat baru bangun tidur di pagi hari. Langsung melihat layar laptop atau smartphone saat bangun tidur seakan menjadi kebiasaan bagi banyak orang, entah itu melihat email, SMS, atau sekedar menyapa teman di sosial media. Untukmu yang sering mengutak-atik laptop atau smartphone di pagi hari, coba deh kebiasaan itu mulai sekarang kamu jauhi.

Langsung mengutak-atik gadget saat pagi hari membuat mood untuk beraktivitas akan hilang atau malah menjadi buruk, alhasil kerjamu tak sebaik seperti hari biasanya. Apalagi saat kamu bagun pagi tiba-tiba melihat post yang negatif dari teman di sosial media, itu bisa-bisa menghancurkan semangatmu untuk bekerja.

Akan lebih baik jika kamu mengatur waktu yang pas untukmu mengutak-atik gadget, entah mau membuka sosial media atau hanya melihat email dari teman ataupun keluarga. Utamakan menyantap sarapan lalu selesaikan pekerjaan terlebih dahulu, baru setelah itu kamu bisa cek segala hal yang ada di gadgetmu.

3. Tubuh di pagi hari butuh asupan energi. Agar kamu bisa berpikir jernih saat mengerjakan tugas nanti, awali pagimu dengan sarapan yang bergizi

9 Tips Agar Bisa Produktif Untukmu yang Terpaksa Bekerja di Akhir Pekan

Sarapan di pagi hari itu harus

Agar kamu bisa berpikir jernih untuk mengerjakan segala hal dalam seharian, maka kamu butuh sarapan saat pagi harinya. Sarapan yang akan membuat pikiran serta mentalmu untuk beraktivitas sudah dikatakan siap. Kamu bisa lebih fokus, tajam dalam memecahkan masalah, dan mudah berkonsentrasi saat bekerja nanti.

Baca Juga :  Jangan Asal Ambil Pekerjaan, Kamu yang Sarjana Muda Harus Memastikan 7 Hal Ini Dimiliki di Tempatmu Bekerja Nanti

4. Agar akhir pekan bisa bekerja dengan penuh semangat, malam sebelumnya hindari kegiatan begadang yang kurang bermanfaat

9 Tips Agar Bisa Produktif Untukmu yang Terpaksa Bekerja di Akhir Pekan

Jangan begadang kalau tak ada artinya

Bukan hanya bermalas-malasan saja, akhir pekan terkadang juga menjadi alasan banyak orang untuk begadang di malam sebelumnya. Kamu yang bekerja di akhir pekan, akan lebih baik jika kamu tak melakukan begadang saat malam harinya. Tidur yang cukup adalah salah satu cara terbaik untuk bisa mendapatkan hari-hari yang produktif, terutama untuk akhir pekan. Terdengar cukup sepele, tapi kebiasaan begadang dengan menonton TV, melihat komputer, smartphone atau gadget lainnya saat malam hari membuat kebanyakan orang sulit mendapatkan waktu tidur optimal seperti biasanya lagi.

Padahal di dalam tubuh manusia membutuhkan hormon melatonin yang membantu kamu terlelap saat tidur. Namun jika produksi hormon melatonin ini terganggu oleh cahaya dari gadgetmu, maka kamu akan kesulitan untuk tidur terlelap sehingga bisa mengganggu produktivitas saat bekerja. Nah, mulai sekarang lebih baik kamu tinggalkan berbagai gadget yang kamu punya saat ingin pergi tidur di malam hari, itu akan membuat produktivitasmu bekerja di hari berikutnya bisa lebih optimal.

5. Akhir pekan mendapat banyak pekerjaan tak boleh sampai membuatmu tertekan, selesaikan saja tugas-tugasmu dengan santai namun harus selesai

9 Tips Agar Bisa Produktif Untukmu yang Terpaksa Bekerja di Akhir Pekan

Santai saja, tak perlu sampai menekan diri sendiri

Mengerjakan tugas-tugas di akhir pekan tak boleh kamu paksakan. Bisa-bisa kamu akan kewalahan jika memaksakan mengerjakan tugas-tugas selama di akhir pekan. Kerjakan saja pelan-pelan dengan santai namun harus selesai. Buatlah to-do-list sebelum kamu memutuskan untuk mengerjakan pekerjaan di akhir pekan, itu yang nantinya bisa membantumu agar tidak membebani saat proses pengerjaan tugas nanti.

Jika kamu tak membuat to-do-list saat ingin mengerjakan banyak tugas di akhir pekan, bukan hanya kewalahan saja yang kamu dapatkan tapi juga pusing dan perasaan tidak enak yang akan menemanimu seharian. Coba deh buat to-do-list yang memang kamu bisa sanggupi untuk mengerjakan tugas-tugas di akhir pekan, ingat kamu tak boleh memaksakan diri sendiri. Ketahuilah kekuatan dan kelemahanmu, kamu kan bukan superhero.

6. Jangan menunda pekerjaan saat akhir pekan, ingatlah hari Senin tugas-tugasmu harus sudah diselesaikan

9 Tips Agar Bisa Produktif Untukmu yang Terpaksa Bekerja di Akhir Pekan

Jangan pernah menunda pekerjaan

Janganlah sesekali kamu menunda pekerjaan, selagi bisa dikerjakan sekarang maka kerjakanlah! Rencanakan segala hal matang-matang, putuskan untuk mengerjakan pekerjaan saat hari itu juga. Ingatlah kerugian yang kamu akan dapatkan nanti jika kamu menunda pekerjaanmu yang sekarang.

7. Pekerjaan harus tetap selesai walau dikerjakan secara santai. Agar tak terbuai dengan kenyamanan kerja secara santai, ritme kerja harus kamu jaga

9 Tips Agar Bisa Produktif Untukmu yang Terpaksa Bekerja di Akhir Pekan

Ritme kerja harus kamu jaga

Fokuskan dirimu pada pekerjaan yang ingin diselesaikan. Walau dikerjakan secara santai, tak boleh perhatianmu terhadap pekerjaan jadi teralihkan. Biasanya saat menonton TV, sampai melihat gadget dalam waktu 30 menit akan membuat konsentrasimu terhadap pekerjaan yang ingin diselesaikan menjadi terpecahkan.

Akhir pekan memang waktunya bersantai, tapi jika sudah mendapatkan tugas yang harus diselesaikan maka jauhi dulu beberapa hal yang bisa membuatmu bermalasan dan mulailah fokus kepada tugas yang ingin diselesaikan. Bukankah setelah tugas selesai kamu pun masih bisa merasakan waktu luang yang masih tersisa untuk bersantai?

Baca Juga :  Uang Tak Menentukan Segalanya, Tinggi Rendah Gaji Tak Menjaminmu Bahagia

8. Berbagai macam kesenangan mungkin akan terus berdatangan saat akhir pekan, hal itu tak boleh sedikit pun membuatmu bermalas-malasan. Ingatlah tugas yang harus diselesaikan!

Mengatasi Insomnia

Jangan tergoda untuk bermalas-malasan

Jika kamu ingin menyelesaikan kerjaan dan tetap produktif selama seharian, maka janganlah kamu membuang-buang waktu yang kamu punya mulai sekarang. Kamu hanya diberikan waktu selama 24 jam, maksimalkan waktu tersebut untuk mengerjakan hal-hal yang memang harus kamu selesaikan. Jika kamu diberikan tugas, maka selesaikanlah segera.

9. Walau merasa sebal karena diberikan kerjaan di akhir pekan, hal itu tak boleh membuatmu sampai menyalahi keadaan. Ambil sisi positifnya saja

9 Tips Agar Bisa Produktif Untukmu yang Terpaksa Bekerja di Akhir Pekan

Jangan sampai menyalahi keadaan

Marah boleh-boleh saja, tapi jangan sampai membuat kerjaanmu menjadi berantakan. Marah jika disalurkan ke hal-hal yang bermanfaat, maka segala apapun yang ingin dikerjakan bisa terselesaikan dengan cepat. Jika kamu sudah terlanjur marah, maka santaikanlah dirimu dulu dengan menjauhi pekerjaan untuk beberapa menit. Jauh bukan berarti sampai melupakan, kamu yang bersantai harus ingat bahwa tugas-tugasmu tetaplah perlu diselesaikan.

Mungkin kamu pernah sebal diberikan tugas saat diakhir pekan, mau tak mau kamu pun juga harus menyelesaikannya. Sesebal apapun yang kamu rasakan, jangan sampai membuat pekerjaanmu menjadi berantakan. Ambil sisi positifnya saja, hitung-hitung kamu belajar mengembangkan diri untuk bisa terus produktif setiap saat dan setiap waktu.

Yuk! Kita semangat lagi!

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini