TIPS

6 Tips Ampuh Untuk yang Hobi Belanja Agar Tetap Punya Uang Sampai Akhir Bulan

Gabung Member Supermarket Untuk yang Hobi Berbelanja

Punya hobi belanja boleh-boleh saja. Agar belanja tetap terkendali, kamu bisa mengikuti tips-tips berikut ini.

Photo : www.48n.media

Mempunyai hobi belanja itu sah-sah saja, tak ada yang melarangnya. Semua orang senang membeli barang yang baru sesuai dengan keinginannya masing-masing, aktivitas belanja juga terkadang memberikan rasa senang saat berhasil membeli barang yang disuka.

Walau begitu, kamu yang memiliki hobi belanja juga harus dalam pengontrolan yang tepat. Terlalu sering berbelanja juga jatuhnya akan boros pengeluaran, sehingga bisa saja uangmu habis sebelum akhir bulan. Beruntung jika punya uang simpanan, kalau tidak punya mau bagaimana?

Tapi jangan khawatir, untukmu yang punya hobi belanja tak perlu takut lagi kehabisan uang sebelum akhir bulan, karena kamu sendiri bisa mengontrol pengeluaran uang agar kamu bisa terhindar dari pemborosan, uangmu pun bisa tersimpan sampai akhir bulan. Kali ini Wokeeh telah mengumpulkan beberapa tips-tips ampuh untukmu yang hobi belanja agar tetap punya uang sampai akhir bulan.

1. Tak perlu semua jenis barang kamu beli saat berbelanja, belilah satu jenis barang saja

Hobi Berbelanja

Beli satu jenis barang saja saat berbelanja via usa.visa.com

Segala jenis barang mungkin ingin dibeli semuanya saat sedang berbelanja. Tak kenal berapa pun harganya, jika suka maka langsung dibeli saja. Padahal hal semacam itu membuatmu dekat dengan pemborosan. Kamu yang memiliki hobi berbelanja, akan lebih baik jika barang yang dibeli hanya satu jenis saja. Misalnya, bulan Januari kamu berbelanja pakaian, bulan Februari kamu alokasikan dana belanja untuk membeli aksesoris, bulan berikutnya lagi kamu bisa habiskan sisa dana belanja bulan lalu untuk menambah koleksi sepatumu.

Cara ini perlu kamu terapkan setiap bulan, agar penghasilan yang kamu dapatkan tak cepat habis sebelum akhir bulan. Mungkin di awal akan terasa memberatkan, tapi ini semua kamu lakukan agar uangmu bisa terkendali dan kamu pun terhindar dari pemborosan. Walau kamu tak bisa membeli semua barang yang kamu suka di satu bulan itu, kamu tetap bisa membeli barang yang kamu suka di bulan berikutnya. Jadi bisa lebih hemat deh!

2. Menjadi member di toko yang sering kamu datangi supaya dapat diskon tambahan saat kamu berbelanja nanti

Gabung Member Supermarket Untuk yang Hobi Berbelanja

Ikut menjadi member di toko langganan via 48n.media

Jika kamu memiliki kartu member di toko langganan yang sering kamu datangi, maka kamu bisa mendapatkan diskon minimal 10% untuk setiap pembelanjaan yang kamu lakukan, itu pun jika toko bersangkutan sedang ada promo. Sebelum mendaftar menjadi member, pastikan kamu bertanya dulu tentang syarat dan ketentuannya ya, supaya kartu membermu tak menjadi sia-sia.

Kamu yang hobi berbelanja juga harus bisa mengambil keuntungan dari hobimu itu, jangan biarkan toko-toko yang sering kamu datangi terus mengambil keuntungan darimu. Dengan menjadi member di toko langganan, kamu pun bisa berpeluang mendapatkan diskon setiap bulan. Lumayan kan?

3. Kamu bisa memanfaatkan toko yang sedang memberikan promo atau diskon, agar uang bulanan yang kamu dapatkan bisa awet sampai akhir bulan

Diskon Untuk yang Hobi Belanja

Carilah informasi tentang toko-toko yang sedang memberikan diskon via bensbargains.com

Kamu bisa mencari toko-toko yang menyediakan promo serta diskon, agar hobi belanjamu itu bisa lebih efektif dan menguntungkan. Walau mungkin banyak orang yang berkata bahwa diskon atau promo yang disediakan di toko-toko hanyalah pengecoh pembeli dan bisa membuatmu lebih boros, tapi sebenarnya kamu hanya perlu tahu cara memanfaatkannya saja agar aktivitas belanjamu itu bisa tetap hemat. Kamu bisa mencari info toko atau butik mana saja yang sedang mengadakan diskon dan promo.

Kamu bisa pilih toko atau butik yang memberikan diskon minimal 35%, jika ada yang memberikan diskon yang lebih besar itu justru menguntungkanmu. Carilah yang memberikan diskon tanpa syarat. Kamu juga tak boleh sampai tergoda dengan iming-iming diskon atau potongan harga spesial dengan menggunakan kartu tertentu, karena biasanya memiliki minimum payment. Kamu bisa boros nantinya jika menghabiskan uang sesuai jumlah minimal yang ditentukan.

Pilihan lainnya adalah promo buy 1 get 1 yang bisa kamu pilih, karena dengan promo ini belanjamu bisa lebih hemat. Selain mendapatkan dua barang, harga yang diberikan juga relatif murah. Tapi agar terhindar dari tindakan pemborosan, promo buy 1 get 1 ini kamu pilih jika memang dibutuhkan, kalau tak dibutuhkan maka tak perlu kamu pilih promonya ini.

4. Ajak teman saat berbelanja! Jangan berbelanja sendirian, nanti tak ada yang mengingatkan jika kamu melakukan pemborosan

6 Tips Ampuh Untuk yang Hobi Belanja Agar Tetap Punya Uang Sampai Akhir Bulan

Bawa temanmu untuk ikut berbelanja bersamamu via equivocality.com

Belanja sendirian akan terasa membosankan saat dijalan, akan lebih baik jika kamu mengajak temanmu untuk berbelanja bersamamu. Jangan mengajak teman serombongan,  kamu yang niat untuk berhemat justru malah akan melakukan pemborosan. Semakin banyak teman yang dibawa, semakin banyak toko yang kamu kunjungi, mau tak mau kamu pun juga harus mengikuti temanmu yang lain mengunjungi toko-toko yang mau mereka datangi.

Dengan mengunjungi banyak toko, maka semakin tinggi nantinya keinginanmu untuk membeli semua barang-barang yang kamu lihat, padahal sebelumnya sudah ada niatan untuk berhemat. Walau belanja berombongan itu menyenangkan, dengan hanya mengajak satu teman akan bisa membantumu untuk terhindar dari pemborosan. Pilihlah satu teman yang bisa mengingatkan untuk tak melakukan pemborosan, jika perlu temanmu saja yang memegang anggaran untuk berbelanja, agar kamu tak bisa sesuka hati menghabiskan uang.

5. Agar belanja lebih terencana, buatlah daftar toko-toko yang ingin kamu datangi, dan buatlah daftar barang-barang yang ingin kamu beli

6 Tips Ampuh Untuk yang Hobi Belanja Agar Tetap Punya Uang Sampai Akhir Bulan

Buatlah daftar, agar belanja lebih terencana

Kamu mungkin tak sadar bahwa uangmu sering habis karena kamu membeli barang yang tak kamu perlukan, biasanya hanya karena lapar mata saja. Memang bagi yang memiliki hobi berbelanja, barang apapun bentuknya jika memang disuka selalu saja dibeli. Jika diacuhkan maka sampai dirumah akan kepikiran. Kamu pun akhirnya terpaksa membeli juga keesokan harinya. Agar kejadian ini tak terus-menerus terulang, kamu bisa kok mulai sekarang membiasakan diri untuk membuat daftar belanjaan apa saja yang ingin dibeli nanti.

Biasakan untuk membuat daftar toko-toko dan barang-barang apa saja yang ingin dibeli dan datangi, agar belanjamu itu bisa lebih terencana. Dengan membiasakan diri seperti ini, lapar matamu itu tak akan pernah datang lagi. Kamu pun jadi tak sering lagi menghabiskan waktu melihat-lihat barang yang tak masuk di daftar belanjaanmu itu.

6. Hindari menggesek kartu saat berbelanja, walau terlihat praktis, tetap saja menggunakan uang tunai bisa membuatmu lebih hemat

6 Tips Ampuh Untuk yang Hobi Belanja Agar Tetap Punya Uang Sampai Akhir Bulan

Jangan sering-sering menggunakan kartu untuk berbelanja via shorelinecards.com

Menggunakan kartu untuk membayar barang belanjaan mungkin terlihat praktis, tapi itu juga bisa jadi jalan menuju pemborosan. Akan lebih baik jika kamu membiasakan membayar dengan menggunakan uang cash atau secara tunai. Jika menggunakan kartu debet atau kredit, hasrat belanjamu itu akan sulit untuk dikontrol karena kamu tahu bahwa uang tabunganmu itu masih cukup untuk dipakai belanja lagi.

Dengan membiaskan diri berbelanja menggunakan uang cash atau tunai, maka kamu bisa lebih hemat dalam berbelanja. Ambilah uang dari tabunganmu sebelum berbelanja, jumlah yang kamu ambil harus sesuai dengan yang telah kamu anggarkan. Kamu juga tak boleh mengambil tabungan secara sengaja dengan alasan “untuk jaga-jaga”, karena biasanya dari uang jaga-jaga itu akan membuatmu merasa memiliki dana dan ingin juga menghabiskannya. Akan lebih baik jika kamu mengambil uang tabunganmu lebih kurang dari anggaran belanja, agar hasrat belanjamu itu bisa lebih terkendali.

Punya hobi berbelanja boleh-boleh saja, tapi akan lebih baik jika bisa mengontrol pengeluaran, agar uangmu itu bisa bertahan sampai akhir bulan. Kamu bisa terapkan tips-tips tadi secara perlahan, lama-kelamaan juga akan menjadi kebiasaan. Dengan memiliki kebiasaan yang baik seperti ini, belanjamu pun akan bisa lebih hemat dan juga efektif. Sudah siapkah kamu untuk hidup berhemat?

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini