TIPS

6 Kebiasaan Sehari-hari Ini Mampu Membuatmu Mahir Bahasa Inggris. Jadi Tak Perlu Ikut Kursus Lagi!

Perempuan di Perpustakaan

Belajar bahasa Inggris itu perlu, bisa memudahkan hidupmu.

Tuntutan untuk fasih berbahasa Inggris semakin tinggi setiap hari, tak hanya dari segi profesional namun juga sehari-hari. Buat kamu yang ingin cepat mempelajari bahasa Inggris, tidak perlu kok harus selalu ikut kursus ini dan itu. Seperti mempelajari skill lainnya, bahasa Inggris juga bisa dipelajari sendiri, hanya saja dibutuhkan kesabaran dan juga ketekunan.

Kamu yang ingin cepat mahir bahasa Inggris, tak perlu menghabiskan banyak uangmu untuk kursus, kamu bisa gunakan uangmu untuk pergi liburan keluar negeri, sekaligus mengasah bahasa Inggrismu nanti. Sebenarnya hal-hal kecil dan sederhana yang kamu sering lakukan sehari-hari bisa jadi mediamu untuk belajar bahasa Inggris. 6 cara sederhana ini bisa menerangkanmu bagaimana caranya mahir bahasa Inggris, seperti layaknya kursus secara gratis.

1. Tulis segala curhatanmu di diary dalam bahasa Inggris setiap hari

Buku Harian Untuk Bisa Mahir Bahasa Inggris

Menulis diary dalam bahasa inggris

Selain membaca, menulis juga salah satu cara paling efektif untuk kamu belajar bahasa Inggris. Menulis diary dalam bahasa Inggris juga bisa membuatmu sadar pada kendala dan keterbatasanmu dalam berbahasa Inggris. Semakin kamu sering menulis, semakin terasah juga skill bahasa Inggrismu nanti.

Tak perlu memikirkan sebuah karya tulis yang bagus untuk dibaca, ini kan diarymu, jadi tulislah sesukamu. Hanya saja harus menggunakan bahasa Inggris. Supaya kamu semangat untuk menulis, kamu bisa kok membeli buku diary yang tampilannya menarik hatimu. Setiap hari, sebelum kamu tidur di malam hari, kamu bisa luangkan waktumu untuk menulis 1-2 halaman pada diary mu dengan apa saja yang terjadi pada hari itu.

2. Saat menonton film sendirian atau bersama teman, pastikan subtitle di laptopmu sudah dinonaktifkan

Menonton Televisi

Saat menonton film, pastikan subtitlenya dinonaktifkan via sheknows.com

Untuk melatih kemampuan listening sebenarnya sangatlah mudah, bukan hanya dengan mendengarkan musik Inggris saja, saat kamu menonton film sendirian atau bersama teman, ada baiknya subtitle nya di nonaktifkan. Kamu yang hobi menonton film, mau tak mau akan terpaksa mendengarkan para aktor dilayar kaca laptopmu dengan lebih seksama, agar kemampuan listening skill mu bisa lebih tertata.

Walau mungkin terasa membosankan, tapi ini metode terbaik untuk pembelajaran. Jangan menyerah jika mendengar kalimat yang sulit dimengerti, terkadang belajar dengan metode ini butuh kesabaran yang tinggi. Kamu bisa Pause dan Replay bagian ucapan aktor yang sulit dipahami, jika perlu berkali-kali, sampai kamu merasa mengerti. Kalau kamu punya teman yang jago berbahasa Inggris, kamu bisa meminta tolong dia untuk menjelaskan kalimat-kalimat yang sulit kamu tangkap, sampai kemampuan listening skill-mu layak disebut meningkat.

3. Ada manfaatnya kamu mempelajari asal-usul kata, sebelum kamus bahasa Inggris kamu buka

Perempuan di Perpustakaan

Mempelajari asal-usul kata dengan sendiri

Kamu bisa menikatkan skor TOEFL dan IELTS-mu dengan mempelajari asal-usul kata dalam bahasa Inggris yang kamu baca, tujuannya bisa membantumu mengetahui arti suatu kata.

Dengan mengetahui asal-usul kata, kamu bisa terbantu dalam memperkirakan makna kata asing yang dibentuknya, bahkan sebelum kamus bahasa Inggris kamu buka. Tak perlu harus menghafal sampai ke akar kata layaknya sarjana bahasa, kamu hanya perlu mengakrabkan diri dengan unsur pembentukan kata seperti ‘dis-’, ‘mal-‘, atau ‘trans-’ saja.

4. Skill bahasa Inggrismu akan terasah secara gratis. Follow saja akun-akun yang sering memberikan tips berbahasa Inggris

Mahir Bahasa Inggris

Follow akun yang memberikan ilmu bahasa Inggris secara gratis via twitter.com

Ada banyak akun-akun sosial media yang sering membagikan ilmu bahasa Inggris secara gratis, contoh saja di Twitter ada ‘EnglishTips4U’ yang sering memberikan tips-tips bahasa Inggris secara gratis. Kamu bisa kok follow akun-akun mereka agar disetiap timeline sosial mediamu akan selalu hadir ilmu-ilmu bahasa Inggris yang baru.

Mereka juga terkadang sering mengulas kesalahan umum dalam berbahasa Inggris agar kita tidak terjebak pada kesalahan yang sama. Tak hanya grammar saja, akun Twitter ‘EnglishTips4U’ ini juga sering membagikan kata-kata baru atau vocab yang berguna untukmu sehari-hari. Kamu yang sudah follow akunnya dijamin deh gak bakalan rugi.

5. Gabung di forum online, dan sapalah teman-temanmu dari luar negeri, dijamin bahasa Inggrismu menikat terus setiap hari

Reddit

Memanfaatkan forum online seperti ini juga ada baiknya via reddit.com

Kamu yang senang mengerjakan hobi tertentu bisa kok menyapa teman-teman di luar negeri yang memiliki hobi yang sama denganmu. Gabung saja ke forum online seperti Reddit contohnya. Misal kamu senang dengan hobi membuat animasi, kamu bisa bercakap-cakap dengan mereka tentang animasi di forum ini.

Forum online seperti Reddit memang memiliki berbagai topik, kamu bisa memasuki topik-topiknya sesuai hobimu, dan mulailah menyapa dan berdiskusi dengan teman-temanmu itu. Selain skill membuat animasimu berkembang, kamu juga bisa melatih kemampuan bahasa Inggris lewat setiap interaksi dengan teman-temanmu di forum online ini.

Tidak hanya Reddit saja, forum online berbahasa Inggris sangat banyak sekali di Internet, kamu yang ingin cepat mahir bahasa Inggris bisa kok gabung ke berbagai forum yang ada.

6. Buat dirimu merasa betah dengan segala pembelajaran bahasa Inggris yang kamu lakukan

Pizza

Membuat aturan sendiri saat belajar bahasa Inggris, belajar pun menjadi semakin menyenangkan

Kesalahan saat belajar mungkin biasa terjadi, namun agar pembelajaran bisa menyenangkan setiap hari, kamu bisa kok membuat aturan untuk dirimu sendiri saat kesalahan pengucapan Inggris yang terjadi. Bukankah membuat kesalahan adalah cara terbaik untuk belajar sesuatu?

Agar pembelajaran menyenangkan, kamu berhak membuat sebuah aturan, layaknya sebuah permainan. Contohnya seperti ini:

  • Jika kamu salah pengucapan bahasa Inggris maka kamu tidak boleh mentraktir diri sendiri.
  • Jika kamu tidak melakukan kesalahan dalam pengucaran bahasa Inggris, kamu boleh mentraktir dirimu sendiri sepuasnya.

Caranya memang sederhana, tapi ampuh untuk meningkatkan semangatmu saat belajar bahasa Inggris. Kamu juga bisa kok membuat aturanmu sendiri, yang penting buat dirimu betah belajar bahasa Inggris, agar skill bahasa Inggrismu terus meningkat setiap hari. Jangan sampai bahasa Inggrismu hanya ada di level itu-itu saja. Kesalahan pengucapan saat berbahasa mungkin sudah biasa, jadi tak perlu dipikirkan dan tak perlu takut melakukan kesalahan berbahasa.

Buatmu yang ingin belajar bahasa Inggris tak harus kok lewat lembaga kursus. Ilmu bahasa Inggris sudah banyak tersedia secara gratis, kamu hanya tinggal mengasahnya saja agar bahasa Inggrismu bisa naik ke level selanjutnya. Semoga 6 tips ini bisa membuatmu mahir bahasa Inggris, asal terus dipelajari, pasti bisa kok kamu mengucapkan dengan bahasa Inggris setiap hari.

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini