TIPS

Inilah 7 Tips Mengatur Keuangan yang Asyik! Bisa Membuat Akhir Tahunmu Selalu Piknik

Tips Mengatur Keuangan yang Asyik Agar Akhir Tahunmu Bisa Piknik

Ingin piknik tapi gak punya duit? Tips mengatur keuangan yang asyik berikut ini bisa membantumu!

Mengatur keuangan merupakan skill dasar yang harus kamu miliki dalam kehidupanmu. Dengan bisa mengatur keuangan maka seberapapun penghasilan yang kamu miliki kamu akan selalu merasa cukup karena kamu bisa menyeimbangkan kebutuhanmu sesuai dengan pedapatanmu. Terlebih dengan bisa mengatur keuangan, kamu dapat mengalokasikan anggaran agar bisa piknik kapanpun saat diinginkan.

Akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk piknik karena pada akhir tahun banyak event yang di selenggarakan dan juga promo paket liburan menarik yang ditawarkan. Selain itu biasanya banyak perusahaan yang menerapkan liburan saat akhir tahun, atau kamu juga bisa menggunakan hak cuti yang diberikan oleh perusahaan yang sayang jika terbuang.

Sambil piknik kamu bisa melepas jenuh karena sudah bekerja selama setahun penuh, dan dengan berpiknik juga bisa me-refresh jiwa kamu agar lebih segar untuk menyongsong tahun depan yang lebih baik dengan target baru yang telah kamu siapkan.

Untuk kamu yang gak pernah piknik karena gak bisa mengatur duit, berikut Wokeeh berikan tips yang asyik supaya akhir tahunmu nanti bisa piknik.

Catat setiap pengeluaran dan pemasukanmu, dengan begitu kamu bisa mengetahui apa saja kebutuhanmu

Tips Mengatur Keuangan yang Asyik Agar Akhir Tahunmu Bisa Piknik

Catat pengeluaran dan pemasukanmu

Dalam mengatur keuangan, hal yang paling penting adalah mengetahui apa saja kebutuhanmu. Cara termudah mengetahui kebutuhanmu adalah dengan mencatatnya, memang terlihat menyusahkan tapi dengan mencatat pengeluaranmu, kamu dapat mengetahui kemana saja uangmu dibelanjakan dan mengetahui apa saja yang kamu beli, sehingga kamu bisa memilah dan memilih apa saja yang menjadi kebutuhan pokokmu yang utama seperti makan, bayar uang kos, listrik, pulsa dan lain-lain. Serta kamu bisa tahu apa saja yang menjadi kebutuhan pribadimu. Dengan begitu kamu bisa memperkirakan berapa banyak uang yang kamu butuhkan untuk memenuhi seluruh kebutuhanmu selama sebulan.

Manfaat lain mencatat pengeluaranmu adalah kamu bisa mencegah menghamburkan uang untuk membeli barang yang sebenarnya tidak kamu perlukan karena biasanya tidak sesuai dengan kebutuhanmu. Pada akhirnya itu yang akan membuatmu bisa menyimpan lebih banyak uang karena tidak terpakai untuk membeli barang yang tidak perlu.

Buatlah skala prioritas, alokasikan dana sesuai dengan kebutuhan pokokmu yang utama dan kebutuhan pribadimu

Tips Mengatur Keuangan yang Asyik Agar Akhir Tahunmu Bisa Piknik

Alokasikan dana sesuai dengan kebutuhan

Setelah mengetahui apa saja yang kamu butuhkan kamu bisa membuat anggaran sesuai dengan prioritas kebutuhan pokokmu yang utama. Dengan membuat skala prioritas kamu akan lebih terarah dalam mengatur anggarkan uang pendapatanmu. Anggarkan setengah dari penghasilanmu untuk kebutuhan pokok yang sudah mencakup biaya makan, kos, listrik pulsa dan yang lainnya. Alokasikan dana sampai satu bulan kedepan hingga kamu mendapat penghasilan lagi.

Setelah itu kamu bisa membuat anggaran untuk kebutuhan pribadimu, seperti semua hal yang menyangkut tentang dirimu dan berbagai penunjang penampilanmu. Usahakan agar tidak melebihi seperempat dari pendapatan. Dengan begitu kamu tak perlu pusing lagi memikirkan uang untuk makan selama satu bulan kedepan, dan juga tak terbebani dengan kebutuhan yang lainnya karena semua sudah kamu anggarkan dengan baik.

Nongkrong dan jajan bersama teman boleh saja, asal jangan melebihi anggaran yang sudah ditetapkan

Tips Mengatur Keuangan yang Asyik Agar Akhir Tahunmu Bisa Piknik

Jangan biarkan nongkrong bersama teman membuatmu mengeluarkan banyak uang

Nongkrong merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, nongkrong membuatmu bisa bercengkrama dengan teman atau pacar, membangun keakraban dan juga sebagai sarana melepas penat yang di dapat selama bekerja dan kuliah.

Sambil nongkrong tak jarang kamu dan teman bisa berbagi tawa, sharing tentang kehidupan dan pengalaman, menemukan solusi tentang masalah yang di hadapi. dan juga membuat terjalinnya hubungan kekeluargaan yang kuat dengan teman. Nongkrong juga bisa menjalin hubungan kekeluargaan yang kuat dengan teman.

Namun perlu kamu sadari bahwa dengan nongkrong, secara otomatis kamu akan mengeluarkan uang untuk jajan. Dan biasanya pengeluaran yang paling sering terjadi adalah dari kegiatan nongkrong ini. Kamu harus bisa membatasi kegiatanmu seperti ini, sesekali kamu boleh menghadiri ajakan teman untuk nongkrong. Tapi selalu batasi pengeluaran agar jajan kamu tidak melebihi anggaran yang sudah kamu buat.

Hindari mengunjungi situs belanja online, karena bisa membuatmu lapar mata sehingga bisa berujung ingin segera menghabiskan uangmu disana

Tips Mengatur Keuangan yang Asyik Agar Akhir Tahunmu Bisa Piknik

Jangan sering-sering buka situs belanja online

Kemudahan berbelanja melalui situs belanja online memang sangat membantu jika ingin membeli keperluan pribadi. Ditambah dengan potongan harga yang ditawarkan membuat sangat sulit untuk mengabaikan itu semua. Dengan dalih murah dan sayang untuk dilewatkan, kamu pun sering tergiur untuk membeli barang yang tidak diperlukan.

Jagalah hasratmu untuk berbelanja, dengan mengurangi mengunjungi situs belanja online. Jika memang harus membeli sesuatu, belilah sesuatu yang memang kamu butuhkan, bukan sesuatu yang kamu inginkan.

Pangkas di awal, potong langsung penghasilamu tidak kurang dari sepersepuluh sebagai bekal

Tips Mengatur Keuangan yang Asyik Agar Akhir Tahunmu Bisa Piknik

Potong langsung penghasilanmu

Seringkali kamu berpikir akan menyisihkan uangmu di akhir bulan, namun sebenarnya itu adalah anggapan yang salah dalam mengelola keuangan. Memiliki pemikiran bahwa “ATM tabunganku kan masih banyak” membuat kamu tidak bisa menahan hasrat untuk membelanjakannya. Namun karena kamu tidak bisa membendung hasratmu untuk berbelanja dan jajan, pada akhirnya kamu malah menghabiskan semua penghasilanmu tanpa menyisakan untuk tabunganmu.

Sisihkanlah tabunganmu di awal, potong langsung penghasilanmu minimal sepersepuluh dari total penghasilan yang di dapatkan. Lebih besar maka lebih baik, dan tabungan itulah yang nantinya akan menjadi dana daruratmu serta juga bisa untuk membiayai piknik kamu.

Sediakan rekening cadangan, lemparkan tabunganmu ke sana agar tidak kebobolan

Tips Mengatur Keuangan yang Asyik Agar Akhir Tahunmu Bisa Piknik

Buatlah rekening cadangan via tipskarir.com

Hanya memiliki satu rekening ATM terkadang bisa menjadi bumerang untuk kamu, niat kamu yang sudah menyisihkan uang akhirnya bisa hilang karena tergoda saldo yang menumpuk di tabungan. Segeralah buat rekening cadangan, pilihlah bank yang tidak memberikan potongan untuk tabungan.

Dengan memiliki rekening cadangan kamu bisa menyiasati pengeluaranmu. Gunakan rekening utamamu untuk memenuhi kebutuhan saja. Dan simpan uang tabunganmu di rekening cadangan. Usahakan untuk tidak pernah menggunakan uang yang ada di rekening cadangan kecuali untuk pengeluaran yang sangat tidak terduga atau kebutuhan yang tidak bisa di tunda.

Sembunyikan buku rekening cadanganmu, tanamkan dalam dirimu jika uang yang kamu miliki hanya ada di rekening utama yang kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan. Untuk keperluan piknik bisa kamu gunakan uang di tabungan cadangan, namun untuk kebutuhan sehari-hari tetap gunakan uang di tabungan utama.

Bersedekahlah, karena dengan bersedekah akan membuat hidupmu menjadi berkah

Tips Mengatur Keuangan yang Asyik Agar Akhir Tahunmu Bisa Piknik

Bersedekah membuat hidupmu berkah via entrepreneurmuslim.com

Uang yang kamu dapat dari hasil kerja kerasmu sangat wajar sekali jika kamu ingin menikmatinya. Tapi perlu kamu sadari bahwa masih banyak orang di luar sana yang kesulitan, sedikit banyaknya uang yang kamu berikan pasti akan meringankan beban mereka.

Karena memberi atau bersedekah tidak akan membuatmu miskin, dan pelit juga tidak akan membuatmu menjadi kaya. Dengan berbagi kamu akan merasa hidupmu lebih berharga, karena kamu diberikan sesuatu yang lebih dari pada orang lain punya.

Mengatur uang memang suatu hal yang menyulitkan, namun jika kamu bisa mengaturnya, hidup yang kamu jalani bisa terasa teringankan. Dengan keteraturanmu mengelola keuangan, kamu akan selalu siap menghadapi berbagai keadaan. Kamu pun bisa piknik dengan asyik tanpa perlu lagi memikirkan akan kehabisan duit. Jika kamu bisa mengatur keuangan, bukan tidak mungkin lagi setiap bulan kamu bisa pergi liburan.

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini