TIPS

7 Tips Menghemat Kuota Internet Agar Kamu Bisa Internetan Lebih Lama. Wajib Kamu Coba!

Jauhi Internetan di Malam Hari Agar Bisa Mengatasi Insomnia

Mau internetan lebih lama? Coba deh simak tips menghemat kuota internet berikut ini.

Seiring dengan perkembangan teknologi, cara berkomunikasi pun sudah mulai berganti, apalagi dengan adanya internet saat ini. Internet sudah menjadi urusan nomor satu bagi masyarakat kebanyakan. Bukan soal kesenangan saja, mereka menggunakan internet juga untuk banyak keperluan, seperti berkomunikasi, mencari informasi, dan lainnya.

Tapi karena kebutuhan internet semakin tinggi, membuatmu harus siap-siap untuk terus membeli paket internet agar kamu bisa terus-terusan berinternet. Walau mungkin akan menguras isi dompetmu, tetap saja kamu perlu membelinya agar gadgetmu tetap online. Tapi jangan khawatir, beberapa tips menghemat kuota internet berikut ini bisa mencegah dompetmu terkuras karena terus-terusan membeli kuota internet walau sebenarnya itu belum banyak kamu perlukan.

1. Kalau punya dua atau lebih gadget, beli saja 1 paket internet untuk 1 gadget

Cara Menghemat Kuota Internet

Tinggal tethering aja, mudah kok

Jika punya dua atau lebih gadget, kamu hanya perlu membeli satu saja paket internet. Kenapa? Karena membeli banyak paket internet justru membuatmu lebih boros. Kamu bisa membeli satu paket internet untuk satu gadget, lalu gadget lainnya tinggal di tethering, mudah kan?

Contoh saja jika kamu punya dua smartphone, satu smartphone untukmu berinternetan, satu lagi untuk komunikasi dengan keluarga. Maka salah satu smartphonemu kamu belikan paket internet, jadi ketika kamu ingin berinternetan, kamu tinggal tethering saja dari satu smartphone yang masih memiliki banyak kuota internet. Dengan begitu kamu tak perlu beli-beli lagi paket internet hanya untuk internetan disatu smartphone yang kamu ingin gunakan, lebih menghemat kuota internet kan?

2. Gunakan sambungan data jika diperlukan, jika tidak ya matikan

Cara Menghemat Kuota Internet

Jika tidak diperlukan, ya matikan saja sambungan datanya

Kalau memang jarang ada pesan di smartphonemu dalam waktu setiap menit dalam sehari, maka tak perlu kamu nyalakan terus sambungan datanya. Lagipula pesan apapun yang masuk belum tentu juga langsung dibaca olehmu, maka karena itu menggunakan sambungan data apabila memang diperlukan. Jika tidak ya tinggal kamu matikan sambungannya.

Agar kamu bisa menghemat kuota internet sampai lebih lama, apalagi jika internetnya kamu gunakan untuk mencari gebetan, lebih baik gunakan saja sambungan data seperlunya dan jangan dinyalakan terus-menerus. Nyalakan sambungan data jika si dia sedang aktif-aktifnya membalas pesanmu.

3. Jangan nyalakan fitur auto sync, kalau bisa pakai saja cara manual jika ingin update datamu

Cara Menghemat Kuota Internet

Jangan gunakan fitur auto sync

Jika memang tidak ada keperluan yang terlalu penting terkait update data-datamu secara otomatis di smartphone, maka fitur auto sync ini tak perlu kamu nyalakan. Ini juga salah satu caramu menghemat kuota internet, apalagi jika kamu sedang menunggu balasan pesan dari orang-orang penting misalnya, dengan mematikan fitur auto sync, kuotamu bisa dimanfaatkan untuk membalas pesan-pesan mereka, atau menggunakan sosial media untuk berjumpa dengan gebetan.

4. Jangan lupa untuk selalu cek penggunaan kuota, atau jika malas untuk mengeceknya, kamu bisa set limit penggunaan kuotanya

Cara Menghemat Kuota Internet

Set limit, jangan kaget kalau kuota sudah habis

Dengan sering-seringnya kamu mengecek penggunaan kuota internet, kamu justru lebih bisa mengetahui aplikasi mana yang seharusnya jangan selalu dibuka, dan aplikasi mana yang tetap menghemat kuota internet walau terus menerus dibuka. Misalnya kamu baru saja menginstal sebuah aplikasi, jarang kamu buka tapi setiap kali kamu buka dan terhubung dengan internet, aplikasi itu selalu memakan data secara banyak.

Jika kamu pernah merasakannya, maka kamu bisa cek penggunaan kuota internetmu di smartphone dan cari tahu mana aplikasi yang memakan banyak kuota data. Kalau kamu sudah menemukannya, ya tinggal di uninstall. Mudah kan? Kalau tidak ingin di uninstall ya jangan selalu dibuka walau mungkin sesekali kamu ingin membukannya.

5. Ada kebutuhan download? Cari saja Wi-Fi gratis, jangan gunakan kuota internetmu untuk urusan download

Cara Menghemat Kuota Internet

Nyari Wi-Fi nya biasa aja ya, jangan seperti digambar ini

Soal download, jangan kamu gunakan kuota internet di smartphonemu. Jika di daerahmu ada fasilitas Wi-Fi gratis, maka manfaatkan saja fasilitas tersebut. Kebanyakan alasan orang berurusan dengan download adalah karena ingin update aplikasi di smartphonenya. Jika itu dilakukan menggunakan kuota data internet di smartphone, justru akan membuatmu lebih boros.

Untuk update aplikasi di smartphonemu, itu bisa memakan sekitar 200 MB kuota data. Gimana kalau kamu update banyak aplikasi? Pastinya cepat habis dong ya kuota internetnya. Maka dari itu untuk urusan update atau ingin download,  gunakan saja fasilitas Wi-Fi yang ada. Mudah kan?

6. Kalau disekitarmu jaringannya sedang tidak bagus, jangan dulu deh kamu internetan

Cara Menghemat Kuota Internet

Kalau jaringannya lagi gak bagus, sabar ya

Kalau ingin internetan, coba tunggu dan pastikan bahwa disekitarmu jaringannya sedang bagus, minimal dapat 3G atau HSDPA, syukur-syukur kamu dapat 4G. Tapi jika kondisi jaringan disekitarmu sedang tidak bagus, maka jangan dulu deh kamu internetan.

Perlu kamu tahu bahwa internetan saat kondisi jaringan sedang tidak bagus, misalnya dapat EDGE, maka itu akan memakan lebih banyak kuota data dibandingkan jika kondisi jaringan sedang bagus. Jadi rugi siapa? Harus pintar-pintar dan sabar ya dalam internetan.

Itu tadi beberapa tips dan cara menghemat kuota internet agar kamu bisa internetan lebih lama, sekaligus jauh dari pemborosan karena terus menerus membeli kuota internet.

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini