TRAVEL

10 Danau Terindah di Indonesia yang Bisa Jadi Tujuan Wisatamu Selanjutnya

Buat kamu yang ingin liburan tapi gak tau mau kemana? Nih Wokeeh berikan beberapa daftar wisata danau yang paling indah dan ada di Indonesia, cocok masuk daftar liburanmu selanjutnya.

Indonesia merupakan negeri yang kaya akan sumber daya alamnya. Bentangan pulau-pulau nan luas menyajikan berbagai  keindahan yang tidak tertandingi. Indonesia telah terkenal karena menyajikan berbagai macam wisata nan indah yang tidak ada di negara lain. Tidak hanyak keindahan destinasi wisata pantai dan alam pegunungannya yang terkenal, Indonesia juga memiliki berbagai tujuan wisata danau terindah dan eksotis yang tidak ada duanya.

Ditambah lagi wilayah Indonesia yang merupakan gugusan pulau dengan gunung-gunung aktif dan sebagian besar wilayahnya merupakan lautan memberikan karakteristik yang berbeda bagi tiap danau yang berada di wilayah Indonesia. Seperti danau yang terbuat ratusan tahun yang lalu karena erupsi gunung vulkanik ataupun danau yang memiliki air payau yang terisolasi karena naiknya permukaan tanah.

Hal itu pula yang menyebabkan ekosistem di setiap danau berbeda dan memiliki keunikan tersendiri. Bagi kamu yang telah berencana untuk liburan namun belum menentukan tujuan wisata mana yang ingin kamu kunjungi, berikut ini Wokeeh sediakan deretan danau terindah di Indonesia yang bisa menjadi tujuan wisata liburanmu selanjutnya.

Danau Kakaban, Kalimantan Timur

Danau Kakaban - Danau Terindah di Indonesia

Danau Kakaban via matajatim.com

Danau Kakaban berada di pulau Kakaban dekat pulau Maratua kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pada dasarnya danau kakaban hanya dipisahkan dengan lautan oleh bukit karang yang mengelilinginya. Danau kakaban merupakan danau dengan ekosistem ubur-ubur terbesar di dunia dan merupakan salah satu daya tarik dari Kabupaten Berau selain Kepulauan Derawan. Di Danau ini kamu bisa bebas berenang bersama ubur-ubur tanpa takut tersengat, karena memang ubur-ubur yang tinggal di danau Kakaban berjenis golden jellyfish dan moon jellyfish yang tidak menyengat.

Danau Mariona, Sulawesi Tengah

Danau Mariona  - Danau Terindah di Indonesia

Danau Mariona via mahendradhani.blogspot.co.id

Satu lagi danau indah dimana kamu bisa berenang bebas bersama ubur-ubur adalah di Danau Mariona yang terletak di Taman Nasional Togean. Tidak seperti danau kakaban yang sudah terkenal, danau Mariona masih jarang sekali di kunjungi oleh masyarakat. Aksesnya yang cukup sulit menuju tempat ini membuat jarang dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini dikarenakan jika air sedang pasang, kapal tidak bisa merapat ke dermaga Pulau Togean yang menyebabkan kamu harus berenang dari kapal untuk menuju ke dermaga.

Namun usahamu itu akan terbayarkan ketika telah sampai di danau Mariona, air yang jernih dan bening serta ubur-ubur yang berenang bebas di danau ini bisa membayar lelah yang kamu berikan. Bagi kamu yang tidak bisa berenang sangat disarankan untuk menggunakan pelampung atau cukup melihat dari atas danau, karena airnya yang jernih kamu bisa melihat ubur-ubur yang berenang dengan bebas disana.

Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Danau Labuan Cermin - Danau Terindah di Indonesia

Danau Labuan Cermin via instagram.com/_haavidha_nva/

Masih di seputaran Kalimantan, danau terindah selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah danau Labuan Cermin yang berada di Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Danau ini mendapat julukan Danau Labuan Cermin karena memiliki air yang jernih dengan degradasi warna air yang indah dari tepian danau yang airnya berwarna putih sampai ke tempat yang dalam dengan air berwarna biru tua. Selain itu kamu juga bisa berenang di danau ini karena kedalaman danaunya hanya tiga meter saja.

Danau ini juga di kenal dengan nama danau dua rasa karena bagian dasar air danau merupakan air tawar dan bagin atasnya merupakan air asin. Dan sebab alasan itu pula danau ini menjadi tujuan wisata yang menarik bagi para wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara.

Danau Kelimutu, Flores

Danau Kelimutu - Danau Terindah di Indonesia

Danau Kelimutu via brobali.com

Keindahan danau Kelimutu telah terkenal hingga ke mancanegera, danau yang terletak di puncak gunung Kelimutu ini terdiri dari 3 danau yang memiliki 3 warna yang berbeda. Yang masing-masing namanya adalah Tiwu Ata Mbupu, Tiwu Nuwa Muri Koo Fei dan Tiwu Ata Polo. Danau kelimutu bagi masyarakat setempat merupakan tempat berkumpulnya roh yang telang meninggal dunia.

Selama perjalanan menuju ke danau, kamu akan disajikan pemandangan yang indah dan terakhir kamu akan melihat danau terindah di indonesia dengan tiga warnanya yang memukai yang tidak akan membuatmu menyesal menjadikan danau Kelimutu sebagai tujuan wisatamu.

Danau Segara Anak, Nusa Tenggara Barat

Danau Segara Anak - Danau Terindah di Indonesia

Danau Segara Anak via hikingrinjani.com

Danau Segara Anak merupakan danau yang berada di kawah gunung Rinjani yang berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Untuk bisa mencapai danau ini kamu harus trekking menaiki gunung Rinjani terlebih dahulu karena danau Segara Anak terletak di ketinggian sekitar 2000 meter dari permukaan laut. Disekitar danau ini juga terdapat beberapa sumber air panas yang bisa kamu gunakan untuk berendam dan istirahat setelah melakukan perjalanan.

Danau Sentani, Papua

Danau Sentani - Danau Terindah di Indonesia

Danau Sentani via nyobain.com

Papua merupakan salah satu daerah terkaya yang berada di Indonesia, tanah papua memiliki keragaman hayati dan keragaman alam yang begitu indah. Hanya berjarak 50km dari kota Jayapura, Danau Sentani memiliki luas 9360ha dan memiliki 22 pulau di tengahnya yang dihuni oleh suku asli yaitu suku Sentani. Di dalam danau Sentani pun terdapat ikan-ikan endemik seperti ikan gabus sentani, ikan pelangi sentani, hiu gergaji, dan masih masih banyak lagi.

Jika kamu memilih danau sentani sebagai tujuan wisatamu, kamu bisa berkunjung saat pertengahan tahun yaitu bulan Juni, karena setiap bulan Juni suku setempat mengadakan festival Danau Sentani yang bisa kamu nikmati, Festival Danau Sentani diisi dengan tarian-tarian adat yang dilakukan diatas perahu dan tarian perang khas Papua. Tidak hanya wisatawan dalam negeri yang tertarik menikmati Festival Danau Sentani, wisatawan macanegera juga senang mengunjungi Danau Sentani ketika sedang dilaksanakan festival.

Danau Paniai, Papua

Danau Paniai - Danau Terindah di Indonesia

Danau Paniai via wisatapriangan.co.id

Danau seluas kurang lebih 14500 ha terletak di Kabupaten Paniai, Papua. Danau Paniai yang luas dan di kelilingi oleh perbukitan menyajikan pemandangan yang indah bagi setiap orang yang berkunjung, selain itu luasnya danau Paniai membuat kamu bebas memilih tempat mana yang paling bagus untuk menikmati danau ini.

Di danau ini kamu tidak perlu repot mencari penginapan karena kamu bisa tinggal bersama warga di rumah mereka dan bisa menyewa kapal untuk menjelajah luasnya Danau Paniai. Danau ini di akui sebagai danau terindah oleh 157 negara pada tahun 2007. Tentunya bukanlah hal yang salah menjadikan danau ini sebagai tujuan wisatamu.

Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba - Danau Terindah di Indonesia

Danau Toba via linkedin.com

Kamu pasti mengenal danau yang satu ini, danau yang memegang peringkat sebagai danau terluas di Indonesia ini menyajikan keindahan alam yang begitu menakjubkan. Danau yang luasnya hampir sama dengan negara Singapura ini telah lama menjadi daya tarik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara, terlebih lagi pulau Samosir yang terletak ditengah danau dan terjaga kelestariannya menjadi magnet yang tinggi bagi wisatawan mancanegera.

Pulau samosir sendiri dihuni oleh suku Batak Kuno yang tetap menjaga kelestarian tradisinya, di pulau ini kamu bisa menemukan kuburan batu dan rumah adat tradisional suku Batak. Bagi kamu yang ingin mempelajari lebih dalam tentang budaya suku Batak Kuno, berkunjung ke Danau Toba bisa menjadi tujuan wisatamu selanjutnya.

Danau Singkarak, Sumatera Barat

Danau Singkarak - Danau Terindah di Indonesia

Danau Singkarak via katalogwisata.com

Menurut cerita masyarakat setempat, danau singkarak dulunya merupakan lautan yang kemudian menjadi hulu sungai Batang Ombilin. Danau Singkarak merupakan danau terbesar Di Sumatera barat yang terletak di kabupaten Solok, Sumatera Barat. Banyak hal yang bisa kamu lakukan di danau ini seperti berenang, menaiki sampan sampai ikut nelayan menangkap ikan di danau. Atau kamu juga bisa memancing ikan bilih yang merupakan ikan endemik di danau ini.

Danau Ranu Kumbolo, Jawa Timur

Danau Ranu Kumbolo - Danau Terindah di Indonesia

Danau Ranu Kumbolo via matajatim.com

Berpindah ke pulau Jawa, Danau Ranu Kumbolo merupakan danau yang terletak di kaki gunung Semeru. Danau ini mendadak ramai dikunjungi oleh wisatawan setelah menjadi tempat syuting film ‘5cm’, film yang bercerita tentang persahabatan teman kuliah yang bersama-sama menaiki gunung Semeru.

Untuk bisa mencapai danau ini tidaklah mudah, terutama bagi kamu yang belum pernah menaiki gunung sama sekali. Namun usaha kamu tidak akan terasa berat karena selama perjalanan trekking kamu akan disuguhi pemandangan indah pohon-pohon pinus. Sangat di anjurkan sekali bagi kamu untuk bisa bermalam di tepian danau dan menikmati keindahan bintang-bintang.

Itulah danau-danau terindah di Indonesia versi Wokeeh yang sangat recomended untuk kamu jadikan tujuan wisatamu selanjutnya. Dan jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan ketika kamu berkunjung ke danau-danau tersebut, karena menjaga kelestarian alam yang indah dan bersih merupakan kewajiban bagi semua orang agar keindahan alam Indonesia bisa terus diwarisi kepada generasi penerus selanjutnya. Yuk mari kita liburan!

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini