TRAVEL

23 Wisata di Jogja yang Layak Jadi Destinasi Liburanmu Selanjutnya

Wisata di Jogja

Wisata di Jogja memang sangat istimewa. Banyak destinasi wisata yang memanjakan mata dengan keindahan alamnya. Kamu yang sedang di Jogja, wajib deh kunjungi tempat-tempat ini!

Photo : danisetiawanku.com

Wisata alam di Yogyakarta pastinya tidak diragukan lagi keindahannya, berbagai keindahan alam yang tersedia disana membuat Yogyakarta menjadi destinasi favorit ribuan turis yang berdatangan setiap tahunnya. Wisata di Jogja memanglah istimewa, keindahan alam di Jogja pastinya memanjakan mata, berbagai wisata mulai dari kawasan belanja, wisata budaya, sampai keindahan lautnya membuat kamu ingin tinggal di Jogja untuk waktu yang lama.

Sebenarnya ada banyak sekali potensi wisata di Yogyakarta yang belum diketahui, yang pemandangan alamnya bisa menarik hati. Mana aja sih destinasi wisata yang gak biasa di Jogja ini? Di artikel ini Wokeeh mengumpulkan beberapa destinasi wisata di Jogja yang belum di ketahui dan harus kamu kunjungi untuk liburanmu nanti.

1. Awali perjalananmu dengan menikmati keindahan alam yang mempesona di Air Terjun Kembang Soka

Wisata di Jogja

Air terjun Kembang Soka via direktoriperjalanan.blogspot.co.id

Kamu yang sedang di Jogja, wajib deh kunjungi destinasi wisata Air terjun Kembang Soka yang terletak di Dusun Gunungkelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Kulonprogo, Yogyakarta. Air terjun ini mempunyai ciri khas yang berbeda dari air terjun lain yang ada di Jogja. Awali perjalananmu dari sini, mau pergi liburan bersama teman, keluarga atau sendiri, Air jerjun Kembang Soka ini cocok deh untuk kamu kunjungi!

2. Rasakan tenangnya pikiran dalam balutan rumput hijau yang menawan di Bukit Pantai Pengilon

Wisata di Jogja

Bukit Pantai Pengilon via imgrum.net

Tenangkan pikiranmu sejenak di Bukit Pantai Pengilon yang berbalut rerumputan hijau. Bukit Pantai Pengilon ini terletak di Desa Ngestirejo Tepus, Gunung Kidul. Kamu bisa merasakan indahnya suasana pantai selatan yang begitu menawan, walau banyak susunan karang di beberapa bagian, Bukit Pantai Pengilon ini wajib kamu kunjungi saat liburan. Tempatnya juga bagus untuk menambah foto-fotomu di Instagram.

3. Menikmati tenggelamnya senja yang memantulkan cahaya dari permukaan Waduk Sermo di Kalibiru, Kulon Progo

Kamu bisa menikmati tenggelamnya senja yang mempesona di Kalibiru, Kulon Progo, Yogyakarta. Kalibiru adalah nama hutan wisata sekaligus nama sebuah Desa yang terletak di Kecamatan Kokap, Kulon Progo. Daerahnya sangat terjaga dengan baik, membuat Kalibiru menjadi lokasi ekowisata yang menarik. Kayu kecil yang terletak di atas pohon pinus bisa kamu jadikan tempat untuk berfoto ria sambil melihat tenggelamnya senja yang memantulkan cahaya. Untuk mengunjungi Kalibiru ini kamu hanya dikenakan biaya 3 ribu rupiah saja. Wisata di Jogja yang satu ini wajib deh kamu kunjungi segera!

4. Santailah dulu sejenak, rasakan kesejukan dari dedaunan di Hutan Pinus Mangunan

Wisata di Jogja

Hutan Pinus Mangunan via klikhotel.com

Bersantailah dulu sejenak di Hutan Pinus Mangunan untuk menikmati keindahan alam menyejukkan yang diselimuti banyak dedaunan. Terletak di daerah perbukitan di daerah Dlingo, Bantul, hutan ini menawarkan kesejukan serta pemandangan yang jarang sekali kamu temukan. Bahkan tempat ini sangat favorit sekali dijadikan tempat pemotretan.

5. Manjakan mata dengan melihat indahnya samudra hindia di Pantai Baron

Wisata di Jogja

Pantai Baron via lookjogja.blogspot.com

Berbagai wisata di Jogja dengan keindahan alamnya memang selalu membuatmu terpesona, apalagi keindahan lautnya. Wisata pantai yang paling favorit untuk kamu kunjungi berikutnya adalah Pantai Baron yang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjung Sari, Yogyakarta. Kamu yang ingin kunjungi pantai ini harus menempuh jarak kira-kira 40 kilometer dari kota Yogyakarta dengan kendaraan pribadi. Pantai Baron menawarkan keindahan samudra hindia yang memanjakan mata. Kamu yang ada di Jogja wajib deh kunjungi tempat wisata yang satu ini.

6. Nikmati keindahan pengunungan yang menyejukan di Gunung Api Purba Nglanggeran

Wisata di Jogja

Gunung Api Purba via fransiscangela.blogspot.com

Kamu yang ingin menikmati sejuknya pegunungan, bisa datang ke Gunung Api Purba Nglanggeran. Gunung ini adalah gunung berapi yang aktif puluhan juta tahun yang lalu, namun sekarang sudah tidak aktif lagi dan dijadikan sebagai tempat wisata. Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran sudah mulai banyak menarik perhatian para wisatawan. Jutaan bintang yang tersebar di langit juga bisa kamu nikmati saat malam hari di sini.

7. Datangilah Candi Ratu Boko, bangunan megah yang dibangun pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran

Wisata di Jogja

Candi Ratu Boko via ekstra.merahputih.com

Rasakan kedamaian dari pemandangan alam yang ditampilkan di Candi Ratu Boko yang dibangun pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran. Istana Ratu Boko ini luasanya sekitar 250.000 m2 yang terbagun menjadi empat bagian, yaitu tengah, barat, tenggara, dan timur.

8. Rasakan sensasi mengadu nyali dengan naik gondola yang menyebrangi ganasnya ombak di Pantai Timang

Wisata di Jogja

Pantai Timang via instagram.com

Pantai yang teletak di Gunung Kidul ini wajib kamu sambangi. Sekilas mungkin Pantai Timang serupa dengan pantai-pantai Gunung Kidul lainnya. Namun setelah kamu coba mencari tahu apa yang ada disana, kamu pasti akan menemukan sebuah gondola. Yang menarik disini, gondola tradisional diatas tebing yang dikaitkan tali dengan pancang kayu yang dipasang disela-sela karang bisa kamu jadikan media untuk mu beradu nyali.

Kamu harus mencoba menyebrangi ganasnya ombak dengan menaiki gondola kayu ini. Kamu yang setibanya di atas karang, akan melihat beberapa nelayan lobster yang sedang sibuk dengan jalanya masing-masing. Gondola ini biasanya digunakan oleh para nelayan untuk berburu lobster di pulau karang yang bernama Pulau Panjang, letaknya di seberang pantai. Kelayakkan gondola selalu di periksa oleh pengelola secara rutin, kamu yang ingin menaiki gondola ini jadi tak perlu khawatir lagi.

9. Rasakan indahnya alam yang menyegarkan di Air Terjun Kedung Pedut

Wisata di Jogja

Air Terjun Kedung Pedut via instajogja.co

Tempat wisata satu ini tak boleh kamu lewati. Kamu bisa main air sambil menyegarkan diri di air terjun Kedung Pedut yang letaknya tersembunyi di balik pegunungan Menoreh. Terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo. Air terjun Kedung Pedut ini menawarkan keindahan alam yang menyejukan.

10. Nikmati sensasi santainya duduk di tengah waduk yang berada di Taman Bambu Air Sermo, Kulon Progo

Wisata di Jogja

Taman Bambu Air Sermo via kotajogja.com

Jika kamu merasa lelah berjalan-jalan, coba santailah dulu dengan duduk-duduk di tengah Waduk Sermo. Ada Taman Bambu Air Sermo disana yang tempatnya dibuat dari drum-drum plastik bekas yang disusun rapi, dan diatasnya diberi susunan lantai bambu, dengan properti pendukung seperti tanaman dalam pot, bangku, dan gapura yang terbuat dari bambu.

Karena Taman Bambu Air Sermo letaknya ditengah Waduk Sermo, maka pengunjung harus menggunakan perahu dengan hanya membayar sekitar 5 ribu rupiah saja. Kamu tak perlu takut kepanasan, karena pengelola sudah menyediakan caping serta payung untuk pengunjung.

11. Merasakan kesejukan alam di Air Terjun Sri Gethuk, Gunung Kidul

Wisata di Jogja

Air Terjun Sri Gethuk via outingjogja.com

Pesona alam di daerah Gunung Kidul memang luar biasa. Kamu yang liburan di Gunung Kidul akan terus dimanjakan dengan keindahan alamnya yang mempesona. Ada air terjun Sri Gethuk yang terletak di ngarai Sungai Oya yang membelah Desa Wisata Bleberan. Air terjun Sri Gethuk mengalir terus tanpa henti, di bawahnya terdapat batuan yang membentuk undak-undakan, menambah kesan mewah dan unik dari tempat ini. Wisata di Jogja yang satu ini tak boleh kamu lewati!

12. Coba lihatlah matahari tenggelam di Pantai Watu Lumbung, manjakan matamu dengan keindahannya

Wisata di Jogja

Pantai Watu Lumbung via danisetiawanku.com

Kamu akan di manjakan oleh keindahan alam dari Pantai Watu Lumbung yang di dominasi oleh batuan karang yang bermacam bentuk dan ukuran. Karena ombak di Pantai Watu Lumbung cukup kuat, kamu tidak disarankan untuk berenang. Tapi kamu masih tetap bisa menikmati keindahan alamnya sambil menunggu matahari tenggelam. Dari Pantai Watu Lumbung, kamu bisa melihat Pantai Wediombo yang tampak dari kejauhan. Pantai Watu Lumbung sendiri terletak di Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul tepatnya di wilayah Gunung Batur.

13. Lihatlah ombak yang menghantam karang di Pantai Ngobaran

Wisata di Jogja

Pantai Ngobaran via myblogyuden.blogspot.com

Pantai Ngobaran terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Kamu yang ingin mengunjungi pantai ini disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Manjakan dirimu dengan santainya bunyi ombak yang menghempas karang samping Pantai Ngobaran.

14. Kamu yang tertarik dengan wisata goa, coba datanglah ke Goa Jomblang

Wisata di Jogja

Goa Jomblang via eksotisjogja.com

Buat kamu yang tertarik dengan wisata goa, coba kunjungi Goa Jomblang yang terletak di perbukitan karst Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa Jomblang bisa ditempuh dari kota Jogja dalam waktu kira-kira 1 jam perjalanan, atau kira-kira 50 kilo meter ke arah tenggara kota. Kamu bisa melihat keindahan alam dalam goa dengan membayar 450.000 untuk 2 orang saja.

Untuk yang ingin pergi ke dasar goa, kamu akan diberikan peralatan khusus nantinya yang standar keamanannya terjaga, serta di dampingi oleh pemandu juga. Walau turunan yang harus dilalui untuk masuk ke goa cukup menakutkan, tapi tak usah khawatir, karena ada pemandu yang siap siaga yang akan selalu membantumu. Waktu yang paling baik untuk memasuki goa adalah sekitar 10.00-12.00, karena posisi matahari yang sedang tinggi.

15. Rasakan ombak yang menghempas santai di Pantai Glagah, Kulon Progo

Wisata di Jogja

Pantai Glagah via hijabransel.blogspot.com

Pantai di Jogja memang tak habis-habisnya membuatmu terpesona, keindahan alamnya yang selalu menyejukan mata, membuatmu selalu ingin betah berlama-lama disana. Keberadaan Pantai Glagah melengkapi jajaran pantai-pantai indah di Yogyakarta. Pantai Glagah terletak dekat dengan muara sungai Serang, Kecamatan Temon, Kulon Progo, Yogyakarta. Lokasi pantainya sendiri pun berada sekitar 40 km ke arah barat dari pusat kota Yogyakarta.

16. Manjakan matamu dengan ukiran alam yang mempesona di Air Terjun Luweng Sampang

Wisata di Jogja

Luweng Sampang via telusurindonesia.com

Arti kata luweng sampang diambil dari istilah ‘Luweng’ yang berarti lubang, dan ‘Sampang’ yang menjadi nama Desa setempat, yaitu Desa Sampang. Air terjun Luweng Sampang ini terletak di Desa Sampang Kecamatan Gedangsari Gunung Kidul, Yogyakarta. Kamu yang ingin pergi ke lokasi harus bekerja keras karena melewati medan jalan yang agak sulit.

Air terjun Luweng Sampang ini sangatlah unik, karena air terjunnya tergolong mini dan unik yang hanya memiliki ketinggian sekitar 5 meter saja. Namun kamu akan di manjakan dengan keindahan alam dari batuan di sekitarnya, batu-batuan yang tergerus oleh air.

17. Rasakan sejuknya angin yang berhembus menyelimuti badan di Puncak Gunung Kukusan

Wisata di Jogja

Puncak Gunung Kukusan via instagram.com

Terletak di Dusun Nglinggo, Kelurahan Pagerharjo Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Puncak Gunung Kukusan rasanya terlalu sayang jika kamu lewatkan. Rasakan hembusan angin yang sejuk menyelimuti badanmu dengan keindahan alam yang mempesona disekitar puncaknya. Untuk bisa mendaki ke puncak, kamu perlu mendaki sekitar 200 meter dari parkiran bawah Gunung Kukusan.

18. Menyelami indahnya perut bumi dengan mencoba cave tubing di Kalisuci

Kalisuci terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunung Kidul, Yogyakarta. Disebut Kalisuci karena terdapat mata air yang sangat jernih dan tetap jernih walaupun air sungai membuatnya keruh ketika musim hujan. Cave tubing adalah kegiatan menyusuri goa dengan menggunakan ban, kamu pun bisa mencoba cave tubing dan menikmati indahnya perut bumi di Kalisuci. Kamu hanya perlu membayar 5 ribu untuk biaya retibusi dan paket cave tubing sebesar 70 ribu untuk dapat menikmati indahnya menyusuri sungai di perut bumi.

19. Hilangkan penat dalam kedamaian alam yang menyegarkan di Curug Indah Tegalrejo

Wisata di Jogja

Curug Indah Tegalrejo via spadepicnic.wordpress.com

Curug Indah Tegalrejo terletak di Tegalrejo, ujung timur Gunung Kidul, Yogyakarta. Walaupun masih relatif minim pengunjung, curug ini tetap saja tak boleh kamu lewati. Memiliki beberapa curug yang bertingkat dan dinaungi pepohonan hijau yang indah di kanan kirinya, sangatlah memanjakan mata.

Kamu yang ingin mencoba terjun dari atas tebing ke curug di bawahnya, haruslah berhati-hati karena curugnya cukup dangkal. Kamu bisa mengunjungi curug ini hanya dengan membayar biaya parkir kepada warga sekitar. Suasana asri khas pedesaan pun bisa kamu dapatkan di sini.

20. Menikmati desiran ombak yang menghempas santai di Pantai Pok Tunggal

Wisata di Jogja

Pantai Pok Tunggal via piknikasik.com

Hamparan pasir putih dan desiran ombak yang menghempas santai, membuat Pantai Pok Tunggal menjadi daya tarik bagi para wisatawan lokal dan asing. Desiran ombak yang tenang serta pepohonan yang meneduhkan, membuat santaimu menjadi menenangkan.

Selain pasirnya yang putih dan desiran ombak yang menenangkan, kamu juga bisa melihat sebatang pohon duras yang tumbuh di samping pantai, pohon ini menjadi ikon dari pantai Pok Tunggal itu sendiri. Jika kamu ingin merasa pantai ini seperti pantai pribadi, datanglah saat hari kerja, karena hari libur sangat banyak yang berwisata. Pantai Pok Tunggal sendiri terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

21. Kamu yang hobi pergi ke pantai, cobalah kunjungi Pantai Siung

Wisata di Jogja

Pantai Siung via anekatempatwisata.com

Kamu akan disuguhkan laut biru dan pasir putih serta pesona batuan karang  besar mempesona di Pantai Siung ini. Terletak di sebuah wilayah terpencil Kabupaten Gunung Kidul, di sebelah selatan Kecamatan Tepus, tak mudah untukmu menemukan angkutan umum yang menuju ke tempat ini. Namun bagi kamu yang ingin menikmati surga tersembunyi di Jogja, itu bukanlah suatu hambatan. Karena kamu pun masih bisa kunjungi tempat ini dengan kendaraan pribadi.

Tebing-tebing curam yang mengelilingi pantai ini menjadi daya tarik tersendiri. Tebing curam di samping Pantai Siung kini di jadikan arena panjat tebing. Totalnya sudah ada 250 jalur panjat tebing yang bisa kamu coba. Di salah satu puncak tebingnya pun kamu bisa melihat pemandangan indah Pantai Siung dengan laut yang menghampar di kejauhan, melepas pandang sambil menikmati santai yang menyejukan.

22. Coba keseruan bermain sandboarding di gumuk pasir Parangkusumo

Wisata di Jogja

Gumuk Pasir Parangkusumo via blog.misteraladin.com

Gumuk dalam bahasa Jawa berarti gundukan atau tumpukan, jadi gumuk pasir ini berarti tumpukan pasir. Bermain snowboarding di Jogja mungkin akan terlihat mustahil, tapi kamu bisa mengganti snowboarding dengan sandboarding di gumuk pasir Parangkusumo ini. Kamu bisa menikmati keseruan berseluncur menuruni bukit, dengan penuh tawa dan canda.

Tak perlu mahir dulu untuk merasakan sensasinya berseluncur, pemula pun bisa melakukannya. Jangan takut duluan, olahraga ini aman kok untuk dimainkan. Gumuk pasir Parangkusumo ini letaknya di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

23. Merasakan ramainya wisata murah ala mahasiswa di Sunday Morning UGM

Wisata di Jogja

Sunday Morning di UGM via kartudiskonjogja.com

Salah satu wisata di Jogja yang tak boleh kamu tinggalkan adalah Sunday Morning atau yang sering disebut sunmor yang biasa diadakan di sepanjang Jalan Notonagoro, Bulaksumur, Yogyakarta. Setiap minggunya tempat ini ramai dikunjungi oleh orang-orang yang berolahraga pagi. Di sunmor ada banyak barang yang di jajakan mulai dari sepatu, aksesoris, tas, pernak-pernik hingga pakaian.

Kamu pun juga bisa menikmati berbagai jajalan enak yang mengenyangkan, setelah kamu berolahraga pagi bisa kok langsung kunjungi tempat ini. Tempat ini tak pernah sepi, kamu yang ingin kesini harus siap-siap berdesakan dengan para pembeli yang lain. Walau begitu, tetap saja sunmor ini tak boleh kamu lewati, karena surganya mahasiswa selalu ada disini, seperti kebutuhan kos dan kebutuhan sehari-hari.

Yogyakarta memang kota yang istimewa, banyak wisata dengan keindahan alamnya yang bisa membuatmu terpesona. Jika kamu punya rekomendasi wisata lainnya yang asyik untuk dikunjungi di Jogja. Yuk! bagikan ke pembaca Wokeeh lainnya melalui kolom komentar di bawah ini. Semoga liburanmu menyenangkan!

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini