TRAVEL

7 Destinasi Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi Dengan Budget yang Sedikit

7 Destinasi Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi Dengan Budget yang Sedikit

Ingin pergi liburan namun hanya punya budget yang sedikit? Tak perlu bersedih hati. Beberapa destinasi wisata berikut ini bisa kamu kunjungi saat liburan nanti, pastinya aman dan gak bikin dompetmu kebobolan.

Photo : Tribunnews.com

Di era mobilitas yang tinggi sekarang ini, di mana semakin padatnya pekerjaan membuat tekanan psikologi yang tinggi bagi banyak orang. Terlebih di tambah kondisi jalanan yang sering macet sering menjadi sumber stress yang tinggi. Karena keadaan psikologis yang kurang baik, kondisi seperti itu menjadi faktor penyebab tingginya tingkat kecelakaan, baik dalam pekerjaan maupun di jalanan.

Kegiatan untuk melepas stress pun menjadi kebutuhan yang wajib di lakukan untuk menurunkan beban psikologis bagi banyak orang. Namun banyak cara untuk melepas tekanan dalam bekerja, bisa dengan berolahraga, berkumpul dengan teman atau keluarga, menikmati kuliner dan juga pergi berlibur.

Seringkali orang berfikir bahwa berlibur pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit, bisa menghabiskan banyak uang sehingga membuat orang jarang melakukannya. Padahal sekarang ini banyak sekali tempat rekreasi yang bisa dituju dengan budget yang sedikit. Tanpa perlu merogoh kocek sampai jutaan, kita bisa menikmati liburan tanpa perlu khawatir kantong akan kebobolan.

Buat kamu yang tak sempat menabung tapi ingin berlibur, berikut ini Wokeeh punya destinasi cantik yang bisa kamu kunjungi walaupun dengan budget yang sedikit.

1. Ingin berlibur ke pantai yang eksotik gak mesti harus ke Bali, Pantai Sawarna mempunyai banyak daya tarik yang bisa dijumpai

7 Destinasi Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi Dengan Budget yang Sedikit

Pantai Sawarna via dolanmu.com

Memiliki pamor yang sedang naik daun akhir-akhir ini, Pantai Sawarna menjadi daya tarik bagi masyarakat kota yang ingin menikmati indahnya pantai yang masih asri. Air lautnya yang masih biru, batu karang indah yang menjadi tameng pemecah ombak menjadikan kondisi Pantai Sawarna sangat menarik untuk dikunjungi.

Pantai Sawarna berjarak sekitar 280km dari Ibu Kota Jakarta. Terletak di Provinsi Banten, tepatnya di Kampung Gendol Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak Banten. Selain Pantai Sawarna, ada banyak tempat wisata di sekitarnya yang juga menarik untuk di kunjungi yaitu Pantai Ciantir yang merupakan spot untuk surfing. Dan untuk kamu yang ingin berpetualang di dalam goa, di sekitar pantai juga terdapat banyak goa yang diantaranya adalah goa Lalay, goa Langir dan juga goa Seribu Candi.

Untuk masuk kedalam kawasan Pantai Sawarna, berikut  budget liburan yang kamu butuhkan :

  • Tiket masuk Pantai Sawarna : Rp. 5000,-/orang
  • Parkir kendaraan roda 2 : Rp. 10.000,-
  • Parkir kendaraan roda 4 : Rp. 20.000,-
  • Sewa penginapan berkisar : Rp. 100.000,- sampai Rp. 500.000.

Untuk mengunjungi pantai ini bawalah uang tunai yang cukup, karena lokasi ATM jauh dari kawasan pantai.

2. Jika kamu malas pergi jauh untuk berlibur, kamu bisa menimati indahnya Hutan Mangrove di Pantai Indah Kapuk

7 Destinasi Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi Dengan Budget yang Sedikit

Hutan Mangrove di Pantai Indah Kapuk via ilalangbasah.wordpress.com

Taman Wisata Alam yang terletak di Pantai Indah Kapuk ini bisa menjadi alternatif buat kamu yang tetap ingin berwisata namun tidak ingin pergi terlalu jauh. Tempat ini juga bisa di sebut Taman Wisata Alam Angke Kapuk yang menyuguhkan kesejukan alam hutan yang bisa menyegarkan pikiran di tengah kepadatan aktivitas di Ibu Kota Jakarta. Taman Wisata Alam Angke Kapuk ini ditunjukan untuk wisata alam atau ecotourism yang termasuk dalam kawasan konservasi hutan mangrove dengan fungsi utama sebagai pencegah abrasi air laut.

Taman Wisata Alam Angke kapuk ini memiliki luas sekitar 99 hektar dengan tanaman utama berupa pepohonan mangrove atau lebih dikenal dengan hutan bakau. Lokasinya terletak di Jalan Kamal Muara, Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara. Dengan berkunjung ke Taman Wisata Alam Angke akan memberikan kamu edukasi lebih jauh tentang fungsi dari tumbuhan mangrove sebagai penyelamat lingkungan terutama di daerah pantai yang rawan akan abrasi oleh air laut.

Untuk ke hutan mangrove akomodasi yang kamu butuhkan adalah :

  • Tiket masuk wisatawan lokal : Rp. 25.00,-
  • Parkir kendaraan roda 2 : Rp. 5.000,-
  • Parkir kendaraan roda 4 : Rp. 10.000,-
  • Sewa perahu dayung : Rp. 100.000,-

Karena ini adalah wisata alam, maka kamu harus selalu jaga lingkungan ya, dan jangan buang sampah sembarangan.

3. Kamu yang lelah dengan kehidupan kota bisa rileksasi dan bersantai sambil berendam di Pemandian Air Panas Ciparay

7 Destinasi Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi Dengan Budget yang Sedikit

Pemandian Air Panas Ciparay via dolanmu.com

Bogor memiliki banyak potensi wisata alam yang asri dan sejuk. Daerah Bogor yang memiliki topografi pegunungan menyajikan banyak tujuan wisata yang bisa dikunjungi. Salah satu objek wisata yang bisa kamu kunjungi untuk bersantai dan menyegarkan badan adalah pemandian air panas Ciparay.

Lokasi pemandian ini berada di Kampung Ciparay, Desa Gunung Sari Kecamatan Pamihajan Kabupaten Bogor. Untuk bisa sampai di lokasi pemandian kamu harus masuk melalui Gerbang Kawasan Gunung Salak Endah, berjalan sejauh 5 km menyusuri anak tangga yang cukup banyak. Namun semua itu akan terbayar karena selama perjalanan kamu akan ditemani rerimbunan pepohonan hijau yang menyejukkan dan suara gemericik sungai Cikuwulung yang membuat perjalananmu tak terasa melelahkan.

Di dalam tempat wisata ini kamu bisa berendam di kolam air panas atau mandi di pancuran air panas sambil menikmati pemandangan pegunungan yang indah. Dengan berendam di air panas akan membuat tubuhmu terasa segar dan bugar kembali. Terlebih suasana yang hijau dan asri bisa membuat pikiranmu tenang dan bisa menjadi sarana merelaksasikan tubuh karena stress dan penat akibat pekerjaan.

Untuk masuk ke dalam Kawasan Pemandian Air Panas Ciparay, akomodasi yang kamu butuhkan adalah :

  • Tiket masuk gerbang Kawasan Gunung Salak Endah : Rp. 10.000,- untuk motor dan Rp. 30.000,- untuk mobil
  • Tiket masuk pemandian : Rp. 4.000,-
  • Kolam berendam : Rp. 3.000,-
  • Sewa saung Rp. 30.000,-

4. Tak perlu ke Singapura cuma untuk melihat kolam air mancur, di Situ Buleud Purwakarta juga ada

7 Destinasi Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi Dengan Budget yang Sedikit

Situ Buleud Purwakarta via tribunnews.com

Letak air mancur ini berada di Taman Sri Baduga Danau Situ Buleud. Air mancur ini di lengkapi unsur light effect seperti yang berada di Singapura. Dan variasi gerakannya di sesuaikan dengan irama musik yang sedang di putar. Selain air mancur, kamu juga bisa menikmati keindahan Danau Situ Buleud yang jernih airnya. Untuk bisa menikmati pertunjukan air mancur ini kamu bisa datang pada sabtu malam tepatnya pukul 20.00 sampai 22.00 WIB.

Baca Juga :  Inilah 7 Tips Mengatur Keuangan yang Asyik! Bisa Membuat Akhir Tahunmu Selalu Piknik

5. Untuk sekedar mengisi waktu saat weekend, kamu bisa mengunjungi Kota Tua Jakarta, dan melihat berbagai macam museum di dalamnya

Destinasi Wisata yang Murah Namun Indah

Kota Tua Jakarta via wikimedia.org

Menjadi salah satu ikon kota Jakarta, Kota Tua tidak pernah kehilangan pamornya, selalu menjadi destinasi wisata yang menarik di kunjungi bagi warga ibu kota dan juga daerah sekitar Jakarta. Aksesnya yang mudah di jangkau karena terintegrasi dengan stasiun ibu kota membuat Kota Tua menjadi destinasi wisata yang selalu ramai di kunjungi saat akhir pekan.

Di area Kota Tua ada berbagai macam museum yang bisa kamu kunjungi. Diantaranya Museum Fatahillah, Museum Seni Kerajinan, Museum Wayang, Museum Bank Mandiri, dan Museum Bank Indonesia. Dengan kisaran harga tiket masuk wisata di Kota Tua sekitar Rp. 4.000,- sampai 10.000. Kamu bisa menjelajah  dan mengenal lebih jauh sejarah kota Jakarta dan Indonesia. Kota Tua merupakan tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi dengan teman, keluarga ataupun bersama pacar.

6. Untuk kamu yang gila ketinggian dan pecinta rock climbing, kamu bisa datang ke Desa Sajuta Batu

7 Destinasi Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi Dengan Budget yang Sedikit

Desa Sajuta Batu via dexxcoy-cyber.blogspot.co.id

Satu lagi tempat wisata yang keren di Purwakarta adalah Desa Sajuta Batu. Desa Sajuta Batu Teletak di Desa Pasanggrahan, Kecamata Tegalwaru Kabupaten Purwakarta. Desa ini menyajikan banyak wisata alam dan kebudayaan lokal untuk di jelajahi. Desa yang berbatasan langsung dengan Danau Ir. H. Juanda ini memiliki banyak batuan alami yang tersebar di seluruh desa dan pegunungan andesit sampai ketinggian 900 mdpl.

Untuk kamu yang gila ketinggian kamu bisa datang ke desa ini karena terdapat beberapa gunung batu yang bisa kamu panjat. Diantaranya Via Ferrata, Taraje Beusi, dan rock climbing yang tertinggi ke 2 di asia yaitu Gunung Parang. Selain itu kamu bisa menjelajahi Kampung Batu Buyung, situs telapak kaki Jonggrang Kalapitung, curug Tamiyang dan masih banyak lagi daerah yang bisa kamu jelajahi disini.

7. Kamu yang senang berpetualang, bisa menjelajah di Capolaga Adventure Camp

7 Destinasi Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi Dengan Budget yang Sedikit

Capolaga Adventure Camp via sportourism.id

Objek wisata yang terdapat di Desa Cicadas Panaruban, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang ini menawarkan berbagai kegiatan Outbond, adventure sport dan beberapa curug yang juga terdapat di dalam lokasi wisata ini. Ada beberapa curug yang bisa kamu kunjungi di dalam Capolaga Adventure Camp. Yaitu Curug Cimuja, Curug Karembong, dan Curug Goa Badak. Masing-masing curug menawarkan keindahan air terjun yang indah dan air yang jernih serta menyegarkan.

Nah, tadi itu beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi dengan budget yang sedikit. Berlibur tidak harus selalu mahal, beberapa tempat tadi bisa kamu kunjungi bersama keluarga ataupun teman sebagai sarana penyegaran diri dan relaksasi dengan budget yang sedikit.

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini