TRAVEL

Begini Caranya Menghemat Uang Saat Liburan, Bisa Puas Berlibur Walau Dengan Dana yang Pas-pasan

Mau liburan tapi dana pas-pasan? Tenang, beberapa tips berikut ini bisa membantumu.

Bagaimana caranya menghemat uang saat liburan? Oke.. awalnya, untukmu yang akan pergi berlibur bersama teman maupun keluarga pastinya perlu mempersiapkan banyak sekali perlengkapan liburan, seperti tas ransel, kamera, jaket, dan lainnya. Terkadang persoalan liburan juga yang membuatmu harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit, mulai dari perlengkapan liburan sampai ongkos perjalanan.

Walaupun kamu pergi menggunakan kendaraan pribadi, kamu masih harus mengeluarkan uang untuk membeli bensin. Jika kamu menggunakan kendaraan umum, maka kamu pun juga harus mengeluarkan uang untuk membiayai perjalananmu itu, syukur-syukur bisa mendapatkan promo.

Apa setiap liburan harus juga mengeluarkan banyak uang? Tidak juga. Ada banyak cara lho yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan dana pas-pasan yang kamu punya untuk digunakan liburan. Begini nih caranya menghemat uang saat liburan, agar liburanmu bisa puas walau dengan dana yang pas-pasan.

1. Sejak awal rencanakan terlebih dahulu liburanmu itu secara detail, mulai dari biaya hingga aktivitas liburan

Menghemat Uang Saat Liburan

Rencanakan liburanmu dari awal

Memang sudah seharusnya apapun yang akan dilakukan sebaiknya direncanakan terlebih dahulu, sama halnya seperti pergi liburan. Berlibur secara spontan memang mengasyikan, karena langsung terealisasikan saat ide liburan baru saja datang. Namun itu bukan pilihan terbaik jika kamu memang ingin menghemat uang saat liburan, karena liburan spontan bisa membuatmu mengeluarkan banyak uang.

Jika memang ada rencana menghemat uang saat liburan karena budget yang dipunya hanya pas-pasan, maka merencanakan liburan secara detail adalah langkah terbaik yang harus kamu lakukan. Kamu bisa merencakanan liburanmu jauh-jauh hari, mulai dari persoalan biaya (makan, menginap, perjalanan, dan lainnya), aktivitas yang akan dilakukan saat liburan, hingga biaya simpanan jika sesuatu hal terjadi diluar rencana liburan.

2. Menginaplah di tempat yang paling murah dan nyaman. Syukur-syukur punya kenalan yang mau meminjamkan kamarnya untuk menginap

Menghemat Uang Saat Liburan

Menginaplah di tempat temanmu, jika mereka berkenan

Kamu tak perlu menyewa tempat penginapan yang mahal, karena nyatanya ketika kamu liburan aktivitasmu akan banyak dilakukan di tempat-tempat wisata dan bukan di penginapan. Menyewa penginapan dengan harga yang murah bisa membantumu menghemat uang saat liburan.

Jika kamu punya kenalan yang tinggal di dekat tempat wisata yang akan kamu datangi, maka jangan malu untuk meminta tolong kepadanya agar mau meminjamkan kamar/rumahnya untukmu menginap. Kamu disini harus benar-benar memaksimalkan kemampuanmu dalam membangun jaringan pertemanan, semakin banyak teman semakin banyak juga orang yang bisa memberikanmu bantuan, seperti halnya penginapan.

3. Persoalan mencari makan, datangilah warung-warung lokal yang menyedikan makanan dengan harga murah

Menghemat Uang Saat Liburan

Jangan makan di restoran

Setiap tempat wisata pastinya memiliki warung-warung yang menjual makanan khas daerah setempat. Disana ada banyak sekali makanan dengan harga murah yang bisa kamu cicipi tanpa harus mengeluarkan banyak uang hanya untuk sekali makan. Dengan makan makanan di daerah setempat, kamu juga membantu usaha-usaha mereka sekaligus menjalankan rencanamu dalam menghemat uang saat liburan. Coba bayangkan jika kamu makan di restoran, pastinya banyak sekali uang yang akan kamu keluarkan.

4. Jika tak ingin makan di warung, maka bawalah makanan dari rumah yang bisa tahan lama

Menghemat Uang Saat Liburan

Bawalah makanan dari rumah

Pada umumnya makanan kering bisa awet sampai berhari-hari ataupun berbulan-bulan. Jika kamu di rumah memiliki makanan yang awet dan bisa dibawa kemana-mana, maka tak ada salahnya jika kamu bawa makanan tersebut saat berpergian. Selain membantumu mengatasi perut keroncongan, bisa juga membantumu menghemat uang saat liburan. Makanan yang tahan lama antara lain seperti abon sapi/ayam, kering tempe, dan makanan instan seperti mie atau sereal.

Baca Juga :  8 Cara Hidup Hemat Anak Kost yang Buat Keuangan Tetap Aman Sampai Akhir Bulan

5. Kamu bisa mengurangi pengeluaran uang dengan tidak membeli oleh-oleh dari tempat wisata yang dikunjungi

Menghemat Uang Saat Liburan

Batasi keinginanmu untuk membeli souvenir

Memang membeli oleh-oleh dari tempat wisata yang kamu kunjungi bisa membantu usaha-usaha penduduk disana, tapi jika kamu memang sedang liburan dengan budget yang pas-pasan maka tak perlu memaksakan untuk membeli oleh-oleh jika memang sedang tak diperlukan. Tapi tenang, kamu masih bisa membeli oleh-oleh daerah yang kamu kunjungi namun tidak di tempat wisatanya melainkan di pasar tradisionalnya, karena disana bermacam oleh-oleh dijual lebih murah dibandingkan yang ada ditempat wisata.

6. Budget pas-pasan bisa terselamatkan jika pergi liburan bersama teman-teman

Menghemat Uang Saat Liburan

Berliburlah bersama teman

Ketika kamu punya budget pas-pasan untuk liburan, maka segala sesuatu yang kamu inginkan pastinya akan kamu batasi. Berbeda halnya jika kamu pergi liburan bersama dengan teman-teman, budget pas-pasan yang kamu miliki bisa terselamatkan karena bantuan teman. Selain akan lebih menyenangkan karena pergi liburan bersama teman, segala biaya saat liburan juga akan ditanggung secara bersama-sama. Kamu pun tak lagi harus menanggung biaya liburan sendirian.

Lebih asyik lagi jika kamu pergi liburan dengan satu kendaraan, biaya perjalanan jadi tak perlu dikhawatirkan karena dibayar bersama-sama, lebih hemat kan? Memanfaatkan jalinan pertemanan bisa memudahkanmu dalam melakukan hal-hal yang kamu suka, termasuk liburan. Jika kamu tidak memiliki dana untuk berlibur, masih ada teman kok yang akan membantumu.

7. Usahakan sedia selalu perlengkapan liburan, termasuk aplikasi peta digital

Menghemat Uang Saat Liburan

Gunakan aplikasi peta digital saat berpergian

Kenapa peta digital dibutuhkan? Karena dapat membantumu agar bisa cepat sampai ke tujuan. Selain itu aplikasi peta digital menjauhkanmu dari pengeluaran berlebihan, termasuk dalam hal-hal yang tidak kamu inginkan. Misalnya seperti sesat dijalan, itu yang akan membuatmu mengeluarkan banyak uang untuk membiayai perjalanan. Jika ada peta digital, kamu pun terbebas dari yang namanya sesat di jalan maupun pengeluaran yang berlebihan.

Menggunakan aplikasi peta digital juga membantumu dalam menemukan destinasi wisata lainnya yang masih berada didaerah yang sama. Lebih bisa menghemat waktu dan juga uang, dibandingkan kamu harus mencarinya sendirian. Terlebih lagi melalui peta digital, kamu juga bisa tahu informasi jam buka tempat wisata yang ingin kamu kunjungi. Jadi memudahkan liburanmu kan? Banyak juga aplikasi peta digital yang gratis, seperti Google Maps misalnya.

8. Agar bisa menghemat uang saat liburan, maka jangan gunakan jasa jika kamu bisa mengerjakannya sendiri

Menghemat Uang Saat Liburan

Jika bisa lakukan maka lakukanlah, jangan gunakan jasa

Ketika liburan pastinya banyak sekali hal-hal yang tanpa kamu sadari membuatmu mengeluarkan banyak uang, seperti mencuci pakaian dengan menggunakan jasa laundry, membeli makanan dan lain-lainnya. Jika liburanmu itu mengharuskanmu untuk menginap, maka segala hal yang bisa kamu kerjakan ya kerjakan sendiri. Seperti mencuci pakaian kotor yang kamu gunakan saat beraktivitas tadi pagi, memasak sendiri untuk kamu makan dimalam hari atau hal-hal lainnya.

Jika budget liburanmu itu pas-pasan, maka hindarilah menggunakan jasa-jasa yang sebenarnya tidak kamu perlukan. Memang tujuan utama liburan adalah merilekskan badan, dan menjauhi berbagai macam pekerjaan termasuk pekerjaan fisik. Namun jika budget liburanmu tidak mencukupi, maka bisa lah sesekali melakukan hal-hal yang perlu kamu lakukan secara sendiri, seperti mencuci baju atau memasak untuk kebutuhan makan malammu. Walau sedikit menyiksa, setidaknya akan lebih menghemat keuanganmu.

Hemat saat liburan bukan berarti kamu harus membatasi kesenanganmu dalam berlibur, semua yang kamu inginkan jika itu sesuai dengan budget liburan yang kamu punya, maka tak ada salanya jika sesekali dikeluarkan. Mengeluarkan uang untuk kesenangan selagi itu masih positif dan tidak berlebihan, tak ada salahnya untuk dilakukan.

Jadi, kamu kapan mau liburan?

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini