TRAVEL

7 Pantai di Indonesia yang Akan Membuat Liburanmu Lebih Berkesan. Patut Kamu Jadikan Tujuan Saat Jalan-jalan!

7 Pantai di Indonesia yang Akan Membuat Liburanmu Lebih Berkesan

Beberapa pilihan pantai berikut ini patut deh kamu jadikan tujuan saat sedang jalan-jalan!

Pantai, tempat terindah untuk bisa melepas lelah dengan bersantai. Melepas segala beban dari aktivitas yang sangat menguras tenanga dan pikiran. Pergi ke pantai selalu menjadi jalan yang tepat untuk melepas lelah dari pekerjaan yang terkadang membuatmu penat seharian. Pemandangan laut yang menyegarkan mata, membuatmu merasa betah untuk berlama-lama disana. Hamparan pasir putih yang halus, membuatmu ingin tinggal disana untuk terus-menerus.

Merasakan teduhnya bersantai dibawah barisan pohon kelapa yang tinggi menjulang, membuatmu tak ingin cepat-cepat pulang. Di negeri tercinta Indonesia, memiliki banyak sekali pantai-pantai yang indah nan menawan yang wajib kamu kunjungi saat liburan.

Kali ini Wokeeh akan berikan kamu pilihan pantai-pantai indah di Indonesia yang bisa kamu kunjungi dan patut kamu jadikan tujuan saat jalan-jalan!

Awali liburanmu di Kepulauan Karimun Jawa, merasakan nyamannya liburan dengan pemandangan yang menyejukan mata

7 Pantai di Indonesia yang Akan Membuat Liburanmu Lebih Berkesan

Kepulauan Karimun Jawa via twisata.com

Kepulauan Karimun Jawa, terletak disebelah utara Pulau Jawa. Tepatnya di tengah-tengah laut Jawa, masuk ke dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan Karimun Jawa terdiri dari 27 pulau yang tersebar, dan hanya 5 pulau yang berpenghuni. Untukmu yang ingin pergi ke Karimun Jawa, kamu bisa pergi diantara bulan Maret hingga bulan Oktober, karena pada bulan tersebut cuaca di sekitar laut Jawa sangat kondusif dan ombaknya pun cukup rendah. Pada bulan-bulan tersebut sedang lama berlangsungnya musim panas, sehingga ombak-ombak yang ada disana pun tidaklah ganas.

Kamu bisa mengunjungi Kepulauan Karimun Jawa dengan menggunakan kapal motor dari Kota Semarang atau Jepara, membutuhkan waktu selama 5 sampai 6 jam penyebrangan untuk bisa sampai ditujuan. Sesampainya di Karimun Jawa, kamu akan disuguhkan pemandangan pantai yang bersih dan menyejukan. Begitupun dengan air lautnya yang bening, sehingga terumbu karang yang ada disana bisa kamu lihat jelas dengan mata. Pantai ini sangat cocok untukmu yang memiliki hobi diving, menikmati indahnya dunia bawah laut Karimun Jawa yang membuatmu ingin betah berlama-lama disana.

Untuk penginapan, Karimun Jawa memiliki banyak resort yang berbiaya murah sampai yang berbiaya mahal. Jika kamu ingin memilih kamar dengan biaya yang lebih murah lagi, kamu bisa menyewa kamar dari rumah penduduk sekitar Kepulauan Karimun Jawa.

Cobalah bersantai dulu sambil melepas penat seharian dan lelah mata di Pantai Sawarna, Banten

7 Pantai di Indonesia yang Akan Membuat Liburanmu Lebih Berkesan

Pantai Sawarna, Banten

Pantai Sawarna terletak di selatan Pulau Jawa, tepatnya di Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Pantai Sawarna menawarkan pemandangan eksotis yang khas seperti pantai-pantai di selatan pulau Jawa lainnya. Akses menuju pantai Sawarna bisa dibilang sangatlah ekstrim. Terdapat jalanan yang curam dan berkelok-kelok, sehingga bagi kamu yang ingin membawa mobil pribadi sebaiknya berhati-hati melewati akses jalan menuju pantai ini. Akan lebih baik jika kamu melewatinya saat siang hari, karena penerangan yang ada saat malam hari disana masih terlalu minim.

Ada dua rute perjalanan yang bisa kamu pilih untuk menuju ke Pantai Sawarna, melalui rute barat dan rute timur.

  • Rute Barat : Mulai perjalanan dari Tol Jakarta-Merak -> Lalu keluar tol Serang Timur -> Ambil arah ke Pandeglang -> Menuju ke Gunung Kencana -> Menuju ke Malingping -> Lalu ke Bayah -> Setelah itu sampai di Pantai Sawarna
  • Rute Timur : Mulai perjalanan dari Tol Jagorawi -> Menuju ke Ciawi -> Lalu ke Cibadak -> Menuju Pelabuhan Ratu -> Setelah itu sampai di Pantai Sawarna

Pastikan jangan lupa periksa kendaraan agar bisa selalu layak jalan, sehingga nantinya bisa meminimalisir kejadian yang tak diinginkan saat di perjalanan.

Sesampainya di Pantai Sawarna, kamu akan disuguhkan pemandangan dengan beberapa batu karang besar yang bertebaran di sepanjang pantai. Kamu tak perlu khawatir berebut spot terbaik untuk berfoto, karena di Pantai Sawarna banyak sekali spot-spot foto yang menarik dan bisa kamu coba bersama teman, pacar, ataupun keluarga.

Baca Juga :  13 Destinasi Wisata di Bali yang Harus Kamu Datangi Saat Liburan Nanti

Tinggalkan dulu segala pikiran tentang pekerjaan sambil merasakan kenyamanan di Pulau Derawan, Kalimantan Timur

7 Pantai di Indonesia yang Akan Membuat Liburanmu Lebih Berkesan

Pulau Derawan via ku2h.com

Pulau Derawan terletak di Berau, Kalimantan Timur. Pantai ini masih tergolong bersih dan belum terjamah oleh banyak wisatawan. Karena keindahan bawah lautnya yang menakjubkan, di Pulau Derawan ini menjadi salah satu spot snorkeling dan diving terbaik yang ada di Indonesia, bahkan bisa dibilang tempat ini sebagai surganya para penyelam.

Kamu bisa mengunjungi Pulau Derawan dengan melewati jalur darat atau udara. Jika kamu memilih mengunjunginya melalui jalur darat, maka kamu harus memulai perjalanan dari kota Samarinda, lalu menggunakan transportasi pribadi atau sewaan menuju Tanjung Redeb dengan biaya sekitar Rp 300 ribu.

Setelah sampai di Tanjung Redeb, lanjutkan lagi perjalananmu ke Tanjung Batu dengan biaya sekitar Rp 150 ribu. Sementara dari Tanjung Batu menuju Pulau Derawan dapat dilanjutkan dengan menggunakan jasa speedboat yang sudah tersedia disana.

Jika kamu memilih jalur udara, maka perjalananmu bisa dimulai dari kota Balikpapan, lalu menuju ke Tarakan menggunakan maskapai yang tersedia. Setelah sampai di Tarakan, kamu bisa menyewa speedboat untuk menuju ke Pulau Derawan.

Ada beberapa pulau lainnya selain Pulau Derawan yang bisa kamu kunjungi dengan boat, Seperti Pulau Kakaban, Pulau Maratua, dan Pulau Sangalaki. Disana kamu bisa menyewa boat dengan biaya yang berkisar Rp 700 ribu. Kamu pun bisa melakukan berbagai aktivitas disana seperti bersepeda di pagi hari sambil menikmati angin pantai dan desiran ombak yang menghempas santai.

Ada juga banana boat yang bisa kamu coba untuk memacu adrenalin di tengah lautan Pulau Derawan. Dan jika kamu membawa pasangan, kamu bisa menikmati sunset di pinggiran pantai bersamanya.

Baca Juga :  7 Destinasi Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi Dengan Budget yang Sedikit

Nikmati angin pantai yang menghempas santai di Pantai Tanjung Lesung, Banten

7 Pantai di Indonesia yang Akan Membuat Liburanmu Lebih Berkesan

Pantai Tanjung Lesung via anekatempatwisata.com

Pantai Tanjung Lesung yang terletak di Provinsi Banten ini menyimpan keindahan alam yang menawan untuk para wisatawan yang ingin datang berkunjung sambil melepas penat dari kesibukan pekerjaan. Pasir putih dan air laut yang berwarna biru menawarkan keindahan tersendiri bagi para penikmat pantai.

Kamu bisa menikmati pemandangan pantai ini dengan berbagai cara, seperti sambil membakar jagung, sampai minum kelapa muda. Bagi yang menyukai tantangan, kamu bisa mencoba bermain jetski yang tersedia disepanjang bibir pantai, tentunya bisa kamu coba bersama trainer yang sudah ada tentunya. Selain itu kamu juga bisa mencoba snorkeling dan diving di Pantai Tanjung Lesung ini.

Rasakan sensasi bersantai di pantai sambil memandang lautan lepas di Pantai Klayar Pacitan, Jawa Timur

7 Pantai di Indonesia yang Akan Membuat Liburanmu Lebih Berkesan

Pantai Klayar via liburmulu.com

Pantai Klayar terletak di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini menyimpan keindahan alam yang menakjubkan, adanya batu karang yang besar dan hamparan pasir putih yang halus menambah kecantikan pesona Pantai Klayar.

Sampai saat ini belum ada rute angkutang umum yang melayani sampai ke Pantai Klayar, rata-rata pengunjung yang datang menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil ataupun motor. Akses jalan menuju pantai Klayar terbilang cukup sulit, kamu akan menemui banyak sekali tanjakan dan jalan yang berkelok-kelok.

Di Pantai Klayar ini kamu tak diperbolehkan untuk berenang, karena ombak yang menghempas di pantai ini sangatlah berbahaya dan tak aman. Tapi tak perlu bersedih hati, karena ada lokasi seperti tebing yang menjulang tinggi yang bisa kamu daki untuk bisa mendapatkan foto yang bagus dari atas tebing yang pemandangannya langsung mengarah ke laut. Saat senja tiba pun kamu bisa menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam di ufuk barat.

Baca Juga :  23 Wisata di Jogja yang Layak Jadi Destinasi Liburanmu Selanjutnya

Cobalah berkunjung ke Pantai Pahawang, Lampung Selatan. Kamu bisa mengunjunginya bersama pacar, keluarga, ataupun teman

7 Pantai di Indonesia yang Akan Membuat Liburanmu Lebih Berkesan

Pantai Pahawang via tourlampung.com

Pulau Pahawang yang terletak di Lampung Selatan adalah salah satu surga tersembunyi di Provinsi Lampung. Pulau Pahawang ini menyimpan banyak sekali keindahan seperti bukit pepohonan yang hijau, air laut yang jernih dan hamparan pasir putih yang halus, menjadikanmu merasa betah berlama-lama disana.

Ada dua pulau utama disana, yaitu Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawan Kecil. Kebanyakan penduduk disana menghuni di Pulau Pahawang Besar. Kamu pun tak perlu khawatir soal penginapan, ada banyak penginapan yang tersebar di pulau dengan harga yang relatif murah.

Untuk akses kepulau ini, kamu bisa menggunakan angkutan umum dari Bandar Lampung menuju Pantai Klara yang ada di Kabupaten Pesawaran. Pantai Klara merupakan akses penyebrangan menuju Pulau Pahawang. Waktu yang dapat ditempuh dari pusat kota Bandar Lampung menuju Pantai Klara berkisar antara 60 sampai 80 menit. Dari Pantai Klara menuju Pulau Pahawang, kamu bisa menyewa perahu dengan harga sekitar Rp 500 ribu.

Kamu bisa mengakhiri perjalananmu di Pulau Sipora Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat

7 Pantai di Indonesia yang Akan Membuat Liburanmu Lebih Berkesan

Pulau Sipora via hobingetrip.blogspot.com

Pulau Sipora terletak di Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat. Pulau ini terkenal dengan banyak spot surfingnya yang menantang. Banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Pulau Sipora untuk bersurfing ria dengan ombak besar yang dimiliki Pulau Sipora.

Untukmu yang ingin mencoba surfing di Pulau Sipora ini ada baiknya datang pada periode April hingga Oktober, karena pada periode tersebut kamu akan mendapatkan ombak terbaik yang ada di Pulau Sipora. Tidak hanya surfing, kamu pun bisa mencoba snorkeling, diving, atau juga bisa bersantai di tepian pantai.

Selain menikmati objek pantai, kamu juga bisa memasuki hutan tropis yang ada di Kepulauan Mentawai. Disana kamu bisa menyaksikan bagaimana Suku Mentawai beraktivitas. Banyak juga rumah-rumah adat yang bisa kamu kunjungi disini.

Untuk pergi kesana, kamu bisa menggunakan kapal dari Kota Padang menuju Pulau Siberut, lalu selanjutnya menuju ke Pulau Sipora. Setelah sampai disana, kamu tak perlu khawatir dengan penginapan, karena kamu bisa menyewa rumah penduduk yang tersedia di Pulau Sipora dengan harga yang terjangkau.

Itu tadi beberapa pilihan pantai yang bisa kamu bisa kunjungi saat liburan nanti. Keindahan alam adalah salah satu ciptaan Tuhan yang harus dijaga, jangan dirusak apalagi di eksploitasi untuk kepentingan pribadi. Ketika berwisata patuhilah selalu peraturan yang ada, dan jaga bersama keindahan alam yang Tuhan anugerahkan kepada umat manusia.

Untukmu, selamat berlibur ya!

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini