TRAVEL

5 Tips Ini Bisa Membantu, Khusus Untukmu Perempuan Berhijab yang Ingin Mendaki Gunung Untuk Pertama Kali

Mendaki Gunung Untuk Pertama Kali

Bagi kamu perempuan berhijab, tak perlu takut mencari pengalaman baru dengan mencoba mendaki gunung. Beberapa tips berikut ini bisa membantumu mempersiapkan segala kebutuhan mendaki nanti, khususnya untukmu yang berhijab.

Berbagai jenis traveling memang saat ini sedang digandrungi oleh para pemuda dan pemudi, salah satunya adalah mendaki gunung. Beberapa tahun lalu hanya segelintir orang yang ingin mendaki gunung karena hobi. Tapi saat ini para muda-mudi mencoba mendaki gunung karena ingin merasakan bagaimana rasanya menikmati ciptaan Tuhan yang sempurna ini.

Tak bisa di pungkiri, pemandangan yang ada diatas gunung memang sangat bisa menenangkan hati. Pemandangan yang sangat menakjubkan terkadang dijadikan sebuah alasan para pendaki pemula untuk mendaki gunung. Belakangan juga sudah mulai banyak bermunculan pendaki-pendaki dari kaum hawa yang ingin merasakan asyiknya mendaki gunung dan menikmati setiap inci dari ciptaan Tuhan yang sempurna ini, tak terkecuali para perempuan yang berhijab.

Terkadang untuk mencoba hal yang baru, perempuan berhijab sering kali merasakan sebuah dilema, dan mempertimbangkan hal baik dan buruknya. Tapi percayalah, mendaki gunung akan menjadi pengalaman barumu yang menyenangkan.

Kali ini Wokeeh berikan beberapa tips untukmu perempuan berhijab yang ingin mencoba pengalaman baru dengan mendaki gunung, agar nanti saat proses pendakian bisa membuatmu senang dan tak terasa memberatkan.

Jagalah kondisi fisikmu sebelum melakukan pendakian, agar saat berada dipuncak nanti kamu dalam keadaan sehat dan selamat

Mendaki Gunung Untuk Pertama Kali

Jaga kondisi fisikmu via instagram.com

Kondisi fisik sangat penting dalam melakukan pendakian gunung, karena nantinya kamu akan berjalan berkilo-kilo meter dengan medan menanjak yang cukup menantang sambil membawa barang-barang bawaan. Ada baiknya saat sebelum melakukan pendakian, kamu sudah melatih fisikmu terlebih dulu saat jauh-jauh hari, agar kamu tak merasa terbebani saat proses pendakian nanti.

Kamu bisa melatih fisik dengan cara jogging setiap hari, bisa mencoba memutari lapangan berkali-kali dengan konsisten terus kamu jalani. Olahraga jogging juga bisa melatih otot kaki, sehingga saat proses pendakian nanti otot kakimu tak akan terasa kaget. Tak perlu terlalu berat dalam berolahraga, cukup kamu pastikan bahwa kondisi fisikmu sudah bisa dikatakan siap.

Kamu harus percaya dengan apa yang ingin kamu lakukan. Sebelum melakukan pendakian, akan lebih baik jika segala pemikiran buruk kamu buang

Mendaki Gunung Untuk Pertama Kali

Jangan ada pemikiran negatif sebelum mendaki gunung via instagram.com

Sebelum melakukan hal yang baru, pertama-tama mungkin kamu akan merasa takut dengan apa yang akan terjadi setelahnya. Akan lebih baik jika kamu bisa menghindari segala pemikiran negatif yang datang menghampiri. Tak perlu takut jika kamu ada keinginan untuk mendaki, Tuhan selalu bersama kita dan menemani. Dengan tidak lupa untuk beribadah kepada NYA, segala pemikiran negatif pun tak akan menghampiri lagi nantinya. Boleh menikmati segala ciptaan NYA, tapi jangan lupa juga untuk melaksanakan segala kewajiban setiap umat NYA.

Jangan lupakan kebutuhan-kebutuhan penting saat kamu akan mendaki, itu yang akan membantumu saat proses pendakian nanti

Mendaki Gunung Untuk Pertama Kali

Jangan lupakan kebutuhan penting sebelum mendaki via satelitnews.com

Ada banyak sekali kebutuhan-kebutuhan yang akan kamu bawa nantinya saat sebelum dan proses mendaki gunung. Ada kebutuhan kelompok dan ada juga kebutuhan pribadi. Kebutuhan kelompok terdiri dari tenda, alat masak seperlunya, matras, dan obat-obatan penting. Selain itu juga ada kebutuhan logistik seperti beras, lauk pauk, dan sayuran, dimana itu semua adalah kebutuhan-kebutuhan penting yang harus dibawa selama pendakian.

Kamu yang perempuan biasanya memerlukan kebutuhan seperti sleeping bag, jaket, handuk, sarung tangan, jas hujan, tisu basah, slayer, mukena, dan beberapa baju ganti termasuk jilbab. Kamu yang suka berdandan pun boleh kok membawa peralatan make-up, namun bawalah seperlunya saja saat di pendakian nanti.

Tak perlu mendaki gunung sendiri, ajaklah teman laki-laki yang kamu percaya bisa menemani selama pendakian gunung nanti

Mendaki Gunung Untuk Pertama Kali

Ajak teman laki-laki yang kamu percaya bisa menemani via cmeythasari.wordpress.com

Memang sebaiknya dalam hal mendaki bagi para pemula khususnya perempuan yang baru memulai, perlu sekali di dampingi oleh teman laki-laki yang tentunya sudah berpengalaman dalam hal mendaki gunung. Pastikan teman laki-laki yang kamu bawa adalah teman yang sudah kamu percaya, yang bisa menjaga dan menemani saat pendakian gunung nanti. Jika kamu memiliki saudara laki-laki, bisa kok kamu ajak dia untuk menemanimu mendaki.

Jangan salah kostum saat mendaki nanti, kamu yang perempuan berhijab lebih baik memilih pakaian yang mudah menyerap keringat, enak dipakai dan bisa menghalau udara yang dingin

Mendaki Gunung Untuk Pertama Kali

Pilih pakaian yang enak dipakai untuk mendaki nanti via twimg.com

Pastinya kamu akan banyak mengeluarkan keringat dari hasil pendakian gunung yang melelahkan. Agar jilbab yang dikenakan tetap terasa nyaman, kamu yang berhijab ada baiknya menggunakan bahan pakaian yang mudah menyerap keringat agar keringat yang keluar tidak membasahi diri. Selain itu gunakan juga pakaian yang bisa menghalau udara dingin yang berhembus kencang saat di pendakian nanti. Udara dingin pegunungan yang berhembus kencang bisa membuat badanmu tak merasa nyaman, sehingga proses mendaki yang kamu lakukan jadi terasa memberatkan. Kamu yang ingin mendaki, akan lebih baik jika segala kostum pendakian nanti disiapkan saat jauh-jauh hari.

Mendaki memang bukan urusan yang gampang, terlebih bagi para pemula. Dibutuhkan banyak pengalaman agar proses mendaki yang dijalani tak akan terasa lagi menyulitkan. Kamu yang perempuan berhijab dan pertama kali mendaki gunung, tak perlu canggung atau takut. Segala hal baru yang kamu lakukan memang butuh segala persiapan dan pertimbangan, tapi ini juga kamu lakukan untuk mendapatkan pengalaman, terlebih pengalaman baru seperti mendaki gunung ini.

Itulah beberapa tips mengenai hal apa saja yang harus dipersiapkan olehmu perempuan yang berhijab sebelum melakukan pendakian gunung untuk pertama kali. Percayalah! Tak perlu ada yang ditakutkan saat mendaki gunung, Tuhan selalu ada menjaga dan menemani selama proses mendakimu nanti. Semoga pendakianmu menyenangkan, dan membawa kesan tersendiri bagi hati!

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini