in

17 Sneakers Termahal di Dunia, Tertarik Untuk Membelinya?

Apa yang kamu rasakan ketika kamu memakai sneakers termahal di dunia? Pastinya akan merasa ‘wah’ ya kan?

Membeli sneakers model baru dari merk ternama tentu menjadi hal yang paling mengasyikan, terlebih model sneakersnya sesuai dengan gaya berpakaian kita.

Satu-satunya hambatan membeli sneakers dengan merk ternama tentu ada pada harganya. Kalau harganya sesuai pastinya langsung dibeli, bagaimana jika harganya sangat mahal? Pasti pikir-pikir dulu.

Terkadang ada juga yang sampai rela menabung besar-besaran hanya untuk bisa segera membeli sneakers yang diinginkan.

Tapi sneakers harga mahal pun tidak semuanya bisa didapatkan dengan mudah walau kita sudah punya uang untuk membelinya.

Sebagaian sneakers ada yang menggunakan sistem undi untuk siapapun yang ingin membelinya, biasanya untuk model yang diproduksi terbatas, seperti seri Yeezy, Nike Air Max edisi tertentu, dan lainnya.

Sistem undi pun sebagian orang masih bisa membelinya jika menang undi atau membeli dari reseller.

Bagaimana jika sudah pakai sistem undi harga yang dipatok pun mahalnya selangit? Bagi seorang sultan tentu tak jadi masalah, bagaimana kalau dengan kamu sendiri?

Mau tahu apa saja merk sneakers termahal saat ini?

Berikut Wokeeh berikan beberapa daftar sneakers termahal di dunia yang hanya sedikit orang bisa memilikinya.

17. Nike x MSCHF Air Max 97 Jesus Shoes – Walk On Water – $4000 (Sekitar Rp 59 jutaan)

Nike x MSCHF Air Max 97 Jesus Shoes
Nike x MSCHF Air Max 97 Jesus Shoes

Sneakers yang satu ini menjadi model sneakers yang paling kontroversial saat perilisannya.

Sol sepatu Nike Air Max 97 ini katanya mengandung 60ml air suci yang diambil dari sungai di Jordan (Yordania).

Sebenarnya harga awalnya hanya sekitar $1500 (Rp 22 jutaan) namun tiba-tiba sneakers tersebut menghilang dari peredaran.

Lalu kembali lagi dengan harga baru yang menyentuh $4000 atau sekitar Rp 59 jutaan di situs StockX.

16. Nike Yeezy 2 Red October – $7,500 (Sekitar Rp 111 jutaan)

Sneakers termahal di dunia, Nike Yeezy 2 Red October
Nike Yeezy 2 Red October

Sneakers Nike satu ini juga termasuk sneakers termahal di dunia. Harganya saja diatas Rp 100 jutaan. Jika di Indonesia bisa untuk beli rumah kecil isi dua orang penghuni.

Oh ya, sebelum Kanye West menandatangi kontrak dengan Adidas, sneakers Yeezy dirilis dibawah merk Nike.

Uniknya sneakers ini hampir tidak ingin dirilis oleh Nike, bisa jadi karena hubungan tidak baik dengan Kanye West pada saat itu.

Akhir cerita, Nike pun merilisnya ke publik, dan Boom! Yeezy 2 Red October menjadi salah satu sneakers termahal di dunia saat ini.

Harga retailnya hanya sekitar $245 atau Rp 3 jutaan. Namun menjadi langka dan harganya meroket naik menjadi ratusan juta rupiah di situs StockX.

15. Nike Dunk SB Low Staple NYC Pigeon – $16,000 (Sekitar Rp 237 jutaan)

Sneakers termahal di dunia Nike Dunk SB Low Staple NYC Pigeon
Nike Dunk SB Low Staple NYC Pigeon

Ini adalah sneakers seri Dunks paling populer yang pernah ada.

Ketika dirilis pada tahun 2005, banyak orang antri ingin mendapatkannya. Semakin banyaknya peminat, harga Nike Dunk satu ini terus menerus naik.

Hinga saat ini saja kalau kamu ingin membelinya, kamu harus menggeruk uang tabunganmu sekitar Rp 237 jutaan untuk bisa mendapatkan Nike Dunk yang satu ini.

14. Chanel x Pharrell x Adidas NMD Hu – $10,000 (Sekitar Rp 148 jutaan)

Chanel x Pharrell x Adidas NMD Hu
Chanel x Pharrell x Adidas NMD Hu

Banyak reseller biasanya menargetkan membeli sneakers Pharrell x Adidas NMD Human Race saat awal dirilis.

Itu karena seri kolaborasi Pharrell x Adidas NMD Human Race selalu mendapatkan harga jual kembali yang tinggi.

Dua kolaborasi antara Pharrell dan Adidas saja bisa membuat harga jual kembalinya menjadi tinggi, apalagi jika merk Chanel ikutan berkolaborasi juga.

Dan benar saja, kolaborasi ketiganya Chanel x Pharrell x Adidas NMD Human Race membuat harga sneakers tersebut menjadi tinggi.

Untuk bisa membelinya, kamu harus menang undi khusus terlebih dahulu. Harga awal memang sekitar $1000 atau Rp 14 jutaan.

Tapi karena sneakers tersebut langka karena hanya diproduksi sekitar 500pcs, membuat harga jual kembalinya bisa mendapatkan 10x lipat dari harga awal.

Saat ini saja harga untuk bisa mendapatkan sneakers Chanel x Pharrell x Adidas NMD Hu ini sudah melewati ratusan juta rupiah.

Kalau kamu tertarik membelinya, tentu kamu harus mengeluarkan uang yang cukup banyak.

13. Air Jordan V, Trophy Room Friends & Family – $10,000 (Sekitar Rp 148 jutaan)

Air Jordan V, Trophy Room Friends & Family
Air Jordan V, Trophy Room Friends & Family

Sepatu Air Jordan V ini dirancang oleh Marcus Jordan, putra dari Michael Jordan. Harga untuk memilikinya saja saat ini menyentuh Rp 148 jutaan rupiah di situs StockX.

12. DJ Khaled x Air Jordan 3 ‘Grateful’ – $25,000 (Sekitar Rp 370 jutaan)

DJ Khaled x Air Jordan 3 ‘Grateful’
DJ Khaled x Air Jordan 3 ‘Grateful’

Seorang DJ Khaled juga tak ingin ketinggalan dengan rapper Kanye West, dia berkolaborasi dengan Nike untuk merilis sneakers Nike Air Jordan 3 ‘Grateful’. Nama ‘Grateful’ sendiri diambil dari judul albumnya.

Saat perilisan, siapapun yang ingin membeli sneakers satu ini harus membeli dulu albumnya dan mendaftarkan di sebuah kontes menggunakan sistem undi.

11. Macklemore x Air Jordan 6 Cactus – $25,000 (Sekitar Rp 370 jutaan)

Sneakers termahal di dunia, Macklemore x Air Jordan 6 Cactus
Macklemore x Air Jordan 6 Cactus

Strategi kolaborasi dengan orang ternama membuat harga sneakers menjadi lebih mahal, ditambah lagi produksinya yang terbatas.

Sama halnya dengan kolaborasi Air Jordan dan rapper Macklemore ini. Sneakersnya diproduksi secara global hanya 23 pasang, membuat harga jualnya pun menjadi lebih tinggi.

10. Eminem x Carhartt Air Jordan 4 – $30,000 (Sekitar Rp 444 jutaan)

Sneakers termahal di dunia, Eminem x Carhartt Air Jordan 4
Eminem x Carhartt Air Jordan 4

Peringatan lima belas tahun Shady Records (label rekaman milik Eminem) tentu membawa sebuah kegembiraan tidak hanya bagi para penggemar Eminem, tetapi juga para sneakerhead.

Untuk merayakan lima belas tahun Shady Records, Eminem, Carhartt dan Jordan berkolaborasi membuat sepasang sneakers Air Jordan 4 secara terbatas.

9. Air Jordan 4 Eminem – $32,000 (Sekitar Rp 474 jutaan)

Air Jordan 4 Eminem
Air Jordan 4 Eminem

Masih satu rapper yang sama yaitu Eminem, Air Jordan dan Eminem berkolaborasi untuk menciptakan sepasang sneakers Air Jordan 4.

Yang membuat Air Jordan 4 masuk sebagai deretan salah satu sneakers termahal di dunia adalah karena hanya diproduksi 23 pasang saja pada tahun 2017.

8. Nike Air Mag Back to the Future 2016 – $35,000 (Sekitar Rp 518 jutaan)

Sepatu termahal di dunia, Nike Air Mag Back to the Future
Nike Air Mag Back to the Future

Siapa yang tak kenal film Back to the Future yang laris manis dan banyak penggemarnya sejak tahun 80-an ini.

Rilis mengambil tema Back to the Future, membuat sneakers satu ini mendapatkan peminat yang sangat banyak. Pada tahun 2011, Nike Air Mag Back to the Future dirilis sebanyak 1.500 pasang.

Setelah habis terjual seluruhnya, beberapa tahun kemudian penggemar Back to the Future menginginkan perilisan ulang sneakers tersebut, tetapi sayangnya Nike hanya memproduksi ulang sebatas 89 pasang saja.

Dari 89 pasang itulah yang membuat harga Nike Air Mag Back to the Future ini semakin meroket tinggi hingga menyentuh 500 jutaan rupiah.

7. Nike So Cal Air Force 1 Supreme Max – $50,000 (Sekitar Rp 741 jutaan)

Nike So Cal Air Force 1 Supreme Max
Nike So Cal Air Force 1 Supreme Max

Kelompok rapper legendaris OutKast memiliki banyak hits pada masanya dan prestasi 6 Grammy’s. Dengan prestasi tersebut membuatnya menjadi salah satu rapper yang memiliki kekayaan yang lumayan fantastis.

Salah satu anggota OutKast bernama BigBoi menghamburkan uangnya hanya untuk membuat sepasang sneakers Nike Air Force 1 yang diberi berlian 13 karat dengan nilai sekitar $50,000 atau Rp 741 jutaan.

6. Air Jordan Silver Shoes – $60,000 (Sekitar Rp 889 jutaan)

Air Jordan Silver Shoes
Air Jordan Silver Shoes

Sepatu ini tidak dilapisi berlian, permata, emas, atau apapun, hanya sepatu biasa saja. Penasaran apa yang membuatnya mahal?

Sneakers ini hanya diproduksi sekitar 10 pasang dan dilelang seharga $60,000. Michael Jordan sendiri mendapatkan salah satunya sebagai hadiah ulang tahun istrinya yang ke-32 tahun.

5. Air Jordan 12 OVO (Drake Edition) – $100,000 (Sekitar Rp 1,4 miliar)

Sneakers termahal di dunia, Air Jordan 12 OVO (Drake Edition)
Air Jordan 12 OVO (Drake Edition)

Sebuah kolaborasi merk Jordan dengan merek Drake bernama OVO (Oktober’s Very Own) menciptakan sepasang sepatu seharga $100,000 atau Rp 1,4 miliar.

Jika dilihat, sneakers ini tampak seperti sneakers biasa. Namun saat di pertandingan Toronto Raptors, Drake memberikan sepasang sneakers ini (dihargai sekitar $200 atau Rp 3 jutaan) kepada penggemar yang beruntung.

Menakjubkannya penggemar tersebut berhasil menjual kembali sneakers Air Jordan 12 OVO itu seharga $100,000 di situs eBay. Menjadikan sneakers Air Jordan 12 OVO ini sebagai salah satu sneakers termahal di dunia.

4. Air Jordan 12 (Flu Game) – $104,000 (Sekitar Rp 1,5 miliar)

Air Jordan 12 (Flu Game)
Air Jordan 12 (Flu Game)

Ketika pertandingan NBA antara Chicago dan Utah pada tahun 1997, Michael Jordan terlihat tidak sehat untuk bermain dan memiliki tanda-tanda terserang flu.

Bukannya beristirahat, Michael Jordan memaksakan untuk tetap bertanding dan menyelesaikan pertandingan dengan sebuah kemenangan.

Untuk merayakan pencapaian tersebut, Nike berkolaborasi dengan Michael Jordan untuk menciptakan sneakers Air Jordan 12 dengan nama panggilan ‘Flu Game’.

Lalu sneakers tersebut dilelang dengan harga $104,000 atau sekitar Rp 1,5 miliar. Membuatnya menjadi salah satu sneakers termahal saat itu.

3. Converse Fastbreak, worn by Michael Jordan – $190,373 (Sekitar Rp 2,8 miliar)

Converse Fastbreak worn by Michael Jordan
Converse Fastbreak

Sepatu ini tidak dirilis ke publik, sepasang sepatu ini dimiliki sendiri oleh Michael Jordan dan dipakai ketika memenangkan pertandingan Olimpiade 1984 di Amerika Serikat.

Dihargai sekitar $190,373 atau Rp 2,8 miliar karena nominal tersebut dicapai pada acara lelang, dan ada seseorang yang mendapatkan sepatu Michael Jordan tersebut dengan nominal $190,373.

2. Nike Moon Shoe – $437,500 (Sekitar Rp 6,4 miliar)

sneakers termahal di dunia, Nike Moon Shoe
Nike Moon Shoe

Sepatu ini dirancang oleh salah satu pendiri Nike, Bill Bowerman untuk kualifikasi Olimpiade 1972.

Sepasang sepatu Nike Moon menjadi satu-satunya sepatu yang diawetkan, dan uniknya sol sepatu tersebut dibuat dengan alat pembuat makanan wafel.

Dihargai hingga Rp 6,4 miliar karena acara lelang di Sotheby oleh kolektor Miles Nadal pada Juli 2019.

1. Solid Gold OVO x Air Jordan – $2,000,000 (Sekitar Rp 29,6 miliar)

Sneakers termahal di dunia, Solid Gold OVO x Air Jordan
Solid Gold OVO x Air Jordan

Kalau kamu mencari sneakers termahal di dunia, tentu jawabannya ada pada sneakers Solid Gold OVO x Air Jordan ini.

Lagi-lagi OVO (Oktober’s Very Own) berkolaborasi dengan Jordan untuk menciptakan sepasang sneakers yang dilapisi dengan emas 24 karat.

Sayangnya sepatu ini tidak dirilis untuk publik. Lalu siapa yang jadi pemilik sepatu ini? Ya Drake sendiri.

Walau tidak ada harga rilis resmi, menurut sebuah penelitian memperhitungkan harga emas pada tahun 2016 dan jumlah bahan yang diperlukan untuk membuat sneakers tersebut, semua diperkirakan benilai $2.000.000 atau Rp 29,6 miliar.

Jadi itulah tadi beberapa merk dan model sneakers termahal di dunia yang memiliki harga mulai dari puluhan juta hingga miliaran rupiah.

Kamu sendiri tertarik untuk membelinya?

60 Game Open World Terbaik yang Wajib Kamu Mainkan Sekarang!

8 Chrome Extensions Untuk Work From Home, Pekerjaan Jadi Lebih Cepat Selesai!