in

50 Anime Comedy Terbaik Sepanjang Masa yang Buatmu Terus Tertawa Saat Menontonnya!

Kami telah mengumpulkan puluhan judul anime comedy terbaik dan terlucu yang bisa jadi pilihan tepat untuk kamu tonton sebagai pelepas penat dari aktivitas seharian.

Tahukah kamu, kalau anime itu mempunyai banyak sekali genre, mulai dari genre action, romance, fantasy, hingga comedy.

Dan genre yang selalu hadir dalam setiap anime adalah genre comedy, bahkan anime action pun selalu menyisipkan comedy santai yang dimaksudkan agar penonton tidak terlalu tegang saat menontonnya.

Anime comedy selalu disukai penggemar, karena disetiap anime bergenre comedy hampir satu episode biasanya dibumbui candaan-candaan lucu yang bisa membuat penonton tertawa terbahak-bahak.

Tentu ada banyak anime comedy terbaik yang bisa kamu pilih lho, mulai dari comedy action, slice of life, school hingga romance semua ada.

Berikut Wokeeh sajikan rekomendasi anime comedy terbaik dan terlucu yang pastinya bisa membuatmu tertawa terbahak-bahak!

1. Gintama

Anime Comedy Gintama
Gintama

Gintama adalah anime comedy action terbaik nomor satu yang selalu memberikan cerita lucu original yang fresh disetiap episodenya.

Gintama sendiri mengisahkan tentang seorang samurai bernama Sakata Gintoki yang mendirikan perusahaan bernama Yorozuya dengan ditemani kedua karyawannya bernama Shinpachi dan Kagura.

Pekerjaannya adalah kerja apa saja asalkan dibayar, mulai dari membersihkan kolam renang umum hingga membantu menangkap kucing yang kabur, semuanya dilakukan.

Dari semua kegiatan tersebut tentunya diselipkan candaan-candaan konyol yang bisa membuatmu tertawa. Pastinya wajib ditonton!

2. Grand Blue

Anime Grand Blue
Grand Blue

Grand Blue adalah anime yang menceritakan kisah keseharian Iori Kitahara bersama teman-temannya.

Awalnya Iori pindah ke pesisir Izu untuk tahun pertama kuliahnya, berharap ia memiliki kehidupan kuliah yang ideal sesuai keinginannya.

Sayangnya mimpi itu hancur seketika saat bertemu dengan orang-orang eksentrik dari anggota selam di toko peralatan selam Grand Blue.

Kesialan Iori terus datang semenjak ia tinggal disana, namun semua kesialan itu langsung hilang ketika Iori memulai aktivitas menyelam bersama teman-teman eksentriknya itu.

Pengalaman melihat pemandangan bawah laut yang memanjakan mata membuat Iori jadi betah tinggal disana, walau kesialan terus menghampirinya.

3. One Punch Man

Anime One Punch Man
One Punch Man

Anime comedy terbaik action satu ini mengisahkan tentang Saitama yang menjadi hero karena hobi semata.

Untuk menjadi seorang hero, ia terus berlatih dengan keras dan sangat ekstrim hingga membuat rambutnya hilang dan menjadi botak.

Namun dari usaha kerasnya itu kini Saitama memiliki kekuatan yang sangat luar biasa, bahkan ia bisa mengalahkan monster besar hanya sekali pukul.

Anime One Punch Man memperlihatkan keseharian Saitama bersama teman-teman heronya menghadapi para monster yang datang ke kota tempat tinggal Saitama.

Tentu semua kegiatan para hero disertai beberapa candaan-candaan konyol yang bisa membuatmu tertawa.

4. The Disastrous Life of Saiki K.

Anime The Disastrous Life of Saiki K.
The Disastrous Life of Saiki K.

The Disastrous Life of Saiki K. adalah anime comedy school yang mengisahkan tentang Kusuo Saiki yang memiliki kemampuan psikis, mulai dari kemampuan telepati dan pengelihatan x-ray, semuanya ia miliki.

Sayangnya kemampuan psikis yang didapatkan ia anggap sebagai kesialan, ia berharap tidak pernah memiliki kemampuan psikis, karena berpikir kehidupan tanpa ketidaktahuan adalah sebuah kebahagiaan.

Sayangnya kemampuan psikis Saiki membuat hidupnya terus didekati masalah, bahkan menarik orang-orang aneh dan konyol seperti Riki Nendou dan Shun kaidou ke kehidupannya.

5. Asobi Asobase

Anime Comedy Asobi Asobase
Asobi Asobase

Asobi Asobase adalah anime comedy school yang sangat ringan candaannya namun lucu, cocok untuk ditonton ketika sedang bosan atau melepas penat setelah beraktivitas.

Mengisahkan tentang tiga murid perempuan bernama Hanako, Kasumi dan Olivia yang selalu membuat gaduh ruang kelas dengan aktivitas-aktivitas mereka.

Karena kegaduhan tersebut, mereka bertiga memutuskan untuk membuat sebuah klub hiburan, dimana mereka bebas melakukan apapun yang mereka suka seharian.

6. Prison School

Anime Comedy Prison School
Prison School

Kalau satu ini lucu sih lucu, cuma komedinya agak sedikit berbau dewasa. Harus ditonton jika kamu sudah berumur lebih dari 18 tahun ya!

Mengisahkan tentang kelima pria yang mendaftar di sebuah sekolah swasta khusus perempuan. Sekolah tersebut membuka pendaftaran kepada lelaki untuk pertama kalinya, namun hanya lima orang yang mendaftar.

Bukannya bahagia, kelima lelaki tersebut justru dimasukan ke penjara sekolah setelah kepergok mengintip para perempuan yang sedang mandi bersama.

Selama dipenjara, banyak adegan lucu yang para lima lelaki itu lakukan, termasuk bertanding dengan para penjanga penjara sekolah yang sangat seram-seram sifatnya.

7. Kaguya-sama: Love is War

Anime Comedy Kaguya-sama Love is War
Kaguya-sama Love is War

Kaguya-sama Love is War adalah anime comedy romance yang mengisahkan kisah dua sepasang kekasih bernama Shirogane Miyuki dan Kaguya Shinomiya, mereka saling malu-malu untuk menyatakan cintanya.

Bukan keduanya tidak mau menyatakan cinta, namun mereka menganggap siapa yang menyatakan cinta duluan adalah orang yang lemah.

Pada akhirnya mereka memutuskan membuat rencana sendiri yang ditujukan agar salah satu dari mereka mau menyatakan cinta duluan. Pertarungan pengakuan cinta pun dimulai.

8. Great Teacher Onizuka

Great Teacher Onizuka
Great Teacher Onizuka

Great Teacher Onizuka atau GTO ini mengisahkan kisah tentang Onizuka Eikichi, seorang mantan pimpinan geng besar di Jepang yang bermimpi bisa jadi seorang guru di sekolah menengah terhebat diseluruh Jepang.

Ketika ia menjadi guru, Onizuka justru mendapatkan kelas yang berisi murid-murid nakal. Untungnya Onizuka bukanlah guru biasa, karena ia adalah mantan pemimpin geng yang mentalnya tidak bisa ditaklukan dengan mudah oleh para siswa nakal.

Keseharian Onizuka menjadi guru pun tersaji dengan sangat menarik, dibumbui komedi-komedi lucu khas guru dan murid.

9. Beelzebub

Anime Beelzebub
Beelzebub

SMA Ishiyama adalah sekolah yang dipenuhi murid nakal dimana banyak kekerasan serta perkelahian tanpa henti dan sering terjadi, hanya ada satu orang yang tak terkalahkan, ia bernama Tatsumi Oga.

Suatu ketika Oga melihat orang mengambang ditepi sungai, kagetnya orang yang mengambang itu membelah diri dan memperlihatkan seorang bayi yang langsung merangkak ke punggung Oga.

Ternyata bayi tersebut bukanlah bayi biasa, melainkan putra Raja Iblis. Pada akhirnya Oga pun langsung ditugaskan untuk menjaga dan membesarkan Beel (putra Raja Iblis) dari perintah raja iblis langsung.

Untungnya Oga tidak sendirian, ada Hildegard pelayan iblis Beel yang turut membantu Oga membesarkan dan menjaga Beel dari serangan penjahat yang ingin melukainya.

10. Konosuba: God’s Blessing On This Wonderful World!

Anime Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!
Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!

Konosuba termasuk salah satu anime comedy terbaik dalam dunia fantasy. Menceritakan kisah Kazuma Satou yang meninggal saat perjalanan kembali dari membeli game.

Setelah kematiannya, tiba-tiba Kazuma mendapati dirinya duduk di depan dewi cantik namun menjengkelkan bernama Aqua.

Kazuma pun diberikan dua pilihan, memilih hidup baru atau reinkarnasi. Pada akhirnya pun Kazuma memilih pilihan yang pertama.

Sayangnya kehidupan Kazuma di dunia fantasy penuh dengan masalah, mulai dari dikejar-kejar musuh hingga menemani dewi cantik namun tidak memiliki kemampuan yang berguna.

Petualangan Kazuma, Aqua dan teman-teman yang lain di anime Konosuba tentunya sangat menarik untuk dilihat, terlebih komedi yang ditampilkan pun cukup ringan dan lucu.

11. Daily Lives of High School Boys

Anime Daily Lives of High School Boys
Daily Lives of High School Boys

Ini adalah anime tentang kisah sehari-hari tiga murid sekolah bernama Hidenori Tabata, Yoshitake Tanaka, dan Tadakuni.

Mereka menghabiskan waktu bersama dengan ditemani robot raksasa, drama yang intens, dan kisah percintaan, walau itu semua hanya ada di imajinasi mereka.

Kenyataannya anime ini hanya menampilkan keseharian mereka yang biasa-biasa saja. Namun tentunya dibumbui dengan banyak lelucon-lelucon konyol yang keluar dari imajinasi mereka.

12. Nichijou: My Ordinary Life

Nichijou (My Ordinary Life)
Nichijou

Nichijou termasuk anime comedy terbaik yang datang dari dunia sekolahan. Berfokus pada keseharian tiga murid sekolah SMA bernama Mio Naganohara, Yuuko Aioi, dan Mai Minakami.

Lalu disamping itu ada juga cerita keseharian dari karakter lain seperti keseharian profesor muda Hakase Shinonome dan robot pengasuhnya yang bernama Nano.

Keseharian mereka semua tersaji secara sempurna, lelucon yang ringan dengan alur cerita yang santai.

Bahkan beberapa leluconnya juga menggunakan bahasa Indonesia, seperti kalimat “Selamat Pagi!” dan beberapa kalimat bahasa Indonesia lainnya.

13. The Devil Is a Part-Timer!

Anime Hataraku Maou-sama!
Hataraku Maou-sama!

Alternatif judul Jepang nya adalah Hataraku Maou-sama!, anime comedy romance dan supernatural ini mengisahkan tentang raja iblis yang gagal menaklukan Ente Isla setelah usahanya dihancurkan oleh pahlawan Emilia.

Raja iblis pun kabur dengan portal ke dunia manusia, menyamar sebagai pria bernama Sadao Maou yang bekerja di MgRonalds’s, sebuah restoran cepat saji.

Ketika di dunia manusia, raja iblis sadar bahwa menaklukan Ente Isla saja tidaklah cukup, ia mulai berusaha untuk juga bisa menaklukan dunia manusia dengan cara menaiki tangga jabatan di sebuah perusahaan.

14. Shin Chan

Crayon Shin-chan
Crayon Shin-chan

Shin Chan termasuk anime comedy slice of life dari dunia taman kanak-kanak. Berfokus pada keseharian Shinnosuke “Shin-chan” Nohara di sekolah maupun rumahnya.

Ia memang anak kecil, namun tingkah lakunya yang merepotkan, tidak tahu malu, dan bahkan mesum membuat orang disekelilingnya terkadang merasa jengkel.

Shin-chan hampir selalu terlibat dalam setiap aktivitas di sekitar lingkungannya, mulai dari bermain petak umpet bersama teman, gulat sumo, hingga mengganggu kencan seseorang, Shin-chan selalu melakukannya.

Shin-chan juga sudah hadir di pertelevisian Indonesia sejak lama, menemani hari Minggu di masa kecilmu dulu.

15. Assassination Classroom

Assassination Classroom
Assassination Classroom

Pernahkah kamu bayangkan, alien menjadi guru kelasmu? Yup, itu terjadi di anime Assassination Classroom, dimana monster alien tentakel kuning yang baru saja meledakan bulan meminta permintaan untuk menjadi guru di SMP Kunigigaoka yang sangat bergengsi.

Alien yang menjadi guru tadi dijuluki sebagai Koro-sensei. Ia membimbing para murid dengan pelajaran membunuh maupun akademis.

Pelajaran tersebut ditujukan agar para murid bisa melenyapkan Koro-sensei, karena ia mau yang mengalahkannya adalah para muridnya sendiri.

Assassination Classroom adalah anime comedy school yang sangat lucu, penuh dengan lelucon sekaligus adegan aksi.

16.  Nisekoi – False Love

Anime Nisekoi – False Love
Nisekoi – False Love

Nisekoi adalah anime comedy romance yang menceritakan kisah percintaan Raku Ichijou, dimana ia pernah berjanji kepada teman masa kecilnya bahwa jika bertemu lagi, ia akan menikah satu sama lain. Sayangnya sepuluh tahun berlalu, ia lupa dengan janji yang pernah diucapkannya.

Ketika Raku menjadi siswa di sekolah Bonyari, ia bermimpi bisa hidup normal, menjadi pegawai negeri, dan menikahi kekasihnya Kosaki Onodera.

Sayangnya mimpi tersebut tidak semulus kenyataan, dimana Raku mendapati dirinya terjebak di perseteruan dua keluarga yang juga menyeret kelompok yakuza besar.

Ketika Raku dipaksa menjalin hubungan romantis palsu dengan Chitoge, putri kelompok Yakuza Bee Hive, mereka langsung saling membenci. Namun masih tetap berusaha untuk tinggal bersama.

Walau ia menjalin kisah percintaan palsu, Raku masih tetap melakukan pencarian gadis yang dulu pernah ia kenal dengan bantuan liontinnya. Sayangnya banyak gadis yang memasuki kehidupan Raku, sehingga menyulitkannya melakukan pencarian.

17. Space Dandy

Anime Action Space Dandy
Space Dandy

Space Dandy termasuk anime comedy action terbaik yang mengisahkan tentang Dandy, seorang petualang luar angkasa.

Ia memiliki tujuan untuk berpetualang melintasi galaksi, mencari alien yang belum pernah dilihat siapa pun.

18. Sket Dance

Anime Comedy Sket Dance
Sket Dance

SMA Kaimei dipenuhi dengan orang-orang eksentrik, mulai dari guru hingga murid. Diantara banyak klub sekolah, ada satu klub bernama SKET Brigade, yang dikenal sebagai Klub Bantuan Hidup.

Anggotanya terdiri dari Yuusuke “Bossun” Fujisaki, Hime “Himeko” Onizuka, Kazuyoshi “Switch” Usui.

Klub SKET Brigade berdedikasi untuk memecahkan berbagai masalah dilingkungan sekitar. Jika tidak ada kerjaan, para anggota meghabiskan sebagian besar waktu untuk otak-atik hal-hal sepele yang sifatnya acak.

Sket Dance adalah anime comedy terbaik yang datang dari dunia sekolahan. Memiliki banyak adegan-adegan lucu, candaan sedang, dan pastinya setiap episode bisa membuatmu tertawa terbahak-bahak.

19. School Rumble

Anime School Rumble
School Rumble

Anime ini menceritakan kisah Tenma Sukamoto, siswi yang berusaha untuk mengakui perasaannya kepada laki-laki yang disukainya.

Dilain sisi, Kenji Harima, seorang anak nakal dengan reputasi yang buruk juga berusaha menyampaikan perasaan kepada orang yang dia cintai.

Mereka sadar bahwa percintaan sekolah menengah tidaklah mudah, apalagi situasi menjadi rumit ketika terjadi sebuah kesalahpahaman.

20. Toradora!

Anime Toradora!
Toradora!

Toradora adalah anime comedy romance yang mengisahkan kisah antara Ryuuji Takasu dan Taiga Aisaka yang saling membantu satu sama lain untuk mengungkapkan perasaan cintanya kepada teman mereka sendiri.

Ryuuji jatuh cinta dengan teman Taiga, dan Taiga jatuh cinta dengan teman Ryuuji. Mereka saling membantu satu sama lain. Sebuah aliansi yang aneh ini tentunya dibumbui banyak kekonyolan dan lelucon ringan yang enak dilihat.

21. Doraemon

Doraemon
Doraemon

Doraemon mengisahkan tentang keseharian seorang anak bernama Nobita dan robot kucing Doraemon bersama teman-temannya yang bernama Shizuka, Suneo, dan Takeshi “Giant”.

Anime Doraemon sendiri sudah ada di Indonesia sejak awal tahun 90-an. Bahkan beberapa film-filmnya juga sudah tayang di Indonesia.

Banyak sekali adegan-adegan menarik dan candaan ringan yang tersaji di anime ini. Bahkan anime Doraemon sendiri terbilang cocok dilihat oleh berbagai usia.

22. Seitokai Yakuindomo

Seitokai Yakuindomo
Seitokai Yakuindomo

Seitokai Yakuindomo adalah anime comedy school yang mengisahkan tentang empat kawan, Shino Amakusa yang mesum, Aria Shichijou yang tak pernah pakai celana dalam, Suzu Hagimura yang memiliki tubuh mungil, dan Takatoshi Tsuda yang terjebak dalam kegilaan teman-temannya.

23. My Bride is a Mermaid

My Bride is a Mermaid
My Bride is a Mermaid

My Bride is a Mermaid termasuk salah satu anime comedy romance terbaik yang mengisahkan kisah percintaan antara manusia bernama Nagasumi Michishio dan putri duyung bernama Sun Seto.

Ketika Michishio tenggelam di lautan, ia selamatkan oleh Sun Seto, putri duyung dari keluarga yakuza. Ternyata ada hukum dimana putri duyung yang menampakan dirinya depan manusia harus dieksekusi.

Agar Sun Seto tidak dieksekusi, Michishio harus menikahinya. Ketika Michishio menikahi Sun Seto, awal pernikahan mereka tidak berjalan mulus, ada banyak tugas yang sulit menanti mereka.

Cerita My Bride is a Mermaid tersaji secara ringan dan enak dilihat, bahkan candaannya pun tidak terlalu berat dan bisa membuat orang tertawa lepas.

24. Arakawa Under the Bridge

Arakawa Under the Bridge
Arakawa Under the Bridge

Kou Ichinomiya adalah putra pengusaha kaya yang selalu menghindari hutang kepada siapapun. Suatu hari ia jatuh ke sungai setelah bertemu dengan anak nakal di Jembatan Arakawa.

Untungnya ia diselamatkan oleh pejalan kaki yang ada disana, tetapi sekarang ia berhutang nyawanya kepada pejalan kaki tersebut.

Pejalan kaki tersebut tinggal dibawah jembatan, ketika Kou ingin membayar hutang nyawanya dengan sejumlah uang yang banyak, penyelamat Kou justru menolaknya.

Penyelamat tersebut adalah perempuan bernama Nino. Ia menolak karena tak membutuhkan uang, yang ia butuhkan hanya jatuh cinta. Ia meminta Kou untuk menjadi pacarnya.

Awal mula pertemuan ini menuntun keseharian Kou menjadi lebih tidak masuk akal, setelah Kou mengetahui ternyata orang-orang yang tinggal di bawah jembatan Arakawa adalah orang-orang eksentrik dan aneh.

25. Azumanga Daioh

Azumanga Daioh
Azumanga Daioh

Azumanga Daioh mengisahkan kisah para murid perempuan yang aneh, lucu, dan unik. Semua itu hadir dalam satu kelas yang sama.

Bersama-sama para murid perempuan itu mengalami keseharian kehidupan sekolah yang tak biasa, ada banyak canda tawa, absurditas, dan bahkan momen yang menyentuh.

Azumanga Daioh adalah anime comedy slice of life terbaik yang rilis awal tahun 2000-an. Memang ini anime lawas, namun dari segi ceritanya sangat menarik untuk dilihat.

26. Working!!

Anime Working!!
Working!!

Working!! Mengisahkan kisah Souta Takanashi yang bekerja paruh waktu bersama rekannya yang aneh, Popura Tenshima.

Keseharian mereka bekerja tentu dipenuh berbagai canda tawa dan kegilaan lainnya. Mulai dari yang biasa hingga yang tak masuk akal.

Working!! Termasuk anime comedy slice of life terbaik yang memiliki lelucon ringan dan bisa dicerna oleh para penonton.

27. Attack On Titan: Junior High

Anime Comedy Attack On Titan Junior High
Attack On Titan Junior High

Attack On Titan Junior High adalah parody yang datang dari anime Attack On Titan. Semua cerita yang tersaji di anime ini datang dari cerita utamanya, namun dalam bentuk parody.

Mengisahkan tentang Eren Yeager yang berhadapan dengan titan setelah titan tersebut menyantap burger kejunya di taman. Eren bersumpah akan membasmi semua titan sampai habis dan tak tersisa.

Sambil Eren berusaha membasmi titan, ia juga bersekolah bersama dengan Mikasa Ackerman dan Armin Arlert. Ketiganya berpartisipasi di kegiatan ekstrakulrikuler sebagai Klub Pembersih Dinding.

Tentu dari kegiatannya tersebut tak jarang Eren bertemu, berpapasan, dan bahkan sampai berhadapan dengan para titan yang mengganggu.

Semua cerita Attack On Titan: Junior High tersaji sangat menarik sekaligus lucu, tentunya bisa membuatmu tertawa terbahak-bahak. Sangat pantas anime ini diberikan peringkat anime comedy parody terbaik yang pernah ada.

28. K-On!

K-On!
K-On!

K-On! Mengisahkan tentang gadis periang bernama Hirasawa Yui yang tertarik ingin bergabung ke klub musik ringan, sayangnya ia tak punya keahlian bermusik.

Setelah bertemu dengan anggota klub: Ritsu, Mio dan Tsumugi, Yui secara perlahan mulai mengerti dan sedikit mahir bermain alat musik. Dan pada akhirnya Yui pun menjadi gitaris di klub tersebut.

Bersamaan dengan tugas sekolah dan pekerjaan rumah, keseharian Yui bersama klub musiknya agak sedikit terganggu. Namun itu tidak membuat Yui berhenti ditengah jalan.

Selebihnya, anime K-On! Ini sangat menarik dan seru untuk dilihat. Ada unsur kisah perjuangan yang dibalut dengan komedi ringan.

29. I Can’t Understand What My Husband Is Saying

I Can’t Understand What My Husband Is Saying
I Can’t Understand What My Husband Is Saying

Ini adalah anime comedy slice of life yang mengisahkan kisah keseharian suami bernama Hajime Tsunashi, otaku hardcore yang menutup dirinya dirumah, dengan istrinya Kaoru, wanita kantoran yang suka mabuk.

Seperti pasangan pada umumnya, keseharian rumah tangga mereka banyak kegembiraan dan juga tantangan, tentu itu semua dibalut dengan komedi-komedi konyol yang menarik dan juga ringan.

30. Binbougami Ga!

Anime Comedy Binbougami Ga!
Binbougami Ga!

Binbougami Ga! Termasuk anime comedy terbaik yang memiliki cerita lucu dan juga konyol. Mengisahkan kisah tentang gadis beruntung bernama Sakura Ichiko dan gadis sial bernama Binboda Momiji.

Sakura Ichiko hidup dengan segala keberuntungan, sayangnya keberuntungan itu ia dapat dari orang lain. Keberuntungan orang yang di dekatnya akan habis terserap ke diri Sakura.

Lalu ada dewi kesialan bernama Binboda Momiji yang ditugaskan untuk mengambil semua keberuntungan Sakura, agar keberuntungan orang lain disekitar Sakura tidak terserap habis.

Tentu upaya Binboda Momiji mengambil keberuntungan Sakura tidaklah mudah, ada banyak halangan dan rintangan dari berbagai pihak. Semua upaya itu dikemas menarik dengan bumbu komedi lucu yang bisa membuatmu tertawa terbahak-bahak.

31. Tonari no Seki-kun

Tonari no Seki-kun
Tonari no Seki-kun

Anime comedy satu ini mengisahkan tentang Rumi Yokoi yang ingin fokus selama sekolah namun perhatiannya diganggu terus oleh Toshinari Seki, teman sekelasnya.

Toshinari Seki terobsesi dengan hal-hal rumit, mulai dari kursus domino hingga strategi perang yang dimainkan dengan potongan shogi. Semua hal itu dilakukannya di dalam kelas.

Yokoi yang mati-matian berusaha untuk fokus di kelas harus berulang kali tersedot perhatiannya kepada apa yang dilakukan Seki. Pada akhirnya mereka berdua selalu mendapatkan teguran dari guru mereka.

Tingkah laku Seki ini tersaji dengan balutan komedi ringan dan juga konyol, membuat keseharian mereka di sekolah jadi tak pernah membosankan.

32. Keroro Gunsou

Keroro Gunsou
Keroro Gunsou

Keroro Gunsou mengisahkan tentang sekelompok alien berwujud katak yang datang ke bumi untuk mendominasi dunia. Mereka bersembunyi di rumah keluarga Hinata.

Hinata Fuyuki dan Hinata Natsumi menyambut baik kedatangan para alien katak. Bukan karena mereka ramah tamah dan dermawan, tapi karena mereka ingin tahu apa yang alien katak itu kerjakan.

Usaha para alien katak untuk mendominasi dunia pun tak mudah, karena harus berhadapan dengan gangguan dari keluarga Hinata dan juga orang sekitar.

33. Wasteful Days of High School Girl

Wasteful Days of High School Girl
Wasteful Days of High School Girl

Ini adalah kisah tiga sekawan yang lagi-lagi bertemu di sekolah yang sama. Mereka adalah Akane Kikuchi yang bercita-cita menjadi mangaka namun pemalas, Shiori Saginomiya yang datar tanpa emosi, dan Nozomu Tanaka yang hiperaktif dan konyol.

Di sekolah, mereka bertiga berteman dengan para siswi yang lain, tentu dengan keunikannya masing-masing. Beberapa dari mereka diberikan panggilannya sendiri oleh Tanaka, untuk menonjolkan keanehan yang mereka punya.

34. Mr. Osomatsu

Anime Mr. Osomatsu
Mr. Osomatsu

Mr Osomatsu termasuk salah satu anime comedy terbaik yang banyak melakukan adegan parodi di sepanjang episodenya.

Berfokus pada keluarga Matsuno yang terdiri dari enam saudara kandung identik. Anime ini mengisahkan tentang keseharian mereka yang tidak pernah membosankan dengan petualangan yang gila dan sesekali aneh.

35. Kokoro Connect

Kokoro Connect
Kokoro Connect

Ketika lima siswa di Akademi Yamaboshi menyadari bahwa mereka tidak diterima di klub yang cocok, mereka membuat klubnya sendiri dengan singkatan StuCS.

Klub tersebut terdiri dari: Taichi Yaegashi, penggemar gulat; Iori Nagase, seorang optimis yang bimbang; Himeko Inaba, seorang jenius komputer; Yui Kiriyama, praktisi karate bertubuh mungil; dan Yoshifumi Aoki, badut kelas.

Suatu hari Aoki dan Yui mengalami kejadian aneh dimana mereka bertukar tubuh untuk waktu yang singkat.

Karena ini bukanlah permainan ataupun kesenangan, mereka pun berusaha untuk lebih dekat hingga menemukan rahasia tersembunyi dari kehidupan pribadi mereka masing-masing.

36. Dr. Slump

Anime Comedy Dr. Slump
Dr. Slump

Anime Dr. Slump mengisahkan tentang robot perempuan bernama Arale, ia diciptakan oleh profesor konyol bernama Senbei Norimaki.

Awalnya penduduk desa mencurigai sesuatu yang tak wajar di lab Prof. Senbei, namun semua itu berhasil ditutupi oleh Senbei dengan menjadikan Arale sebagai perempuan sekaligus anak angkatnya.

Dr. Slump sering kali menjadi pendatang di anime Dragon Ball untuk cerita sampingan. Selain itu Dr. Slump juga pernah tayang di Indonesia awal tahun 2000-an dalam waktu yang cukup lama. Tayang di hari Minggu pagi tepatnya.

37. Shimoneta: A Boring World Where the Concept of Dirty Jokes Doesn’t Exist

Shimoneta A Boring World Where the Concept of Dirty Jokes Doesn’t Exist
Shimoneta

Shimoneta adalah anime comedy school khusus remaja yang penuh dengan adegan konyol dan sedikit tak bermoral.

Menceritakan enam belas tahun setelah sebuah hukum yang melarang bahasa kasar di negara itu diciptakan, banyak sekali hal tabu yang tak boleh diperbincangkan.

Tanukichi Okuma, siswa yang mendaftar di sekolah moral publik elit terkemuka di undang ke Anti-Societal Organization (SOX) oleh pendirinya, Ayame Kajou.

Ketika ia bertemu Ayame, Okuma diperas habis-habisan agar mau mengambil bagian dalam tindakan cabul mereka ke seluruh wilayah baik itu sekolah dan lingkungan perkotaan.

Walau anime komedi, Shimoneta juga bergenre ecchi. Jadi pastikan kamu sudah 17+ sebelum menontonnya ya.

38. Minami-ke

Minami-ke
Minami-ke

Minami-ke mengisahkan tentang tiga saudara perempuan, mereka adalah: Haruka, kakak tertua yang tegas dan rajin; Kana yang lincah; dan Chiaki, adik terkecil di keluarga Minami.

Hidup mereka tanpa pengawasan orang dewasa. Keseharian mereka tidaklah membosankan, dimana mereka sesekali berpetualang dengan hal romantis, memerangi kemalasan kronis, hingga berkumpul dengan teman-teman yang lain.

Minami-ke termasuk anime comedy slice of life yang menarik untuk kamu lihat, bahkan candaannya pun bisa membuatmu tertawa terbahak-bahak.

39. Kochira Katsushikaku Kameari Kouenmae Hashutsujo

Kochira Katsushikaku Kameari Kouenmae Hashutsujo
Kochira Katsushikaku Kameari Kouenmae Hashutsujo

Kochikame, itu adalah singkatan dari anime ini. Ryoutsu sebagai polisi dengan bayaran rendah selalu datang dengan skema curang untuk menghasilkan uang dengan cepat.

Sayangnya rencana tersebut yang dilakukannya secara konyol selalu membuatnya mendapatkan masalah besar dari atasannya.

40. Sakamoto desu ga?

Anime Sakamoto desu ga
Sakamoto desu ga

Sakamoto di cap sebagai orang yang ramah, sopan, pintar dan tampan. Bahkan pesonanya bisa membuat para gadis pingsan. Sayangnya pesona Sakamoto membuat lelaki disekitarnya cemburu.

Semua pria yang cemburu selalu berusaha ingin menjatuhkan kehidupan Sakamoto, namun semua usaha tersebut mudah saja digagalkannya. Sakamoto terlalu pintar untuk dijatuhkan oleh siapapun.

Keseharian Sakamoto disekolah tentu dibumbui berbagai macam bentuk komedi, mulai dari yang ringan hingga konyol.

41. Non Non Biyori

Anime Non Non Biyori
Non Non Biyori

Non No Biyori adalah anime comedy school yang mengisahkan tentang siswa sekolah dasar bernama Ichijou Hotaru yang pindah bersama orang tuanya dari Tokyo ke pedesaan.

Sekarang Ichijou harus beradaptasi di lingkungan barunya, ia berteman dengan 5 siswa di kelas yang sama. Keseharian Ichijou dan teman-temannya dipenuhi dengan petualangan seru di daerah pedesaan.

42. Sakigake!! Cromartie Koukou

Sakigake!! Cromartie Koukou
Sakigake!! Cromartie Koukou

Anime ini bercerita tentang Takashi Kamiya, siswa SMA biasa yang berwatak lembut, sopan, menyendiri, dan IQ diatas rata-rata siswa di sekolahnya.

Takashi masuk ke sekolah dimana para muridnya memiliki reputasi yang buruk dimata lingkungan sekitar. Tetapi Takashi mendaftar ke sekolah tersebut memiliki tujuan untuk memperbaiki nama baik sekolahnya.

Keseharian Takashi pun ditemani dengan banyak orang-orang aneh, mulai dari orang berambut mohawk tak rapi, robot, gorilla, dan bahkan Freddie Mercury juga ada!

43. Gin no Saji

Gin no Saji
Gin no Saji

Yuugo Hachiken adalah pria yang memutuskan untuk meninggalkan kehidupan kotanya dan mendaftar di Sekolah Menengah Pertanian Ooezo di pedesaan. Namun sayangnya ia sama sekali tidak memiliki pengalaman bertani.

Yuugo memanfaatkan kehidupan di desanya untuk mendapatkan banyak pengalaman tentang bertani. Tetapi hidup tak semudah yang dibayangkan, banyak kesulitan yang tak terduga menghampirinya.

44. Eizouken ni wa Te wo Dasu na!

Eizouken ni wa Te wo Dasu na!
Eizouken ni wa Te wo Dasu na!

Asakusa Midori ingin membuat anime, tapi ia tak sanggup karena sendirian. Secara kebetulan ia bertemu dengan Mizusaki Tsubame, sosialita yang bermimpi menjadi animator.

Bersama sahabatnya yang mencintai uang, Kanamori Sayaka, ketiga gadis itu perlahan-lahan bekerja dan berusaha agar impian mereka menjadi kenyataan.

Usaha mereka membuat anime tentunya dibalut dengan komedi ringan yang lucu dan juga konyol.

45. Teasing Master Takagi-san

Anime Teasing Master Takagi-san
Teasing Master Takagi-san

Kehidupan Nishitaka tentunya banyak mengalami godaan, itu semua datang dari Takagi, seorang gadis yang duduk disebelahnya di kelas yang sama.

Godaan-godaan yang datang dari Takagi ke Nishitaka tentunya berupa godaan konyol yang terkadang membuat Nishitaka tersipu malu.

Ketika Nishitaka ingin membalas godaan tersebut, seketika mudah saja dihentikan hanya dengan lirikan dari Takagi. Membuat Nishitaka tak berkutik dan tak pernah membalaskan dendamnya ke Takagi.

46. Detroit Metal City

Anime Detroit Metal City
Detroit Metal City

Detroit Metal City termasuk salah satu anime comedy terbaik dengan alur cerita yang unik. Berkisah tentang Souichi Negishi, anak laki-laki yang pemalu dan pendiam.

Ia menyukai bunga dan musik hits yang dimainkan di radio. Uniknya ia adalah Krauzer II, pemimpin Detroy Metal City (DMC), band metal underground paling populer di Jepang.

Ia sebenarnya ingin memainkan musik khas Swedia dengan lirik yang penuh kasih dan damai daripada lagu kasar dan vulgar dari DMC, bandnya sendiri.

Tetapi ketika ia berusaha menciptakan lagu yang damai, sesuatu tak terduga terjadi kepadanya. Perilakunya tidak bisa berubah, ia akan menjadi orang yang berbeda dengan sifat yang keras ketika ia sedang bermusik.

47. Barakamon

Barakamon
Barakamon

Anime ini mengisahkan tentang Sei Handa yang mahir kaligrafi namun terlalu narsis dengan karyanya. Suatu ketika ia dikirim ke sebuah desa oleh ayahnya untuk belajar menjadi lebih dewasa.

Ketika ia pindah ke sebuah rumah kosong di desa setempat, ia terkejut bahwa rumah tersebut sebelumnya adalah tempat beberapa anak nakal bersembunyi.

Tak mau ambil pusing, Handa pun menerima mereka dengan sangat baik pada awalnya. Keseharian Handa di desa pun dipenuhi dengan pelajaran hidup, kaligrafi, dan tentunya komedi yang lucu.

48. Golden Boy

Anime Comedy Golden Boy
Golden Boy

Kintarou Ooe adalah spesialis pekerja paruh waktu. Ia sering berpetualang untuk mencari pengetahuan dan pengalaman yang tak bisa diajarkan di ruang kelas.

Kintarou selalu belajar dari setiap tugas yang ia lakukan. Namun sayangnya pekerjaan paruh waktunya selalu membuatnya dihadapi banyak masalah, tentunya masalah yang tak masuk akal dan juga konyol.

49. Chibi Maruko-chan

Anime Chibi Maruko-chan
Chibi Maruko-chan

Chibi Maruko-chan adalah anime comedy terbaik slice of life yang nyaman dan enak sekali untuk dilihat. Seluruh episodenya ramah keluarga, komedinya pun sangat lucu dan bisa membuat orang tertawa.

Bercerita tentang Momoko Sakura, siswa sekolah dasar yang menyukai manga. Ia sering dipanggi Maruko-chan karena usianya yang masih muda dan kecil.

Keseharian Maruko-chan tak pernah membosankan. Di sekolah ia memiliki banyak teman yang bisa ia ajak belajar dan bermain bersama setiap hari.

Chibi Maruko-chan menggambarkan hal-hal sederhana dalam hidup, namun dikemas secara apik dan sempurna dengan balutan komedi lucu yang bisa membuat orang tertawa dengan mudah.

50. Chi’s Sweet Home

Chi’s Sweet Home
Chi’s Sweet Home

Chi adalah anak kucing hilang yang mendapati dirinya tinggal di lingkungan baru yang aneh dan penuh hal-hal menakutkan seperti pemandian dan anjing yang besar.

Anime ini menampilkan dunia dalam sudut pandang anak kucing yang menggemaskan, dan tentunya tidak akan membuatmu bosan.

Kesimpulan

Jadi itu tadi beberapa rekomendasi anime comedy terbaik yang cocok dilihat sebagai pengisi rasa bosan atau penghilang penat dari aktivitas sehari-hari.

Mayoritas anime adalah adaptasi dari manganya, dan sebenarnya ada lebih banyak manga komedi yang seharusnya pantas dijadikan sebuah anime.

Beberapa daftar anime diatas adalah pilihan yang terbaik dari yang terbaik. Bytheway dari daftar diatas, judul animemana yang paling ingin kamu lihat?

40 Makanan Italia yang Terkenal, Enak dan Bisa Membuatmu Ketagihan!

30 Game Fighting Terbaik dan Terpopuler Saat Ini!