in

50 Anime Slice of Life Terbaik dan Terpopuler, Cerita Kehidupan Biasa Tapi Tetap Seru!

Kami mengumpul puluhan rekomendasi anime slice of life terbaik dan terpopuler yang memiliki cerita yang seru untuk dilihat!

Tahukah kamu dari banyaknya genre dalam film maupun seri anime, genre slice of life lah genre anime yang paling menampilkan banyak adegan serta lelucon lucu di dalamnya.

Anime slice of life menampilkan cerita kehidupan biasa dari sisi yang lebih menyenangkan untuk dilihat.

Mulai dari cerita keseharian anak sekolah hingga pekerja kantoran, semuanya dibungkus rapi dengan komedi maupun alur cerita yang menyenangkan.

Untukmu yang senang dengan genre anime seperti ini, berikut Wokeeh sajikan beberapa kumpulan anime slice of life terbaik yang harus kamu lihat segera!

1. Nichijou (My Ordinary Life)

Anime Nichijou (My Ordinary Life)

Nichijou adalah anime slice of life comedy terbaik yang menceritakan keseharian anak sekolah.

Mengisahkan Yuuko, Mio, dan Mai yang selalu menjalani hari-harinya di sekolah dengan sangat absurd. Melakukan banyak kegilaan yang lucu jika dilihat.

Tak mau kalah juga ada keseruan cerita dari keseharian profesor muda Hakase dan pengasuhnya Nano yang setiap hari dipenuhi petualangan dan candaan yang terbilang konyol dari keduanya.

2. K-On!

K-On!

Kalau yang satu ini mengisahkan tentang sekelompok band sekolah yang anggotanya terdiri dari Yui, Mio, Azusa, Tsumugi, dan Ritsu.

Berbeda dari Nichijo, K-On! Lebih mengisahkan tentang perjuangan seorang perempuan yang ingin berhasil mewujudkan impiannya.

Keseharian mereka terus berlatih dan berlatih musik, walau sepanjang cerita dihiasi banyak bentrokan jadwal dengan sekolah dan acara lainnya.

K-On! menjadi anime slice of life terbaik yang harus kamu lihat jika kamu suka dengan cerita keseharian yang diisi dengan adegan perjuangan untuk bisa berhasil di bidang tertentu.

3. Shirobako

Anime Shirobako

Shirobako juga memiliki cerita keseharian yang diisi dengan adegan perjuangan menggapai mimpi, di bidang animasi.

Kelima sahabat yang terdiri dari Aoi Miyamori, Ema Yasuhara, Midori Imai, Shizuka Sakaki, dan Misa Toudou memiliki impian suatu hari dapat bekerja sama dalam membuat sebuah acara mereka sendiri.

Sayangnya Midori, Shizuka, dan Misa tidak mendapatkan pekerjaan impian mereka. Namun semua jalan menuju sukses tentu banyak pengalihan.

Tujuan mereka tetap harus dicapai melalui ketekunan dan sentuhan kreativitas yang eksentrik.

Cerita keseharian mereka dikemas apik dan enak untuk dilihat karena banyak memunculkan kalimat-kalimat yang memotivasi dan menginspirasi untuk penonton.

4. Yuru Camp

Anime Yuru Camp

Tak ada yang paling nyaman dan damai selain berkemah, menjauhi kerumunan dan suasana perkotaan yang bising.

Di anime Yuru Camp ini kamu akan disuguhkan keseharian Rin, Nadeshiko, Aoi, Chiaki, dan Ena dalam kegiatan berkemah mereka.

Tentu dari kegiatan berkemah itu kamu sebagai penonton akan banyak belajar hal-hal baru hanya dari menonton anime ini saja. Seperti ilmu-ilmu bertahan hidup di alam liar jauh dari perkotaan.

Yuru Camp bisa dibilang sebagai anime slice of life terbaik yang banyak memberikan ilmu-ilmu menarik, bukan hanya sekedar menyajikan komedi saja tapi juga ada informasinya.

5. Hinamatsuri

Anime Hinamatsuri

Anime ini mengisahkan keseharian seorang yakuza bernama Yoshifumi Nitta dengan anak alien yang baru saja jatuh ke bumi bernama Hina.

Uniknya, Hina ini memiliki kekuatan yang luar biasa. Sayangnya kekuatannya itu perlu dikendalikan jika tak ingin membahayakan orang lain dan lingkungan sekitar.

Nitta yang merasa ketakutan jika Hina menjadi liar, pada akhirnya pun ia memberanikan diri untuk menjadi pengasuhnya sekaligus pembimbing agar Hina tak salah jalan dalam menggunakan kekuatannya.

6. Ookami Kodomo no Ame to Yuki (Wolf Children)

Anime Ookami Kodomo no Ame to Yuki (Wolf Children)

Wolf Children menceritakan keseharian perjuangan seorang ibu mengasuh sekaligus membesarkan kedua anaknya sendirian, selepas ditinggal oleh suaminya yang meninggal tanpa sebab yang jelas.

Hana adalah ibu dari kedua anak bernama Ame dan Yuki. Mereka tinggal di pinggiran desa setelah sebelumnya tidak tahan dengan kehidupan di perkotaan.

Terlebih Hana harus menyembunyikan rahasia bahwa anaknya adalah setengah serigala setengah manusia, sama seperti suami Hana (ayah Ame dan Yuki).

7. The Disastrous Life of Saiki K

The Disastrous Life of Saiki K

Kusuo Saiki memiliki kemampuan supernatural, mulai dari kekuatan pengelihatan x-ray hingga telepati semuanya ia miliki.

Sayangnya karena kekuatan yang ia miliki, kesehariannya di sekolah menjadi sangat absurd, bahkan juga ikut menarik perhatian orang-orang yang aneh masuk ke kehidupannya.

Anime ini menceritakan keseharian Saiki di kehidupan sekolahnya. Banyak adegan seru dan juga lucu, enak untuk dilihat. Menjadikan anime ini sebagai anime slice of life comedy yang wajib kamu lihat segera!

8. Daily Lives of High School Boys

Anime Daily Lives of High School Boys

Anak laki-laki di sekolah biasanya memiliki banyak keseruan yang terbilang konyol, datang dari lingkungan sekitar hingga imajinasi mereka. Itu semua tersaji dalam sepanjang cerita di anime Daily Lives of High School Boys.

Hidenori, Yoshitake, dan Tadakuni memiliki petualangannya sendiri-sendiri, semua itu dihiasi dengan banyak adegan drama yang intens.

Cerita tentang percintaan hingga kemunculan sebuah robot, semuanya hadir dalam keseharian di imajinasi mereka bertiga.

9. Tamako Market

Anime Tamako Market

Tamako Market mengisahkan tentang seorang gadis lugu dan canggung bernama Tamako yang bertemu dengan burung bisa berbicara bernama Dera Mochimazzi.

Awalnya burung itu datang dengan tujuan mencarikan pengantin untuk pangeran di negaranya, namun tak bisa kembali setelah ia menjadi gemuk karena mochi pemberian Tamako yang membuatnya ketagihan.

Tamako sendiri adalah anak dari pembuat kue mochi di Distrik Perbelanjaan Usagiyama. Toko mochinya bernama Tama-ya.

Sementara itu teman Tamako, Mochizou Ooji memiliki perasaan kepada Tamako. Sayangnya ia lahir dari keluarga yang juga pembuat mochi, dan ayah mereka berdua memiliki persaingan mochi yang sengit.

Keseharian mereka semua dihiasi dengan canda tawa, petualangan, serta drama ringan antara anak yang memendam perasaan, burung yang berbicara, dan persaingan dua keluarga yang tentunya enak untuk dilihat.

10. ReLIFE

Anime ReLIFE

Bagaimana rasanya jika kembali ke masa lalu untuk memperbaiki kehidupan sekarang? Tentu sangat menarik jika dilakukan. Itu semua tersaji dalam cerita di anime ReLIFE.

Arata Kaizaki adalah salah satu subjek penelitian yang kembali ke masa lalu untuk memperbaiki kehidupannya. Ia kembali hidup di masa masih bersekolah.

Uniknya, di sekolah itu juga hadir subjek yang sama bernama Chizuru Hishiro yang kembali ke masa sekolah untuk memperbaiki kehidupannya sekarang.

Kisah keseharian mereka di sekolah tentu dibumbui dengan drama-drama ringan khas anak sekolahan, mulai dari percintaan, persaingan di tim olahraga, hingga tentang pelajaran semua dikemas apik dalam anime ini.

11. Grand Blue

Anime Grand Blue

Grand Blue adalah anime slice of life terbaik yang memiliki banyak adegan konyol yang lucu dan juga absurd. Menceritakan keseharian orang-orang yang suka berkegiatan menyelam.

Iori Kitahara awalnya pindah ke pesisir Izu berharap memiliki kehidupan kuliah yang ideal. Tapi sayang setelah sampai di rumah sepupunya Chisa Kotegawa untuk menginap, ia justru didekati oleh orang-orang yang aneh.

Kehidupan kuliah ideal yang ia bayangkan itu hancur seketika, keseharian Iori kini hanya dipenuhi dengan orang-orang absurd yang konyol dan juga menjengkelkan.

Walau begitu Iori tetap bahagia tinggal disana, karena kini ia bisa berkegiatan menyelam yang sebelumnya tidak dapat ia lakukan di tempat tinggalnya di perkotaan.

12. Amaama to Inazuma

Amaama to Inazuma

Kalau satu ini anime yang mengisahkan keseharian ayah yang merawat putrinya sendirian, semenjak kematian istrinya.

Kohei Inuzuka merawat putrinya yang masih kecil, Tsumugi, dengan kemampuan terbaiknya. Namun minimnya kemampuan kuliner dan kesibukannya sebagai guru membuatnya sering membelikan makanan siap saji kepada putrinya yang masih kecil.

Untungnya salah satu murid Kohei bernama Kotori Iida menerima tawaran untuk menjadi juru masak putri Kohei yang masih kecil.

Amaama to Inazuma adalah anime slice of life yang mengisahkan perhatian seorang ayah yang berusaha sekuat tenaga untuk membuat putri kecilnya yang menggemaskan bahagia.

13. 3-gatsu no Lion

3-gatsu no Lion

3-gatsu no lion adalah anime slice of life dari para pemain shogi profesional di Jepang. Fokus cerita mengisahkan keseharian Rei Kiriyama di dunia shogi nya.

Walau ahli dalam dunia shogi, hidup Rei awalnya merasa sepi. Namun semenjak bertemu Akari, Hinata, dan Momo Kawamoto, kehidupan Rei jadi lebih berwarna dan jauh dari rasa kesepian.

Saat Rei berjuang mempertahankan mentalnya melalui karir Shogi, ia juga belajar bagaimana berinteraksi dengan orang lain dan memahami emosinya sendiri yang terbilang kompleks.

14. Violet Evergarden

Anime Violet Evergarden

Violet Evergarden adalah salah satu anime slice of life romance terbaik yang mengisahkan keseharian Violet dengan memori kisah cinta lamanya yang masih tersisa diingatannya.

Violet adalah prajurit perang di garis depan, namun setelah perang besar berakhir kini ia menjalani hari-harinya dengan bekerja di CH Postal Services.

Ia disana menjadi seorang juru ketik. Selagi ia bekerja, ia juga berusaha membentuk kembali kehidupannya selepas dari masa-masa sulit yang ia hadapi, termasuk berpisah dengan orang yang ia sayangi sewaktu perang dulu.

15. Nodame Cantabile

Nodame Cantabile

Shinichi Chiaki adalah musisi profesional yang bermimpi bisa bermain diantara para profesional elit di Eropa. Sayangnya ia membatalkan mimpinya itu karena memiliki phobia dengan penerbangan.

Selama tahun keempatnya di Universitas Musik top Jepang, Shinichi bertemu dengan Megumi Noda, yang ia sebut dirinya sebagai Nodame.

Ketika Shinichi melihat Nodame memainkan piano, tanpa sadar ia merasa takjub, dan parahnya lagi ia akhirnya jatuh cinta padanya.

Keseharian Shinichi dan Nodame dalam bermusik tertuang sangat menarik di anime Nodame Cantabile. Selain melihat kisah cinta mereka, kamu juga akan mendapatkan banyak informasi tentang musik di anime ini.

16. Flying Witch

Anime Flying Witch

Tradisi sihir mengatakan bahwa praktisi yang berusia 15 tahun harus mandiri dan meninggalkan rumah untuk belajar sihir. Makoto Kowata adalah salah satu penyihir yang magang sekaligus mencari pengetahuan dan pelatihan.

Bersama dengan temannya Chito, seekor kucing hitam, mereka memulai perjalanan mereka ke wilayah Aomori, wilayah kesenangan para penyihir karena kelimpahan alam dan suasana sihirnya.

Mereka memulai hidup baru dengan tinggal bersama sepupu kedua Makoto bernama Kei Kuramoto dan adik perempuannya Chinatsu.

Keseharian mereka berempat disana penuh dengan petualangan yang menyenangkan, dan juga sihir tentunya.

17. Horimiya

Anime Horimiya

Horimiya mengisahkan tentang percintaan dua murid sekolah yang memiliki kepribadian kontras. Kyouko Hori selalu bersemangat dan juga mandiri, sementara Izumi Miyamura sangatlah pendiam dan juga dingin.

Hori dan Miyamura awalnya menutupi kepribadiannya masing-masing, namun secara tak sengaja kepribadiannya itu terlihat setelah mereka bertemu diluar.

Hori yang populer ternyata memiliki sifat keibuan, senang mengurus pekerjaan rumah. Miyamura yang bertindik dan bertatto ternyata memiliki sifat lemah lembut.

Keduanya menghabiskan waktu bersama di rumah Hori. Selama mereka berbagi waktu satu sama lain, benih cinta antara keduanya pun muncul.

18. Teasing Master Takagi-san

Anime Teasing Master Takagi-san

Teasing Master Takagi-san termasuk anime slice of life terbaik yang datang dengan banyak komedi lucu dan sedikit konyol, hanya berbahan cerita menggoda dan digoda.

Nishikata selalu digoda oleh Takagi, gadis yang duduk disebelahnya. Saat Nishikata ingin membalaskan godaan tersebut, ia langsung kalah hanya karena sedikit lirikan dari Takagi.

Keseharian mereka penuh dengan menggoda dan digoda. Ada sebuah aturan diantara mereka berdua, yaitu “jika kamu tersipu, maka kamu kalah”, membuat Nishikata harus berusaha agar tidak mudah tergoda oleh Takagi.

19. I Can’t Understand What My Husband Is Saying

I Can’t Understand What My Husband Is Saying

Anime ini mengisahkan kisah suami istri dengan kehidupan yang menarik, Hajime adalah suami dan juga seorang otaku hardcore, menutup dirinya dirumah sambil mencari nafkah dari blognya. Sementara Kaoru, wanita kantoran pekerja keras yang sedikit agak mabuk.

Karena kepribadian mereka yang unik, Hajime dan Kaoru mendapati diri mereka terjebak dalam berbagai tingkah laku yang membingungkan dan konyol.

20. Azumanga Daioh

Azumanga Daioh

Chiyo Mihama adalah seorang anak yang sangat pintar, ia melewati beberapa kelas hingga ke sekolah menengah. Pada hari pertamanya di sekolah, ia bertemu dengan banyak orang yang eksentrik.

Sakaki yang tinggi dan sering mengintimidasi dengan tatapannya, Tomo Takino yang selalu berisik, Ayumu Kusuga yang pandai bermain teka-teki, Koyomi Mizuhara yang terobsesi dengan diet, dan Kagura yang tomboi dan kompetitif.

Mereka menjalani kehidupan sehari-hari bersama, seperti di sekolah, belajar, bermain, hingga melakukan perjalanan musim panas.

21. My Little Monster

My Little Monster

Shizuku Mizutani tidak suka belajar dan lebih suka bekerja keras sehingga bisa sukses seperti ibunya. Namun seketika kehidupannya berubah setelah bertemu dengan Yoshida Haru, siswa yang diskors karena perkelahian.

Saat Shizuku menghabiskan waktu bersama dengan Haru, ia mengetahui bahwa dibalik penampilan luarnya yang kasar, ternyata Haru juga memiliki jiwa yang baik dan jujur.

22. Mangaka-san to Assistant-san to The Animation

Mangaka-san to Assistant-san to The Animation

Yuuki Aito adalah seniman manga yang dikelilingi oleh asisten wanita. Para asisten itu terkadang dimintai bantuan oleh Aito sebagai bahan referensi untuk manganya.

Walau Aito memiliki pikiran yang tak jelas, terkadang ia juga bisa menjadi orang yang murah hati, sangat baik, dan suka menolong.

Perilakunya yang acak antara baik dan juga menjengkelkan membuat para asistennya merasa kebingungan.

Keseruan hari-hari seorang mangaka dengan para asisten wanitanya bisa kamu lihat di anime slice of life yang satu ini.

23. SaintOnii-san

Saint☆Onii-san

Saint Onii-san adalah anime slice of life yang mengisahkan dongeng tentang Yesus dan Buddha saat mereka mencoba hidup di dunia modern, terutama di negara Jepang.

Di anime ini kamu akan melihat keduanya mencoba pergi ke taman hiburan, kafe internet, hingga berbagai tempat wisata di Jepang.

24. Hanasaku Iroha: Blossoms for Tomorrow

Anime slice of life Hanasaku Iroha Blossoms for Tomorrow

Hanasaku Iroha mengisahkan tentang Ohana Matsumae, seorang remaja bersemangat yang tinggal dengan ibunya seorang.

Sayangnya ibunya pergi meninggalkan dirinya bersama dengan pacar barunya. Kini Ohana tinggal bersama dengan neneknya yang mengelola penginapan kecil.

Disana Ohana belajar bekerja keras membantu mengelola penginapan, serta bertemu dan berteman dengan orang-orang yang datang ke penginapan barunya.

25. Honobono Log

Anime slice of life  Honobono Log

Honobono Log adalah anime slice of life yang menampilkan keseharian orang-orang. Anime ini hanya berjalan selama sekitar 2 menit per-episode.

26. Anohana: The Flower We Saw That Day

Anime slice of life Anohana The Flower We Saw That Day

Sejujurnya ini adalah anime slice of life sedih yang mungkin bisa membuatmu menjatuhkan air mata karena melihatnya saja.

Kisah berfokus pada Jinta Yadomi yang menghabiskan hari-harinya jauh dari sekolah. Lalu tiba-tiba Meiko Honma muncul dan mengganggunya, meminta mengabulkan permintaan terakhir yang tak pernah dilupakan.

Semula Jinta mengira dirinya hanya berhalusinasi karena melihat Meiko Honma yang sudah meninggal lama, lalu mencoba meyakinkan dirinya bahwa itu adalah Meiko Honma sendiri.

Jinta pada akhirnya menerima permintaan terakhir hantu Meiko Honma, dan meminta bantuan teman-temannya agar perimintaan terakhir itu dikabulkan.

Anime ini memperlihatkan kisah teman-teman yang berusaha mewujudkan permintaan terakhir teman kecil mereka yang sudah meninggal, agar arwahnya bisa beristirahat dengan tenang.

27. Great Teacher Onizuka

Anime slice of life Great Teacher Onizuka

Anime ini mengisahkan tentang Eikichi Onizuka, 22 tahun, seorang mantan anggota geng dan juga guru. Walaupun sudah menjadi guru, masa lalunya sebagai mantan anggota geng tak bisa lepas dari kehidupannya.

Murid-murid di kelasnya sangatlah nakal-nakal, bahkan membuat Eikichi harus berurusan lagi dengan kehidupan masa lalunya, walau statusnya sekarang sudah menjadi guru.

28. Mob Psycho 100

Anime slice of life Mob Spycho 100

Shigeo “Mob” Kageyama adalah siswa yang diberkati kekuatan psikis luar biasa. Kekuatannya itu menuntunnya kepada Arataka Reigen, seorang esper yang memanfaatkan kemampuan Mob.

Bersama Reigen, Mob menghabiskan hari-harinya mengusir roh jahat atas perintah Reigen. Sayangnya masalah terus datang tanpa henti, membuat emosi Mob menjadi tertekan, tidak tahu lagi apa yang terjadi jika kekuatannya sudah mencapai batas.

Pada dasarnya ini adalah anime yang mengisahkan tentang murid sekolah yang juga bekerja sambilan, sebagai pengusir roh jahat.

29. New Game!

Anime Slice of life New Game!

Aoba Suzukaze baru saja lulus. Dia bergabung dengan perusahaan video game Eagle Jump, yang terkenal dengan game yang disukainya, Fairies Story.

Di Eagle Jump, Aoba ditempatkan dalam tim beranggota enam orang. Ia dibimbing oleh Kou Yagami agar bisa menjadi desainer karakter yang lebih baik lagi, sekaligus mempelajari seluk-beluk industri video game.

New Game! adalah anime slice of life terbaik yang bukan cuma sekedar cerita biasa, namun juga memberikan informasi di industri video game saat ini kepada para penonton animenya.

30. Aria The Animation

Anime Slice of life Aria the Animation

Anime ini bercerita pada abad ke-24 dimana manusia telah menemukan cara untuk menjelajah planet yang tidak dapat dihuni.

Meski terkesan futuristik, nyatanya Neo Venezia, sebuah kota di planet Aqua (dikenal planet Mars), masih terdapat keindahan pedesaan; gondola di kanal dan saluran air yang merupakan transportasi utama. Kota itu adalah replika dari Manhome (planet yang disebut Bumi).

Disana terdapat perusahaan yang menawarkan tur berpemandu melalui gondola, salah satu perusahaannya adalah Aria Company.

Disana tempat Akari Mizunashi bekerja. Ia mempelajari hidup yang berharga sepanjang jalan ia memandu para turis. Mengetahui kebenaran yang luar biasa dari keajaiban buatan manusia.

31. Mushishi

Anime Mushishi

Mushishi menceritakan kisah entitas tak berbentuk yang mendiami dunia, bahkan bisa muncul dalam berbagai bentuk, meniru hal-hal dari alam seperti tumbuhan, penyakit, dan fenomena seperti pelangi hingga hujan.

Cerita berfokus pada kisah keseharian pria bernama Ginko yang tak henti-hentinya berpetualang untuk mengejar rumor kejadian yang berkaitan dengan Mushishi (sebuah entitas).

32. Non Non Biyori

Anime slice of life Non Non Biyori

Non Non Biyori memiliki cerita keseharian yang ringan, mengisahkan tentang seorang siswa sekolah dasar bernama Ichijou Hotaru yang pindah bersama orang tuanya dari Tokyo ke wilayah pedesaan.

Disana ia mulai beradaptasi di sekolah barunya, bersama dengan teman sekolah dasar dan menengah. Bergabung dan berpetualang bersama dalam keseharian mereka di pedesaan.

33. Uchuu Kyoudai (Space Brothers)

Anime slice of life Uchuu Kyoudai (Space Brothers)

Kakak beradik Hibito dan Mutta memiliki cita-cita menjadi astronot agar bisa pergi ke luar angkasa, setelah mereka tak sengaja melihat UFO yang terbang ke Bulan.

Namun sayangnya mimpi mereka hanya terwujud sebagian, dimana Hibito yang sukses menginjakkan kakinya ke bulan, dan Mutta yang masih disulitkan pada pekerjaannya di perusahaan otomotif.

Ketika perusahaan JAXA membuat lamaran untuk seleksi astronot, Mutta tak mau menyia-nyiakan kesempatan itu. Ia mulai berusaha agar mimpinya bisa terwujud, setidaknya selangkah lebih maju dari saudaranya, Hibino.

Anime slice of life satu ini sangat bagus untuk dilihat, terlebih menampilkan banyak adegan dimana satu orang berusaha keras mewujudkan impiannya, walau sudah tertinggal jauh dengan yang lain, dalam kasus anime ini adalah saudaranya sendiri.

34. Mitsuboshi Colors

Anime Slice of life Mitsuboshi Colors

Anime ini mengisahkan tiga gadis lucu yang berkumpul bersama dan mengatakan bahwa mereka ingin melindungi kedamaian kota.

Mereka senang melakukan hal-hal seperti bermain game, memecahkan teka-teki, dan pergi ke kebun binatang. Ini adalah anime keseharian anak-anak yang ringan untuk dilihat. Sebagian besar cerita adalah cerita bahagia.

35. Working!!

Anime slice of life  Working!!

Working menceritakan kisah siswa sekolah yang bekerja paruh waktu bersama para rekan kerjanya yang aneh.

Popura Taneshima, gadis sekolah menengah yang lebih tua dari Souta, namun sering disangka anak kecil karena ukuran badannya.

Lalu ada Kyoko Shirafuji, manajer toko berusia 28 tahun yang tidak repot-repot melakukan pekerjaan apapun.

36. Usagi Drop

Anime SLice of life Usagi Drop

Usagi Drop mengisahkan Daikichi, seorang pria berusia 30 tahun yang merawat anak kecil bernama Rin. Ia adalah anak angkat dari kakek Daikichi.

Karena hal yang tak diinginkan, keluarga Daikichi menolak Rin masuk ke keluarganya, pada akhirnya hanya Daikichi saja yang menerima Rin sepenuhnya dan mulai membesarkannya layaknya anak sendiri.

37. Gin no Saji

Gin no Saji

Ketika Yuugo Hachiken bosan karena tertekan oleh orang tuanya untuk sukses dengan mendapatkan nilai tertinggi di sekolah, ia mulai meninggalkan kehidupan kotanya utuk mendaftar di sekolah Menengah Pertanian Ooezo di pedesaan.

Disana ia banyak belajar hal-hal baru, mulai dari bercocok tanam hingga merawat binatang ternak. Ini adalah anime keseharian seorang calon petani yang hari-harinya disibukan dengan ilmu-ilmu baru tentang pertanian.

38. Toradora!

Anime Slice of Life Toradora!

Toradora menceritakan kisah murid sekolah yang saling naksir sahabat teman mereka satu sama lain. Murid-murid itu membantu satu sama lain untuk bisa dekat dengan sahabat mereka.

39. Sakura-sou no Pet na Kanojo

Sakura-sou no Pet na Kanojo

Sorata Kanda, siswa Sekolah Menengah Suimei, baru saja diusir dari asrama siswa karena mengadopsi kucing liar. Ketika ia pilih tinggal di aula sakura, ia justru terjebak dengan lebih banyak lagi kucing liar.

Ketika Sorata bertekad untuk menemukan pemilik baru kucing-kucing tersebut, hidupnya justru bertambah rumit karena harus ditugaskan juga menrawat Mashiro Shiina, calon penulis manga dan siswa pindahan baru.

Dengan mereka berdua tinggal di aula sakura bersama, mereka pun semakin dekat. Mereka bertekad untuk menemukan panggilan hidup mereka yang sebenarnya.

40. Time of Eve

Time of Eve

Ini adalah anime futuristik dimana android (robot) pengurus rumah menjadi hal yang umum di masyarakat modern Jepang.

Sayangnya android disana diperlakukan sama seperti teknologi rendah, layaknya peralatan rumah tangga biasa. Namun ada minoritas yang mengagumi android yang disebut “android-holics”.

Suatu ketika Rikuo Sakisaka yang memiliki android bernama Sammy sering menemukan log aktivitas yang aneh, membawanya ke sebuah kafe bernama Eve no Jikan.

Rikuo semakin penasaran, sehingga ia mencoba menemukan hal aneh dibalik perilaku Sammy dengan cara mendatangi sendiri kafe tersebut.

41. Ascendance of a Bookworm

Anime SLice of Life Ascendance of a Bookworm

Ascendance of a Bookworm adalah anime slice of life terbaik yang cocok dilihat untuk para penonton yang gemar membaca buku.

Menceritakan kisah Urano Motosu, seseorang yang hobi membaca buku apapun subjeknya. Hampir memenuhi pekerjaan impiannya menjadi pustakawan sebelum hidupnya berakhir dalam sebuah kecelakaan.

Ketika ia bereinkarnasi menjadi Myne, gadis kecil berusia lima tahun yang hidup di era abad pertengahan, yang langsung muncul dibenaknya adalah hasrat untuk membaca buku.

Dia mencoba kesana-kemari untuk mencari buku apapun yang bisa ia baca. Karena tidak ada buku disekitarnya, apalagi harganya mahal karena harus dicetak dan ditulis tangan, pada akhirnya ia pun membuat bukunya sendiri.

42. Seitokai Yakuindomo

Seitokai Yakuindomo

Akademi Ousai adalah sekolah menengah khusus perempuan, ketika sekolah tersebut diubah menjadi sekolah campuran, Tsuda Takatoshi adalah murid laki-laki pertama yang datang ke sekolah tersebut.

Seiring cerita berjalan, Tsuda pada akhirnya ditawari secara paksa oleh Shino untuk bergabung dengan OSIS. Walau tidak berjalan sesuai keiinginan Tsuda, disana ia menyadari satu-satunya siswa normal di Akademi Ousai adalah dirinya sendiri.

43. Kochira Katsushikaku Kameari Kouenmae Hashutsujo

Anime Slice of Life Kochira Katsushikaku Kameari Kouenmae Hashutsujo

Ini adalah anime slice of life yang mengisahkan tentang Ryoutsu, polisi dengan bayaran rendah yang terkadang sering melakukan skema curang untuk menghasilkan uang dengan cepat.

Pada akhirnya skema yang ia lakukan sering terpergoki dan berakhir menjadi masalah besar yang terlihat sangat konyol. Anime ini banyak adegan komedinya juga.

44. Poco’s Udon World

Poco’s Udon World

Souta Tawara kembali ke kampung halamannya di Kagawa, ia berencana ingin menempati restoran udon milik kedua orang tuanya yang sudah lama meninggal.

Ketika ia masuk ke restoran tersebut, ia bertemu dengan anak yang sedang tidur. Berpikir bahwa anak itu sedang lelah, ia langsung saja memberi makan dan pakaian.

Secara mengejutkan anak yang diberi Souta makan memunculkan telinga berbulu diatas kepalanya. Souta pada akhirnya segera mengetahui bahwa anak itu adalah rumor tanuki yang tinggal di wilayah Kagawa.

Souta menamai anak tersebut Poko. Anime ini menceritakan keseharian mereka bersama, sambil mengenang masa lalunya sendiri.

45. Crayon Shin-chan

Anime Slice of Life Crayon Shin-chan

Shinnosuke Nohara terlihat seperti anak polos yang tak berdosa, namun siapa sangka tingkah lakunya yang menyebalkan membuat beberapa orang merasa jengkel terhadapnya.

Ini adalah anime yang bercerita tentang keseharian Shin-chan yang sering membuat lelucon mesum, dan membuat orang menangis karena malu.

46. Doraemon

Anime Slice of Life Doraemon

Doraemon adalah anime slice of life terbaik sepanjang masa, bisa dibilang terbaik dari yang terbaik.

Anime ini meceritakan kisah Nobita dan Doraemon, serta Shizuka, Suneo, dan Takeshi “Giant” yang sering berpetualang ke berbagai tempat di dunia dengan bantuan alat canggih milik Doraemon.

47. Chibi Maruko-chan

Anime Slice of Life Chibi Maruko-chan

Selain Doraemon, anime Chibi Maruko-chan juga termasuk anime terbaik dari yang terbaik. Mengisahkan keseharian gadis lucu bernama Sakura Momoko, yang sering disebut Maruko.

Keseharian Maruko bersama teman-temannya di sekolah, hingga bersama keluarganya di rumah tentu sangat menarik dan asyik sekali ditonton. Bahkan beberapa adegannya juga banyak menampilkan lelucon-lelucon lucu.

48. Bakuman

Anime Bakuman

Moritaka Mashiro bermimpi menjadi seorang mangaka seperti pamannya Tarou Kawaguchi. Sayangnya sebuah tragedi terjadi, membuatnya menyerah dan menghabiskan hari-harinya di sekolah untuk menjadi pegawai kantoran.

Suatu hari ketika Akito Takagi, teman Mashiro melihat coretan gambar di buku Mashiro, Takagi langsung terkejut. Betapa bagusnya gambaran itu.

Dengan bantuan Takagi, Mashiro pun mulai bermimpi lagi untuk menjadi mangaka dan berusaha setiap harinya mulai dari menggambar hingga mengirimkan gambarannya ke penerbit.

49. Tales of Little Women

Tales of Little Women

Ini adalah anime lawas yang bercerita tentang keempat bersaudara yang hidup dengan penuh semangat dan bahagia di rumah bersama ibu mereka, sambil menunggu ayah mereka kembali dari Perang Saudara.

Meg yang setia dan lembut, Jo yang mandiri dan energik, Beth yang pendiam dan pemalu, dan Amu yang ramah dan dewasa sebelum waktunya.

Keempat bersaudara ini saling membantu dan menantang nasib mereka, mencoba untuk tumbuh menjadi wanita yang luar biasa.

50. Runway de Waratte

Anime Slice of Life Runway de Waratte

Chiyuki Fujito bercitacita untuk bisa mengikuti Paris Fashion Week. Namun sayangnya ia memiliki tinggi yang tak tepat untuk menjadi seorang model.

Lalu ada Ikuto Tsumura, siswa sekolah yang sering bolos sekolah karena harus bekerja untuk menghidupi keluarganya.

Ketika keduanya berpapasan, mereka mengambil kesimpulan bahwa betapapun sulitnya hidup, mereka harus melakukan apa yang mereka bisa untuk mencapai tujuan mereka.

Pada akhirnya, mereka berdua kembali berpapasan dan kini menjadi sebuah partner dalam bidang Fashion.

Kesimpulan

Jadi itulah tadi beberapa rekomendasi anime slice of life terbaik yang asyik sekali untuk dilihat, terlebih beberapa cerita dalam daftar anime diatas banyak memunculkan adegan komedi, motivasi, hingga pelajaran hidup.

30 Game Fighting Terbaik dan Terpopuler Saat Ini!

Ini 8 Tanda Seseorang Naksir Kamu, Bisa Dilihat dari Cara Dia Bertingkah!