in

25 Anime Balapan Terbaik Sepanjang Masa, Punya Banyak Adegan Seru!

rekomendasi anime balapan terbaik

Anime balapan memiliki penggemar yang bisa dibilang cukup banyak. Bahkan genre balapan sendiri tak selalu berpusat pada balapan mobil, ada juga motor, sepeda, hingga kuda.

Genre balapan biasanya memiliki banyak adegan epik dan seru, terlebih intensitas adegan balapan di anime sangatlah tinggi.

Bisa kamu lihat dari ekspresi karakter saat balapan, latar musik pendamping, hingga suasana di sekitar karakter dalam animenya.

Tanpa panjang lebar, berikut Wokeeh sajikan beberapa rekomendasi anime balapan terbaik sepanjang masa, yang pasti punya banyak adegan serunya!

1. Initial D

Anime Initial D
Initial D

Initial D adalah salah satu anime balapan mobil yang paling populer di kalangan pecinta anime, bahkan meme nya dengan tema DeJaVu pun juga sampai saat ini masih populer dan sering digunakan di forum atau website meme.

Mengisahkan Takumi Fujiwara yang pada dasarnya tak suka dengan hal berbau mobil atau balapan jalanan. Namun karena sebuah pertemuan tak sengaja membuat Takumi terseret kedalam dunia balapan.

Ia sering disuruh untuk mengantarkan tahu setiap pagi tanpa henti, mengemudi sepanjang gunung Akina.

Suatu malam tak sengaja di jalan ia bertemu dengan Akagi Red Suns, tim pembalap jalanan yang terkenal sedang melintasi gunung tersebut.

Seakan tak percaya, mobil sport dan canggih milik tim Akagi Red Suns bahkan bisa disalip oleh Toyota AE86 tua yang Takumi kendarai setiap hari ketika mengantar makanan tahu.

Dari situasi tersebut, perlahan demi perlahan Takumi pun menemukan dirinya di dunia balapan jalanan yang sering dilakukan pada malam hari, bertemu dengan para lawan-lawan menarik dan juga tangguh.

Judul Alternatif: Initial D

Adaptasi: Manga

Studio: Gallop, Studio Comet, Pastel, Studio Deen, A.C.G.T, SynergySP

2. Capeta

Anime balapan Capeta
Capeta

Capeta termasuk salah satu anime balapan mobil terpopuler yang pernah tayang sekitar tahun 2005 hingga 2006.

Ketika kecil saat ia masih kelas 4 Sekolah Dasar, Taira Capeta kehilangan ibunya. Berpura-pura tegar di depan ayahnya, pada kenyataannya ia kesepian.

Tak ingin Capeta berlarut sedih, ayahnya pun membawa suku cadang bekas dari tempat kerjanya untuk membuat sebuah mobil balap. Walaupun bentuknya hampir mirip seperti gerobak, Capeta tetap suka.

Mereka mencoba pergi ke sirkuit untuk mengemudikan mobil balap tersebut, namun Capeta menyadari bahwa kerangkanya bengkok dan tak bisa berjalan lurus.

Dengan kemampuannya ia mampu mengendalikan mobil tersebut, walau tak begitu sempurna.

Ketika ibu Naomi, Minamoto Nanoko melihat keahlian Capeta dalam mengemudikan mobil balap rakitan, ia langsung menyarankan Capeta untuk mengikuti balapan resmi.

Darisanalah babak baru Capeta dalam dunia balapan mobil dimulai. Dengan bantuan orang sekitar, ia hari demi hari terus berlatih agar bisa tampil maksimal dalam balapan di kemudian harinya.

Judul Alternatif: Capeta

Adaptasi: Manga

Studio: Studio Comet

3. Redline

Redline Anime
Redline

Ada sebuah perombaan yang disebut Redline, perlombaan itu diselenggarakan setiap lima tahun. Di kompetisi itu setiap pembalap didorong ke batas tertingginya, karena kompetisi Reline tidak memiliki aturan sama sekali.

Salah satu pengemudi bernama JP berpartisipasi di kompetisi itu, tujuannya ingin bertarung melawan pembalap lain yang sedang naik daun bernama Sonoshee McLaren.

Banyak orang berkata bahwa Redline ketika JP berpartisipasi akan lebih berbahaya dari biasanya.

Karena kompetisinya berlangsung di planet Roboworld yang terkenal dengan militer dan penjahatnya yang sering mengubah jalannya kompetisi balapan.

Walaupun berbahaya, JP justru merasa tertantang, karena ia sendiri sudah mempersiapkan ancaman yang datang saat balapan berlangsung. Fokus JP hanya satu, yaitu menjadi pemenang.

Redline adalah anime balapan mobil futuristik yang balapannya berlangsung di berbagai planet di ruang angkasa. Jika kamu penggemar Sci-Fi, maka anime ini tak boleh kamu lewatkan.

Judul Alternatif: Red Line

Adaptasi: Original

Studio: Madhouse

4. Air Gear

Air Gear
Air Gear

Air Gear itu pernah tayang di salah satu stasiun televisi Indonesia lho, waktu tayangnya ketika itu jam 10 pagi di hari Minggu. Sayangnya tak tayang seluruhnya.

Air Trecks atau yang dikenal AT adalah inline skate bermotor futuristik yang menjadi tren baru di negara Jepang, bahkan komunitasnya sangat besar (hanya di anime Air Gear).

Itsuki Minami adalah salah satu orang yang tertarik dengan Air Trecks setelah bertemu Simca dan mengalami sebuah insiden yang menguntungkan.

Ketika ia menemukan sepasang Air Trecks di rumahnya, ia mulai mencoba dan mulai berlatih agar bisa menguasai langitan seperti yang Simca dan komunitas Air Trecks lakukan.

Bersama dengan sahabatnya Kazuma Mikura dan Onigiri, Itsuki mulai membentuk sebuah tim yang berharap bisa menjadi nomor satu di dunia Air Trecks tersebut.

Judul Alternatif: Air Gear

Adaptasi: Manga

Studio: Toei Animation, Satelight

5. Bakusou Kyoudai Let’s & Go

Anime Tamiya Bakusou Kyoudai Let’s & Go
Bakusou Kyoudai Let’s & Go

Tamiya adalah mainan yang sangat populer di kalangan generasi 90an. Bahkan semenjak kepopulerannya saat itu, hingga kini komunitas Tamiya masih ada dan tetap banyak anggotanya, walaupun tak sebanyak dulu.

Tahukah kamu bahwa mainan Tamiya itu populer berkat animenya yang tayang setiap Minggu pagi?

Anime Let’s & Go mengisahkan Retsu dan Go Seiba, dua saudara yang menerima mobil balap Mini 4WD dari Dr. Tsuchia.

Semenjak itu, kedua saudara tersebut melatih dan menyesuaikan bagian-bagian Mini 4WD nya untuk bisa berpartisipasi di Piala Jepang, dimana semua pembalap Mini 4WD bertemu dan saling bertanding.

Bakusou Kyoudai Let’s & Go termasuk salah satu anime balapan mobil mainan Mini 4WD terbaik dan paling populer hingga bisa menciptakan sebuah efek.

Efek dimana para anak-anak generasi 90an merasa sangat ingin beli mainan Mini 4WD itu, atau di Indonesia mainannya disebut Tamiya.

Judul Alternatif: The Racing Brothers, Let’s & Go

Adaptasi: Manga

Studio: Production I.G, Xebec

6. Wangan Midnight

Anime balapan Wangan Midnight
Wangan Midnight

Wangan Midnight memiliki latar cerita yang tak jauh beda dengan Initial D, hanya saja karakter utama di anime ini Akio Asakura sudah melakukan balapan mobil sejak awal.

Ketika ia kalah saat balapan, ia pergi ke tempat barang rongsokan untuk mencari suku cadang untuk mobilnya. Ketika itu ia menemukan Datsun Fairlady Z (S30) generasi pertama yang dimana ia langsung membelinya.

Uniknya, pemiliki Datsun generasi pertama itu memiliki nama yang sama seperti dirinya, dengan awalan Akio. Tak terlalu dipikirkan, Akio pun lebih fokus pada usahanya untuk mengalahkan Tatsuya Shima dengan mobil Porsche 911 Turbo nya.

Judul Alternatif: Wangan Midnight

Adaptasi: Manga

Studio: A.C.G.T

7. Future GPX Cyber Formula

Future GPX Cyber Formula
Future GPX Cyber Formula

Future GPX Cyber Formula adalah anime balapan mobil yang mengisahkan tentang Kazami Hayato, pebalap muda di Cyber Formula, sebuah Grand Prix kendaraan dengan dilengkapi teknologi canggih.

Di dalam perjalanan karirnya, Hayato banyak belajar menjadi seorang pembalap profesional yang terus mendapatkan kemenangan, walau dengan atau tanpa mesin terbaik.

Judul Alternatif: Cyber Formula: Shinseki GPX

Adaptasi: Original

Studio: Sunrise

8. Midori no Makibao

Midori no Makibao
Midori no Makibao

Balapan kuda sama serunya dengan balapan mobil, terlebih jika kuda itu adalah Makibao.

Tahukah kamu? Anime Makibao ini sangat populer di Indonesia lho waktu dulu, para generasi 90an pasti tahu anime ini.

Selain itu juga banyak yang membandingkan hidung Makibao dengan salah satu bagian depan merk mobil ternama dari Jerman.

Midori Makibao adalah kuda pacu putih kecil. Dibandingkan kuda lainnya, ia memiliki tinggi badan yang sangat pendek, bahkan lebih mirip keledai dibandingkan kuda pacu.

Namun keberanian dan kecepatannya membuat Makibao tetap menjadi yang terbaik di setiap balapan besar. Meskipun awal karirinya sebagai kuda pacu mengalami kesulitan.

Judul Alternatif: The Incredible Race Horse

Adaptasi: Manga

Studio: Pierrot

9. F (Formula-1 Engines On The Track)

Formula-1 Engines On The Track
Formula-1 Engines On The Track

F alias Formula-1 Engines On The Track atau Motori in Pista adalah anime balapan mobil yang sangat lawas, tayang sekitar tahun 1988.

Menceritakan kisah Akagi Gunma, seorang remaja muda anak petani sederhana dari desa yang memutuskan pindah ke kota besar untuk mewujudkan mimpinya sebagai pembalap mobil Formula 1.

Judul Alternatif: Formula-1 Engines On The Track, Motori in Pista

Adaptasi: Manga

Studio: Studio Deen

10. Dash! Yankurou

Anime Balapan Mini 4WD Dash! Yankurou
Dash! Yankurou

Tahukah kamu? Mainan Tamiya sudah populer sejak lama di Jepang, baru populer di Indonesia ketika ada anime Let’s & Go.

Anime Dash Yankurou ini memiliki latar cerita yang berpusat pada dunia Mini 4WD. Karakter utama dalam anime ini bernama Yankuro yang memiliki semangat dalam mengikuti pertandingan Mini 4WD di berbagai kota di Jepang.

Judul Alternatif: Mini 4WD

Adaptasi: Manga

Studio: Staff 21, Aubekku & Tokyu Agency

11. Tailenders

Anime balapan Tailenders
Tailenders

Tailenders memiliki cerita balapan yang berpusat pada balapan di dunia Sci-Fi. Mengikuti kisah Tomoe Shiro, pebalap yang mempertaruhkan nyawanya hanya untuk menguji eksperimen putaran U pada saat melakukan balapan.

Untung nyawanya terselamatkan ketika sebuah insiden berbahaya terjadi, hanya saja jantungnya diganti dengan mesin mobil balapnya sendiri.

Dari insiden tersebut, Tomoe kini tak boleh mengikuti balapan, hanya boleh menjadi seorang mekanis kendaraan mendampingi pebalap yang berkompetisi.

Walau takdir telah mengubah mimpinya sebagai pebalap, Tomoe tetap melakukan apa yang ia bisa dengan maksimal, sambil menunggu kesempatannya untuk berlomba kembali suatu hari nanti.

Judul Alternatif: Tailenders

Adaptasi: Original

Studio: Picograph

12. eX-Driver

eX-Driver
eX-Driver

Ex-Driver adalah anime balapan mobil yang berlangsung di masa depan, dunia dimana semua transportasi dikendalikan oleh AI.

Terkadang AI dalam mobil tersebut bisa rusak dan kehilangan kendali, sehingga tak jarang keluar jalur dan menabrak masyarakat lain.

Di sisi lain, ada tiga siswa SMA dengan mobil non AI, Subaru WRX, Super 7, Lotus, yang datang untuk menyelamatkan masyarakat sambil memastikan semua aman setiap saat.

Judul Alternatif: eX-Driver

Adaptasi: Original

Studio: Actas

13. Long Riders!

Anime Sepeda Long Riders!
Long Riders!

Kalau tadi berfokus pada cerita balapan mobil, kuda, hingga sepatu roda air trecks, maka satu ini berpusat pada dunia sepeda.

Ami Kurata adalah seorang mahasiswa yang tak memiliki kemampuan atletik, tiba-tiba ia menyukai sepeda lipat yang ia lihat di depan stasiun kereta api.

Tanpa lama-lama ia mulai menabung untuk bisa membeli sepeda tersebut sekaligus belajar mengendarainya. Sambil juga membuat rencana balapan sepeda ringan dengan teman-temannya.

Judul Alternatif: Longriders!

Adaptasi: Manga

Studio: Actas

14. Mach GoGoGo

Anime Balapan Speed Racer Mach GoGoGo
Mach GoGoGo

Mach GoGoGo alias Speed Racer memiliki versi live action nya yang dibuat oleh industri film Hollywood yang rilis pada tahun 2008 lalu. Anime nya sendiri tayang pada 1967. Lawas sekali ya?

Anime Speed Racer mengisahkan seorang pengemudi mobil balap futuristik bernama Speed yang berpetualang dengan pacarnya, saudara laki-lakinya, dan saudara lainnya yang misterius bernama Racer X.

Ayahnya Pops, menciptakan sebuah mobil yang nantinya harus Speed gunakan untuk balapan, berjuluk Mach 5.

Judul Alternatif: Speed Racer

Adaptasi: Manga

Studio: Tatsunoko Production

15. Monkey Turn

Anime Balap Speedboat Monkey Turn
Monkey Turn

Monkey Turn adalah anime balapan Speed Boat yang mengikuti kisah Kenji Hatano, pemuda yang berjuang untuk menguasai dunia balap speedboat.

Dalam balapan yang sering ia ikuti, ia selalu bersaing serius dengan sesama pembalap bernama Hiro Doguchi yang dimana mengalahkannya menjadi salah satu alasan kenapa Kenji tetap berjuang dan terus berlatih.

Judul Alternatif: I’ll Be Number 1!

Adaptasi: Manga

Studio: OLM

16. Arrow Emblem Grand Prix no Taka

Arrow Emblem Grand Prix no Taka
Arrow Emblem Grand Prix no Taka

Selain SpeedRacer, Arrow Emblem Grand Prix no Taka juga termasuk salah satu anime balapan mobil terpopuler, walaupun sama-sama lawasnya dengan SpeedRacer.

Anime ini mengikuti kisah Takaya Todoroki, pemuda yang ingin menjadi pebalap terkenal dengan menciptakan mobil sendiri untuk dapat mengikuti perlombaan dengan hadiah besar.

Walaupun sebuah insiden kecelakaan serius terjadi pada Takaya, takdir lain menuntunnya pada seseorang mantan pembalap terkenal yang ingin membantu Takaya kembali ke dunia balapan.

Judul Alternatif: Arrow Emblem: Hawk of the Grand Prix

Adaptasi: Original

Studio: Toei Animation

17. Bari Bari Densetsu

Bari Bari Densetsu
Bari Bari Densetsu

Bari Bari Densetsu adalah film anime balapan motor yang mengikuti kisah 4 siswa SMA yang menjadi pebalap liar dimana mereka sering melakukan balapan pada malam hari di jalanan umum.

Judul Alternatif: Motorcycle Legend, Legend of Rolling Wheels

Adaptasi: Manga

Studio: Pierrot

18. Idaten Jump

Idaten Jump
Idaten Jump

Anime Idaten Jump juga pernah tayang di Indonesia lho, di salah satu stasiun televisi Indonesia.

Sho menyukai sepeda, dan ia sering berlatih dilapangan bersama teman-temannya Takumi dan Makoto. Takumi yang seorang mekanik sepeda, dan Makoto seorang pebalap sepeda yang kompetitif.

Suatu hari Sho ditantang oleh tim Shark Tooth di tempat X-Zone, dimana ia sering menghabiskan waktu berlatihnya hingga hari-hari bersama ayahnya yang sudah meninggal disana.

Ketika ia bertanding dengan tim Shark Tooth, tiba-tiba asap hitam menutupi sekitar, dan secara tak sadar melempar mereka ke dunia lain.

Tak berlangsung lama, pengendara sepeda lainnya datang kepada Sho dan menantang Sho untuk mengumpulkan 10 buah emblem dengan memenangkan pertandingan yang disebut Idaten Battle.

Memenangkan pertandingan tersebut adalah jalan satu-satunya agar mereka bisa kembali ke dunia nyata.

Kini Sho, Takumi, dan Makoto saling berusaha dengan kemampuan terbaiknya agar bisa memenangkan pertandingan Idaten yang sangat kompetitif ini.

Judul Alternatif: Idaten Jump

Adaptasi: Manga

Studio: Trans Arts

19. Oban Star-Racers

Anime Oban Star-Racers
Oban Star-Racers

Eva, karakter utama dari anime ini melarikan diri dengan menggunakan sepeda roketnya yang baru saja ia selesaikan, setelah ia lama mendengar kabar dari ayahnya pada hari ulang tahunnya.

Saat melarikan diri, ia menyelinap bersama tim Bumi ke Alwas untuk mengikuti Great Race dimana hadiah perlombaannya itu adalah sebuah keinginan yang dapat dikabulkan.

Mengambil kesempatan yang ada, Eva dengan tim Bumi berjuang untuk bisa memenangkan perlombaan tersebut walaupun dari beberapa anggota ada yang mengetahui bahaya besar apa yang akan menanti mereka.

Judul Alternatif: Oban Star Racers

Adaptasi: Original

Studio: Hal Film Maker

20. Scan2Go

Anime Mini4WD Scan2Go
Scan2Go

Pada dasarnya Scan2Go memiliki latar cerita hampir sama dengan Let’s & Go dengan Tamiya, maupun Dash Yankurou dengan Mini 4WD nya.

Uniknya Scan2Go adalah kompetisi mainan seperti Tamiya yang pesertanya mengikuti planet-planet dari luar galaksi kita (Milky Way).

Balapan mobil mainan ini diadakan untuk memperebutkan gelar pebalap nomor satu di alam semesta. Semakin besar kompetisinya semakin besar pula rintangan untuk memenangkan perlombaan tersebut.

Judul Alternatif: Scan2Go

Adaptasi: Original

Studio: SynergySP

21. Nasu: Andalusia no Natsu

Anime Sepeda Nasu Andalusia no Natsu
Nasu Andalusia no Natsu

Nasu Andalusia no Natsu adalah film anime balapan sepeda yang dikerjakan oleh studio Madhouse.

Mengisahkan Pepe, seorang pengendara sepeda asal Spanyol yang berkompetisi di balapan Iberia (balapan mirip Tour de France).

Awal karir pebalap sepedanya tak begitu bagus, Pepe dihadapkan dengan berbagai situasi yang rumit dan tak mengenakan, seperti mantan pacarnya Carmen yang menikahi kakaknya, dan kurangnya sponsor di balapannya.

Mengalami kesulitan beberapa waktu, Pepe tetap melakukan yang terbaik, berjuang untuk menjadi pemenang di balapan sepeda selanjutnya walau situasi rumit sedang ia hadapi.

Judul Alternatif: Nasu: Summer in Andalusia

Adaptasi: Manga

Studio: Madhouse

22. Over Drive

Anime Sepeda Over Drive
Over Drive

Seorang siswa SMA bernama Shinozaki Mikoto memiliki sifat yang pemalu, tubuhnya pendek dan sering diganggu di sekolahnya.

Fukazawa Yuki, gadis yang ia suka melihat sesuatu di dalam diri Mikoto, sehingga ia akhirnya menawarkan Mikoto untuk bergabung ke dalam klub bersepedanya.

Mikoto pun menerima tawaran itu, sambil bersepeda sambil juga Mikoto berusaha untuk merubah pribadinya menjadi sosok yang bisa ia banggakan.

Judul Alternatif: OverDrive

Adaptasi: Manga

Studio: Xebec

23. Yowamushi Pedal

Anime Yowamushi Pedal
Yowamushi Pedal

Yowamushi Pedal mengisahkan seorang otaku bernama Sakamichi Onoda yang ingin mencari anggota baru di klub animenya. Sayangnya tak ada yang berminat.

Suatu hari ia bertemu dengan Shunsuke Imaizumi, pengendara sepeda yang menggunakan tanjakan curam untuk latihan.

Terkejut Onoda mampu mendaki bukit curam dengan sepedanya karena ia sudah terbiasa melewati bukit tersebut sejak kelas 4 SD, Imaizumi pun menantang Onoda.

Mereka pun membuat sebuah kesepakatan, Jika Onoda menang, maka Imaizumi harus bergabung dengan klub animenya. Dari sanalah satu persatu pesepeda yang Onoda temui menjadi kandidat terbaik menjadi anggota animenya di sekolah.

Judul Alternatif: Yowapeda

Adaptasi: Manga

Studio: TMS Entertainment

24. Yoroshiku Mechadock

Yoroshiku Mechadock
Yoroshiku Mechadock

Dalam anime Yoroshiku Mechadock, kamu akan disuguhkan balapan mobil sederhana yang mampu bersaing dengan mobil lainnya yang sekelas.

Mengikuti kisah Jun Kazami yang bekerja di bengkel tuning MechaDoc bersama dengan teman-temannya.

Ia meningkatkan kemampuan sebuah mobil reguler non balap untuk nantinya dijadikan sebagai mobil balap sungguhan.

Judul Alternatif: Leave it to Mecha-Doc

Adaptasi: Manga

Studio: Tatsunoko Production

25. Track City

Anime Mini4WD Track City
Track City

Jimmy memiliki hobi bermain game, suatu hari ia terlempar ke dalam game yang ia mainkan bernama Track City.

Saat di dunia game, ia bertemu dengan walikota yang membutuhkan bantuan pebalap terpilih untuk berkompetisi di dunia itu.

Tak hanya berkompetisi, tapi juga menyelamatkan dunia dari virus kehancuran. Satu-satunya cara untuk menghilangkan virus tersebut adalah dengan memenangkan balapan.

Judul Alternatif: Track City

Adaptasi: Original

Studio: SBS TV Production

Kesimpulan

Jadi itu tadi rekomendasi anime balap terbaik yang memiliki cerita seru dan adegan menarik untuk dilihat. Apalagi ditambah sengitnya adegan balapan yang tersaji di setiap episodenya.

Balapan adalah kompetisi yang sengit, saling salip menyalip dan berusaha untuk menjadi juara.

Jika kamu menyukai adegan pertarungan yang intensitasnya tinggi (mirip anime aksi), maka anime genre balap satu ini tak boleh kamu lewatkan.

Dari beberapa judul diatas, judul anime yang mana yang menarik perhatianmu dan ingin segera kamu lihat?

Anime Olahraga Terbaik

40 Rekomendasi Anime Olahraga Terbaik Sepanjang Masa, Seru Abis Nontonnya!

Rekomendasi Anime Vampire Terbaik

40 Anime Vampire Terbaik yang Wajib Kamu Lihat Segera!