in

55 Rekomendasi Anime Harem Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Lihat!

Rekomendasi Anime Harem Terbaik
Rekomendasi Anime Harem Terbaik

Kami telah mengumpulkan puluhan rekomendasi anime harem terbaik yang punya cerita seru untuk kamu lihat!

Apa itu anime harem? Itu adalah anime yang memiliki cerita dimana biasanya karakter utama memiliki dua atau lebih kisah romantis yang semuanya jatuh cinta atau tergila-gila dengan karakter utama.

Kisah romantis tersebut disajikan mengikuti alur cerita dalam anime nya. Ketika masuk satu alur ke alur berikutnya, bertambah pula orang yang jatuh cinta kepada karakter utama.

Untuk kamu yang suka dengan genre anime seperti ini, Wokeeh memiliki puluhan rekomendasi anime harem terbaik sepanjang masa yang bisa kamu lihat segera. Berikut beberapa daftar rekomendasinya.

1. Kanojo, Okarimasu

Kanojo Okarimasu!

Kanojo Okarimasu adalah salah satu anime harem terbaik dan terpopuler di kalangan para penggemar anime. Bahkan penjualan manganya saja lumayan besar untuk genre seperti ini.

Setelah dicampakan oleh pacarnya, Kazuya Kinoshita mencoba menenangkan diri dari kekosongan menggunakan bantuan pacar sewaan melalui aplikasi smartphonenya.

Pada awalnya Chizuru Mizuhara terlihat sebagai gadis sempurna di mata Kazuya, namun dalam pikiran Kazuya merasa bahwa dari kesempurnaan tersebut ia yakin bahwa Chizuru hanya memainkan hati para pria.

Ketika Kayuza memberikan rating jelek di aplikasi tersebut, Chizuru kesal dan mendatangi Kayuza sambil memperlihatkan sifat aslinya yang tempramental dan lancang.

Ketika nenek Kazuya masuk rumah sakit, ia datang bersama Chizuru yang dianggap oleh neneknya sebagai pacar yang baik.

Tak ingin neneknya sedih, Kazuya dan Chizuru pun dipaksa menjalin hubungan palsu, seolah-olah mereka benar-benar sepasang kekasih.

Adaptasi: Manga

Studio: TMS Entertainment

Genre: Harem, School, Comedy, Romance

2. 5-toubun no Hanayome

Anime Romantis 5-toubun no Hanayome

5-toubun no Hanayome juga termasuk salah satu anime harem terbaik yang lumayan populer dikalangan para penggemar anime.

Anime ini menceritakan kisah Fuutarou Uesugi yang pintar namun tak memiliki banyak teman, serta kehidupannya serba kekurangan uang.

Suatu ketika ia bertengkar dengan Itsuki Nakano karena perebutan kursi makan siang, walau insiden ringan namun membuat Fuutarou kebingungan sekaligus canggung.

Benar saja, ketika Fuutarou ditawari pekerjaan menjadi guru privat di keluarga kaya raya, ia langsung menyadari bahwa penerima bimbingannya tak lain adalah Itsuki dan empat saudari kandungnya yang identik.

Miku yang pemalu, Yotsuba yang ceria, Nino yang licik, dan Ichika yang memiliki sifat dewasa. Semua saudari tersebut akan memulai bimbingannya bersama dengan Fuutarou.

Dari sana kehidupan Fuutarou menjadi lebih kompleks, kini ia harus menghadapi tantangan mengajar lima gadis cantik yang eksentrik sambil tetap fokus menjauh dari godaan-godaan romansa yang kelima gadis tersebut perlihatkan ke Fuutarou.

Adaptasi: Manga

Studio: Tezuka Productions

Genre: Harem, Comedy, Romance, School

3. Kami nomi zo Shiru Sekai

Anime Kami nomi zo Shiru Sekai

Anime harem satu ini menceritakan kisah Keima Katsuragi, siswa sekolah menengah yang dikenal di dunia online sebagai “Dewa Penaklukan”, atau pria yang mudah menaklukan hati gadis dalam game simulasi kencan manapun.

Suatu sore ia sedang mengerjakan tugas kebersihan, ketika ia melihat seorang gadis, hatinya langsung spontan ingin memanggil gadis tersebut.

Gadis itu bernama Elucia “Elsie” de Lute Ima. Sayangnya gadis yang dipanggil bukanlah gadis normal alias bukan manusia, ia adalah seorang penghuni neraka yang ditugaskan menangkap roh-roh pelarian yang membusuk di hati pada gadis.

Keima terkejut dan mencoba melarikan diri, namun sayangnya ketika Keima memanggil gadis tersebut, ketika itu pula sebuah kontrak antara Keima dan Elsie terbentuk.

Kini Keima ditugaskan untuk menangkap roh-roh pelarian di hati para gadis manapun dengan bekal pengetahuannya tentang dating sims untuk membantu mendapatkan hati para gadis di kehidupan nyata.

Adaptasi: Manga

Studio: Manglobe

Genre: Harem, Comedy, Romance, Supernatural

4. Bokutachi wa Benkyou ga Dekinai

Bokutachi wa Benkyou ga Dekinai

Rekomendasi anime harem terbaik yang berjudul Bokutachi wa Benkyou ga Dekinai satu ini memiliki cerita seru yang dibumbui komedi lucu yang enak untuk kamu lihat.

Nariyuki Yuiga adalah siswa yang miskin, bekerja tanpa lelah agar bisa menerima nominasi VIP, beasiswa yang membiayai semua biaya kuliah.

Kepala sekolah memberikannya beasiswa namun dengan syarat ia harus mengajari para siswa populer sekolah dalam mata pelajaran terlemah mereka.

Kini Nariyuki menjadi tutor untuk Rizu Ogata yang lemah ilmu humaniora, Fumino Furuhashi yang lemah ilmu sains, dan Uruka Takemoto yang putus asa dalam segala hal.

Sambil mengajari ilmu yang tak mereka kuasai, sambil juga benih-benih cinta antara mereka bertumbuh untuk Nariyuki, namun sayangnya Nariyuki tak menyadari akan hal itu.

Adaptasi: Manga

Studio: Silver, Arvo Animation

Genre: Harem, Comedy, School, Romance

5. Nisekoi

Nisekoi

Nisekoi termasuk salah satu anime harem terbaik yang menceritakan kisah Raku Ichijou yang pernah membuat janji manis dengan teman masa kecilnya.

Ketika sepuluh tahun sudah berlalu, ingatan akan janji tersebut terlupakan dan memudar. Namun ia masih memiliki benda yang berhubungan dengan janji manis itu.

Raku adalah pewaris keluarga yakuza dan ia tak bisa lari dari tugas tersebut. Suatu ketika ia dipaksa untuk menjalin hubungan dengan Chitoge Kirisaki, putri pimpinan yakuza Bee Hive.

Keduanya saling membenci namun harus belajar untuk hidup bersama sambil berpura-pura saling mencintai untuk menjaga keluarga yakuza mereka tetap akur.

Sambil hidup bersama Chitoge, Raku tetap menjalani pencarian seseorang dari memori janji manis yang dulu pernah ia ucapkan. Sayangnya pencarian tersebut menarik lebih banyak gadis ke kehidupan Raku yang kompleks.

Adaptasi: Manga

Studio: Shaft

Genre: Harem, Comedy, Romance, School

6. Hayate no Gotoku!!

Hayate no Gotoku!!

Hayate no Gotoku adalah anime harem komedi yang mengisahkan kemalangan hidup Hayate Ayasaki yang menghabiskan hidupnya bekerja paruh waktu untuk orang tuanya yang boros.

Suatu ketika ia ditinggal oleh orang tuanya sendirian dengan hutang hampir 150 juta yen. Kini Hayate dikejar-kejar oleh penagih hutang.

Ketika ia kabur ke taman, ia menemukan gadis pirang yang ia kira adalah orang kaya. Hayate ingin mencoba menculiknya untuk meminta tebusan uang.

Namun sayang, sebelum diculik olehnya, gadis tersebut diculik duluan oleh orang lain. Hayate pun pergi mencoba menyelamatkannya, dan ketika sudah diselamatkan Hayatemendapat imbalan sebuah pekerjaan.

Kini Hayate menjadi seorang pelayan di keluarga gadis pirang tersebut. Walaupun sudah bekerja di keluarga kaya, kemalangan Hayate pun tetap ada, kesulitan dan beban masih terus menghampiri hidupnya.

Adaptasi: Manga

Studio: SynergySP

Genre: Harem, Action, Comedy, Romance, Parody

7. Yamada-kun and the Seven Witches

Anime Yamada-kun and the Seven Witches

Anime harem terbaik berjudul Yamada-kun and the Seven Witches satu ini memiliki cerita romansa yang cukup seru untuk kamu nikmati.

Menceritakan seorang junior di Suzaku High School bernama Ryuu Yamada yang terkenal sebagai berandalan.

Suatu ketika Yamada konflik dengan Urara Shiraishi, siswa kelas atas. Ia mencoba memprovokasi saat sedang menaiki tangga. Sayangnya mereka tersandung dan jatuh bersama sampai dibawa ke rumah sakit.

Ketika Yamada terbangun di rumah sakit, ia terkejut karena menemukan dirinya berada di tubuh Shiraishi. Tubuh mereka saling bertukar tanpa sengaja, membuat mereka sama-sama terkejut.

Satu-satunya cara agar tubuh mereka bisa kembali ke tempatnya masing-masing adalah dengan ciuman yang tak sengaja selama musim gugur.

Adaptasi: Manga

Studio: LINDENFILMS

Genre: Harem, Comedy, Mystery, Romance, Supernatural, School

8. Grisaia no Kajitsu

Grisaia no Kajitsu

Yuuji Kazami adalah murid pindahan yang baru diterima di Akademi Mihama. Ia terkejut ketika mengetahui hanya ada kepala sekolah dan lima siswa lainnya di Akademi tersebut.

Dengan minimnya murid, sosialisasi pun tidak bisa dihindarkan. Yuuji berkenalan dengan mereka semua dan mengetahui kebenaran di balik kecilnya jumlah siswa dalam Akademi yang Yuuji hadiri sebagai murid.

Mereka semua mengalami pengalaman traumatisnya sendiri yang tersembunyi dari dunia. Akademi Mihama bertindak sebagai rumah bagi para gadis-gadis ini agar mereka bisa selamat dari pengalaman traumatisnya.

Kini Yuuji ditempatkan dalam dua jalan berbeda di hadapannya, entah ia memilih tak ingin mencampuri urusan mereka, atau menyelamatkan mereka dengan segala upaya yang Yuuji bisa.

Adaptasi: Visual Novel

Studio: 8bit

Genre: Harem, Drama, Romance, School, Psychological

9. Saenai Heroine no Sodatekata

Saenai Heroine no Sodatekata Fine

Saenai heroine no Sodatekata adalah anime harem komedi terbaik yang menceritakan kehidupan Tomoya Aki, otaku sekolah menengah yang juga bekerja paruh waktu untuk membiayai kehidupannya.

Suatu ketika ia bertemu dengan Megumi Katou, gadis cantik yang mengubah hidupnya menjadi sebuah hubungan yang sangat rumit.

Selain itu ada Eriri, teman masa kecil yang selalu menghargai hubungannya dengan Tomoya, ada juga Utaha seorang jenius sastra yang terkenal dingin namun menginginkan hati si karakater utama.

Adaptasi: Light Novel

Studio: A-1 Pictures

Genre: Harem, Comedy, Romance, School

10. Ore wo Suki nano wa Omae dake ka yo

Ore wo Suki nano wa Omae dake ka yo

Anime harem school yang satu ini mengisahkan rumitnya kehidupan sekolah Amatsuyu Kisaragi yang menjadi tempat curhat sekaligus penasihat cinta untuk dua gadis bernama Sakura Akino, dan Aoi Hinata.

Kini Kisaragi bertanggung jawab membimbing dua gadis tersebut memenangkan hati pria yang sama, yaitu Taiyou Ooga, ace tim bisbol.

Kisaragi sebenarnya memiliki rencana, ia ingin Akino atau Hinata mendapatkan cinta Ooga, dan ia mengambil yang lain sebagai hadiahnya sendiri.

Sayangnya rencana Kisaragi terancam oleh Sumeriko Sanshokuin, seorang yang mengejutkan Kisaragi karena mengetahui kepribadian dan rencana rahasianya.

Kini Kisaragi dihadapkan dengan banyak sekali gadis yang masuk ke kehidupannya yang semakin hari semakin bertambah rumit.

Adaptasi: Light Novel

Studio: Connect

Genre: Harem, Comedy, Romance, School

11. Date A Live

Anime Date A Live

Tiga puluh tahun lalu gempa spasial terjadi di benua Eurasia, mengakibatkan lebih dari 150 juta orang meninggal.

Di sisi lain ada Shidou Itsuka, siswa yang hidup bersama adik perempuannya bernama Kotori.

Ketika gempa mengancam kota yang ia tinggali ia segera menyelamatkannya, namun terperangkap dalam letusan yang dihasilkan oleh gempa yang baru saja terjadi.

Dia menemukan gadis misterius di sumber ledakannya yang disebut “Roh”, entitas dunia lain yang memicu gempa spasial.

Mengikuti alur cerita, kini Shidou diperintahkan oleh adiknya sendiri Kotori untuk menyelamatkan dunia dengan cara mencari Roh untuk memikat hati mereka dengan kecakapan berkencannya.

Adaptasi: Light Novel

Studio: AIC PLUS+

Genre: Harem, Comedy, Romance, School, Mecha, Sci-Fi

12. Sekirei

Sekirei

Sekirei adalah salah satu anime harem terbaik yang menceritakan kisah Minato Sahashi yang baru saja gagal dalam ujian masuk perguruan tinggi untuk kedua kalinya. Kini ia dianggap tak berguna oleh orang sekitar.

Kehidupan suram Minato berubah secara dramatis ketika seorang gadis jatuh dari langit dan masuk ke kehidupannya. Ia adalah Musubi. Alien humanoid dengan kemampuan luar biasa.

Tak hanya Musubi saja yang Minato temui, ia juga bertemu dengan Sekirei lainnya yang sengaja dan tanpa sengaja masuk ke kehidupan Minato.

Kini hidup Minato yang dulunya suram menjadi penuh dengan keceriaan karena bisa hidup dengan banyak gadis-gadis dari planet lain. Walau semua itu membuat hidup Minato menjadi lebih rumit.

Adaptasi: Manga

Studio: Seven Arcs

Genre: Harem, Action, Comedy, Super Power

13. Boku wa Tomodachi ga Sukunai

Boku wa Tomodachi ga Sukunai

Anime harem komedi satu ini menceritakan kisah Kodaka Hasegawa yang baru pindah ke sekolah baru. Ketika baru sampai disana, ia langsung dicap berandalan oleh siswa lain.

Kini ia kesulitan berteman dan bahkan menjadi penyendiri. Suatu ketika ia menemukan sesama penyendiri Yozora Mikazuki yang berbicara dengan teman imajinernya di ruang kelas kosong.

Setelah berbagi cerita dengan Yozora, kini mereka memutuskan untuk memulai Klub Tetangga (Neighbor’s Club). Klub yang diciptakan untuk orang-orang yang tak memiliki teman.

Aktivitas disana meliputi pembelajaran keterampilan sosial dan cara menyesuaikan diri dengan orang lain, diharapkan agar memungkinkan untuk mereka menemukan teman nantinya.

Dari kegiatan itu menarik banyak siswa penyendiri lainnya yang eksentrik. Kini Kodaka akhirnya menemukan orang-orang yang bisa ia sebut teman di klub yang penuh dengan orang-orang aneh dan lucu ini.

Adaptasi: Light Novel

Studio: AIC Build

Genre: Harem, Comedy, Romance, Slice of Life, School

14. Seitokai no Ichizon

Anime Seitokai no Ichizon

Anime ini memiliki kisah komedi yang lucu dan dipenuhi parodi dari anime dan manga yang lain, seperti Dragon Ball, Melancholy of Haruzi Suzumiya, dan lainnya.

Kisah berpusat pada kehidupan Anggota OSIS Akademi Hekiyou yang dipilih berdasarkan voting popularitas.

Disana anggotanya terdiri dari gadis-gadis, kecuali Sugizaki Ken, yang bekerja keras untuk bisa masuk anggota dewan tanpa memiliki popularitas sama sekali.

Adaptasi: Light Novel

Studio: Studio Deen

Genre: Harem, Comedy, Parody, School

15. Mayo Chiki

Mayo Chiki

Mayo Chiki adalah salah satu anime harem school terbaik yang mengisahkan Kinjirou Sakamachi, seorang siswa yang sangat kuat bahkan dapat menerima pukulan keras dan benturan kendaraan yang mematikan.

Walaupun ia kuat, Kinjirou memiliki fobia terhadap gadis, bahkan hidungnya bisa berdarah hanya dari menyentuh seorang gadis.

Suatu ketika hidupnya berubah ketika bertemu dengan Subaru Konoe yang tiba-tiba menyerang Kinjirou karena terkejut, sehingga membuat Kinjirou pingsan.

Ketika ia terbangung dari pingsan, ia bertemu dengan Kanade yang langsung berjanji untuk membantu menyembuhkan fobia Kinjirou terhadap perempuan.

Proses penyembuhan fobia Kinjirou justru menuntunnya untuk lebih banyak bertemu dengan para gadis.

Adaptasi: Light Novel

Studio: feel.

Genre: Harem, Comedy, Romance, School

16. Genjitsu Shugi Yuusha no Oukoku Saikenki

Genjitsu Shugi Yuusha no Oukoku Saikenki

Anime ini mengisahkan Kazuya Souma yang dipanggil ke dunia fantasi meninggalkan kehidupan sulitnya di dunia nyata setelah tak memiliki satupun keluarga.

Ia menemukan dirinya di sebuah Kerajaan Elfrieden, negara kecil yang sedang sekarat dan mulai runtuh ekonominya.

Ketika Kazuya dipanggil ke dunia tersebut, ia ditugaskan untuk membantu dalam konflik sebagai persembahan dari Elfrieden kepada sekutunya.

Tak suka dijadikan upeti, Kazuya memutuskan untuk membantu Elfrieden dengan cara reformasi administrasi.

Hasilnya pun tak begitu mengecewakan, sehingga menuntun Kazuya ke pertunangan dengan seorang putri di kerajaan tersebut.

Kini Kazuya memiliki tugas dan tujuan untuk menemukan sekelompok warga berbakat yang akan membantunya dalam pertempuran birokrasi untuk memperbaiki negara itu.

Adaptasi: Light Novel

Studio: J.C.Staff

Genre: Harem, Action, Fantasy, Romance, Military

17. Nyan Koi!

Nyan Koi!

Nyan Koi adalah salah satu anime harem terbaik yang memiliki cerita seru, bahkan banyak adegan komedinya yang terbilang lucu.

Junpei Kosaka adalah pria yang benci kucing, lucunya ia naksir dengan teman sekelas yang suka kucing.

Suatu ketika ia tak sengaja membuat dewa kucing marah, membuat Junpei dikutuk dengan kutukan bisa mengerti ucapan kucing di seluruh dunia.

Kini ia diberikan tugas untuk mengabulkan 100 permintaan dari kucing yang ia temui atau dia sendiri akan berubah menjadi kucing.

Adaptasi: Manga

Studio: AIC

Genre: Harem, Comedy, Romance

18. Kimi ga Aruji de Shitsuji ga Ore de

Anime Kimi ga Aruji de Shitsuji ga Ore de

Ren Uesugi dan saudarinya Mihato meninggalkan rumah karena masalah keluarga, namun sayang mereka baru menyadari bahwa mereka tak punya uang untuk membiayai hidup diluar rumah.

Suatu ketika mereka mendapatkan pekerjaan dalam keluarga Kuonji, dipekerjakan sebagai pelayan untuk tiga saudara perempuan dari keluarga tersebut, mereka bernama Shinra, Miyu, dan Yume.

Adaptasi: Visual Novel

Studio: A.C.G.T

Genre: Harem, Comedy, Parody, Romance

19. Rokujouma no Shinryakusha!?

Rokujouma no Shinryakusha!

Rokujouma no Shinryakusha termasuk salah satu anime harem terbaik yang menceritakan Koutarou muda dimana ia terpaksa tinggal di apartemen kecil karena kekurangan uang.

Sisi baiknya ia bisa hidup di apartemen secara gratis, dan sisi buruknya hanya kamar Koutarou yang berhantu dan terkutuk.

Walau kamarnya dihantui, Koutarou memiliki tetangga yang unik-unik, mulai dari yang usil hingga penyihir gadungan. Semua itu harus dilalui oleh Koutarou jika ingin tinggal tanpa biaya sewa di apartemen tersebut.

Adaptasi: Light Novel

Studio: SILVER LINK

Genre: Harem, Comedy, Supernatural, School

20. Ai Yori Aoshi

Ai Yori Aoshi

Kaoru Hanabishi adalah mahasiswa yang tinggal sendirian, suatu ketika ia bertemu gadis yang kebingungan di stasiun kereta api.

Ia menawarkan diri untuk memandu gadis tersebut ke alamat yang ia cari, tapi ternyata alamat tersebut mengarah ke tanah kosong.

Kaoru mengundang gadis tersebut ke rumahnya sambil mencari informasi tambahan terkait alamat yang dicari.

Gadis itu lalu memberikan foto dua anak yang segera diidentifikasi oleh Kaoru sebagai dirinya sendiri dan Aoi Sakuraba, teman masa kecilnya.

Ternyata gadis itu adalah Aoi Sakuraba sendiri yang datang ke Tokyo untuk menikah dengannya. Kaoru pun terkejut sambil mengingat kejadian dimana Kaoru meninggalkan keluarga Hanabishi sejak awal.

Adaptasi: Manga

Studio: J.C.Staff

Genre: Harem, Comedy, Drama, Romance, Slice of Life

21. Mangaka-san to Assistant-san to The Animation

Anime Mangaka-san to Assistant-san to The Animation

Rekomendasi anime harem terbaik berjudul Mangaka-san to Assistant-san to The Animation satu ini memiliki banyak adegan lucu yang asyik untuk dilihat.

Menceritkan Yuuki Aito, seniman manga yang ingin menggambar sebanyak yang ia bisa. Tentu ia dikelilingi oleh banyak asisten wanita yang terus menerus dimintai sebagai referensi untuk manga yang ia gambar.

Adaptasi: Manga

Studio: Zexcs

Genre: Harem, Comedy, Slice of Life

22. Inou-Battle wa Nichijou-kei no Naka de

Inou-Battle wa Nichijou-kei no Naka de

Anime harem school satu ini bercerita ketika empat anggota klub sastra dan keponakan sekolah dasar dari penasihat fakultas mereka dianugerahkan kemampuan gaib.

Andou Jurai yang bisa menciptakan api hitam, Tomoyo yang mampu manipulasi waktu, Hatoko mampu mengendalikan lima elemen, Chifuyu mampu menciptakan sesuatu, dan Sayumi yang bisa memperbaiki benda atau menyembuhkan yang hidup.

Adaptasi: Light Novel

Studio: Trigger

Genre: Harem, Comedy, Romance, Slice of Life

23. Negima!?

Negima!

Negima termasuk salah satu anime harem terbaik yang bercerita tentang penyihir Negi Springfield, penyihir 10 tahun yang baru saja lulus dari Akademi Sihir Merdiana di Wales.

Untuk mencapai tujuannya menemukan ayahnya yang hilang, ia diberi tugas mengajar bahasa Inggris di sebuah sekolah menengah di Jepang.

Terkejut, ia menemukan diri dalam kelas yang memiliki 31 siswa perempuan dimana terkadang mereka menggoda Negi ketika mengajar.

Adaptasi: Manga

Studio: Shaft

Genre: Harem, Adventure, Comedy, Romance, Supernatural, School

24. Strike the Blood

Strike the Blood

Kojou Akatsuki adalah siswa sekolah menengah biasa di Distrik Pulau Itogami, namun tiba-tiba takdir mengubahnya menjadi seorang yang memiliki kemampuan vampir luar biasa.

Khawatir dengan kemampuan yang Kojou miliki, Organisasi Lion King mengirimkan ahli pedang yang sedang magang bernama Yukina Himeragi untuk memantau Kojou.

Kini mereka berdua dipaksa bersama dan membentuk aliansi untuk berjuang melindungi kota dari berbagai kekuatan besar jahat yang akan datang.

Adaptasi: Light Novel

Studio: SILVER LINK, Connect

Genre: Harem, Action, Fantasy, Supernatural, School

25. Isekai no Seikishi Monogatari

Isekai no Seikishi Monogatari

Isekai no Seikishi Monogatari termasuk anime isekai terbaik yang bercerita tentang Kenshi Masaki, ia diculik ke dunia Geminar oleh kelompok misterius.

Agar bisa kembali ke rumahnya ia membantu kelompok tersebut untuk membunuh permaisuri baru dari Kekaisaran Shtrayu, Lashara Aasu XXVIII, menggunakan robot raksasa.

Sayangnya rencana mereka gagal, membuat Kenshi ditangkap hidup-hidup dan dijadikan sebagai pelayan di kerajaan tersebut.

Sebagai pelayan baru permaisuri, Kenshi diharuskan menemani Lashara ke Tanah Suci, akademi tempat pilot robot raksasa mengasah keterampilan.

Suatu ketika ia menyadari bahwa suatu niatan dan rencana yang jahat sedang terjadi di dalam akademi itu, dimana jika niatan tersebut terjadi bisa menjerumuskan dunia ke dalam peperangan besar.

Adaptasi: Original

Studio: AIC Spirits, BeSTACK

Genre: Harem, Action, Comedy, Fantasy, School

26. Mashiro-iro Symphony

Mashiro-iro Symphony

Suatu hari sebuah rencana penyatuan Akademi Swasta Yuihime Girls dan Akademi Swasta Kagamidai mendapat protes yang besar dari beberapa pihak.

Beberapa siswa laki-laki dari Akademi Kagamidai ditempatkan lebih dulu di Akademi perempuan Yuihime untuk percobaan.

Ketika Shingo terpilih sebagai satu kandidat percobaan, ia mendapat sambutan yang tak diinginkan, bahkan menerima tatapan sinis bercampur aura amarah dari siswa perempuan di Akademi Yuihime.

Anime ini berfokus pada usaha Shingo untuk bisa mendapatkan kesan baik dari para murid perempuan di sekolah tersebut, dan usaha dimana murid Yuihime bisa menerima siswa laki-laki sebelum percampuran dua sekolah dilakukan.

Adaptasi: Visual Novel

Studio: Manglobe

Genre: Harem, Drama, School, Romance

27. Tenchi Muyou!

Anime Tenchi Muyou!

Tenchi Muyou adalah salah satu anime harem terbaik yang sangat lawas, rilis pada tahun 1995 dengan gaya gambaran animenya yang khas pada saat itu.

Menceritakan kisah Tenchi Masaki yang berusaha beradaptasi dengan penghuni baru di rumahnya. Penghuni tersebut datang dari planet lain.

Mereka adalah Ryouko, Putri Aeka dari Jurai, Putri Sasami, dan lainnya. Itu semua terjadi ketika Tenchi menyelamatkan Ryouko yang tertembak jatuh mendarat di kuil keluarga Tenchi, dimana setelah kejadian tersebut serangkaian peristiwa yang tak biasa selalu terjadi.

Adaptasi: Original

Studio: AIC

Genre: Harem, Comedy, Rpmance, Sci-Fi

28. Shuffle!

Anime Shuffle!

Rekomendasi anime harem terbaik yang satu ini menceritakan masa dimana Dewa dan Iblis hidup berdampingan dengan manusia.

Tsuchii Rin adalah siswa SMA biasa di Akademi Verbena, suatu ketika putri Dewa bernama Sia, dan putri Iblis bernama Nerine pindah menjadi tetanga Rin.

Tanpa diduga mereka jatuh cinta setelah bertemu dengannya di masa lalu. Setelah mengetahui lebih banyak orang yang mencintainya, kisah hidup Rin pun menjadi lebih rumit.

Adaptasi: Visual Novel

Studio: asread

Genre: Harem, Comedy, Drama, Romance, School

29. Seirei Gensouki

Seirei Gensouki

Hakuto Amakawa adalah mahasiswa yang bereinkarnasi menjadi anak laki-laki bernama Rio di dunia lain. Ia menyadari memiliki kekuatan magis yang tak biasa.

Suatu ketika Rio menyelamatkan putri Kerajaan Bertram dari penculikan, lalu diberi imbalan untuk bisa mendaftar di Bertram Royal Academy.

Kini Rio merasa lebih bersemangat memulai babak baru, walaupun ia dikelilingi oleh anak-anak bangsawan yang agung. Pesona Rio pun tak lepas dari beberapa pandangan siswa perempuan disana.

Adaptasi: Light Novel

Studio: TMS Entertainment

Genre: Harem, Action, Adventure, Romance

30. Yuragi-sou no Yuuna-san

Anime Yuragi-sou no Yuuna-san

Yuragi-sou no Yuuna-san adalah anime harem terbaik yang cukup populer di kalangan penikmat anime. Ini menceritakan kisah Fuyuzora Kogarashi yang harus menjalani hidupnya berdampingan dengan roh.

Ketika Kogarashi menyewa penginapan murah di sebuah desa dalam pegunungan ia melihat tempat tersebut memiliki hantu yang rumornya menakutkan.

Ketika siap menghadapi hantu itu, ia terkejut bahwa yang dilihat adalah hantu gadis berambut perak yang satu-satunya ingatan tentang hidupnya sebelum kematian hanya namanya saja, yaitu Yuuna.

Uniknya lagi, setiap yang tinggal di penginapan itu tak hanya bisa melihat Yuuna saja tetapi masing-masing dari mereka memiliki kemampuan supranaturalnya sendiri.

Adaptasi: Manga

Studio: Xebec

Genre: Harem, Comedy, Romance, Supernatural

31. Rosario to Vampire

Rosario to Vampire

Rekomendasi anime harem berjudul Rosario to Vampire satu ini menceritakan kisah Tsukune Aono, remaja yang didaftarkan oleh orang tuanya di Akademi Youkai setelah tak mendapatkan kesempatan di Akademi dunia manusia.

Ketika sampai disana ia bertemu dengan gadis bernama Moka Akashiya yang sebenarnya dibalik tampilan gadis lugu tersebut ada kepribadian yang mengancam, yaitu vampir berdarah dingin.

Adaptasi: Manga

Studio: Gonzo

Genre: Harem, Comedy, School, Vampire, Romance

32. Shinmai Maou no Testament

Anime Shinmai Maou no Testament

Anime ini menceritakan kehidupan kompleks dan rumit Basa Toujou, dimana ayahnya membawa pulang dua gadis yang diperkenalkan sebagai saudara barunya.

Situasi menjadi semakin rumit ketika gadis-gadis tersebut mengungkapkan diri sebagai iblis dan Basara adalah klan pahlawan dimana mereka berdua adalah musuh bebuyutan.

Walau begitu, setelah merawat saudara barunya, ia lebih memutuskan untuk melindungi mereka dari ancaman-ancaman luar yang berbahaya.

Adaptasi: Light Novel

Studio: Production IMS

Genre: Harem, Romance, Action

33. Daitoshokan no Hitsujikai

Anime Daitoshokan no Hitsujikai

Kakei Koyoutarou adalah siswa yang senang membaca buku di perpustakaan sekolah. Ia tiba-tiba mendapatkan email dari Shepherd yang meramalkan sebuah peristiwa yang akan mengubah nasibnya.

Khawatir dengan pesan tersebut, Kakei pergi ke stasiun kereta terdekat dan tak sengaja bertemu Tsugumi Shirasaki, siswa yang Kakei selamatkan dari tabrakan kereta yang tergelincir.

Kini mereka bersama-sama membuat kelompok Shiomi Happy Project dengan tujuan bisa mengungkapkan misteri dan identitas Sheperd yang penuh misteri.

Adaptasi: Visual Novel

Studio: Hoods Entertainment, Felix Film

Genre: Harem, Romance, School

34. Kanojo mo Kanojo

Anime Kanojo mo Kanojo

Kanojo mo Kanojo termasuk salah satu anime harem komedi yang unik, menceritakan kisah Naoya Mukai yang akhirnya berkencan dengan teman masa kecilnya bernama Saki Saki.

Namun saat ia sedang berkomitment dengan hubungannya saat ini, tiba-tiba ia menerima pengakuan cinta dari Nagisa Minase.

Agar tak menyakiti hati Nagisa, ia memikirkan sebuah solusi yang bisa membuat Nagisa dan Saki bahagia bersama. Pada akhirnya ia menjalani hubungan tiga arah antara Naoya, Saki, dan Nagisa.

Adaptasi: Manga

Studio: Tezuka Productions

Genre: Harem, School, Comedy, Romance

35. Hajimete no Gal

Hajimete no Gal

Junichi Hashiba mengungkapkan perasaan cintanya kepada Yukana Yame, walau itu dilakukan karena paksaan.

Awalnya Yukana merasa terganggu dengan Junichi, namun perlahan mulai merasa tertarik karena melihat sifat yang Junichi tampilkan setelah menerima banyak godaan dari Yukana.

Adaptasi: Manga

Studio: NAZ

Genre: Harem, Comedy, Romance, School

36. Asu no Yoichi!

Asu no Yoichi!

Asu no Yoichi adalah salah satu anime harem komedi yang lumayan lucu dan enak untuk dilihat. Menceritakan kisah unik hidup Yoichi Karasuma.

Setelah bertahun-tahun belajar ilmu pedang di daerah pegunungan, ia kini pergi merantau ke kota untuk bisa memahami kehidupan masyarakat modern.

Sayangnya Yoichi tak tahu harus bersikap dan berinteraksi seperti apa di lingkungan sekitar. Uniknya ia masih memakai pakaian lengkap samurai di lingkungan kota bersama pedang di sampingnya.

Anime ini berfokus menampilkan berbagai kesalahpahaman yang lucu dari Yoichi dan bagaimana ia menjalani kehidupan barunya di dunia modern.

Adaptasi: Manga

Studio: AIC

Genre: Harem, Comedy, Romance, Martial Arts

37. Hyakka Ryouran: Samurai Girls

Hyakka Ryouran Samurai Girls

Anime ini berlatar pada dunia dimana Shogun Tokugawa tetap aktif dan terisolasi dari seluruh dunia.

Cerita berfokus pada Akademi yang berada di tengah perebutan kekuasaan antara Yukimura Sanada, dan matabei Goto dari faksi Toyotomi.

Ditengah konflik ada karakter utama yang mengatur sekolah Munaeakira Yagyu, dan Jubei Yagyu yang misterius dimana mereka ikut terseret kedalam konflik yang terjadi.

Adaptasi: Light Novel

Studio: Arms

Genre: Harem, Action, Comedy, Samurai

38. Princess Lover!

Anime Princess Lover!

Anime ini mengisahkan Isshin Arima yang baru saja dapat warisan dari kakeknya setelah orang tua Isshin meninggal.

Ia pun juga dijodohkan dengan Sylvia van Hossen, putri yang sama-sama kaya dan makmur. Dari sana mulailah petualangan Isshin di kehidupan barunya yang kaya dan berbeda.

Adaptasi: Visual Novel

Studio: GoHands

Genre: Harem, Comedy, School

39. Hand Maid May

Hand Maid May

Suatu ketika Saotome Kazuya membuat pesanan khusus sebuah boneka lewat online bernama May. Ia berukuran seperti manusia normal, namun kehadiran May membuat Saotome Kayuza canggung.

Lucunya Saotome tahu bahwa untuk menyewa jasa May biayanya tentu tak murah. Cyberdyne yang tak puas karena Saotome telat dan tak bisa bayar pada akhirnya memutuskan untuk melakukan apapun untuk mengambil May dari tangan Saotome.

Adaptasi: Original

Studio: TNK, Production Reed

Genre: Harem, Comedy, Romance, Sci-Fi

40. Amaenaide yo!!

Amaenaide yo!!

Amaenaide yo adalah anime yang fokus ceritanya mengikuti kehidupan Satonaka Ikkou, laki-laki 16 tahun yang dikirim ke Kuil Buddha Saienji untuk dilatih oleh neneknya sebagai pendeta.

Ia terkejut menyadari bahwa di kuil banyak sekali pendeta wanita yang sedang berlatih. Dari sana kehidupan Ikkou yang penuh kesalahpahaman dan kecanggungan pun dimulai.

Adaptasi: Manga

Studio: Studio Deen

Genre: Harem, Comedy, Romance, Supernatural

41. Shuumatsu no Harem

Shuumatsu no Harem

Di masa depan sebuah virus membunuh hampir seluruh populasi pria, dan menyisakan banyaknya wanita di seluruh dunia.

Mizuhara Reito adalah salah satu kandidat yang baru terbangun dari deep freeze dimana ia terkejut menyadari lingkungan sekitarnya berubah drastis.

Misi utama yang ingin ia lakukan setelah bangun adalah mencari Erisa Tachibana, gadis yang ia sukai sebelum bencana virus menyebar.

Sambil berusaha mencari Erisa, sambil juga Reito membantu sebuah organisasi untuk memperbanyak populasi pria setidaknya di Jepang.

Adaptasi: Manga

Studio: Studio Gokumi, AXsiZ

Genre: Harem, Sci-Fi

42. Zero no Tsukaima

Zero no Tsukaima

Rekomendasi anime harem selanjutnya berjudul Zero no Tsukaima yang menceritakan kisah Saito Hiraga yang dipanggil ke dunia fantasi oleh penyihir egois bernama Louise Francoise Le Blanc de La Valliere.

Awalnya Saito diperlakukan oleh Louise sebagai budak, dipaksa membersihkan pakaian dan lain-lain. Namun ketika sebuah tanda di tangan Saito terlihat, ia diyakini oleh yang lain sebagai familiar yang kuat bernama Gandalfr.

Walau awalan di dunia fantasi tak berjalan dengan menyenangkan, kini Saito dan Louise berpetualang bersama sambil mencari tahu lebih banyak hal misterius apa yang ada dalam darinya.

Adaptasi: Light Novel

Studio: J.C. Staff

Genre: Harem, Action, Adventure, Comedy, Fantasy, School, Romance

43. Asobi ni Iku yo!

Asobi ni Iku yo!

Asobi ni Iku yo adalah anime harem komedi yang menceritakan kisah Kio, pria biasa yang bertemu gadis kucing saat menghadiri acara peringatan leluhurnya.

Ia bernama Eris, makhluk asing yang datang ke Bumi untuk belajar lebih banyak ilmu manusia sebagai perwakilan dari planet Catian.

Sayangnya kedatangan Eris mengundang beberapa organisasi jahat yang ingin menangkapnya.

Dari sanalah usaha Kio untuk bisa merahasiakan keberadaan Eris dan melindunginya dari kejaran kelompok-kelompok yang mengancamnya pun dimulai.

Adaptasi: Light Novel

Studio: AIC PLUS+

Genre: Harem, Comedy, Romance, Sci-Fi

44. Ladies versus Butlers!

Ladies versus Butlers!

Hino Akiharu tinggal bersama pamannya setelah kehilangan orang tuanya. Ketika sudah remaja, ia tak ingin menyusahkan pamannya dengan memutuskan untuk masuk sekolah SMA Hakureiryou dengan asmara gratis sebagai pelayan.

Sayangnya karena penampilan Hino yang terlihat nakal membuat takut gadis-gadis di sekolah tersebut dimana mayoritas siswa disana adalah perempuan. Pada akhirnya Hino pun kesulitan mendapatkan teman.

Semenjak kejadian itu Hino mulai berusaha untuk membuktikan kepada para gadis bahwa mereka telah salah menilai Hino.

Adaptasi: Light Novel

Studio: Xebec

Genre: Harem, Comedy, School, Romance

45. High School DxD

Anime High School DxD

Hidup Issei Hyoudoi tiba-tiba berakhir ketika dibunuh oleh gadis yang mengajaknya berkencan.

Untungnya ia diselamatkan oleh Rias Gremory, iblis kelas atas yang menghidupkan kembali Issei dan menjadikannya sebagai pelayan.

Sambil menjalani kehidupan barunya, sambil juga Issei berlatih bertarung agar bisa bertahan hidup di kejamnya dunia malaikat dan iblis.

Adaptasi: Light Novel

Studio: TNK

Genre: Harem, School, Comedy, Romance

46. Megami-ryou no Ryoubo-kun

Megami-ryou no Ryoubo-kun

Kehidupan Koushi Nagumo berubah ketika ia ditolong dari pingsan dijalan oleh wanita bernama Mineru Wachi yang membawanya ke asrama wanita “Megami-ryou”.

Setelah mengetahui kesulitan yang dihadapi Koushi hingga membuatnya pingsan dijalan, akhirnya Mineru mengundang Koushi untuk bekerja menjadi penjaga asrama tersebut.

Namun yang menanti Koushi di sana adalah para penghuni yang unik, galak, sekaligus eksentrik. Walaupun begitu, Koushi tetap melakukan tugasnya dengan baik.

Adaptasi: Manga

Studio: asread

Genre: Harem, Comedy, Romance

47. Rail Wars!

Anime Rail Wars!

Naoto Takayama baru saja mengikuti program pelatihan untuk bisa menjadi karyawan Japan National Railways.

Di pelatihannya ia bertemu banyak teman lain, mulai dari Aoi Sakura yang atletis, Sho Iwaizumi yang selalu lapar, dan Haruka Komi yang pintar.

Bersama-sama mereka berjuang untuk bisa bertahan dari masa pelatihannya sambil mengurus ancaman-ancaman dari pihak lain seperti jambret dan penculikan.

Adaptasi: Light Novel

Studio: Passione

Genre: Harem, Action, Police

48. Maken-Ki!

Anime Maken-Ki!

Takeru Ohyama baru saja masuk ke sekolah baru dimana tak memerlukan ujian masuk. Terkejut dengan lingkungan sekolahnya yang hampir seluruhnya adalah perempuan, perasaan Takeru pun menjadi canggung.

Terlebih lagi sekolah tersebut tak senormal yang terlihat, karena semua siswa mampu menggunakan item khusus yang disebut Maken untuk melepaskan kekuatan magis dari dalam diri mereka yang digunakan untuk duel.

Anime ini berfokus pada usaha Takeru untuk mendapatkan Maken nya sendiri sambil mengatasi berbagai masalah yang datang dari godaan para murid perempuan di sekitarnya.

Adaptasi: Manga

Studio: AIC Spirits

Genre: Harem, Action, Martial Arts, School

49. Walkure Romanze

Anime Walkure Romanze

Anime harem school satu ini berfokus pada Takahiro Mizuno yang berlatih menjadi ksatria dan jouster. Sayangnya takdir berkata lain, ia cedera dan berakhir hanya menjadi begleiter atau asisten sebagai gantinya.

Keterampilannya sebagai asisten membuat beberapa gadis di sekolah menginginkanya sebagai asisten mereka, namun tawaran tersebut terkadang tak pernah Mizuno pikirkan.

Adaptasi: Visual Novel

Studio: 8bit

Genre: Harem, Action, Romance, School

50. Seireitsukai no Blade Dance

Seireitsukai no Blade Dance

Sebuah kompetisi dimana pemenangnya bisa mendapatkan apapun yang diinginkan hingga diberi perlindungan ke negara asalnya membuat banyak negara berlomba-lomba menghasilkan Ren Ashbell “Penari Pedang Terkuat” berikutnya.

Anime ini berfokus pada Kamito Kazehaya yang berusaha untuk menjadi juara berikutnya sebagai penari pedang terkuat di dunia.

Adaptasi: Light Novel

Studio: TNK

Genre: Harem, Action, Comedy, School, Supernatural

51. Masamune-kun no Revenge

Anime Masamune-kun no Revenge

Masamune pernah merasa terhina ketika ia dijuluki babi oleh Aki Adagaki karena tampilannya yang gemuk.

Mencari pembalasan dendam, ia kemudian berolahraga untuk membuat badan serta anggota tubuh lainnya menjadi lebih ideal dan menarik untuk dilihat.

Tujuan utamanya adalah membuat Aki Adagaki jatuh cinta kepada dirinya dan menyesal telah menghina dirinya sewaktu dulu.

Adaptasi: Manga

Studio: SILVER LINK

Genre: Harem, Comedy, School, Romance

52. Outbreak Company

Outbreak Company

Shinichi Kanou adalah otaku yang memiliki pengetahuan luas tentang dunia anime, manga, video game, dan lainnya. Ketika ia melamar pekerjaan, ia diculik dan diangkut ke Eldant Empire, kerajaan yang dipenuhi elf, naga, dan kurcaci.

Bukannya ditolong oleh pemerintah Jepang, ia justru ditugaskan untuk menyebarkan budaya otaku ke seluruh penjuru dunia.

Tentu usahanya tersebut tak dilakukan sendirian, karena ada Myucel dan Putri Petralka dari Eldant Empire yang menemani tugas Shinichi.

Adaptasi: Light Novel

Studio: feel

Genre: Harem, Comedy, Fantasy

53. Isekai wa Smartphone to Tomo ni

Isekai wa Smartphone to Tomo ni

Touya Mochizuki dikirim ke dunia lain sebagai permintaan maaf oleh God karena tak sengaja menyambarnya dengan petir.

Touya dengan senang hati menerima tawaran tersebut dengan syarat membawa ponselnya ke dunia lain.

Memulai hidup di dunia tersebut, ia langsung menarik perhatian para gadis dengan smartphone nya.

Adaptasi: Light Novel

Studio: Production Reed

Genre: Harem, Adventure, Comedy, Fantasy

54. Hyakuren no Haou to Seiyaku no Valkyria

Hyakuren no Haou to Seiyaku no Valkyria

Yuuto Suou mulai bergabung dengan teman masa kecilnya Mitsuki Shimoya untuk menguji nyali lagenda urban yang beredar.

Ketika ia memotret dirinya dengan cermin suci kuil setempat, ia justru dibawa ke dunia lain.

Menggunakan pengetahuan yang ia peroleh di sekolah, kini ia berusaha membawa klan Serigala (kelompok yang merawatnya selama di dunia lain) untuk menjadi terkenal dan mendapatkan pemujaan dari para gadis.

Adaptasi: Light Novel

Studio: EMT Squared

Genre: Harem, Fantasy

55. Trinity Seven

Trinity Seven

Arata Kasuga dihadapkan pada tiga pilihan yang menuntunnya ke Akademi Royal Biblia. Disana ia meningkatkan kekuatan dan keterampilan untuk bisa menyelamatkan diri dan orang sekitar dari kelompok yang mengancam.

Adaptasi: Manga

Studio: Seven Arcs Pictures

Genre: Harem, Action, Comedy, Fantasy, Romance, School

Kesimpulan

Jadi itu tadi beberapa rekomendasi anime harem terbaik yang memiliki cerita seru, lucu, dan penuh adegan romantis yang terbilang unik.

Kalau kamu perhatikan, anime dengan genre seperti ini kebanyakan diadaptasi dari novel.

Tahu kenapa? Karena manga dengan genre harem tak memiliki banyak penjualan, kalah dibandingkan manga bergenre aksi ataupun komedi.

Tapi tenang, walaupun tak banyak diadaptasi dari manga, diadaptasi dari novel pun juga masih tetap seru untuk dilihat.

Dari beberapa judul diatas, mana judul yang menarik perhatianmu?

100 Rekomendasi Anime Action Terbaik & Terpopuler, Wajib Lihat!

Rekomendasi Anime Romantis Terbaik

55 Anime Romantis Terbaik Sepanjang Masa, Ceritanya Menyentuh Banget!