in

35 Anime Horror Terbaik Sepanjang Masa yang Seram Tapi Seru!

rekomendasi anime horror misteri

Seberapa menakutkannya anime horror, jika memiliki jalan cerita yang bagus, pastinya para penggemar anime akan tetap menontonnya.

Anime bergenre horror memiliki banyak elemen kejut yang bisa mendebarkan jantung, ditambah beberapa karakternya pun menampilkan wujud yang menyeramkan.

Kali ini Wokeeh telah mengumpulkan beberapa rekomendasi anime genre horror yang pasti bisa buatmu merinding saat menontonnya.

1. Mieruko-chan

Anime Horror Mieruko-chan

Siapa sangka gadis muda bernama Miko Yotsuya mampu menjalani hari-harinya secara biasa meski punya kemampuan melihat makhluk asing di sekitarnya.

Terkadang hantu-hantu di sekitar mencoba mengetahui apakah Miko dapat melihat mereka atau tidak, dan jika mereka menyadari Miko bisa melihatnya maka mereka akan terus mengganggu Miko sepanjang hari.

Miko bersikap tenang bukan berarti tak takut, melainkan memutuskan untuk mengabaikan gangguan tersebut demi menjalani kehidupan tenang di sekolahnya.

Mieruko-chan adalah anime horror terbaik yang mengikuti kisah perjuangan Miko untuk tetap kuat, tegar dan berani walau banyak hantu di sekitar terus mengganggunya.

2. Perfect Blue

Anime Horror Perfect Blue

Film anime horror berjudul Perfect Blue ini mengisahkan kehidupan Mima Kirigoe, seorang gadis yang merupakan bagian dari grup idola bernam CHAM.

Namun karena karir aktingnya, ia memutuskan untuk menginggalkan grup dan tampil di ranah baru tersebut.

Sayangnya setelah ia menjalani pekerjaan di bidang baru, ia banyak mengalami hal aneh di sekelilingnya. Mulai dari penguntit misterius hingga hal-hal yang menjerumuskan Mima ke dunia yang lebih gelap.

3. Mononoke Hime (Princess Mononoke)

Anime Mononoke Hime

Princess Mononoke memberikan pengalaman menonton anime horror yang relatif lebih lembut dan menawan, jauh dari kesan menakutkan.

Fokus utama cerita berpusat pada usaha Ashitaka yang mencari obat untuk menyembuhkan tangannya yang terkena kutukan iblis babi hutan setelah menyelamatkan desa dari serangan iblis tersebut.

Di perjalanan mencari obat, ia bertemu dengan San, gadis yang melindungi dan menjaga para roh penghuni hutan dari keserakahan manusia.

Sepanjang jalan cerita, banyak konflik terjadi antar pihak yang membawa banyak kerusakan, termasuk membuat marah roh agung yang gerakannya membuat lingkungan sekitar menjadi punah.

4. Shingeki no Kyojin (Attack on Titan)

Anime Attack on Titan

Attack on Titan adalah salah satu anime horror yang menampilkan kengerian makhluk raksasa seperti manusia berukuran belasan meter menyerang manusia yang hanya berukuran biasa.

Setelah menyaksikan ibunya dimakan oleh para Titan, Eren Yeager mendedikasikan hidupnya untuk memberantas mereka semua dan mulai mendaftar ke Survey Corps, militer elit yang memerangi para Titan.

Tak sendirian, Eren bersama temannya Mikasa dan Armin bersama-sama berusaha menemukan cara terbaik untuk mengalahkan mereka sebelum tembok penjaga dari ancaman luar yang terakhir hancur.

5. Kiseijuu: Sei no Kakuritsu (Parasyte: The Maxim)

Anime Horror Parasyte

Parasyte The Maxim mengikuti kehidupan siswa sekolah menengah bernama Shinichi Izumi yang tangannya dihinggapi alien tipe parasit.

Aline tersebut datang ke bumi dan mulai memasuki manusia yang mereka temui, setelah itu mengusai otak dan menjadikan mereka sebagai inangnya.

Migi adalah salah satu alien yang tak berhasil mengambil alih tubuh Shinichi sehingga hanya mampu berdiam di tangannya saja.

Shinichi dan Migi percaya jika mereka berjuang bersama maka dapat membantu proses dalam memerangi ras alien yang berniat memusnahkan manusia dan mengambil alih tubuh mereka sebagai inang.

6. Shinsekai Yori: From the New World

Anime Shinsekai Yori: From the New World

Shinsekai Yori memiliki cerita horror yang berpusat di dunia psikis. Fokus cerita ada pada kehidupan Saki Watanabe yang memiliki kekuatan psikis.

Sayangnya ia tak sendirian, ada pengguna lain yang memiliki kemampuan psikis sama seperti Saki. Mereka yang memiliki kekuatan belajar di Akademi Sage.

Beberapa teman Saki memiliki pandangan bahwa dunia yang mereka tinggali tak ideal, maka mereka berniat untuk mencari tahu kebenaran di dunia yang mereka tinggali itu.

Seiring mempelajari kebenaran, mereka menemukan banyak hal-hal aneh yang penuh misteri, seakan membuatmu merinding saat menontonnya.

7. Berserk

Berserk

Berserk adalah salah satu anime action terbaik yang dikemas dengan jalan cerita epik, ditambah memiliki banyak adegan horror, adegan romantis, penuh drama, dan bahkan menguras psikologi penontonnya.

Guts, karakter utama memiliki takdir dimana ia menjadi incaran para iblis hingga hari kematiannya. Ia berjuang melawan sesuatu yang luar biasa hanya untuk bisa bertahan hidup.

Para iblis mencarinya hanya dengan satu tujuan, menjadi yang pertama menghabisinya. Dengan dipersenjatai pedang Dragonslayer, Guts mencoba bertahan hidup sambil membalaskan dendam untuk mengakhiri siklus horor di hidupnya.

8. Paprika

Paprika

Paprika adalah film anime horror terbaik yang menjadi sumber inspirasi film terkenal Hollywood berjudul Inception yang dibintangi Leonardo DiCaprio.

Film ini penuh dengan elemen horror psikologis yang pastinya bisa membuatmu kebingungan.

Ceritanya berpusat pada pasangan Atsuko dan Kosaku yang ingin mengembangkan teknologi pembaca keinginan seseorang.

Ketika mereka berhasil melakukannya, rencana tersebut langsung dicuri begitu saja. Sekarang potensi besar dari teknologi itu menjadi ancaman yang dapat mengendalikan pikiran semua orang.

Atsuko dan Kosaku kini harus mencoba menemukan pelakunya sebelum semuanya terlambat.

9. Higurashi no Naku Koro ni (When They Cry)

Anime Horror Higurashi no Naku Koro ni (When They Cry)

Seorang anak laki-laki bernama Maebara Keiichi baru saja pindah ke sebuah desa kecil saat musim panas berlangsung. Disana ia mendapatkan banyak teman yang baik.

Di desa tersebut, sebuah perayaan adalah sesuatu yang membahagiakan dan menjadi salah satu alasan penduduk disana berkumpul seluruhnya.

Namun bagi Keiichi yang baru saja merasakan perayaan itu berubah menjadi hal yang buruk di kehidupannya.

Kegilaan dan paranoia mulai merasuki hati Keiichi, seakan terbawa langsung ke dalam sebuah misteri yang terasa sulit untuk dijelaskan dalam kata-kata.

Higurashi no Naku Koro ni adalah anime horror misteri yang bisa membuatmu bertanya-tanya, sekaligus terbawa suasana pada beberapa momen-momen mengerikan yang banyak ditampilkan dalam anime ini.

10. Jigoku Shoujo (Hell Girl)

Jigoku Shoujo (Hell Girl)

Jigoku Shoujo merupakan anime horror yang menceritakan situs web aneh dimana hanya dapat dibuka saat malam hari dan hanya untuk individu tertentu yang terpilih sebelumnya.

Kriteria individu yang bisa mengakses cukup sederhana, yaitu memiliki dendam yang sangat kuat kepada apapun di dunia tersebut.

Setelah masuk, siapapun bisa memasukan nama orang yang ia dendam hingga berharap orang tersebut diseret ke dalam Neraka.

Ai Enma, seorang gadis Neraka yang akan memberikan hukuman pada siapapun yang masuk ke dalamnya.

11. Tasogare Otome x Amnesia (Dusk Maiden of Amnesia)

Tasogare Otome x Amnesia (Dusk Maiden of Amnesia)

Awal cerita bermula ketika Teiichi Niiya yang baru mendaftar di Akademi Swasta Seikyou tersesat di sebuah aula seperti labirin.

Disana ia bertemu Yuuko Kaneo, gadis yang mengungkapkan bahwa ia adalah hantu yang kehilangan ingatannya.

Seiring cerita berjalan, Teiichi berniatan untuk membantu Yuuko agar bisa memecahkan misteri kematiannya sambil memecahkan tujuh misteri aneh di sekolah tersebut.

12. Jujutsu Kaisen

Anime Horror Aksi Jujutsu Kaisen

Yuuji Itadori adalah seorang siswa sekolah menengah yang hidupnya berubah menjadi aneh ketika ia menemukan sebuah benda terkutuk.

Benda tersebut mendorong Yuuji ke dalam dunia kutukan dimana makhluk mengerikan menyerang hingga memangsa manusia biasa.

Situasi menjadi lebih rumit ketika Yuuji menelan mentah-mentah benda itu yang terungkap sebagai jari milik iblis Sukuna Ryoumen, raja kutukan.

Sekarang Yuuji mendapatkan sebuah kekuatan baru yang datang langsung dari Sukuna. Tak ingin Yuuji hilang kendali, ia pun dikirim ke Sekolah Menengah Teknik Jujutsu di Tokyo, belajar sambil bekerja sebagai seorang penyihir Jujutsu.

13. Devilman: Crybaby

Anime Netflix Devilman Crybaby

Devilman Crybaby menampilkan situasi horror ketika Akira Fudou mengetahui sebuah konspirasi dimana pembunuhan, iblis, dan rahasia negara memainkan sebuah peran dalam satu pertunjukan yang akhirnya menjadi kekacauan di kota Tokyo.

14. Ghost Hunt

Anime Horror Ghost Hunt

Taniyama Mai beserta teman-temannya sangat suka berbagai cerita hantu saat di sekolah. Sebuah bangunan angker dekat sekolah menjadi tempat mereka berbagi cerita.

Suatu ketika ia bertemu dengan Shibuya Kazuya, presiden dari Perusahaan Penelitian Psikis Shibuya. Bocah itu dipanggil oleh kepala sekolah untuk menghilangkan rumor horror yang mengelilingi bangunan tersebut.

Ketika Mai melihat sebuah kamera di gedung itu, ia pun menyelidikinya. Disana ia melihat Shibuya yang sibuk merekam. Namun sayangnya Mai tak sengaja membuat situasi menjadi rumit, kamera rusak dan asistennya pun terluka.

Kini Mai harus membayar tindakannya dengan menjadi asisten pengganti di studinya di masa depan yang membuat Mai terseret ke dunia perburuan hantu dan hal-hal gaib bersama Kazuya.

15. Shiki

Anime Horror Misteri Shiki

Shiki adalah salah satu anime horror misteri yang ceritanya berpusat pada situasi dimana penduduk desa tiba-tiba meninggal secara misterius, bahkan tak dapat dijelaskan situasinya.

Latar cerita berada pada desa Sotoba, tahun 1994 dimana kematian misterius menghantui desa tersebut setelah sebuah keluarga baru pindah ke rumah besar Kanemasa.

Kematian misterius dimulai ketika Megumi Shimizu mengunjungi rumah besar itu, dimana kemudian ditemukan tewas di hutan dengan kondisi mengerikan.

Dokter desa setempat Toshio Ozaki mengaitkan kematian itu sebagai potensi epidemi. Namun kebenaran sejati akhirnya terungkap dan semua orang langsung mengetahui bahwa kematian itu diakibatkan oleh Shiki atau vampir.

16. Memories

Anime Memories

Memories adalah sebuah film anime horror kompilasi dari tiga film pendek yang terdiri dari genre yang berbeda. Ketiga film tersebut berjudul Magnetic Rose, Stink Bomb, dan Cannon Fodder.

17. Gakkou no Kaidan (Ghost At School)

Gakkou no Kaidan (Ghost At School)

Dua saudara kandung Satsuki dan Keiichirou Miyanoshita baru saja sembuh dari trauma kehilangan ibu mereka yang meninggal secara tragis.

Setelah pindah ke kampung halaman ibu mereka, mereka mengetahui bahwa sekolah di desa tersebut konon berhantu. Tak percaya, mereka pun mencoba masuk ke sekolah itu dan menemukan bahwa hantu itu nyata.

Anime ini menampilkan kisah seru dua saudara beserta teman baru mereka saat berusaha bertahan dari serangan hantu sekolah yang mulai bermunculan.

18. Hellsing

Anime Vampir Hellsing

Hellsing adalah salah satu anime horror terbaik yang paling populer. Anime ini mengambil latar cerita dalam dunia vampir.

Organisasi tituler adalah cabang dari Royal Order of Protestant Knight, ordo yang awalnya dipimpin oleh Abraham Van Helsing yang sangat lagendaris.

Alucard, vampir yang kat dan sekutunya bergabung dalam pertarungan bersama Integra Fairbrook Wingates Hellsing.

Situasi perang pun terasa menyeramkan dimana melibatkan gerombolan mayat hidup yang berusaha mengambil alih Inggris.

19. Ajin

Anime Supranatural Ajin

Manganya sangat populer, sehingga diadaptasi menjadi sebuah anime. Ajin berfokus pada dunia dengan nuansa paranormal dan hal-hal magis.

Suatu hari Nagai Kei mengalami kecelakaan parah, ia hampir putus asa dibuatnya. Mendadak merasa aneh dan tak merasa sekarat, Nagai pun kaget setelah mengetahui bahwa ia sebenarnya seorang Ajin.

Ia memiliki kemampuan regeneratif yang hampir abadi, namun tidak sempurna. Kemampuannya sendiri mengundang banyak pihak, mulai dari pemerintah hingga orang biasa yang sedang berperang melawan ancaman Ajin yang terus meningkat.

20. Jigoku Sensei Nube

Jigoku Sensei Nube

Anime horror komedi berjudul Jigoku Sensei Nube ini dulu sangat populer di televisi Indonesia. Namun jumlah tayangnya hanya beberapa episode saja, tak menyeluruh.

Nube adalah guru yang unik, baik, dan santai, namun memiliki rahasia menakutkan di dalam sarung tangan yang sering ia gunakan.

Ia memiliki tangan monster yang mampu mendeteksi hantu dan roh jahat di sekitar. Untuk melindungi murid-muridnya, ia menggunakan kemampuan tersebut.

21. Another

Another

Koichi Sakakibara mengalami situasi yang aneh dimana hidupnya terseret ke dalam serangkaian peristiwa yang mengerikan. Di sisi lain Mei Misaki adalah yang bertanggung jawab dalam situasi tersebut.

22. Dorohedoro

Anime Horror Aksi, Dorohedoro

Dorohedoro adalah anime horror komedi yang sangat buas, menampilkan banyak kekejaman, kebrutalan, dan hal-hal lainnya yang berdarah-darah.

Situasi bermula ketika penyihir menangkap para monster untuk dijadikan sebagai eksperimen mereka. Akibatnya, Kaiman yang seorang kadal raksasa melakukan usaha balas dendam.

23. Kemonozume

Kemonozume

Makhluk yang dikenal sebagai Shokujinki diam-diam hidup bersama manusia selama ratusan tahun. Walau wujudnya seperti manusia, ia bisa saja tiba-tiba berubah menjadi binatang buas tak terkendali.

Toshihiko Momota terpesona oleh wanita bernama Yuka Kamitsuki. Hubungan mereka pun terbilang rumit, tanpa sepengetahuan mereka Yuka adalah Shokujinki dan Toshihiko bersumpah untuk membunuhnya.

24. Mnemosyne no Musume-tachi (Rin: Daughters of Mnemosyne)

Mnemosyne no Musume-tachi (Rin Daughters of Mnemosyne)

Anime horror misteri berjudul Mnemosyne ini menceritakan tentang Rin Asougi, dektetif abadi yang memiliki daftar pembenci yang panjang. Mereka ingin dektetif tersebut mati, namun secara perlahan.

Rin menghadapi banyak kematian di hidupnya. Namun setiap ia kembali, ia merasa seakan tak terjadi apa-apa.

Semua berubah ketika Rin bertemu dengan Kouki. Ia membantu Rin untuk lebih dekat dengan musuhnya yang sebenarnya. Musuh yang menjadi penyebab penderitaannya selama ia hidup.

25. Koutetsujou no Kabaneri (Kabaneri of the Iron Fortress)

Koutetsujou no Kabaneri (Kabaneri of the Iron Fortress)

Kalau kamu penggemar anime Attack on Titan, maka tak ada salahnya untuk mencicipi anime berjudul Kabaneri of the Iron Fortress ini. Dari jalan cerita, hampir seluruhnya mirip dengan cerita Attack on Titan.

Ketika orang-orang mencari keamanan di dalam benteng saat pertempuran dengan makhluk supernatural terjadi, Lokomotif bertenaga uap bertanggung jawab untuk distribusi pasokan.

Ikoma adalah salah satu orang yang secara bertahap berubah menjadi ‘kabaneri’ setelah terinfeksi.

Namun ia tak berubah seluruhnya, menjadikannya setengah manusia setengah kabaneri. Ia menggunakan kekuatan tersebut untuk memerangi monster yang ada.

Anime ini berfokus pada cerita bertahan hidup dari serangan monster yang tak memiliki pikiran dalam dunia bergaya steampunk.

26. Gegege no Kitarou (2018)

Anime Horror Gegege no Kitarou (2018)

Gegege no Kitarou memiliki banyak versi, dan di beberapa tahun sekali selalu datang versi terbaru dari anime ini. Tayang perdana pada tahun 1968, dan versi terbaru saat ini tayang pada tahun 2018.

Hampir dua puluh tahun orang-orang telah melupakan keberadaan youkai. Namun sejumpah fenomena baru yang tak dapat dijelaskan mulai mengganggu manusia sehingga membuat kekacauan.

Disanalah tugas Kitarou bersama dengan temannya Medama Oyaji, Neko Musume dan lainnya untuk memberantas youkai yang mengganggu.

27. Elfen Lied

Elfen Lied

Elfen Lied adalah anime yang kontroversial karena beberapa momen yang ditampilkan dalam anime ini.

Menceritakan kisah horror seorang gadis bernama Lucy, ia adalah Diclonius yang awal hidupnya terus disiksa dan dijadikan sebagai percobaan. Untungnya ia berhasil kabur dari fasilitas tersebut.

Selama percobaannya melarikan diri, ia mengalami cedera kepala sehingga membuatnya mendapatkan kepribadian ganda. Satu sisi adalah pembunuh, satu sisi memiliki sifat gadis lugu yang disebut ‘Nyu’.

28. Requiem from the Darkness

Requiem from the Darkness

Requiem from the Darkness merupakan anime horror komedi yang mengisahkan Yamaoka Momosuka, seorang penulis teka-teki untuk anak-anak.

Ketika ia mulai bosan, ia memutuskan untuk mengumpulkan kisah-kisah menakutkan yang layak untuk dibaca.

Judul baru bukunya adalah ‘Seratus Kisah’ dimana selama pengerjaannya membuatnya bertemu dengan trio aneh yang disebut ‘Ongyou’.

Mereka bersama-sama memberikan keadilan kepada mereka yang salah, namun setiap Yamaoka bertemu dengan Ongyou, ia merasa batinnya sedang diuji oleh pedang kebenaran yang sangat tajam.

29. Tokyo Ghoul

Tokyo Ghoul

Tokyo Ghoul mengisahkan hidup Ken Kaneki yang menjalani hidup normal namun berubah seluruhnya setelah bertemu dengan Rize Kamishiro.

Situasi menjadi sangat menakutkan bagi Kaneki ketika mengetahui bahwa Rize adalah seorang ghoul yang ingin memakannya.

Nyaris tak selamat dari serangan tersebut, Kaneki menemukan dirinya berubah menjadi setengah ghoul berkat organ Rize yang disumbangkan untuk menyelamatkan hidupnya.

Kini Kaneki harus beradaptasi di dunia baru, dimana ia tak bisa lagi menjalani hari-hari yang sama seperti dulu, bahkan untuk makan makanan biasa saja rasanya jadi tak mengenakan.

30. Kurozuka

Kurozuka

Kuro yang seorang pendekar pedang jatuh cintah kepada Kuromitsu, vampir abadi. Hanya ingin menjadi abadi, Kuro dikhianati oleh pelayannya Benkei, seorang Tentara Kekaisaran Merah.

Ia ditinggalkan pingsan sampai terbangung di masa depan hanya untuk menemukan dirinya berada pada zaman dimana Jepang pasca-nuklir yang porak poranda dibawah kendali Tentara Merah.

31. Tokyo Majin Gakuen Kenpucho

Anime Horror Tokyo Majin Gakuen Kenpucho

Tokyo Majin menceritakan kisah lima teman yang mendapatkan kekuatan supernatural dan menggunakannya untuk mengalahkan Oni atau setan yang telah menghancurkan Tokyo.

32. Mayoiga

Mayoiga

Mayoiga bercerita tentang sekelompok orang yang ingin menemukan kebenaran dari lagenda urban terkait Desa Nanaki yang konon katanya sangat misterius.

Ketika mereka menemukan desa tersebut, sederet peristiwa aneh langsung bermunculan, mulai dari anggota kelompok yang hilang hingga penemuan bekas cakar dan darah di hutan.

Kelompok itu mulai ketakutan dan menyadari bahwa Desa Nanaki mungkin adalah dunia lain yang memang tak seharusnya dikunjungi.

33. Shikabane Hime (Corpse Princess)

Shikabane Hime (Corpse Princess)

Setelah dibunuh secara brutal bersama keluarganya, Makina Hoshimura berubah menjadi mayat hidup yang dikontrak oleh Kultus Kougon untuk membalas dendam pada organisasi misterius yang bertanggung jawab atas kematiannya.

Ia dibantu oleh Teisei Tagami, pendeta kontraknya sekaligus temannya sewaktu dulu.

34. Gakkougurashi! (School Live!)

Gakkougurashi! (School Live!)

Jangan tertipu dengan keimutan anime ini, karena Gakkougurashi adalah anime horror komedi yang menceritakan kisah empat sekawan yang menjalani seluruh hidup mereka di dalam halaman sekolah.

Sayangnya kehidupan mereka di sekolah tak berjalan dengan seru, mereka menyadari bahwa selama mereka tinggal disana mereka banyak mengalami peristiwa aneh dan menakutkan.

35. Uzumaki

Uzumaki

Uzumaki adalah anime yang diadaptasi dari salah satu manga horror populer karya Junji Ito. Menceritakan Kirie Goshima yang terseret dalam fenomena aneh setelah ayahnya menatap cangkang siput di sebuah gang.

Shuuichi pacar Kirie menawarkan pilihan untuk menggalkan kota tersebut bersamanya karena kota itu sudah terinfeksi spiral yang aneh.

Ketika ayah Kirie berperilaku semakin aneh, kota Kurouzu-cho menjadi tempat yang mengerikan karena langsung memunculkan serangkaian peristiwa yang tak dapat dijelaskan, menyebabkan penduduk kota itu menjadi gila.

Kesimpulan

Jadi itu tadi beberapa daftar rekomendasi anime horror terbaik yang bisa membuatmu merinding ketakutan saat menontonnya.

Walau bukan genre yang populer, tetap saja masih banyak yang ingin menontonnya. Terlebih pengalaman menonton cerita horror dalam bentuk anime sangatlah menyenangkan.

Dari beberapa judul diatas, judul mana yang menarik perhatianmu?

rekomendasi anime sedih terbaik

55 Rekomendasi Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa yang Bisa Menguras Air Mata!

anime masak terbaik

35 Anime Masak Terbaik yang Jamin Bikin Kamu Tambah Laper!