in

35 Anime Masak Terbaik yang Jamin Bikin Kamu Tambah Laper!

anime masak terbaik

Beberapa anime masak terbaik yang kami kumpulkan berikut ini pastinya bikin kamu merasa laper deh saat menontonnya.

Tahukah kamu? Anime bergenre kuliner sering menyajikan alur cerita yang santai, kebanyakan berlatar pada kehidupan sehari-hari.

Namun ada juga yang datang dengan alur cerita dalam latar sebuah kompetisi, yang bahkan menyajikan keseruan yang bisa dibilang tak kalah dengan anime aksi.

Keseruan menonton anime masak masak adalah ketika melihat hasil sajian masakannya, terkadang gambaran makanan yang digambar oleh si animator sering membuat kita jadi kepingin mencicipi makanan tersebut.

Tanpa panjang lebar, berikut rekomendasi anime masak terbaik yang wajib kamu lihat segera!

1. Food Wars! Shokugeki no Souma

Anime Masak Food Wars! Shokugeki no Souma
Food Wars! Shokugeki no Souma

Seorang anak bernama Souma Yukihira ingin mengalahkan ayahnya Jouichirou Yukihira dalam hal keterampilan memasak, sehingga ia bisa mengambil alih restoran keluarga suatu hari nanti.

Sayangnya usaha tersebut gagal, karena sang ayah menutup restoran itu untuk mengambil pekerjaan di New York.

Tak mengikuti jejak sang ayah, kini Souma menjalani kesehariannya di sebuah Akademi Kuliner Tootsuki yang terkenal dengan kompetisi memasaknya.

Sang ayah pernah memberitahu Souma, jika ingin melampauinya maka Souma harus bisa bertahan di Akademi dan lulus disana.

Kurikulum dan kompetisi antar siswa yang sangat ketat dan brutal menuntun Souma bertemu dengan murid-murid berbakat yang menjadikannya kawan sekaligus lawan dalam berkompetisi di dunia masak-memasak.

Judul Alternatif: Shokugeki no Souma

Adaptasi: Manga

Studio: J.C.Staff

2. Yakitate!! Japan

Anime Memasak Yakitate!! Japan
Yakitate!! Japan

Asia terkenal dengan makanan utamanya yang berupa nasi. Tidak seperti negara-negara Eropa yang memiliki banyak jenis roti sebagai hidangan utama.

Jepang salah satu yang tidak memiliki jenis-jenis roti yang menandingi kualitas roti negara di Eropa (dalam cerita anime ini).

Hal itu menjadi motivasi Kazuma Azuma untuk membuat roti nasional Jepang yang paling enak dan bisa bersaing dengan jenis roti lainnya.

Ia memiliki keterampilan yang luar biasa, bisa membuat adonan berfermentasi lebih cepat, sehingga Azuma mampu membawa inovasi pembuatan rotinya ke tingkat yang lebih tinggi.

Yakitate Japan adalah salah satu anime masak terbaik yang berfokus pada usaha Kazuma Azuma untuk membawa roti ciptaannya menjadi terkenal dan dapat bersaing dengan jenis-jenis roti lainnya di dunia.

Judul Alternatif: Freshly Baked!! Japan!

Adaptasi: Manga

Studio: Sunrise

3. Yumeiro Patissiere

Yumeiro Patissiere
Yumeiro Patissiere

Ichigo Amano adalah anak kikuk yang gemar makan kue. Kegemarannya itu menuntunnya dalam dunia makanan penutup setelah bertemu dengan Henri Lucas, seorang pattisier terkenal.

Henri melihat kemampuan Ichigo dalam mencicipi kue sangat memukau, sehingga Ichigo diundang untuk menghadiri acara ‘St. Marie Academy’, sekolah masakan makanan penutup tingkat tertinggi.

Rekomendasi Henri membuat Ichigo ditempatkan di antara para Pangeran. Mereka adalah kumpulan elit siswa yang menjanjikan dan memiliki masa depan cerah.

Anime masak terbaik berjudul Yumeiro Patissiere ini tak hanya menampilkan jenis-jenis makanan penutup saja, tapi kamu juga akan disuguhkan cerita kompetisi dan usaha terbaik Ichigo dalam dunia masakan makanan penutup.

Judul Alternatif: Yume-iro Patissiere

Adaptasi: Manga

Studio: Studio Hibari

4. Today’s Menu for the Emiya Family

Anime Today’s Menu for the Emiya Family
Today’s Menu for the Emiya Family

Anime ini berada dalam dunia Fate/stay night, berlatar di dunia dimana Perang Cawan Suci tak lagi menjadi ancaman di Kota Fuyuki sehingga penduduk bisa menikmati masa-masa damai.

Para Master dan Servant telah menyesuaikan diri dengan kehidupan baru mereka. Shirou mengambil keputusan memasak untuk keluarganya sambil menunjukan kepada Saber dunia masak-memasak modern.

Shirou dan Saber bersama-sama pergi ke pasar, melihat jenis makanan berbeda yang bisa digunakan untuk bahan-bahan masakan saat nanti malam.

Namun terkadang ada tamu yang tak diundang dari seluruh kota, sehingga kegiatan mereka tak pernah membosankan. Selagi tamunya menghibur diri di ruang tamu, Shirou memasak untuk dihidangkan kepada mereka.

Judul Alternatif: Emiya-san Chi no Kyou no Gohan

Adaptasi: Manga

Studio: ufotable

5. Restaurant to Another World

Anime Masak Restaurant to Another World
Restaurant to Another World

Sebuah restoran populer bernama Western Restaurant Nekoya berada di distrik perbelanjaan Tokyo.

Disana restoran itu menyajikan makanan tradisional Jepang hingga hidangan Barat. Walaupun terlihat kecil, namun restoran itu sangat populer di kalangan penduduk Jepang.

Uniknya, ketika restoran itu ditutup pada hari Sabtu dan buka di hari Minggu, pintu Western Restaurant Nekoya dibuka untuk penghuni dunia lain.

Mulai dari naga, elf, peri, hingga penyihir datang untuk mencoba masakan yang dibuat oleh Chef restoran tersebut.

Anime masak masak isekai berjudul Restaurant to Another World ini wajib kamu lihat, selain karena sajian makanannya, anime ini juga banyak menampilkan karakter-karakter unik yang datang dari latar berbeda.

Judul Alternatif: Isekai Shokudou

Adaptasi: Manga

Studio: SILVER LINK.

6. Cooking Master Boy

Anime Memasak Cooking Master Boy
Cooking Master Boy

Cooking Master Boy adalah anime masak jadul yang pernah tayang di Indonesia lho. Mengisahkan kehidupan Liu Mao Xing. Anime ini berlatar pada abad ke-19 di Cina selama Dinasti Qing.

Abad tersebut juga ditandai sebagai era dimana koki top saling berperang memasak untuk menjadi koki terbaik di daratan Cina. Mereka bersaing untuk mendapatkan rasa hormat dan bahkan kekuasaan.

Setelah kematian ibunya, Mao menjadi Super Chef untuk mengambil gelar sebagai Master Chef di restoran ibunya.

Namun sebelum ia menggantikan posisi ibunya sebagai Master Chef, ia harus melakukan perjalanan untuk mempelajari banyak teknik memasak, agar apa yang ia lakukan sudah sesuai dengan standar memasak ibunya ketika masih hidup.

Di sepanjang perjalanan, Mao banyak bertemu dengan orang-orang dari berbagai lapisan, ada yang menjadi teman ada juga yang menjadi musuh, bahkan ada orang yang harus Mao hormati seperti beberapa para penguasa yang Mao temui di perjalanannya.

Judul Alternatif: Chuuka Ichiban!

Adaptasi: Manga

Studio: Nippon Animation, Production I.G, Nihon Ad Systems

7. Yotsuiro Biyori

Yotsuiro Biyori
Yotsuiro Biyori

Kyousui Tougoku mewarisi sebuah kafe tradisional Jepang bernama Rokuhoudou dari kakeknya, yang ia kelola bersama Gregorio Valentino, Tokitaka Nagae, dan Tsubaki Nakao.

Keramahan dan kemampuan mereka dalam melayani para tamu membuat para pengunjung puas, dan menjadikan mereka sebagai pelanggan tetap.

Mereka melayani pelanggan mulai dari jamuan teh, pemberian permen gratis, atau bahkan membantu berbagai masalah yang dialami seseorang. Dari kegiatan tersebut, membuat reputasi kafe mereka berkembang dalam semalam.

Judul Alternatif: Rokuhou-dou Yotsuiro Biyori

Adaptasi: Manga

Studio: Zexcs

8. Sweetness & Lightning

Sweetness & Lightning
Sweetness & Lightning

Semenjak istrinya meninggal, Kouhei Inuzuka merawat putrinya Tsumugi dengan kemampuan terbaiknya. Namun kurangnya kemampuan memasak membuat ia bergantung pada makanan siap saji dari toko untuk makan sehari-hari Tsumugi.

Untungnya murid Kouhei bernama Kotori Iida datang untuk menawarkan undangan makan bersama di restoran keluarganya.

Dari undangan tersebut, Kouhei memutuskan terus pergi ke restoran bersama Tsumugi untuk memasak dan berbagi makanan buatan sendiri dengan Kotori.

Amaama to Inazuma adalah anime masak terbaik yang berfokus pada kisah usaha seorang ayah untuk membuat putrinya bahagia sambil mengeksplorasi makna dan nilai dari kegiatan masak-memasak.

Judul Alternatif: Amaama to Inazuma

Adaptasi: Manga

Studio: TMS Entertainment

9. Moyasimon, Tales of Agriculture

Moyasimon, Tales of Agriculture
Moyasimon, Tales of Agriculture

Tidak hanya sekedar menyajikan makanan, anime masak berjudul Moyasimon ini juga menyajikan hal-hal komedi dan supernatural.

Tadayasu Sawaki mungkin terlihat seperti mahasiswa biasa, namun ia memiliki kemampuan bisa melihat sesuatu pada tingkat mikroskopis dengan menggunakan mata biasa.

Ia bisa melihat jenis mikoba mulai dari jamur kutu air hingga ragi yang digunakan untuk membuat alkohol.

Anime ini berfokus pada penjelasan secara menarik tentang bakteri baik dan buruknya pada sebuah makanan yang biasa kita konsumsi sehari-hari.

Judul Alternatif: Moyashimon

Adaptasi: Manga

Studio: Telecom Animation Film, Shirogumi

10. Toriko

Anime Memasak Toriko
Toriko

Anime memasak ditambah adegan pertarungan super layaknya Dragon Ball? Kenapa tidak? Toriko adalah pilihan tepatnya.

Di dunia Toriko, semua jenis makanan datang secara aneh. Hamburger yang muncul dari tanah seperti semanggi berdaun empat, pegunungan yang terukir layaknya es krim, dan sajian hangat mac dan keju yang direbus dalam perut gunung berapi.

Walaupun unik, kejadian alam seperti ini sangatlah menyenangkan dan bahkan akan membuatmu lapar maksimal jika kamu berada di dunia tersebut.

Warga dan koki disana bersama-sama mencicipi dan menyiapkan hidangan terbaik, sementara “pemburu gourmet” mencari bahan langka yang lezat.

Toriko adalah salah satu pemburu yang menemukan sekitar 2% dari semua bahan yang diketahui. Bersama temannya Komatsu, ia berusaha keras menyelesaikan Full Course Menu of Life-nya.

Di sepanjang jalan usahanya ia harus bertarung melawan rintangan monster mematikan, organisasi jahat, hingga godaan dari makanan itu sendiri.

Judul Alternatif: Toriko

Adaptasi: Manga

Studio: Toei Animation

11. Kakuriyo: Bed and Breakfast for Spirits

Kakuriyo Bed and Breakfast for Spirits
Kakuriyo Bed and Breakfast for Spirits

Aoi Tsubaki memiliki kemampuan dapat melihat roh, begitupun juga kakeknya Shirou Tsubaki yang memiliki kemampuan yang sama, dimana ia sering membawa Aoi untuk mengajari hidup bersama roh dalam damai.

Berbekal kemampuan memasak, Aoi kini bertugas sebagai sarana perlindungan terhadap roh pemakan manusia dengan memberikan roh yang lapar makanan hasil masaknya.

Judul Alternatif: Kakuriyo no Yadomeshi

Adaptasi: Novel

Studio: Gonzo

12. Isekai Izakaya: Japanese Food From Another World

Anime Isekai Izakaya Japanese Food From Another World
Isekai Izakaya Japanese Food From Another World

Nobu adalah sebuah bar yang berlokasi di jalanan kota Kyoto. Gerbang depan bar itu terhubung ke dunia paralel Aiteria, dimana latar dunianya layaknya era medieval Eropa.

Nobuyuki Yazawa adalah chefnya sekaligus pemiliki Nobu. Shinobu Senke adalah pelayan di bar tersebut.

Mereka berdua bekerja bersama untuk melayani para pelanggan yang datang dari berbagai tempat sambil membawa kisah-kisah menarik untuk diceritakan.

Judul Alternatif: Isekai Izakaya: Koto Aitheria no Izakaya Nobu

Adaptasi: Light Novel

Studio: Sunrise

13. Bartender

Anime Bartender
Bartender

Bartender adalah anime yang menampilkan keseharian seorang bartender yang menyajikan berbagai jenis minuman kepada pelanggannya.

Eden Hall, sebuah bar yang dioperasikan oleh Ryuu Sasakura memiliki sebuah koktail yang paling enak dan populer di wilayah tersebut.

Sayangnya Eden Hall tidak bisa ditemukan oleh sembarang orang, justru Eden Hall lah yang akan menemukan orang itu.

Pelanggan yang masuk ke Eden Hall adalah orang-orang yang memiliki beban serta masalah dalam hidup.

Sehingga dari sana tugas Ryuu untuk memberikan koktail ideal sebagai penghibur dan pembimbing jiwa-jiwa yang putus asa.

Judul Alternatif: Bartender

Adaptasi: Manga

Studio: Palm Studio

14. Ristorante Paradiso

Anime Ristorante Paradiso
Ristorante Paradiso

Ristorante Paradiso adalah anime masak yang mengisahkan Nicoletta ketika ia ditinggalkan oleh ibunya ke Roma untuk menikah lagi.

15 tahun kemudian ia melakukan perjalanan ke Roma dengan tujuan membalas dendam kehidupan ibunya.

Prosesnya itu menuntun Nicoletta ke sebuah restoran bernama Casetta dell’Orso, dimana seluruh restoran dikelola oleh pria dewasa yang mengenakan kacamata.

Ramahnya pelayanan di restoran tersebut memudarkan rencana balas dendam Nicoletta, sehingga ia terhanyut dalam romansa manis kehidupan sehari-hari Italia.

Judul Alternatif: Ristorante Paradiso

Adaptasi: Manga

Studio: David Production

15. Ben-To

Anime Ben-To
Ben-To

Konyol dan lucu adalah kata yang tepat untuk menggambarkan anime satu ini. Bagaimana tidak? Anime ini berfokus pada kompetisi memperebutkan kotak bento setengah harga.

Kotak bento setengah harga itu dijual di supermarket di kota manapun. Lucunya, banyak orang yang berjuang untuk mendapatkan kotak bento ini layaknya sebuah perkelahian.

Judul Alternatif: Bento

Adaptasi: Light Novel

Studio: David Production

16. Mister Ajikko

Anime Masak Mister Ajikko
Mister Ajikko

Mister Ajikko adalah anime masak terbaik yang tayang pada tahun 1987, lama sekali ya? Walau jadul, tapi dari segi cerita enak untuk ditonton, terlebih banyak menyajikan berbagai animasi jenis makanan.

Ajiyoshi Yoichi adalah seorang ahli kuliner yang mengelola rumah makan bersama ibunya. Ketika Murata Genjiro datang dan makan di restoran tersebut, ia kaget karena rasa makanan yang ia makan sangatlah enak.

Terkagum karena keahlian memasak Yoichi, ia pun diundang ke Gedung Aji-oh, dimana ia terlibat dalam pertandingan spageti dengan koki Italia, Marui.

Ketika Yoichi mengalahkan Marui dalam pertandingan, ia mulai melebarkan sayap di dunia masak-memasak ke tingkat tertinggi, dimana ia bertemu rival lainnya dalam perlombaan menyajikan rasa dan hidangan terbaik.

Judul Alternatif: Mister Ajikko

Adaptasi: Manga

Studio: Sunrise

17. Cinderella Chef

Cinderella Chef
Cinderella Chef

Ye Jiayao adalah koki muda yang berbakat dan bermimpi bisa menjadi koki terkenal suatu hari nanti. Sayangnya ia secara ajaib dibawa ke masa lalu Imperial China dalam tubuh seorang gadis.

Tak lama setelahnya ia diculik dan ditahan untuk tebusan, namun ia berhasil lepas berkat kemampuan memasak dan selera humornya.

Judul Alternatif: Meng Qi Shen

Adaptasi: Novel

Studio: Wawayu Animation

18. Antique Bakery

Antique Bakery
Antique Bakery

Anime ini menceritakan kisah dua pemuda yang berada dalam dunia makanan penutup manis.

Judul Alternatif: Seiyou Kottou Yougashiten: Antique

Adaptasi: Manga

Studio: Nippon Animation, SynergySP, Shirogumi

19. Cooking Idol

Anime Cooking Idol
Cooking Idol

Cooking Idol adalah anime masak terbaik yang mengajarkan anak-anak cara memasak melalui intruksi sederhana yang karakter utama sampaikan.

Acaranya sendiri dibagi menjadi beberapa segmen, segmen animasi yang menampilkan MAIN (karakter utama), segmen live-action yang menampilkan pengisi suara MAIN, Fukuhara Haruka saat ia memasak sendiri.

Durasi anime ini pun terbilang pendek, sekitar 5- 7 menit di setiap episodenya, dan itu seluruhnya menampilkan kegiatan masak-memasak.

Judul Alternatif: Cooking’ Idol Ai! Mai! Main!

Adaptasi: Original

Studio: Studio Deen

20. Gourmet Girl Graffiti

Gourmet Girl Graffiti
Gourmet Girl Graffiti

Ryou memiliki keterampilan memasak yang tak ada bandingannya, tetapi baru-baru ini ia merasa walau masakannya terlihat menggugah selera namun rasanya belum enak.

Di sisi lain ada Kirin Marino, sepupunya yang mulai tinggal bersamanya, bahkan memiliki rencana untuk tinggal di Tokyo dan menghadiri sekolah yang sama dengan Ryou.

Anehnya, ketika sepupunya datang, Ryou mendapati rasa dari masakannya telah meningkat pesat.

Menyadari bahwa bukan kehebatan memasak yang membuat rasa makanan enak, tetapi pengalaman berbagi dengan orang-orang terdekat yang membuat sebuah masakan menjadi enak dan lezat.

Judul Alternatif: Koufuku Grafitti

Adaptasi: 4-koma Manga

Studio: Shaft

21. Wakakozake

Wakakozake
Wakakozake

Wakakozake adalah anime yang mengikuti keseharian Wakako Murasaki, wanita 26 tahun yang suka pergi keluar malam sendiran untuk menikmati makan dan minum ketika sesuatu yang tak menyenangkan terjadi di tempat kerja.

Judul Alternatif: Wakako-zake

Adaptasi: Manga

Studio: Office DCI

22. Dagashi Kashi

Dagashi Kashi
Dagashi Kashi

Di sebuah pedesaan terdapat toko manisan yang dijalankan oleh sebuah keluarga selama sembilan generasi, toko itu bernama Shikada Dagashi, bisnis permen tradisional Jepang.

Kokonotsu Shikada seorang seniman manga menolak mewarisi bisnis keluarganya, namun semua berubah ketika Hotaru Shidare datang ke kehidupan Shikada.

Shidare datang dengan tujuan mencari ayah Shikada agar mau kembali bekerja ke perusahaan keluarganya, Shidare Corporation, produsen permen terkenal di dunia.

Awalnya ayah Shikada Kokonotsu menolah permintaan Shidare, namun mulai melunak dengan syarat jika Shidare dapat meyakinkan Shikada anaknya untuk mengambil alih toko keluarganya maka ia akan bekerja kembali ke Shidare Corporation.

Dari sanalah misi Hotaru Shidare mengubah pandangan Shikada agar ia mau mewarisi toko keluarganya dimulai, sambil mencicipi sekaligus nostalgia permen tradisional Jepang yang dibuat di Shikada Dagashi.

Judul Alternatif: Dagashi Kashi

Adaptasi: Manga

Studio: feel.

23. Ms. Koizumi Loves Ramen Noodles

Ms. Koizumi Loves Ramen Noodles
Ms. Koizumi Loves Ramen Noodles

Siswa sekolah bernama Koizumi tidak pernah lelah walaupun berjalan ratusan meter hanya demi menemukan sebuah ramen.

Perjalanannya itu berubah ketika teman Koizumi bernam Yuu Oosawa tergila-gila padanya dan mulai bergabung dengan petualangan Koizumi dalam wisata kuliner ramen.

Saat ia terkagum dengan nafsu makan Koizumi, ia pun belajar tentang variasi ramen yang tak pernah ada habisnya diceritakan di sepanjang episode.

Jika kamu suka makanan jenis mie seperti ramen, maka menonton anime kuliner satu ini adalah pilihan yang tepat.

Judul Alternatif: Ramen Daisuki Koizumi-san

Adaptasi: Manga

Studio: Studio Gokumi, AXsiZ

24. The Dining of Link Lee

The Dining of Link Lee
The Dining of Link Lee

Sebuah tempat paviliun kecil yang terletak di gang tenang di kaki CBD adalah tempat berkumpulnya berbagai elemen masyarakat.

Tak memiliki rambu yang mencolok maupun dekorasi mewah, terasa mudah sekali dilewatkan saat melintasinya.

Namun bagi yang akrab dengan suasana disana, ruang kecil itu menjadi sebuah tempat hangat yang dapat melepas kepenatan harian sambil menikmati waktu berlalu secara damai.

Ditambah dilayani berbagai jenis makanan mengenakan yang membuat hati semua orang bisa bahagia.

Judul Alternatif: Lin Linke de Xiao Guaner

Adaptasi: Original

Studio: Delight Animation

25. Grade Schooler Living Alone

Grade Schooler Living Alone
Grade Schooler Living Alone

Rin Suzune adalah gadis sembilan tahun yang hidup mandiri setalah kematian orang tuanya. Ia hidup sambil menjalankan restoran keluarganya secara sendiri.

Karena ia masih kecil, ia tak memiliki pengetahuan memasak makanan yang baik, sehingga usahanya tak menghasilkan uang.

Walaupun begitu, Rin tetap ulet dan rajin belajar cara-cara memasak walaupun masih tahapan pemula.

Meskipun bukan sebagai restoran terbaik, penduduk setempat tetap tertarik pada restoran yang Rin kelola, berharap bisa membantu Rin karena sifatnya yang tulus.

Secara gambaran besar anime ini tergolong anime sedih jika dilihat dari kehidupan anak kecil yang hidup mandiri setelah ditinggal karena kematian orang tuanya.

Namun jika dilihat dari sisi positifnya, anime ini memotivasi pada siapapun untuk bisa hidup mandiri jauh dari ketergantungan orang lain, apalagi orang tua.

Judul Alternatif: Hitorigurashi no Shougakusei

Adaptasi: 4-koma Manga

Studio: Signal.MD

26. JK Meshi!

Anime Memasak JK Meshi!
JK Meshi!

Reina, Ryouka dan Ruriko adalah tiga gadis SMA yang menguasai keterampilan memasak sederhana. Mereka semua teman sekelas di tahun kedua sekolah menengah.

Saat mereka sedang belajar untuk ujian, mereka merasa terganggu sehingga pada akhirnya bukan belajar, mereka justru memasak.

Judul Alternatif: JK Meshi!

Adaptasi: Original

Studio: Kyotoma, Office Nobu

27. Piacevole: My Italian Cooking

Piacevole My Italian Cooking
Piacevole My Italian Cooking

Morina Nanase memiliki pekerjaan paruh waktu sebagai pelayan di sebuah restoran Italia bernama Trattoria Festa.

Karena dekat dengan rumahnya, Nanase pun cepat menyesuaikan diri dengan profesi barunya itu.

Di restoran, ia bertemu dengan rekan kerja yang eksentrik, begitupun juga hidangan Italia yang belum pernah ia dengar namanya.

Anime masak masakan Italia ini berfokus pada keseharian Nanase dalam menyajikan makanan Italia terbaik kepada pelanggan dengan senyuman.

Judul Alternatif: Piace: Watashi no Italian

Adaptasi: Web Manga

Studio: Zero-G

28. Boku no Imouto wa “Osaka Okan”

Boku no Imouto wa “Osaka Okan”
Boku no Imouto wa “Osaka Okan”

Anime memasak berjudul Boku no Imouto wa Osaka Okan ini memiliki durasi yang pendek, berdurasi sekitar 3-5 menit setiap episodenya.

Namika, adik Kyousuke telah hidup terpisah darinya selama sepuluh tahun. Suatu hari ia kembali dan tinggal bersamanya, namun ia berubah menjadi gadis Osaka yang sangat enerjik dan penuh semangat, apalagi dalam hal masak-memasak.

Judul Alternatif: Boku no Imouto wa “Osaka Okan”

Adaptasi: Original

Studio: Charaction

29. The Way of the Househusband

Anime The Way of the Househusband
The Way of the Househusband

Jika di Indonesia punya sinetron Preman Pensiun, maka di Jepang punya anime Yakuza Pensiun. Uniknya Yakuza disini menjadi bapak rumah tangga yang hobinya masak dan beres-beres rumah.

Tatsu yang sering disebut “Immortal Dragon” menghabiskan kesehariannya tinggal bersama istrinya dengan melakukan pekerjaan rumahan sambil menjalani hidup secara damai.

Menggunakan celemek lucu, Tatsu sering pergi kesana-kemari untuk mencari bahan-bahan makanan, keperluan rumah tangga dan lain-lainnya.

Lucunya, ketika ia mencari bahan makanan di supermarket, ia berperilaku layaknya ibu-ibu yang dimana selalu siap siaga ketika ada diskon besar.

Judul Alternatif: Gokushufudou

Adaptasi: Manga

Studio: J.C.Staff

30. Kiyo in Kyoto: From the Maiko House

Kiyo in Kyoto From the Maiko House
Kiyo in Kyoto From the Maiko House

Kiyo dan Sumire datang ke Kyoto dengan mimpi menjadi maiko, namun karena kejadian tak terduga, Kiyo mulai bekerja sebagai juru masak langsung di Rumah Maiko.

Kiyo bertugas memberikan makanan setiap hari dengan jenis makanan rumahan, dan Sumire menyajikan sebagai maiko.

Anime ini berfokus pada kisah dua orang teman yang saling berjuang sekaligus tumbuh bersama sambil fokus pada tugasnya masing-masing di rumah yang sama.

Judul Alternatif: Maiko-san Chi no Makanai-san

Adaptasi: Manga

Studio: J.C.Staff

31. Doamaiger-D

Doamaiger-D
Doamaiger-D

Doamaiger-D adalah anime masak yang memiliki perpaduan cerita lumayan unik. Kyougoku Daijirou adalah generasi ke 15 pemilik toko manisan Kyoto Amashoudou.

Suatu hari ia menemukan robot raksasa bernama Doamaiger D di ruang bawah tanah tokonya. Di saat yang sama, sebuah ancaman baru muncul di Kyoto sehingga terjadilah kekacauan.

Dari sana Daijirou bersama robot raksasanya mulai membasmi para musuh yang mengancam sambil menjalani hari-hari di dunia makanan manisan.

Judul Alternatif: Doamaiger D

Adaptasi: Original

Studio: ILCA

32. Love Rice

Anime Love Rice
Love Rice

Love Rice mengisahkan usaha para siswa yang membentuk kelompok bernama “Love Rice” dan menantang diri mereka sendiri untuk tampil di Harvest Show dengan tujuan menunjukan daya tarik nasi yang lezat.

Judul Alternatif: Love Kome: We Love Rice

Adaptasi: Original

Studio: Encourage Films

33. Big Ear Tutu’s Gourmet Rhapsody

Big Ear Tutu’s Gourmet Rhapsody
Big Ear Tutu’s Gourmet Rhapsody

Anime ini datang dari China, memiliki fokus cerita pada usaha seorang anak TK bernama Hu Tutu yang rakus dan memiliki obsesi memakan makanan enak di dunia.

Ibu Tutu terganggu dengan kebiasaan anaknya, sehingga ia mencari pembimbing yang bisa membimbing Tutu agar mampu menahan godaan  dari makanan yang dilihat.

Judul Alternatif: Da Erduo Tu Tu: Meishi Kuangxiangqu

Adaptasi: Original

Studio: Tidak Diketahui

34. Dosukoi Sushi Zumou

Dosukoi Sushi Zumou
Dosukoi Sushi Zumou

Ini adalah acara sushi sumo. Setiap sushi akan menggunakan bahan-bahan dasar mereka untuk melakukan serangan. Semakin kuat bahan bumbu yang digunakan, semakin kuat serangan sumonya.

Judul Alternatif: Dosukoi Sushi Zumou

Adaptasi: Original

Studio: Shirogumi

35. King of Kings Restaurant Fit For A King

King of Kings Restaurant Fit For A King
King of Kings Restaurant Fit For A King

Para anggota Libra akan keluar dari bayang-bayang untuk makan malam bersama dengan tamu penting, seorang bangsawan pewaris mahkota negara.

Untuk menunjukan para pengunjung sesuatu yang menarik di Hellsalem’s Lot, sebuah kelompok memutuskan makan di Molzzogazza.

Molzzogazza terkenal dengan cita rasa masakannya yang luar biasa, begitu enak sehingga siapapun akan klimaks saat mencicipinya.

Judul Alternatif: Kekkai Sensen: Ousama no Restaurant no Ousama

Adaptasi: Manga

Studio: Bones

Kesimpulan

Jadi itu tadi beberapa rekomendasi anime memasak terbaik yang pastinya bikin kamu tambah lapar saat menontonnya.

Beberapa judul diatas memang memiliki cerita yang unik-unik, mulai dari kompetisi memasak yang sangat brutal hingga robot yang ikutan memasak.

Walaupun begitu, seluruh anime diatas pastinya menyajikan jenis-jenis masakan yang enak-enak, jadi bikin betah menontonnya, terlepas dari jalan ceritanya.

Kalau kamu bagaimana? Sudah ada judul anime masak yang ingin kamu lihat segera? Kalau sudah, selamat menonton ya!

rekomendasi anime horror misteri

35 Anime Horror Terbaik Sepanjang Masa yang Seram Tapi Seru!

Anime Olahraga Terbaik

40 Rekomendasi Anime Olahraga Terbaik Sepanjang Masa, Seru Abis Nontonnya!