in

30 Anime Musik Terbaik Sepanjang Masa, Ceritanya Seru!

Kamu bingung cari judul anime musik terbaik yang ingin ditonton? Kenapa gak coba simak rekomendasi dari Wokeeh berikut ini.

Anime selalu menampilkan banyak adegan yang enak dan keren untuk dilihat, apalagi jika itu datang dari studio yang gambarannya sangat bagus, seperti MAPPA, Wit Studio atau ufotable misalnya.

Tentu adegan keren banyak didominasi oleh anime bergenre action, tapi tak sedikit juga yang datang dari anime musik.

Genre satu ini memang terbilang tak biasa, karena jarang muncul di setiap tahunnya, tidak seperti genre aksi, komedi, atau fantasi. Ada begitu banyak cerita seru yang datang dari anime bergenre musik satu ini.

Ada cerita murid yang ingin membuat sebuah band, hingga robot yang memiliki suara bagus datang dari masa depan untuk menghentikan perang dengan nyanyiannya.

Coba deh simak rekomendasi anime musik terbaik sepanjang masa dari Wokeeh berikut ini, siapa tahu ada judul yang bikin kamu ingin sekali menontonnya.

1. Vivy: Flourite Eye’s Song

Anime Vivy Flourite Eye’s Song

Vivi Flourite Eye’s Song termasuk salah satu anime musik terbaik yang datang dengan cerita ketika AI yang memiliki suara merdu harus kembali ke masa lalu untuk mencegah peperangan.

Sebelum itu terjadi, ia kesulitan untuk mendapatkan pendengar yang tepat. Setiap hari ia bernyanyi di taman, namun tak banyak orang yang menghargai usahanya.

Hingga suatu ketika AI lain datang ke Vivy untuk memberitahu bahwa suaranya dapat menghentikan peperangan yang bisa menghancurkan dunia dalam seratus tahun ke depan.

Sehingga pada akhirnya Vivy pun kembali ke masa lalu dalam perjalanan satu abad untuk mencegah sejarah peperangan yang akan datang dengan suara merdunya.

2. Nana

Anime Musik Nana

Nana adalah anime musik yang mengisahkan dua gadis dengan nama yang sama namun memiliki latar belakang yang berbeda. Mereka adalah Nana Komatsu dan Nana Osaki.

Nana Komatsu adalah gadis naif yang tidak termotivasi apapun, sedangkan Nana Osaki penuh semangat namun sombong.

Dua gadis tersebut menemukan diri mereka di perjalanan kota yang sama, bahkan akhirnya berbagi apartemen yang sama juga.

Ikatan mereka kemudian diuji dalam kisah cinta, musik, persahabatan, hingga patah hati. Namun mayoritas cerita menyajikan tema musik.

3. Given

Anime Given

Given adalah anime yang menceritakan kisah pembentukan hingga perjalanan sebuah band kecil hingga menjadi terkenal di Jepang.

Kisah bermula ketika Mafuyu Satou merusak senar gitar hingga membuat Ritsuka Uenoyama marah-marah.

Namun melihat Ritsuka tahu tentang peralatan musik, membuat Satou ingin belajar darinya. Pada akhirnya Satou pun diajak Ritsuka untuk duduk di sesi jam dengan teman band lainnya, Haruki Nakayama dan Akihiko Kaji.

Ketika Satou mencoba bernyanyi, Uenoyama terkagum-kagum menjadikan Satou sebagai penyanyi utama band mereka.

Dengan dukungan dari sekitar, mereka terus berusaha bermain dan menampilkan yang terbaik di setiap episodenya.

4. K-On!

Anime K-On!

K-On! Adalah salah satu anime comedy terbaik yang bertemakan musik. Mengisahkan Yiu Hirasawa yang masuk ke klub musik yang tak biasa bagi murid perempuan lainnya.

Sadar ia tak memiliki kemampuan musik, ia pun memutuskan untuk berhenti. Namun anggota klub tersebut tak ingin kehilangan Yui, sehingga harus menyogoknya dengan makanan ringan dan kegiatan malas-malasan.

Walaupun begitu, Yui tetap berusaha belajar bermain musik hingga bisa mengimbangi kemampuan bermusik anggota lainnya.

K-On! Menampilkan hiburan ringan khas anime school yang dipenuhi beberapa komedi serta aksi bermusik yang keren untuk dilihat.

5. Shigatsu wa Kimi no Uso

Your Lie in April

Anime musik satu ini mengisahkan pria muda yang kehilangan semangatnya bermain piano karena suatu insiden yang ia alami ketika masih kecil.

Dua tahun berselang, pria muda tersebut bertemu gadis cantik yang bermain biola. Entah kenapa takdir mereka dipersatukan dalam sebuah kerjasama permainan musik antar piano dan biola di sebuah kompetisi.

6. Takt Op. Destiny

Takt Op. Destiny

Anime ini adalah kolaborasi antara proyek yang berbeda berpusat pada musik klasik.

Kisah bermula pada serangan D2, spesies aneh yang datang ke bumi. Mereka membenci musik, sehingga siapapun yang bermain musik akan mereka habisi.

Di sisi lain ada Takt Asahina, seorang ahli piano yang ingin mencari cara menghilangkan seluruh D2.

Bersama dengan teman lainnya, Destiny dan Anna, mereka bertiga memulai perjalanannya ke Markas berbahaya Symphonica di New York City.

Dengan kesulitan di sepanjang jalan yang dipenuhi D2 tak membuat mereka berhenti. Mereka tetap melaju agar setiap manusia di bumi bisa bermain musik lagi.

7. Kono Oto Tomare!

Kono Oto Tomare!

Kono Oto Tomare adalah anime musik yang berpusat pada instrumen tradisional Jepang yang dinamai Koto.

Chika, siswa yang bermasalah ingin memperbaiki dan menebus kesalahannya di masa lalu dengan melakukan sesuatu yang positif. Hingga takdirnya mempertemukan ia dengan kelompok pemain Koto di sekolah.

Ini adalah anime yang menyajikan permainan musik koto, dengan bumbu romansa khas anak sekolah dan juga impian serta cita-cita dari para anak muda yang masih memiliki semangat berapi-api.

8. Sakamichi no Apollon

Anime Musik Sakamichi no Apollon

Takdir Kaoru Nishimi mempertemukannya dengan Sentarou Kawabuchi yang menyukai musik jazz. Bahkan menginspirasi Kaoru untuk belajar tentang genre musik tersebut.

Kaoru pun mulai mencoba belajar bermain piano di sesi jazz sepulang sekolah, yang terletak di ruang bawah tanah toko kaset miliki keluarga Ritsuko Mukae.

Sakamichi no Apollon adalah kisah yang menyajikan tentang persahabatan, cerita romansa khas anak sekolah, hingga musik.

9. Beck

Anime Beck

Beck termasuk salah satu anime musik terbaik yang menceritakan Yukio Tanaka, siswa sekolah yang sering mendengarkan musik pop Jepang sambil menjalani kehidupannya yang sulit.

Ia bertemu dengan Ryuusuke Minami yang menuntunnya pada musik rock barat, sehingga memulai keinginannya untuk bermain gitar.

Walaupun banyak hambatan, Koyuki terus berusaha bermain gitar sambil menyeimbangkan sekolah, pekerjaan, hingga urusan pertemanan.

10. Nodame Cantabile

Anime Nodame Cantabile

Nodame Cantabile mengisahkan pertemuan kedua musisi hebat yang saling jatuh cinta. Namun awalan pertemuan mereka bisa dibilang tak begitu berjalan baik.

Shinichi Chiaki adalah musisi kelas satu yang bermimpi bisa bermain diantara para elit Eropa. Sedangkan Megumi Noda atau bisa dipanggil Nodame, adalah gadis yang berbakat bermain piano.

Suatu ketika Shinichi terkagum-kagum dengan bakat Nodame, namun karakteristik Nodame yang sulit merawat diri membuat Shinichi sedikit merasa aneh karena telah jatuh cinta kepadanya.

11. Hibike! Euphonium

Anime Hibike! Euphonium

Kumiko pernah meninggalkan dunia musiknya karena suatu insiden di masa lalu, namun tak berselang lama Kumiko memulai kembali bermain musik setelah tahu band sekolahnya tak ada harapan.

Kini Kumiko berusaha untuk menyatukan para anggota musik sekolah agar bisa bersiap di hari konser yang sudah semakin dekat.

12. Liz to Aoi Tori

Liz to Aoi Tori

Liz to Aoi Tori termasuk salah satu film anime terbaik yang datang sebagai spin-off dari seri Hibike! Euphonium!

Film ini menyajikan kisah karya musik yang mengharukan dan persahabatan antar siswa sekolah menengah. Mengejar harapan dari sebuah impian yang terbilang sulit untuk digapai.

13. Senki Zesshou Symphogear

Anime Senki Zesshou Symphogear

Dua tahun lalu ada sepasang Idol yang bernama Tsubasa Kazanari dan kanade Amou, mereka dikenal sebagai ZweiWing. Berperang melawan ras alien dengan menggunakan baju besi yang dikenal sebagai Symphogear.

Walau terkesan sebagai anime action, nyatanya Senki Zesshou Symphogear banyak menyajikan adegan menarik dan nada-nada musik yang enak didengar disepanjang episodenya.

14. Detroit Metal City

Anime Detroit Metal City

Souichi Negashi adalah anak yang pemalu sekaligus pendium. Terkadang ia sering dilihat berjalan-jalan di taman bunga hingga mendengarkan musik hit di radio.

Namun siapa sangka, sosoknya di lingkungan sekitar berbanding terbalik dengan sosoknya di panggung. Souichi adalah Krauzer II, pemimpin band Detroit Metal City yang terkenal di Jepang dengan lagu metalnya yang khas.

15. BanG Dream!

Anime Musik BanG Dream!

Kasumi Toyama memiliki semangat yang berapi-api, suatu ketika ia mengikuti jejak stiker berbentuk bintang yang menuntunnya pada gitar Random Star di rumah teman sekolahnya.

Setelah peristiwa tersebut, kehidupan sekolah Kasumi kini lebih berkilau dan mendebarkan, dimulai ketika Kasumi membentuk sebuah band.

16. Love Live! Superstar!!

Anime Love Live! Superstar!!

Kanon Shibuya memiliki impian menjadi Idol, namun sayangnya ia memiliki demam panggung yang membuatnya gagal masuk program musik SMA Putri Yuigaoka.

Suatu ketika ia bertemu dengan Tang Keke yang menyalakan lagi semangat Kanon untuk kembali ke dunia permusikan.

Mereka pun berniat untuk membentuk sebuah kelompok Idol di sekolah dengan syarat harus menjuarai Festival Idol Sekolah Yoyogi.

17. Zombieland Saga

Anime Zombieland Saga

Zombieland Saga adalah salah satu anime musik paling absurd yang mengambil latar perjuangan para gadis idol yang telah menjadi zombie karena sebuah insiden.

Hidup mereka diawal memang telah berakhir, namun siapa sangka mereka diberikan kesempatan kedua untuk menjadi Idol namun dalam bentuk zombie yang dimana hal tersebut harus dirahasiakan dari umum.

18. Carole & Tuesday

Anime Carole & Tuesday

Latar belakang dunia anime ini terjadi ketika manusia sudah bermigrasi ke planet Mars, dimana semua kehidupan sudah berbaur dengan kemajuan AI.

Carole adalah gadis yang memiliki hobi bermusik. Sambil kerja paruh waktu, sambil juga bermain keyboard di malam hari.

Sedangkan Tuesday adalah orang kaya yang kabur dari rumah karena ingin mengejar impiannya sebagai pemusik bermodalkan gitar akustik yang ia bawa.

Takdir pun mempertemukan mereka berdua, dimana mereka mencoba berkolaborasi dengan tujuan menjadi pemusik yang terbaik di Mars.

19. Macross F

Anime Macross F

Bisa dibilang anime Macross F ini setengah musik, setengah aksi. Menceritakan kisah umat manusia yang melarikan diri dari ancaman makhluk luar angkasa dengan bantuan kapal kolonial yang disebut Macross Frontier.

20. Piano no Mori

Anime Piano no Mori

Piano no Mori adalah salah satu anime musik piano yang mengisahkan tentang dua anak laki-laki dari pendidikan yang sangat berbeda.

Disisi lain ada Kai, yang kehidupannya tak begitu baik. Ia bermain piano yang ditinggalkan di hutan dekat rumahnya.

Disisi lain ada Syuhei, yang kehidupannya sangat nyaman dari keluarga pianis bergengsi.

Anime ini pun memperlihatkan kedua ikatan tersebut yang dibalut dengan alunan melodi indah dari piano yang mereka mainkan.

21. White Album

Anime White Album

White Album mengisahkan hubungan antara mahasiswa bernama Youya Fujii dengan Idol bernama Yuki Morikawa. Seluruh latar anime ada dalam dunia perIdol-an.

22. AKB0048

Anime Musik AKB0048

AKB0048 mungkin bisa dibilang anime musik Idol yang paling berbeda dari yang lain. Ceritanya saja berpusat pada kehidupan manusia pasca perang antarplanet yang terjadi di abad ke-21.

Ketika Bumi sudah hancur karena perang dan manusia pergi ke planet lain, ada sebuah kelompok Idol bernama AKB008 yang ingin memperluas musiknya ke planet-planet lain.

Sayangnya usaha tersebut dilarang oleh Organisasi Perdagangan Deep Galactic. Namun AKB008 tidak menyerah begitu saja, mereka semakin cepat menyebarkan musik ke berbagai planet sambil juga berlatih untuk menjadi yang terbaik.

23. Shoujo Kageki Revue Starlight

Shoujo Kageki Revue Starlight

Anime ini menceritakan kisah kelompok bermusik para anak perempuan di dunia yang berisi tokoh-tokoh fantasi unik seperti jerapah yang bisa berbicara.

24. Mashiro no Oto

Anime Mashiro no Oto

Setsu Sawamura memiliki bakat memainkan Shamisen (alat musik tradisional Jepang). Namun sayangnya setelah kematian anggota keluarganya, ia menjadi putus sekolah.

Ia pindah ke Tokyo namun kebingungan, karena yang ia tahu hanya bermain Shamisen saja.

Tahu Setsu memiliki bakat Shamisen, ibunya yang kaya raya pun kembali ke kehidupannya, mencoba membangun kembali kehidupan Setsu dengan mendaftarkan ke sekolah menengah terbaik yang ada.

25. Ongaku

Anime Musik Ongaku

Ongaku adalah salah satu film anime musik dari dunia band yang mengisahkan tiga anak sekolah bernama Kenji, Asakura, dan Oota yang terkenal sering memukuli sesama berandalan tanpa alasan yang jelas.

Bosan karena sering berkelahi, mereka pun mencari kegiatan lain hingga pada suatu titik mereka menemukan alternatif lain dengan membentuk sebuah grup band.

Ongaku menyajikan cerita asyiknya kehidupan masa muda yang penuh gairah, menemukan diri dalam nyamannya dunia musik yang bisa menjadi pencegah rasa kebosanan.

26. So Ra No Wo To

So Ra No Wo To

Dalam negara Helvetia, ada sebuah kota bernama Seize yang sangat tenang. Warganya menjalani hari-hari mereka tak terganggu dengan hubungan militer antar Helvetia dan Kekaisaran Romawi yang merenggang.

Di sisi lain ada Kanata Sorami yang bersemangat, ia baru saja bergabung dengan militer untuk bisa belajar bermain terompet. Ia pun bertemu dengan Rio Kazumiya yang kebetulan terampil bermain terompet.

Bersama dengan yang lain, Noel Kannagi, Kureha Suminoya, dan Felicia Heideman, mereka menjalani keindahan hidup di Seize sambil bertahan dari dunia yang runtuh di sekitar mereka.

27. Aikatsu Stars!

Aikatsu Stars!

Yume Nijino adalah salah satu murid di akademi Bintang Empat dari grup idol S4. Ia bertekad untuk menemukan bakatnya di dunia menyanyi, menari, atau drama.

Bersama anggota yang lain, Ia bekerja keras agar kerjasama tim bisa membuat S4 menjadi yang teratas.

28. Ai no Utagoe wo Kikasete

Ai no Utagoe wo Kikasete

Ai no Utagoe wo Kikasete adalah salah satu film anime musik terbaik yang mengisahkan Shion yang misterius pindah ke SMA Keibu dimana ia cepat populer karena kepribadian dan bakat atletiknya yang luar biasa.

29. Tari Tari

Tari Tari

Tari Tari berpusat pada cerita lima siswa sekolah menengah Jepang yang berpikiran dewasa.

Wakana Sakai pernah belajar musik, namun kehilangan niatnya setelah ibunya meninggal. Konatsu Miyamoto adalah gadis pintar yang selalu menghabiskan waktu dengan bernyanyi.

Disisi lain ada Sawa Okita, anggota klub panahan yang bercita-cita menjadi penunggang kuda. Lalu ada Daichi Tanaka, anggota tim bulutangkis yang tinggal bersama saudara perempuannya.

Walau dari latar belakang yang berbeda, musik menyatukan mereka semua, paling tidak selama musim panas terkahir mereka di sekolah menengah.

30. The iDOLM@STER

The iDOLM@STER

The iDOLM@STER mengisahkan cerita tentang 13 idol profesional yang perlahan-lahan mencapai puncak dan menjadi terkenal di seluruh Jepang.

Namun ketika mereka sudah terkenal, waktu kekeluargaan mereka menjadi berkurang sehingga bisa mengancam kebersamaan mereka.

Keseimbangan pekerjaan dan ikatan yang harus dipegang erat sangatlah sulit untuk dilakukan. Namun mereka berjuang dan berusaha agar satu sama lain saling mendukung terlepas dari beratnya hambatan atau kesulitan yang mereka hadapi.

Kesimpulan

Nah, jadi itulah beberapa rekomendasi anime musik terbaik yang memiliki cerita seru dengan selipan beberapa lagu yang datang di setiap episodenya.

Walau setiap judul diatas tidak sepenuhnya tentang musik, ada juga yang ditambah adegan aksi, fantasi, hingga komedi.

Dari beberapa judul diatas, ada judul yang kamu suka? Atau sudah mau menontonnya segera?

Rekomendasi Anime Romantis Terbaik

55 Anime Romantis Terbaik Sepanjang Masa, Ceritanya Menyentuh Banget!

wanita bahagia dengan laptop

20 Aplikasi Antivirus Terbaik, Perlindungan Aman Jadi Bikin Hati Tenang!