in

40 Rekomendasi Anime Olahraga Terbaik Sepanjang Masa, Seru Abis Nontonnya!

Anime Olahraga Terbaik

Anime olahraga adalah salah satu genre anime yang tak kalah populer dari genre yang lain, terutama di kalangan penggemar yang memiliki hobi olahraga.

Genre satu ini memberikan pertunjukan yang luar biasa, layaknya menonton sebuah pertandingan olahraga pada umumnya, hanya saja didampingi dengan cerita yang menarik untuk diikuti.

Anime olahraga pada umumnya memiliki jalan cerita dimana karakter utama memulai semuanya dari nol, dan mengikuti bertambahnya episode, kemampuannya pun semakin meningkat.

Ada berbagai jenis olahraga yang bisa kamu lihat dalam genre anime satu ini, mulai dari sepak bola, basket, voli, baseball, hingga olahraga unik pun tersedia.

Tanpa panjang lebar, berikut Wokeeh sajikan rekomendasi anime olahraga terbaik yang pastinya seru abis dan gak bikin kamu bosan saat menontonnya!

1. Haikyuu!!

Anime olahraga basket Haikyuu!!
Haikyuu!!

Haikyuu adalah salah satu anime olahraga terbaik yang paling populer saat ini, kepopulerannya sendiri hampir mendekati anime aksi seperti One Piece dan Boku no Hero Academia.

Menceritakan kisah Shouyou Hinata yang menyukai olahraga voli dan ingin membuktikan bahwa tinggi badannya yang kurang bukanlah sebuah masalah untuk bisa maju dan berhasil dalam olahraga voli ini.

Ketika Hinata mendaftar SMA Karasuno, ia bertemu dengan Tobio Kageyama, salah satu pemain di tim voli yang mengalahkan telak tim voli SMP Hinata kala itu.

Uniknya, sekarang mereka adalah rekan satu tim. Mereka saling bersaing di sebuah tim voli SMA yang memiliki tujuan ingin menuju puncak dan menjadi pemenang di setiap kompetisi.

Judul Alternatif: Haikyu!!

Adaptasi: Manga

Studio: Production I.G

2. Hajime no Ippo

Anime Hajime no Ippo
Hajime no Ippo

Hajime no Ippo adalah olahraga tinju yang mengisahkan Makunouchi Ippo, siswa SMA yang berusia 16 tahun dimana kesehariannya selain bersekolah, juga ikut membantu ibunya dalam bisnis keluarga.

Kesulitan hidup dan beban kerja berat membuatnya sering menjadi target para pengganggu. Ketika ia dipukuli oleh para kelompok siswa SMP, Ippo diselamatkan oleh seorang petinju bernama Mamoru Takamura, yang langsung membawa Ippo ke Gym Tinju Kamogawa.

Dari sana perlahan Ippo mulai berubah, menemukan bakat terpendamnya dalam dunia tinju dan memutuskan untuk berlatih agar bisa menjadi petinju profesional.

Judul Alternatif: Fighting Spirit

Adaptasi: Manga

Studio: Madhouse

3. Captain Tsubasa

Captain Tsubasa
Captain Tsubasa

Captain Tsubasa banyak sekali dikenal oleh orang Indonesia, karena anime olahraga sepak bola satu ini pernah tayang beberapa kali di Indonesia dan sangat populer saat itu.

Anime Captain Tsubasa pun memiliki berbagai macam versi, dan bukan sekuel melainkan remake (buat ulang) dengan tampilan visual anime masa kini.

Ketika artikel ini ditulis, versi anime terbaru Captain Tsubasa ditayangkan pada tahun 2018, alur ceritanya sendiri mulai dari awal dan memiliki perbedaan dibandingkan versi sebelumnya.

Tsubasa Oozora yang berusia 11 tahun bermain sepak bola bukan sebagai sarana permainan, melainkan menjadi obsesi, dan obsesi tersebut menuntun Tsubasa menjadi lebih baik di setiap harinya.

Ketika Tsubasa pindah ke kota Nankatsu, ia bertemu banyak teman sekaligus saingan, seperti Sanae Nakazawa yang tiba-tiba menyukai Tsubasa, hingga Genzo Wakabayashi, kiper hebat yang gawangnya kejebolan oleh Tsubasa sendiri di awal cerita.

Dari proses menemukan teman sekaligus lawan, Tsubasa sendiri memiliki impian lain, yaitu ingin mewakili Jepang di Piala Dunia FIFA.

Judul Alternatif: Captain Tsubasa

Adaptasi: Manga

Studio: Tsuchida Productions (1983), Studio Comet (1994), Madhouse (2001), David Production (2018)

4. Slam Dunk

Anime basket Slam Dunk
Slam Dunk

Slam Dunk adalah anime sport basket populer yang juga pernah tayang di Indonesia. Mengisahkan orang tempramen bernama Hinamichi Sakuragi si rambut merah yang memiliki tujuan mendaftar SMA Shohoku dengan harapan mendapatkan pacar.

Ketika ia menjadi siswa disana, ia naksir dengan Haruko Akagi. Haruko bertanya ke Hanamichi apakah ia menyukai olahraga basket atau tidak.

Terpesona dengan Haruko dan tak memikirkan apapun, Hanamichi langsung dibawa ke gymnasium dimana ia ditanya apakah bisa melakukan slam dunk.

Demi mengesankan Haruko, ia mencoba slam dunk dengan lompatan tinggi, hanya saja overshoot dan membuatnya membenturkan kepala langsung ke papan basket.

Dari insiden tersebut, Hanamichi mulai menemukan motivasi untuk bisa membuat Haruko naksir kepadanya, dan perlahan terseret ke dalam kompetisi olahraga basket yang sebelumnya ia benci.

Judul Alternatif: Slam Dunk

Adaptasi: Manga

Studio: Toei Animation

5. Chihayafuru

Chihayafuru
Chihayafuru

Anime olahraga Chihayafuru menceritakan Chihaya Ayase yang tertarik dalam dunia olahraga permainan kartu Jepang yang disebut Karuta.

Karuta adalah permainan kartu bergambar yang dimainkan paling sedikit tiga orang, termasuk orang yang membacakan kartu. Karuta sendiri sering dimainkan sebagai salah satu tradisi tahun baru Jepang.

Olahraga Karuta membutuhkan kelincahan, daya ingat, dan daya tahan tubuh dari pemainnya. Sehingga seluruh energi tubuh termasuk pikiran digerakan ketika bermain Karuta.

Penuh dengan harapan, Chihaya bergabung dengan Shiranami Society bersama dengan teman-teman barunya. Disana ia memulai perjalanan karirnya dalam Karuta dan berharap bisa mendapatkan gelar teratas sebagai Ratu Karuta.

Judul Alternatif: Chihayafull

Adaptasi: Manga

Studio: Madhouse

6. Major

Anime olahraga Major
Major

Gorou Honda adalah anak yang terobsesi dengan baseball karena mengagumi sang ayah Shigeharu, pemain baseball terkenal. Ia ingin mengikuti jejak ayahnya dan bermimpi bisa menjadi pemain profesional.

Kini Gorou bekerja keras terus berlatih agar bisa menjadi pemain baseball dan mengukir sejarah di Japanese Little League.

Judul Alternatif: Major

Adaptasi: Manga

Studio: Studio Hibari

7. Kaze ga Tsuyoku Fuiteiru

Anime olahraga lari, Kaze ga Tsuyoku Fuiteiru
Kaze ga Tsuyoku Fuiteiru

Kaze ga Tsuyoku Fuiteiru atau Run with the Wind, adalah anime olahraga lari yang memiliki fokus tujuan dimana karakter utama Haiji Kiyose berpartisipasi dalam Hakone Ekiden, lomba lari maraton paling terkemuka di Jepang.

Judul Alternatif: Run with the Wind

Adaptasi: Novel

Studio: Production I.G

8. Cross Game

Anime Cross Game
Cross Game

Pasti kamu bertanya-tanya, kenapa ada banyak anime tentang baseball? Yup, karena olahraga paling populer di Jepang adalah baseball, maka dari itu anime olahraga baseball banyak sekali kamu jumpai di beberapa tahunnya.

Salah satu anime baseball yang populer adalah Cross Game. Menceritakan Kou Kitamura, siswa kelas lima yang menjalankan toko peralatan olahraga.

Salah satu pelanggan tetap dari tokonya adalah Tsukishima Batting Center, dan karena keluarga Tsukishima sering datang ke toko, jadi ia mengenal empat putri keluarga Tsukishima (Ichiyo, Wakaba, Aoba, dan Momiji).

Kou sangat dekat dengan Wakaba dan berharap bisa menikahinya suatu saat nanti, namun sayang takdir berkata lain setelah sebuah insiden menimpa Wakaba.

Lalu cerita melompat ke empat tahun setelahnya dimana Kou ingin lepas dari rasa sedih dan mulai bermain baseball kembali dengan harapan menemukan bakat sebenarnya dalam dirinya di dunia baseball yang ia senangi dulu.

Judul Alternatif: Cross Game

Adaptasi: Manga

Studio: SynergySP

9. One Outs

Anime One Outs
One Outs

One Outs ini bisa dibilang anime olahraga dibumbui nuansa judi, kenapa bisa begitu? Karakter utama bernama Toua Tokuchi adalah seorang atlet profesional, namun ia memiliki hati seorang penjudi.

Ketika Toua ditawari mempimpin tim Saikyou Saitama Lycaons yang telah lama gagal, ia membuat proposal aneh dan paling beresiko.

Ia menyarankan kontrak “One Outs” dimana setiap yang dilakukan Toua, akan memberikannya 5 Juta Yen dan berlaku kelipatan. Namun jika Toua menyerah, ia kehilangan 5 Juta Yen dan juga berlaku kelipatan.

Proposal seperti ini memberikan motivasi sendiri untuk Toua agar tak menyerah dan mengambil semua keuntungan yang tersedia, layaknya judi yang sering ia mainkan.

Judul Alternatif: One Outs Nobody Wins, But I!

Adaptasi: Manga

Studio: Madhouse

10. Kuroko no Basket

Kuroko no Basket
Kuroko no Basket

Kuroko no Basket adalah anime olahraga basket terpopuler di Jepang selain Slam Dunk.

Cerita bermula ketika Taiga Kagami yang baru saja kembali dari Amerika dan bergabung dengan tim basket SMA Seirin untuk mencari anggota tim yang kuat.

Disana ia bertemu dengan Tetsuya Kuroko, pemain basket yang tampaknya biasa saja, namun menyadari bahwa Kuroko adalah Phantom Sixth Member yang tekenal karena keterampilan passingnya yang sempurna.

Bersama-sama dengan anggota yang lain, mereka memutuskan untuk mengalahkan Generation of Miracles dan membuat tim basket SMA Seirin menjadi yang terbaik di Jepang.

Judul Alternatif: Kuroko’s Basketball

Adaptasi: Manga

Studio: Production I.G

11. Diamond no Ace

Anime Diamond no Ace
Diamond no Ace

Eijun Sawamura mengalami kekalahan telak dalam pertandingan baseball di sekolah terakhirnya. Ia pun bersumpah tak akan kalah lagi dan berusaha untuk mencapai turnamen nasional begitu berada di sekolah barunya.

Ketika ia bertemu dengan seorang pramuka yang mengundangnya ke SMA Seidou yang bergengsi di Tokyo, ia terdorong untuk menerima tawaran tersebut, berharap bisa meningkatkan kemampuannya dalam bermain baseball.

Namun disana, tim baseball SMA itu dikelilingi pemain terampil, Eijun pun berjuang mendapatkan tempatnya di dalam tim, berharap suatu hari menjadi ace tim walaupun sesama murid baru bernama Satoru Furuya mengambil gelar itu duluan.

Diamond no Ace adalah anime sport baseball yang mengisahkan perjalanan usaha Eijun untuk mengembangkan kemampuannya sambil berjuang mendapatkan tempat terbaik di tim baseball SMA.

Judul Alternatif: Ace of Diamond

Adaptasi: Manga

Studio: Production I.G, Madhouse

12. Megalo Box

Anime Megalo Box
Megalo Box

Megalo Box adalah salah satu anime sport terbaik yang memiliki visual keren. Anime ini pun secara tidak langsung sedikit berhubungan dengan anime tinju lawas berjudul Ashita no Joe.

Megalo Box memiliki latar cerita olahraga tinju yang dimana menggunakan anggota tubuh mekanis yang dikenal sebagai Gear untuk meningkatkan kecepatan dan kekuatan tinju si pengguna.

Cerita bermula ketika Junk Dog memasuki Megalonia untuk mengikuti turnamen tinju skala dunia yang akan menentukan Megalo Boxer terkuat diantara mereka semua.

Karena tak memiliki nama, ia menggunakan julukan “Joe” saat memulai karirnya di turnamen itu. Dengan hanya tiga bulan tersisa, Joe harus menghadapi lawan yang belum pernah ia lawan sebelumnya.

Judul Alternatif: Megalo Box

Adaptasi: Original

Studio: TMS Entertainment

13. Ballroom e Youkoso

Ballroom e Youkoso
Ballroom e Youkoso

Ballroom e Youkoso adalah anime dansa yang mengisahkan Tatara Fujita, siswa pemalu yang tak memiliki rencana untuk masa depannya.

Diganggu oleh para penggangu, ia pun diselamatkan oleh Kaname Sengoku yang begitu selesai menyelamatkannya ia mengundang Tatara ke studio dansanya.

Walaupun Tatara tak pernah masuk ke dalam studio dansa, ia merasa tertarik pada keindahan gerak-gerik yang dilakukan para pedansa di studio tersebut.

Dengan dorongan motivasi dan munculnya ide untuk masa depannya, Tatara kini mulai sedikit demi sedikit mengukir karirnya dalam dunia tari yang kompetitif.

Judul Alternatif: Welcome to the Ballroom

Adaptasi: Manga

Studio: Production I.G

14. Girls & Panzer

Girls and Panzer
Girls and Panzer

Bisa dibilang konsep cerita Girls & Panzer sangatlah unik, bagaimana tidak? Cerita utama Girls & Panzer adalah olahraga yang menggunakan sebuah tank. Yup benar, tank yang sejatinya sering digunakan untuk perang maupun latihan militer.

Disini, para murid gadis dari berbagai sekolah menggunakan tank sebagai sarana olahraga yang sangat mengasyikan.

Judul Alternatif: Girls und Panzer

Adaptasi: Manga

Studio: Actas

15. Yowamushi Pedal

Anime Yowamushi Pedal
Yowamushi Pedal

Seorang otaku bernama Sakamichi Onoda ingin bergabung ke klub anime di sekolahnya, namun sayang klub tersebut dibubarkan. Tak ingin klub itu tutup sia-sia, ia bertekad mencari anggota baru yang bersedia bergabung.

Ketika pulang sekolah, Onoda memutuskan pulang ke Akihabara dengan sepeda tuanya, itu adalah perjalanan 90 kilometer yang sering ia selesaikan sejak kelas empat.

Dijalan, ia bertemu Shunsuke Imaizumi yang terkagum dengan kemampuan Onoda dalam mendaki bukit hanya dengan sepeda tuanya.

Tak ingin kalah, Imaizumi pun menantang Onoda, mereka pun sepakat jika Imaizumi kalah maka ia harus bergabung dengan klub otakunya.

Yowamushi Pedal adalah anime sport terbaik tentang olahraga sepeda yang pastinya buatmu ingin sepedaan setelah menonton paling tidak hingga 10 episode pertama.

Judul Alternatif: Yowamushi Pedal

Adaptasi: Manga

Studio: TMS Entertainment

16. SK Infinity

SK Infinity
SK Infinity

Kalau kamu suka dengan skateboard atau paling tidak memiliki hobi bermain skateboard, maka tak boleh kelewatan untuk menonton anime SK Infinity satu ini.

Reki Kyan sangatlah menyukai skateboard, suatu malam ia menghadiri balapan skateboard underground yang ilegal, tempat para skater terbaik bertemu.

Ia pun mencoba sebuah trek disana namun sayang mengalami kekalahan dan membuat skateboard dan lengannya patah. Kini Reki tak bisa berlatih kembali.

Saat bekerja, Reki bertemu dengan Langa Hasegawa yang tak memiliki pengalaman bermain skateboard.

Langa sangat membutuhkan uang, sehingga ketika ditugaskan oleh bosnya Reki, mereka mendapat masalah dan dipaksa bertaruh di dalam balapan skateboard tersebut.

Langa yang Reki kira tak bisa bermain skateboard ternyata memegang sebuah rahasia yang bisa membantu Reki untuk memenangkan perlombaan itu dengan cara tak biasa.

Judul Alternatif: SK8 the Infinity

Adaptasi: Original

Studio: Bones

17. Baby Steps

Anime tenis Baby Steps
Baby Steps

Baby Steps adalah anime olahraga tenis paling populer yang mengisahkan Eiichirou Maruo, siswa yang memutuskan untuk berolahraga karena khawatir dengan kesehatannya.

Suatu ketika ia melihat sebuah brosur Klub Tenis Selatan di awal tahun pertama sekolahnya. Selama uji coba gratis di klub, ia bertemu dengan Natsu Takasaki, siswa tahun pertama lainnya.

Awalnya Maruo hanya coba-coba, namun semakin hari ia mulai bertekad menjadi lebih baik dalam dunia tenis, karena merasa hari-harinya menjadi lebih berkembang dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Baby Steps adalah anime olahraga tenis yang alur ceritanya bisa dibilang realistis. Ini adalah anime tentang perjuangan dari nol tanpa tahu apa-apa, belajar dan terus berkembang menjadi lebih baik lagi, bahkan tingkatan profesional.

Disamping itu juga dibumbui banyak adegan percintaan antar dua karakter khas anime genre romantis yang mengisi keseruan kompetisi dalam dunia tenis.

Judul Alternatif: Baby Steps

Adaptasi: Manga

Studio: Pierrot

18. Yuri!!! On Ice

Anime Yuri!!! On Ice
Yuri!!! On Ice

Setelah kekalahannya di Grand Prix Finale, Yuuri Katsuki yang disebut-sebut sebagai bintang muda skater es menjanjikan dari Jepang kembali ke rumahnya untuk menata ulang rencana masa depannya.

Karena kesempatan Yuuri untuk sukses dalam dunia skating es pun tertutup, akhirnya ia menjalani hari-hari seperti biasa.

Namun suatu ketika Yuuri menjadi sorotan setelah video dirinya melakukan rutinitas yang sebelumnya juga dilakukan oleh juara dunia lima kali Victor Nikiforov.

Terkagum-kagum, Victor pun datang langsung ke rumah Yuuri dan menawarkannya sebuah bimbingan agar Yuuri bisa kembali lagi ke dunia skating es.

Walaupun jalan mulai terbuka lebar kembali, namun persaingan bertambah semakin ketat, terlebih bintang baru dari Rusia, Yuri Plisetsky bertekad untuk mengalahkan Yuuri.

Judul Alternatif: Yuri on Ice

Adaptasi: Original

Studio: MAPPA

19. Eyeshield 21

Eyeshield 21
Eyeshield 21

Eyeshield 21 merupakan anime rugby terpopuler yang dulu pernah tayang di Indonesia pada petang hari. Sayangnya jumlah episode yang tayang waktu itu tidak sampai seluruh episode, hanya beberapa saja.

Menceritakan Sena Kobayakawa, siswa SMA Deimon yang sering diganggu setiap harinya di sekolah. Namun karena peristiwa itu, ia jadi memiliki kemampuan menghindari kerumunan orang secara gesit dan lincah.

Ketika Youichi Hiruma, kapten Deimon Devil Bats menyaksikan gerakan Sena, ia memaksanya untuk bergabung dengan tim rugby miliknya.

Karena Hiruma ingin menyembunyikan identitas Sena dari klub lain di sekolah, setiap Sena bertanding, ia harus memakai sebuah helm unik sekaligus memakai julukan Eyeshield 21, pelari rugby terbaik dengan nomor punggung 21.

Judul Alternatif: Eyeshield 21

Adaptasi: Manga

Studio: Gallop

20. Ookiku Furikabutte

Ookiku Furikabutte
Ookiku Furikabutte

Ookiku Furikabutte memiliki fokus cerita di dunia baseball (olahraga kesukaan orang Jepang). Menceritakan Ren Mihashi yang menerima banyak kekalahan di pertandingan baseball yang menyebabkan retaknya keakraban sebuah tim.

Ketika ia masuk SMA, ia tak ingin bermain baseball lagi. Namun justru ia diseret untuk bergabung dengan tim baru baseball di sekolah itu sebagai pitcher awal.

Walaupun awalnya tak mau, perlahan ia tersadar bahwa disana tempat ia akan diterima apa adanya. Mihashi sendiri bertujuan untuk menjadi pelempar terbaik yang layak disebut ace.

Judul Alternatif: Big Windup!

Adaptasi: Manga

Studio: A-1 Pictures

21. Ping Pong the Animation

Ping Pong the Animation
Ping Pong the Animation

Makoto Tsukimoto dan Yutaka Hoshino adalah dua orang sahabat. Makoto si pendiam, dan Yutaka si enerjik yang berisik.

Mereka berada di klub tenis meja lokal dan masing-masing dari mereka memiliki bakat alami untuk berkembang di dunia tenis meja. Bahkan guru klub disana melihat bakat Makoto dan mencobanya untuk mendapatkan kegigihan yang sportif.

Semakin maraknya olahraga ping pong alias tenis meja di berbagai daerah di Indonesia, membuat anime satu ini tak boleh kamu lewatkan.

Judul Alternatif: Ping Pong the Animation

Adaptasi: Manga

Studio: Tatsunoko Production

22. Ao Ashi

Anime bola Ao Ashi
Ao Ashi

Ao Ashi adalah anime sport bola yang mengisahkan Ashito Aoi, siswa sekolah menengah tahun ketiga dari Ehime.

Suatu ketika ia bertemu dengan pelatih J Youth League bernama Tatsuya Fukuda. Ia mengundang Ashito untuk berpartisipasi dalam uji coba timnya di Tokyo.

Fukuda sendiri melihat potensi bagus dalam diri Ashito sehingga berharap Ashito dapat merevolusi sepak bola di Jepang agar bisa menjadi nomor satu di dunia.

Judul Alternatif: Aoashi

Adaptasi: Manga

Studio: Production I.G

23. Free!

Anime renang Free!
Free!

Free! Adalah anime olahraga renang yang ceritanya dibuat secara langsung khusus untuk anime. Tidak ada adaptasi dari manga maupun novel.

Ketika masih sekolah dasar, Haruka Nanase berkompetisi dalam perlombaan estafet bersama ketiga temannya, Rin Matsuoka, Nagisa Hazuki, dan Makoto Tachibana.

Namun mereka semua berpisah dan kembali lagi dalam sekolah menengah yang sama. Sayangnya Rin tidak kembali seperti dulu. Ia bersekolah di sekolah yang berbeda dan tak pernah berkumpul lagi.

Ketika berkumpul, Haruka, Nagisa, dan Makoto memutuskan membentuk klub renang SMA Iwatobi. Mereka hanya membutuhkan anggota keempat jika ingin mengambil bagian dalam turnamen yang akan datang.

Rei Ryuugazaki adalah salah satu orang yang direkrut Nagisa. Saat waktu kompetisi semakin dekat, mereka berempat mengembangkan ikatan yang erat sambil berlatih secara intens untuk menjadi yang teratas.

Judul Alternatif: Free! Iwatobi Swim Club

Adaptasi: Original

Studio: Kyoto Animation, Animation Do

24. Inazuma Eleven

Inazuma Eleven
Inazuma Eleven

Inazuma Eleven pernah tayang di salah satu stasiun televisi di Indonesia lho, tayangnya waktu itu adalah pada hari Minggu, sekitar jam 8 atau 10 pagi. Anime ini berdasarkan dari sebuah game.

Mamoru Endou menerima sebuah tantangan untuk mengembalikan klub sepak bola Sekolah Menengah Raimon kembali ke masa kejayaannya. Namun itu tidaklah gampang, ia membutuhkan bantuan dan sedikit keberuntungan.

Endou lalu menemukan sebuah harapan pada Shuuya Gouenji, pemain brilian yang jago bermain sepak bola.

Kini Endou dan anggota tim yang lain mulai berusaha dengan tekad penuh semangat untuk membangkitkan klub sepak bola Raimon ke kejayaannya masa dulu.

Judul Alternatif: Inazuma Eleven

Adaptasi: Game

Studio: OLM

25. Tsurune: Kazemai Koukou Kyuudoubu

Tsurune Kazemai Koukou Kyuudoubu
Tsurune Kazemai Koukou Kyuudoubu

Kyuudo adalah seni bela diri Jepang modern yang berfokus pada memanah, dan anime ini berfokus pada kegiatan olahraga tersebut.

Minato Narumiya mengalami sebuah insiden yang membuatnya berhenti melakukan Kyuudo. Namun ketika ia bertemu dengan pemanah misterius dan dukungan dari temannya menyalakan kembali semangat Minato pada Kyuudo.

Kini Minato, bersama teman-temannya, Seiya Takehaya, Ryouhei Yamanouchi, Kaito Onogi, dan Nanao Kisaragi saling berusaha menjadi yang terbaik dan berharap bisa memenangkan turnamen lokal.

Judul Alternatif: Tsurune Kazemai High School Kyudo Club

Adaptasi: Light Novel

Studio: Kyoto Animation

26. Tennis no Ouji-sama

Tennis no Ouji-sama
Tennis no Ouji-sama

Ryouma Echizen sangat kesal berada dibawah bayang-bayang petenis lagendari Samurai Nanjirou, ia berharap bisa melampauinya suatu hari nanti.

Ia mendaftar di sebuah tim tenis Akademi Seishun untuk mengklaim posisi reguler di tim tersebut. Sayangnya ia belum diterima sebagai starter karena harus membuktikan terlebih dahulu kelayakannya.

Tim tenis Seishun ingin mencapai Turnamen Nasional pada akhir tahun, namun harus melewati kompetisi Regional Kanto untuk memenuhi syarat.

Anime ini berfokus pada usaha Echizen untuk menjadi yang terbaik dan membuktikan kelayakannya di tim tenis pria Akademi Seishun sambil berjuang bersama-sama dengan anggota tim lain agar tim Seishun dapat mencapai puncak keyajaannya.

Judul Alternatif: The Prince of Tennis

Adaptasi: Manga

Studio: Trans Arts

27. Hoshiai no Sora

Hoshiai no Sora
Hoshiai no Sora

Klub tenis putra berkali-kali dikalahkan oleh klub tenis putri dan bahkan hampir menghadapi pembubaran karena tak mendapatkan hasil yang positif.

Toma Shinjou sebagai salah satu anggota berusaha mencari pemain handal agar bisa mengubah reputasi klub tenis pria di sekolah tersebut.

Suatu ketika ia bertemu dengan Maki Katsuragi, murid pindahan yang memiliki refleks hebat dalam menangkap kucing liar di kelasnya.

Langsung saja ia ditawari Toma untuk ikut klub tenis putra namun ditolak karena Maki tak ingin mengikuti klub manapun.

Agar usahanya berhasil, Toma membuat penawaran untuk membayar Maki disetiap partisipasinya dan menutupi biaya klub lainnya.

Ketika Maki bergabung dalam tim, penampilannya sangat luar biasa, bahkan menggungguli anggota tim lain. Kini mereka saling berjuang bersama menjadi klub tenis yang lebih baik sambil juga ikut berkompetisi dalam kejuaraan yang tersedia.

Judul Alternatif: Stars Align

Adaptasi: Original

Studio: 8bit

28. Hinomaruzumou

Hinomaruzumou
Hinomaruzumou

Hinomaruzumou adalah anime tentang sumo, sebuah acara pertandingan yang populer di Jepang.

Ushio Hinomaru yang selalu bersemangat tiba-tiba muncul di hadapan klub sumo kecil SMA Oodachi. Ia bertekad menjadi yang terbaik sekaligus nomor satu di kejuaraan sumo.

Judul Alternatif: Sumo of the Rising Sun, Sumo Wrestler Hinomaru

Adaptasi: Manga

Studio: Gonzo

29. Bakuten!!

Anime Bakuten!!
Bakuten!!

Saat musim panas, Shoutarou Futaba terpikat dengan senam gymnastic sehingga ia pergi ke Sekolah Menengah Swasta Soushuukan dan memutuskan untuk bergabung dengan klub senam tersebut.

Ia mendedikasikan hidupnya untuk sesuatu yang ia cintai semasa muda dulu, yaitu senam gymnastic dan berharap bisa mahir dalam melakukan berbagai macam gerakan.

Judul Alternatif: Backflip!!

Adaptasi: Original

Studio: Zexcs

30. Days

Anime bola Days
Days

Days adalah anime sport bola yang berfokus pada dua anak laki-laki bernama Tsukushi dan Jin. Tsukushi adalah anak tanpa bakat sedangkan Jin sangat berbakat dalam sepak bola.

Keduanya bertemu dan terseret kedalam dunia sepak bola, bersama-sama berusaha mencapai kemampuan bermain sepakbola yang bisa mereka banggakan.

Judul Alternatif: Days

Adaptasi: Manga

Studio: MAPPA

31. Air Gear

Air Gear
Air Gear

Itsuki Minami langsung tertarik dengan dunia inline skate bermotor futuristik yang dikenal sebagai Air Treck setelah bertemu dengan Simca.

Ketertarikan Itsuki pun didukung oleh takdir, karena saudara angkatnya adalah sebuah kelompok inline skate yang sangat terkenal, yaitu Sleeping Forest.

Bersama dengan sahabatnya, Kazuma Mikura dan Onigiri, mereka berjuang untuk bisa mengukir sejarah dalam dunia Air Treck yang terbilang sangat kompetitif sekaligus brutal ini.

Judul Alternatif: Air Gear

Adaptasi: Manga

Studio: Toei Animation

32. Aoki Densetsu Shoot!

Aoki Densetsu Shoot!
Aoki Densetsu Shoot!

Tahukah kamu? Aoki Densetsu Shoot ini pernah tayang lho waktu petang hari di salah satu stasiun televisi Indonesia. Kala itu tayang menggantikan anime Captain Tsubasa yang beberapa bulan sebelumnya selesai tayang.

Menceritakan Toshihiko Tanaka yang baru saja masuk SMA Kakegawa bersama teman-temannya Kenji dan Kazuhiro untuk bergabung dengan klub sepak bola disana.

Sebelum Toshi datang, sudah terlebih dulu ada Yoshiharu Kubo, seorang pemain idola di tim sepak bola tersebut. Namun tak begitu aktif lagi, sehingga kepopulerannya berubah alih pada Toshi.

Judul Alternatif: Blue Legend Shoot!

Adaptasi: Manga

Studio: Toei Animation

33. Whistle!

Whistle!
Whistle!

Whistle termasuk salah satu anime sport bola yang tak kalah kepopulerannya dengan Shoot maupun Inazuma Eleven.

Anime ini berfokus pada Kazamatsuri Shou yang selalu bermimpi menjadi pemain sepak bola profesional. Namun masalahnya adalah ia tak pandai bermain bola.

Setelah ia pindah ke SMP Sakura Jousui, ia akhirnya bisa bermain bola dengan bantuan dan dukungan teman-teman barunya.

Keterampilan sepak bolanya pun semakin hari semakin berkembang pesat sehingga menempatkan Shou ke titik dimana mimpinya semakin mudah ia gapai.

Judul Alternatif: Whistle!

Adaptasi: Manga

Studio: Studio Comet

34. Bamboo Blade

Anime kendo Bamboo Blade
Bamboo Blade

Toraji Ishida dikenal dengan sebutan Kojiro, seorang instruktur kendo SMA Muroe yang sedang mengalami kebangkrutan. Ia memiliki tujuan agar tim kendonya bisa menang melawan tim senpai nya dan memenangkan hadiah.

Hadiah tersebut adalah makanan gratis selama satu tahun penuh. Kojiro memang membutuhkan hadiah itu karena ia tak memiliki biaya banyak untuk makan karena kebangkrutannya.

Satu-satunya masalah adalah dimana menemukan anggota yang cukup terampil dan mau bergabung dengan tim kendonya.

Judul Alternatif: Bamboo Blade

Adaptasi: Manga

Studio: AIC ASTA

35. Uma Musume Pretty Derby

Uma Musume Pretty Derby
Uma Musume Pretty Derby

Anime ini diadaptasi dari sebuah game. Uniknya cerita bermula ketika kuda pacuan terkenal bereinkarnasi sebagai gadis kuda di dunia paralel.

Bercita-cita menjadi kuda pacuan terbaik di Jepang, seorang gadis bernama Special Week pindah ke Tokyo untuk mendaftar sebuah akademi yang berfokus mendidik para pebalap pemula.

Special week bertemu banyak anggota di akademi tersebut yang memiliki kemampuan sangat hebat, bahkan Special week berharap bisa menjadi sepertinya.

Anime ini berpusat pada olahraga lari, dimana setiap karakternya memiliki gambaran yang unik sekaligus latar belakang yang menarik, semua tersaji dalam dunia paralel yang bisa dibilang sangat menghibur.

Judul Alternatif: Umamusume Pretty Derby

Adaptasi: Game

Studio: P.A. Works

36. Ahiru no Sora

Ahiru no Sora
Ahiru no Sora

Siapa bilang orang pendek tidak bisa bermain basket? Dalam anime ini membuktikan bahwa siapapun bisa bermain basket, terlepas dari tinggi atau pendeknya seseorang.

Kurutani Sora memiliki tubuh pendek, kondisi badan yang lemah dan kurang memiliki skill basket yang mumpuni.

Namun ia sering berlatih basket dengan membuat lemparan ke ring sejak ia kecil. Ia ingin bertambah tinggi seperti ibunya yang dulu pernah menjadi pemain bola basket.

Judul Alternatif: Ahiru no Sora

Adaptasi: Manga

Studio: Diomedea

37. Taisou Zamurai

Taisou Zamurai
Taisou Zamurai

Berbeda dari yang lain, anime Taisou Zamurai berfokus pada dunia gymnastic yang kala itu ditayangkan rencananya sebagai selingan acara olimpiade 2020, namun karena pandemi Covid-19, olimpiade 2020 jadi diselenggarakan tahun 2021.

Joutarou Aragaki mengalami cedera bahu setelah kematian istrinya. Lima tahun kemudian ia terus berusaha agar tubuhnya bisa kembali seperti semula agar mampu tampil dalam kompetisi gymnastic.

Usahanya pun mendapatkan dukungan dari Rei Aragaki, putrinya yang masih sembilan tahun. Walaupun ada beberapa pihak yang menyuruh Joutarou untuk pensiun.

Beberapa waktu kemudian Joutaro mengejutkan publik Jepang dengan pengumuman bahwa ia tak akan pensiun dan akan terus berusaha agar ia bisa kembali berkompetisi lagi.

Judul Alternatif: The Gymnastics Samurai

Adaptasi: Original

Studio: MAPPA

38. Yawara!

Yawara!
Yawara!

Seorang gadis SMA bernama Inokuma Yawara dibesarkan oleh kakeknya yang master Judo ke-7. Ia mendidik Yawara agar bisa menjadi pemenang dalam kompetisi judo di Jepang.

Anime ini penuh dengan perasaan emosional, perjuangan dan kisah kerja keras dalam sebuah usaha menggapai tujuan untuk menjadi seorang pemenang.

Judul Alternatif: Yawara A Fashionable Judo Girl

Adaptasi: Manga

Studio: Madhouse

39. Hanebado!

Anime badminton Hanebado!
Hanebado!

Hanebado adalah anime olahraga badminton terbaik yang populer saat ini. Bagi kamu yang senang bermain badminton, tak ada salahnya untuk mencicipi anime satu ini.

Hanesaki Ayano memiliki kemampuan bermain bulu tangkis, suatu hari Tachibana Kentarou pelatih bulu tangkis sekolah ingin mencoba merekrutnya sebagai anggota.

Sayangnya Ayano seperti tampak tak tertarik dengan klub olahraga. Namun karena serangkaian keadaan pada akhirnya Ayano bergabung dalam tim.

Pelatih Tachibana pun semakin bersemangat setelah mendapatkan Ayano dalam timnya, berharap dengan adanya Ayano bisa membawa klub bulu tangkis sekolah menjadi nomor satu di Jepang.

Catatan, tim disini dimaksudkan sebagai anggota klub. Badminton hanya bisa dimainkan mulai dari 1 hingga 2 orang berpasangan, dengan masing masing hingga 4 orang pemain dalam satu lapangan.

Judul Alternatif: Hanebado

Adaptasi: Manga

Studio: LINDENFILMS

40. Birdie Wing: Golf Girls’ Story

Birdie Wing Golf Girls’ Story
Birdie Wing Golf Girls’ Story

Eve sering menggunakan keahliannya dalam olahraga untuk mencari nafkah, ia bertaruh sambil melawan berbagai lawan. Ia mahir dalam mengalahkan musuh-musuhnya dan sangat percaya diri untuk menaklukan dunia golf.

Suatu ketika runtunan kemenangan Eve hancur setelah bermain dengan Aoi Amawashi, pemain golf yang datang ke negara Nefrace untuk mengikuti turnamen golf.

Setelah pertandingan itu, Eve dan Aoi menjadi tertarik satu sama lain, dan Eve berharap ia bisa melawan Aoi kembali dan bertemu di kompetisi yang membawa golf ke ketinggian yang tak terduga.

Judul Alternatif: Birdie Wing Golf Girls’s Story

Adaptasi: Original

Studio: Banda Namco Pictures

Kesimpulan

Jadi itu tadi beberapa rekomendasi anime olahraga terbaik yang tak hanya seru dalam adegan aksi olahraganya, namun juga memiliki cerita yang menarik untuk kamu ikuti.

Untuk informasi tambahan, olahraga yang paling populer di Jepang adalah baseball, lalu setelahnya sepakbola dan olahraga lainnya, maka dari itu kamu akan sering menemui anime tentang baseball di beberapa tahunnya.

Dari beberapa judul diatas, judul anime mana yang ingin kamu lihat segera?

anime masak terbaik

35 Anime Masak Terbaik yang Jamin Bikin Kamu Tambah Laper!

rekomendasi anime balapan terbaik

25 Anime Balapan Terbaik Sepanjang Masa, Punya Banyak Adegan Seru!