in

30 Rekomendasi Anime Perang Terbaik yang Punya Banyak Adegan Epik!

anime perang terbaik

Kami telah mengumpulkan puluhan rekomendasi anime perang terbaik yang pastinya punya banyak adegan epik!

Anime bertemakan peperangan tentu menyajikan pertarungan antar kelompok baik itu skala kecil maupun besar.

Terlebih disamping itu banyak kita temui adegan-adegan dimana suatu karakter di anime tersebut membahas sebuah strategi layaknya perang sungguhan.

Perang di masa lalu hingga masa sekarang tetaplah sama, yang berubah hanya pemakaian senjatanya saja. Dari mula memakai tombak dan pedang, hingga memakai senapan laras panjang.

Berikut Wokeeh berikan beberapa daftar rekomendasi anime perang terbaik yang pastinya seru deh saat kamu menontonnya!

1. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Fullmetal Alchemist Brotherhood

Bisa dibilang Fullmetal Alchemist Brotherhood adalah anime perang melawan monster, dimana setiap monster mewakili 7 dosa utama seperti Lust (Nafsu), Gluttony (Rakus), Greed (Serakah), Sloth (Kemalasan), Wrath (Murka), Envy (Iri), Pride (Kebanggaan).

Awal cerita bermula ketika Edward dan Alphonse gagal menghidupkan kembali ibunya yang meninggal dengan sebuah eksperimen alkimia.

Kegagalan tersebut membuat Edward kehilangan satu lengan dan kaki, sedangkan Alphonse kehilangan seluruh badannya, namun jiwanya terikat dalam baju zirah.

Mereka pun berpetualang untuk mencari informasi agar bisa mengembalikan situasi seperti semula sebelum eksperimen yang sudah mereka lakukan.

Namun takdir berkata sebaliknya, menuntun mereka ke petualangan dalam sebuah konspirasi yang berkembang dan mengancam nasib dunia.

2. Shingeki no Kyojin

Anime Attack on Titan

Shingeki no Kyojin adalah salah satu anime perang terbaik yang banyak memiliki adegan keren. Terlebih alur cerita dan strategi yang dipaparkan dalam anime bisa dibilang tersaji sangat epik.

Anime Shingeki no Kyojin menceritakan kisah tiga anak bernama Eren, Mikasa, dan Armin yang harus berjuang bertahan hidup dari kejamnya dunia yang dipenuhi oleh para titan.

Tak putus semangat, mereka pun mengubah rasa takut, dendam, dan amarah kepada titan menjadi sebuah dorongan untuk bergabung dengan kelompok elit militer yang bertugas membasmi para titan diluar dinding pertahanan.

Jika diawal kamu melihat peperangan dalam anime Shingeki no Kyojin ini dan merasa agak sedikit kebingungan, tenang saja… karena kebingunganmu akan terjawab seiring cerita berjalan disetiap episode yang kamu lihat.

3. Ginga Eiyuu Densetsu

Anime Perang Ginga Eiyuu Densetsu

Ginga Eiyuu Densetsu adalah peperangan antar kelompok yang terjadi di luar angkasa, dimana senjata yang digunakan bukan lagi senjata biasa, melainkan sebuah sinar laser dan lain-lain yang sifatnya futuristik.

Tokoh utama cerita berpusat pada dua karakter, Reinhard von Lohengramm dan Yang Wen-li.

Reinhard memiliki cita-cita agar setiap umat manusia dapat bersatu dibawah tangan besinya, disisi lain Yang Wen-li ingin menciptakan perdamaian dan kebebasan yang abadi.

Kedua tokoh tersebut berperang satu sama lain untuk mewujudkan cita-cita mereka sendiri, dimana yang satu menginginkan kepatuhan yang absolut, dan yang satu lagi menginginkan kebebasan dalam perdamaian.

4. Code Geass

Code Geass

Code Geass adalah anime peperangan yang didasari dari perasaan dendam. Awal cerita bermula pada masa lalu karakter utama yang bernama Lelouch Lamperouge.

Lelouch mendapat perlakuan yang tak layak dari militer setempat, namun ia mampu melarikan diri berkat seorang gadis misterius yang menganugerahkan Lelouch kemampuan Geass.

Menyadari potensi kekuatan yang diberikan, Lelouch pun memulai peperangan dan main hakim sendiri, memimpin serangan tanpa ampun terhadap Britannia untuk membalaskan dendamnya di masa lalu.

5. Kingdom

Anime Kingdom

Kingdom merupakan anime perang kerajaan yang memiliki banyak sekali adegan pertarungan antar prajurit dalam skala besar.

Latar belakang terjadi di daratan China yang sedang terjadi peperangan antar kekaisaran selama lebih dari 500 tahun.

Di suatu tempat ada seorang yatim piatu bernama Xin yang berlatih untuk bisa menjadi Jenderal Besar Surga.

Dalam perjalanannya menjadi Jenderal, ia banyak mengukir sejarah baru, menuntunnya ke kejayaan dalam perang, berharap dengan usahanya ia bisa menjadi dan diakui sebagai Jenderal Besar dari Tujuh Negara Perang.

6. 86

Anime 86

Ketika Kekaisaran Giad menyatakan perang terhadap beberapa negara, mereka menggunakan pasukan drone pembunuh tak berjiwa yang dikenal sebagai Legiun.

Takut dengan hal tersebut, Republik San Magnolia mengevakuasi warganya di dalam 85 distrik sambil juga mengembangkan drone yang tak berawak bernama Juggernaut untuk melawan Legiun.

7. Mobile Suit Gundam

Anime Mobile Suit Gundam

Mobile Suit Gundam adalah salah satu anime perang robot terbaik yang memiliki jagat yang sangat besar, mirip seperti Star Wars. Dalam satu judul banyak terisi tokoh-tokoh menarik dengan ceritanya masing-masing.

Dalam anime ini kamu akan banyak disuguhkan pertarungan keren masa depan dengan menggunakan robot yang disebut Mobile Suit Gundam.

Topik perang dalam anime Gundam saat ini masih sama seperti seri-seri lawasnya, yaitu peperangan antar kelompok pemerintah dan kelompok pemberontak.

8. Naruto Shippuden

Anime Naruto Shippuden

Naruto Shippuden adalah salah satu anime perang terbaik yang memiliki banyak karakter unik dan misterius, jalan ceritanya pun juga menarik.

Puncak epik dalam Naruto Shippuden adalah ketika memasuki alur cerita terakhir, dimana Perang Dunia Ninja Keempat berlangsung.

Seluruh Shinobi di dunia tersebut bahkan membentuk aliansi, dimana di dalamnya termasuk ninja-ninja yang berbakat dan kuat.

Tak kalah epiknya lagi, di sisi penjahat yang dipimpin oleh Obito Uchiha dan Madara Uchiha, menggunakan teknik pembangkit mayat yang dinamai Edo Tensei.

Membangkitkan mayat ninja-ninja berbakat, kuat, dan bersejarah dari masanya untuk menghadapi aliansi seluruh Shinobi di dunia tersebut.

Bahkan kamu bisa melihat seluruh pertarungan yang didalamnya terdiri dari monster Jinchuriki, para Kage, ninja berbakat dan bersejarah pada masanya, hingga Naruto yang kembali melawan Sasuke.

9. Girls and Panzer

Girls and Panzer

Girls and Panzer bisa dibilang termasuk anime perang keren yang lumayan absurd, dimana anak sekolah perempuan boleh mengendarai sebuah tank.

Tank disini ditujukan sebagai olahraga tradisional yang dinamai Senshadou. Olahraga tersebut menggunakan Tank era Perang Dunia II dalam mode pertandingan berbasis eliminasi.

Di anime Girls and Panzer ini pun banyak menampilkan karakter-karakter dengan latar belakang yang berbeda di setiap sekolahnya.

Seperti Pravda Girls High School yang mewakili karakter dari Rusia, dan beberapa sekolah yang bahkan memiliki bendera menyerupai bendera perang dalam Perang Dunia II.

10. Vinland Saga

Anime Viking Vinland Saga

Bosan dengan cerita perang yang menggunakan senjata api? Kenapa tidak mencoba melihat anime Vinland Saga yang satu ini. Berperang menggunakan pedang, tombak, hingga kapak khas Viking pada masanya.

Vinland Saga menyajikan latar belakang cerita dalam era ketika bangsa Viking masih aktif-aktifnya berpetualang dan menjajah pulau-pulau di beberapa tempat di dunia.

Karakter utama bernama Thorfinn tumbuh dengan bahagia dan bermimpi bisa mencari tempat lagenda bernama Vinland.

Namun seluruh kehidupan bahagianya itu hilang musnah tiba-tiba setelah melihat dengan jelas ayahnya dibunuh di depan matanya sendiri oleh Askeladd.

Penuh rasa dendam dan amarah, kini Thorfinn menjalani hidupnya dengan terus berlatih di perahu musuh dan berharap bisa membalaskan dendam dan membunuh Askeladd dengan tangannya sendiri.

Seakan berpikir, satu-satunya surga untuk Viking adalah perang dan kematian yang berkecamuk.

11. Arslan Senki

Arslan Senki

Arslan Senki adalah anime perang kerajaan yang menceritakan kisah Arslan yang tertimpa musibah dimana kerajaannya diduduki oleh musuh dan ayahnya menghilang.

Arslan pun mencari sebuah perlindungan dengan ditemani penjaganya Daryun yang membawa sang pangeran ke temannya yang bernama Narsus, seorang ahli strategi.

Dengan bantuan Narsus dan berbagai orang yang ditemui disepanjang jalan cerita, Arslan pun memulai tujuannya untuk merebut kembali kerajaannya dari tangan musuh.

12. Berserk

Berserk

Rekomendasi anime perang terbaik yang berjudul Berserk ini memiliki alur cerita yang sedikit membingungkan, namun seiring kamu melihat setiap episodenya, semua aspek cerita menjadi semakin jelas.

Guts adalah karakter utama, seorang tentara bayaran yang dikenal sebagai Pendekar Pedang Hitam. Ia hidup dengan didorong rasa balas dendam.

Setelah masa kecilnya yang tak begitu membahagiakan, hidupnya kini menjadi berantakan. Bahkan ia sempat menyesal percaya pada orang yang mengambil segalanya dari Guts hanya untuk memenuhi keinginannya sendiri.

Kini hidup Guts penuh dengan petualangan yang didasari rasa dendam, latar belakang kemalangan, dan amarah yang terkadang perlu Guts pendam.

13. Youjo Senki

Youjo Senki

Siapa sangka seorang gadis kecil bisa memiliki sifat yang sangat tegas sekaligus kejam, dan bahkan memiliki kepribadian seorang pria dewasa di kehidupan sebelumnya.

Benar saja, Tanya Dugerechaff adalah prajurit muda yang terlahir kembali dari jiwa pria yang pernah menantang dewa. Pria tersebut bereinkarnasi menjadi gadis kecil dalam dunia perang magis.

Walaupun kecil, Tanya mampu mendorong kekaisaran yang perkasa menjadi salah satu negara paling kuat dalam sejarah umat manusia di dunia tersebut.

14. Overlord

Overlord

Overlord adalah salah satu anime perang kerajaan terbaik yang memiliki keunikannya tersendiri.

Jika kebanyakan anime isekai memperlihatkan perang dari sisi manusia melawan monster, di anime Overlord justru sebaliknya menampilkan perang monster melawan manusia.

Momonga adalah penyihir kuat dari guild Ainz Ooal Gown yang hidup di dunia game magis karena karakternya tak bisa logout dalam game yang ia mainkan.

Melihat fenomena tersebut, Momonga memerintahkan pelayannya untuk mencari tahu sambil juga memulai mengendalikan dunia baru tersebut, dengan harapan mengetahui apakah ada pemain lain yang mengalami kesulitan yang sama.

15. Sword Art Online Alternative: Gun Gale Online

Sword Art Online Alternative Gun Gale Online

Anime satu ini adalah cerita sampingan dari anime utamanya yang berjudul Sword Art Online. Untuk anime ini menceritakan kisah anak kecil yang memburu pemain lain di game VR Gun Gale Online yang senjata utamanya adalah senapan.

Karen Kohiruimaki memiliki perasaan yang tak nyaman di dunia nyata, oleh karena itu sering menghabiskan waktunya dalam dunia VR. Berharap bisa menjadi pemain terbaik di game tersebut.

Di dunia VR, Karen banyak bertemu pemain lain, seperti Pitohui, Shinohara Miyu, dan Asougi Goushi yang masing-masing dari mereka berpenampilan unik.

16. Uchuu Senkan Yamato 2199

Uchuu Senkan Yamato 2199

Anime ini berbeda pada cerita utamanya dengan judul sama, Uchuu Senkan Yamato 2199 berada di jagat cerita yang berbeda. Terjadi pada tahun 2199.

Tahun 2199, Bumi yang dulunya hijau kini menjadi tanah tandus. Namun dengan bantuan alien yang ramah dari planet Iscandar, ras manusia bisa memiliki harapan kembali untuk membersihkan planet Bumi yang sedang mengalami kekeringan.

Dengan kapal perang yang telah lama tenggalam, ras manusia menerapkan teknologi alien kedalam interiornya, mengubah menjadi kapal yang dinamai Space Battleship Yamato.

17. Ghost in the Shell

Ghost in the Shell

Ghost in the Shell adalah anime perang keren futuristik bergaya Cyberpunk. Teknologi perang yang digunakan pun tak main-main, lebih canggih dan tak bisa dibayangkan jika bisa dibuat dengan teknologi saat ini.

Fokus cerita ada pada kehidupan Matoko Kusanagi yang menjadi polisi di dunia tersebut. Kamu akan diperlihatkan bagaimana Kusanagi memecahkan berbagai kasus kriminal di kota Metropolitan bergaya Cyberpunk.

18. Full Metal Panic!

Full Metal Panic!

Full Metal Panic termasuk salah satu anime perang robot yang menceritakan kisah Sousuke Sagara yang harus berusaha beradaptasi di dunia anak sekolah.

Tugas utamanya adalah melindungi kandidat Kaname Chidori agar tidak jatuh ke tangan musuh.

Tentu disepanjang cerita banyak disajikan pertarungan robot mirip seperti Gundam. Bedanya ia tidak banyak berwarna layaknya kebanyakan robot dalam anime Gundam.

19. Kidou Keisatsu Patlabor

Kidou Keisatsu Patlabor

Ini adalah salah satu anime lawas terbaik yang memiliki latar belakang cerita di dunia yang tak begitu bersahabat. Apalagi ditambah ancaman pemanasan global yang terjadi di anime tersebut.

Ketika pemerintahan memberlakukan Project Babylon, seluruh buruh ditekan menjadi polisi dan dinas militer. Namun di sisi lain ada teroris yang mencoba menggunakan tenaga kerja agar suara mereka didengar.

Disitulah pembentukan para polisi bekerja keras untuk memerangi kegiatan kriminal maupun teroris.

20. Kantai Collection – KanColle

Kantai Collection – KanColle

Kantai Collection KanColle bisa dibilang salah satu anime perang sihir di dunia modern yang sangat unik. Kenapa? Karena disini kamu akan disuguhkan kekuatan perang yang berasal dari para gadis.

Uniknya adalah gadis-gadis tersebut menyimpan roh kapal perang Jepang yang memungkinkan mereka memanfaatkan roh tersebut untuk menjadi kekuatan di diri mereka sendiri untuk melawan pasukan musuh.

21. Senjou no Valkyria

Anime Senjou no Valkyria

Negara barat berekspansi untuk mendapatkan sumber daya, mereka beraliansi untuk menyerang Kerajaan Gallia yang netral.

Saat pasukan barat menyerang, Welkin Gunther dan adik perempuannya Isara beraksi dalam Pasukan Tujuh yang baru dibentuk, tujuan utamanya mempertahankan negara mereka dari aneksasi.

22. Break Blade

Anime Perang Break Blade

Perang antar Kerajaan Krisna dan bangsa Athena sedang berlangsung, kedua penduduk dapat menggunakan quartz untuk tujuan apapun yang mereka inginkan.

Namun Rygart Arrow salah satu orang yang tak bisa menggunakan quartz. Tapi karakteristik yang dimiliki memungkinkannya mengemudikan Golem kuno, yang cukup kuat untuk melawan tentara penyerang Athena.

23. Jin-Rou

Jin-Rou

Jin-Rou adalah anime pasca perang dunia kedua dalam dunia alternatif, dimana seluruh kerusuhan sipil dan terorisme merajalela.

Kazuki Fuse, seorang prajurit elit menyaksikan teror sejati dari sifat manusia. Ia gagal mencegah gadis remaja dari melakukan bunuh diri karena putus asa, menuntun kekacauan yang terjadi di Tokyo.

Kejadian tersebut membuat Kazuki ditempatkan ke akademi militer untuk evaluasi ulang. Namun tanpa sepengetahuannya ia terjebak dalam konspirasi pemerintah yang dapat menentukan masa depan Jepang.

24. Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri

Anime Gate Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri

Anime Gate Jieitai Kanochi nite Kaku Tatakaeri adalah anime perang antar dunia yang berbeda, makhluk dari dunia fantasi dengan manusia di dunia nyata.

Setelah kejadian monster keluar dari gerbang yang terbuka di Tokyo, Youji Itami yang seorang perwira ditugaskan untuk menghentikannya.

Dengan tindakan cepat Youji menyelamatkan banyak nyawa dari kejadian tersebut. Namun itu baru awal mula lembar baru kehidupannya.

Setelah selesai dari kejadian itu, hidup Youji penuh dengan petualangan. Ia dikirim ke dunia lain dalam misi damai, berusaha berteman dengan penduduk dunia fantasi agar bisa bekerja sama dengan pemerintah Jepang.

25. Grancrest Senki

Anime Grancrest Senki

Grancrest Senki adalah anime tentang perang kerajaan yang penuh dengan kekacauan, penghianatan, dan tipu daya.

Para Lord sebenarnya mampu menghentikan kekacauan dengan kekuatan segel suci, namun sebelum banyak yang menyadari, para penguasa justru menambah kekacauan dengan bertarung satu sama lain.

Siluca adalah orang yang dicemooh oleh para Lord, dan Theo adalah ksatria pengembara. Mereka bersama-sama berpetualang sambil berlatih agar bisa membebaskan kampung halamannya dari segala bentuk kekacauan oleh perang.

26. Soukou Kihei Votoms

Anime Soukou Kihei Votoms

Soukou Kihei Votoms adalah anime lawas terbaik tentang dunia futuristik. Bermula satu abad pertempuran darah antar sistem bintang yang hampir menjerumuskan 200 dunia ke dalam api perang.

Chirico Cuvie adalah seorang pilot yang dipindahkan ke unit yang terlibat dalam misi rahasia dan ilegal untuk mencuri rahasia militer.

Setelah terpergok, Cuvie dibiarkan mati di luar angkasa. Untungnya ia bisa bertahan karena keberuntungan. Semua pemberontak kini diburu oleh para militer.

Terlepas dari kejadian tersebut, kini Cuvie terdorong oleh sosok wanita misterius yang menuntun Cuvie menjalani misi untuk mengungkap skema berbahaya dari para militer.

27. Nejimaki Seirei Senki: Tenkyou no Alderamin

Nejimaki Seirei Senki Tenkyou no Alderamin

Ketika sedang terjadi perang, ada seorang bernama Ikta yang tak suka perang, pemalas, dan pengagum wanita.

Namun takdir berkata lain, kejadian demi kejadian mengubah sudut pandang Ikta dalam dunia perang, menuntunya menjadi seorang panglima besar.

28. Toaru Hikuushi e no Koiuta

Anime Toaru Hikuushi e no Koiuta

Kal-el terdorong untuk mengungkapkan “ujung langit” yang dibicarakan dalam mitologi kuno. Disana ada sebuah pulau langit bernama Isla.

Kal-el menghadiri Divisi Udara Cadoques, dimana ia menikmati kehidupan tanpa beban dengan teman sekolahnya.

Namun semua kesenangan itu hilang setelah serangan mendadak dari suku udara menyeret pulau Isla ke dalam medan pertempuran yang berdarah-darah.

29. Gunslinger Girl

Gunslinger Girl

Di Italia, Badan Kesejahteraan Sosial menyelamatkan para gadis muda dan memberikan mereka hidup kedua dengan bantuan tubuh artifisial untuk menjadi pembunuh berdarah dingin untuk melakukan pekerjaan kotor Pemerintah Italia.

Terlepas dari modifikasi, mereka masih memiliki hati seorang anak-anak, berjuang mendapatkan pengakuan dari orang yang mereka sayang.

Kisah tragis tersebut terungkap saat gadis-gadis itu bergulat dengan emosi mereka sendiri agar hati mereka tak dikendalikan penuh oleh para pemerintah.

Anime Gunslinger Girl memperlihatkan sisi gelap dalam dunia perang, baik itu perang skala kecil maupun besar.

30. Angolmois: Genko Kassen-ki

Anime Angolmois Genko Kassen-ki

Angolmois Genko Kassen-ki adalah anime tentang sejarah dimana menceritakan perjuangan penduduk pulau Tsushima di Jepang mempertahankan pulau mereka dari invasi Mongolia.

Pada abad ke-13, Kekaisaran Mongolia berkembang pesat ke seluruh dunia. Invasi Mongolia juga terjadi di pulau Tsushima, Jepang.

Disana ada Jinzaburou Kuchii, Kano, Teruhi-hime, dan para penduduk Tsushima lainnya yang bertarung dengan para prajurit Mongolia dengan sumber daya yang ada.

Kesimpulan

Perang dari tahun ke tahun, dari abad ke abad tak pernah berubah. Selalu menimbulkan banyak kerusakan.

Anime diatas walaupun hanya sebuah anime namun mampu menggambarkan bagaimana rasanya berada dalam situasi perang.

Terlepas dari situasi perang, beberapa anime diatas banyak yang memberikan cerita yang menarik untuk dilihat.

Bahkan ada yang menyajikan cerita dimana manusia berperang di luar angkasa, dengan bantuan robot, bahkan mendapatkan bantuan dari alien planet lain.

Dari beberapa judul rekomendasi anime perang diatas, mana judul yang menarik perhatianmu?

wanita bahagia dengan laptop

20 Aplikasi Antivirus Terbaik, Perlindungan Aman Jadi Bikin Hati Tenang!

rekomendasi anime sedih terbaik

55 Rekomendasi Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa yang Bisa Menguras Air Mata!