in

55 Anime Romantis Terbaik Sepanjang Masa, Ceritanya Menyentuh Banget!

Rekomendasi Anime Romantis Terbaik

Kami telah mengumpulkan puluhan rekomendasi anime romantis terbaik yang memiliki cerita seru dan pastinya bikin kamu baper deh!

Kisah romansa yang bagus biasanya mudah membuat hati siapapun yang menonton akan melambung tinggi, seakaan dirinya ada di dalam kisah tersebut.

Salah satunya adalah penyajian kisah romansa dalam bentuk anime, yang terkadang memperlihatkan banyak adegan menarik yang bisa membekas di hati penontonnya.

Anime romantis tak hanya disajikan dalam cerita dua orang yang jatuh cinta saja, terkadang dibumbui komedi, aksi, bahkan tema fantasi.

Kalau kamu salah satu penggemar genre anime satu ini dan merasa bingung mau menonton judul yang mana, coba deh simak rekomendasi anime romantis terbaik yang Wokeeh berikan berikut ini!

1. Kimi no Na wa

Anime Sedih Kimi no Na WaYour Name

Kimi no Na wa adalah salah satu judul anime romantis terbaik yang sangat populer di dunia, bahkan di luar negara Jepang saja anime ini banyak yang memberikan review positif.

Anime ini menceritakan kisah dua remaja bernama Mitsuha Miyamizu dan Taki Tachibana yang bertukar jiwa namun berbeda tahun.

Mitsuha yang mendambakan hidup di perkotaan, dan Taki yang ingin menjalani kehidupan yang tenang, jauh dari kesibukan antara sekolah dan kerja paruh waktu.

Suatu hari mereka mengalami fenomena aneh yang memiliki dampak dramatis pada kehidupan masing-masing. Bahkan mempersatukan mereka dalam sebuah nasib dan keadaan yang membingungkan.

2. Josee to Tora to Sakana-tachi

Anime Josee to Tora to Sakana-tachi

Josee to Tora to Sakana-tachi adalah film anime romantis yang menceritakan kisah cinta antara mahasiswa bernama Tsuneo Suzukawa dan Josee, seorang gadis di kursi roda.

Awal pertemuan keduanya memang tidak berjalan baik, namun itu semua menuntun Tsuneo kepada peluang bekerja sebagai pengasuh Josee di kehidupannya sehari-harinya.

Tujuan Tsuneo menerima pekerjaan tersebut karena butuh uang tambahan, namun berakhir menjadi beban pikiran karena sikap Josee yang terkadang membuat Tsuneo kesal.

Walaupun begitu Tsuneo tetap menemani Josee menjelajahi keajaiban yang ditawarkan dunia dengan mencoba mengajaknya jalan-jalan bersama.

Keduanya mulai menyadari bahwa ada banyak sifat dan pemikiran yang mengikat takdir mereka berdua, mulai dari motivasi untuk terus maju dan menerima setiap keadaan walaupun terasa pahit ketika dijalankan.

3. Shigatsu wa Kimi no Uso

Your Lie in April

Shigatsu wa Kimi no Uso adalah anime romantis school yang menceritakan sebuah kisah percintaan yang dibalut dengan tema musik.

Bercerita tentang Kousei Arima yang kehilangan kemampuannya dalam menikmati permainan piano setelah kematian ibunya.

Namun semuanya berubah ketika ia bertemu dengan pemain biola bernama Kaori Miyazono yang membangkitkan dunianya dan memulihkan motivasi Arima dalam bermain piano.

4. Tenki no Ko

Tenki no Ko

Tenki no Ko masih satu dunia dengan Kimi no Na wa, walau fenomena alamnya terlihat berbeda. Uniknya Taki dan Mitsuha menjadi karakter tamu di film anime satu ini.

Tenki no Ko menceritakan kisah Hina Amano, seorang yatim piatu yang berusaha mencari pekerjaan untuk menghidupi dirinya dan juga adiknya.

Nasib kehidupan keduanya mulai terlihat jelas ketika Hina bertemu dengan Hodaka yang ingin menyelamatkannya saat ia ingin dibawa oleh pria jahat.

Seiring cerita berjalan, Hodaka pada akhirnya tahu rahasia bahwa Hina bisa mengendalikan cuaca, lebih tepatnya hujan.

Melihat peluang yang ada, mereka berdua mulai menjalankan bisnis sebagai gadis sinar matahari, dimana tugasnya adalah mencegah hujan di wilayah yang menyewa jasanya.

Namun ternyata bisnis yang mereka jalani menuntunnya kepada sebuah nasib yang tak menyenangkan dari kedua pihak. Membawa keduanya kepada situasi rumit dalam sebuah fenomena yang misterius.

5. Kaguya-sama: Love is War

Anime Kaguya-sama Love is War

Kaguya-sama Love is War adalah salah satu judul anime romantis yang kedua pemeran utamanya suka malu-malu kucing saat memperlihatkan rasa cintanya satu sama lain.

Mizuki Shirogane yang jenius dengan Kaguya Shinomiya yang sangat kaya sering dianggap sebagai pasangan sempurna oleh para siswa, walaupun kenyataannya mereka suka malu-malu saat berduaan.

Dengan tema dunia sekolahan, keseharian mereka berdua sangat nyaman sekali untuk dilihat. Apalagi ditambah dengan adegan komedi yang lucu disetiap episodenya.

6. Seishun Buta Yarou wa Yumemiru Shoujo no Yume wo Minai

Anime Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpa no Yume wo Minai

Judul anime romantis school satu ini menceritakan kisah Sakuta Azusagawa yang bertemu dengan gadis kelinci bernama Mai Sakurajima. Ia adalah mantan aktris sekaligus teman satu sekolahnya.

Pertemuan mereka terlihat aneh, karena hanya Sakuta saja yang bisa melihat Mai Sakurajima dengan pakaian kelincinya.

Dari pertemuan tersebut, timbulah sebuah perasaan suka dari keduanya namun harus dikesampingkan karena mereka perlu memecahkan sebuah fenomena aneh yang disebut Adolescence Syndrome sebelum fenomena tersebut berujung kepada nasib yang tak diinginkan.

7. 5-toubun no Hanayome

Anime Romantis 5-toubun no Hanayome

Rekomendasi anime romantis berjudul Go-toubun no Hanayome menceritakan kehidupan Fuutarou Uesugi yang memliki pekerjaan sebagai tutor kelima Nakano bersaudara.

Sepanjang tutor berjalan, Uesugi mendapati dirinya pada situasi-situasi yang membuat hubungannya dengan Nakano bersaudara menjadi rumit, bahkan melibatkan perasaan pribadi.

Di lain sisi, Fuutarou Uesugi perlahan menyadari bahwa kemungkinan ada hubungan antara ia dan masa lalunya dari kelima gadis yang ia bimbing.

Dari sana ia mencoba mempertahankan ikatan mereka antar murid dan guru sambil mencari gadis mana yang berada dalam ingatan paling berkesan Uesugi di masa lalu.

8. Kanojo Okarimasu!

Kanojo Okarimasu!

Kanojo Okarimasu adalah salah satu anime romantis terbaik yang diadaptasi dari manganya dengan judul yang sama.

Menceritakan Kazuya Kinoshita yang baru saja diputuskan oleh pacarnya, tak ingin bersedih terlalu lama ia langsung menyewa pacar sewaan agar bisa move on dari pacarnya yang lalu.

Sayangnya menggunakan jasa pacar sewaan menuntun Kazuya pada situasi yang lebih rumit, dimana ia kini dihadapkan dengan hubungan palsu yang didasari dari kebohongan. Hubungan antara ia dan Chizuru Ichinose, gadis yang bekerja sebagai pacar sewaan.

9. Karakai Jouzu no Takagi-san

Karakai Jouzu no Takagi-san

Karakai Jousu no Takagi-san bisa dibilang adalah anime romantis terbaik yang memiliki cerita adem dan jauh dari berbagai drama.

Menceritakan kisah dua murid sekolah bernama Takagi yang suka menggoda Nishikata dalam kesehariannya di sekolah.

Takagi mengetahui seluruh perilaku Nishikata sehingga ia bisa memprediksi bagaimana ia akan bereaksi terhadap godaannya sehingga mustahil Nishikata membalikan godaan tersebut.

10. Howl’s Moving Castle

Anime Howl’s Moving Castle

Howl’s Moving Castle adalah salah satu rekomendasi anime romantis yang datang dari Studio Ghibli yang terkenal dengan gaya gambaran khasnya.

Anime ini mengisahkan sebuah pertemuan yang tak begitu baik diawal antara Sophie seorang gadis pembuat topi, dengan Howl seorang penyihir yang terkenal karena kekuatan magisnya.

Sophie yang saat itu dalam situasi yang rumit berubah menjadi wanita tua karena berada dalam sebuah perselisihan yang terjadi antara Howl dan penyihir lainnya yang pendendam.

Untuk mengembalikan Sophie menjadi normal, ia harus menemani Howl di sepanjang hari-harinya sambil menunggu Howl menemukan cara yang pas untuk mengembalikan umur Sophie agar bisa kembali seperti semula.

11. Horimiya

Horimiya

Horimiya menceritakan kisah dua orang dengan kepribadian yang berlawanan namun memiliki kesamaan yang aneh.

Mereka adalah Kyouko Hori dan Izumi Miyamura. Hori yang cantik dan pintar, sedangkan Miyamura yang terlihat lemah namun memiliki jiwa yang kuat.

Mereka saling berbagi waktu bersama di rumah Hori. Menjalani hari-hari bersama tanpa perlu mencoba menutupi kepribadian asli mereka.

12. ReLIFE

Anime ReLIFE

Rekomendasi anime romantis satu ini memiliki cerita yang sangat unik, dimana karakter utama bernama Arata Kaizaki mengikuti proyek memperbaiki kesalahan masa lalu dan kembali ke kehidupannya semasa sekolah.

Disana ia tak sengaja bertemu dengan subjek lainnya bernama Chizuru Hishiro yang juga kembali ke masa lalu untuk memperbaiki kesalahannya di masa lalu.

Mereka sama sekali tak tahu bahwa mereka adalah subjek, yang mereka tahu adalah mereka anak sekolah yang dimana subjek tak boleh memiliki hubungan dengan siapapun di masa tersebut.

Namun hal itu justru membuat mereka lebih dekat satu sama lain. Bahkan menuntun mereka ke berbagai situasi yang tak bisa ditebak, khas situasi anak sekolahan.

13. Bakuman

Bakuman

Sesulit apapun kisah romantis sebuah anime, tak ada yang lebih sulit dari kisah cinta antara Moritaka Mashiro dan Miho Izuki.

Mashiro adalah seorang pembuat manga pemula, dan ia juga jatuh hati dengan Azuki. Situasinya bertambah sulit ketika ia memilih untuk menahan perasaannya sebelum ia mewujudkan mimpinya sebagai mangaka.

Seiring cerita berjalan, keduanya pun sepakat untuk tidak bertemu satu sama lainnya dan fokus pada cita-cita mereka berdua. Ketika mereka sudah mencapai cita-cita mereka, barulah bisa satu sama lain mengungkapkan perasaannya.

Anime ini tidak sekedar menceritakan kisah cinta saja, namun mengajarkan sebuah tekad, fokus, dan kerja keras untuk mewujudkan cita-cita, bahkan hingga harus mengesampikan urusan percintaan.

14. Suzumiya Haruhi no Shoushitsu

Anime Suzumiya Haruhi no Shoushitsu

Suzumiya Haruhi no Shoushitsu adalah film anime romantis yang ceritanya berdasarkan novel ringan keempat dari seri Haruhi.

Cerita bermula ketika musim Natal dimana Kyon pergi ke sekolah untuk menyadari bahwa Haruhi Suzumiya telah menghilang. Bahkan tak ada yang mengingatnya. Lalu diikuti dengan situasi supranatural lainnya yang Kyon hadapi.

Walau fokus utama anime ini tentang supranatural, namun banyak adegan-adegan romantis yang ditunjukan dari karakter-karakter utama dalam seri anime Haruhi ini.

15. Yojouhan Shinwa Taikei

Yojouhan Shinwa Taikei

Rekomendasi anime romantis satu ini terbilang unik, mencertiakan dunia perguruan tinggi yang penuh dengan peluang untuk meninggalkan zona nyaman.

Seorang mahasiswa terus-menerus berfantasi tentang bagaimana jika hidupnya menjadi berbeda apabila bergabung dengan berbagai organisasi kampus.

Disana ada banyak macam kejadian yang mana romansa, persahabatan, dan tujuan menyatu menjadi satu dalam cerita dalam lingkungan kampus.

16. Kono Oto Tomare!

Kono Oto Tomare!

Kono Oto Tomare merupakan anime yang berfokus pada mewujudkan impian dengan didampingi adegan-adegan romantis di dalamnya.

Cerita bermula pada kisah Chika Kudou yang selalu bermasalah dan memulai bergabung ke klub Koto di SMA Tokise untuk menebus kenaifannya di masa lalu.

Disana ia bertemu dengan Takezou, Houzuki, dan Kurusu. Tentu keempat tersebut memiliki perasaan satu sama lainnya. Chika kepada Houzuki, dan Kurusu kepada Takezou.

Anime ini mengikuti gerombolan musisi muda yang bercita-cita untuk bermain di kompetisi nasional dengan didampingi bumbu romansa di sepanjang jalan mewujudkan cita-cita tersebut.

17. Cross Game

Anime Cross Game

Cross Game mengisahkan Kou Kitamura yang bercita-cita menjadi pelempar di sebuah tim bisbol, namun sayang cita-citanya sangat sulit untuk diwujudkan setelah sebuah insiden yang terjadi.

Semangat Kou pun tak padam, hingga setelah empat tahun berlalu ia tetap bercita-cita menjadi pelempar di tim bisbol. Dari jalan mewujudkan cita-cita tersebut, ia bertemu dengan Aoba.

Sepanjang cerita banyak adegan yang terbilang romantis walau takdir dalam anime ini berkata lain.

18. Nodame Cantabile

Anime Nodame Cantabile

Anime Nodame Cantabile menceritakan kisah romantis antara Shinichi Chiaki yang perfeksionis dan Megumi Noda yang jarang merawat diri.

Suatu ketika Shinichi tak sengaja melihat Megumi yang bermain piano, bahkan sempat terkagum dengan musik yang ia ciptakan.

Namun demikian, Shinichi kecewa karena Megumi adalah tetangganya, lebih parahnya lagi ia jatuh cinta dengannya.

19. Bakemonogatari

Anime Bakemonogatari

Bakemonogatari adalah anime yang bercerita tentang monster yang bersemayam dalam diri setiap orang.

Cerita berfokus pada Koyomi Araragi, seorang vampir baru yang banyak membantu orang-orang disekitarnya untuk menyembuhkan dari gangguan monster-monster yang ada dalam diri mereka.

Kisah romansanya dalam anime ini banyak diperlihatkan oleh Senjougahara Hitagi, Hanekawa Tsubasa dan Kanbaru Suruga yang menunjukan kasih sayang serta kepeduliannya kepada Koyomi.

20. InuYasha

InuYasha

Inuyasha termasuk salah satu anime romantis yang pernah tayang di televisi Indonesia. Mulai dari tayang hari Minggu, hingga setiap hari pada jam-jam tertentu.

Menceritakan kisah Kagome, gadis sekolah yang tak sengaja masuk ke dunia lain dan bertemu dengan siluman setengah manusia bernama Inuyasha.

Walau awal pertemuan tak berjalan dengan baik, sepanjang cerita pada akhirnya mereka berpetualang bersama. Disepanjang jalan berpetualang, banyak adegan romantis yang bisa kamu lihat dari kedua tokoh tersebut.

21. Shinigami Bocchan to Kuro Maid

Shinigami Bocchan to Kuro Maid

Rekomendasi anime romantis berjudul Shinigami Bocchan to Kuro Maid satu ini menceritakan kisah cinta yang terhalang kutukan.

Bocchan telah dikutuk oleh seorang penyihir yang sedang patah hati, sehingga membuat hidup Bocchan dijauhi oleh orang lain karena siapapun yang memegangnya akan meninggal.

Ia pun dipaksa untuk pindah ke sebuah rumah besar jauh di dalam hutan. Untungnya disana ia ditemani oleh Rob dan Alice, pelayannya.

Alice jatuh cinta pada Bocchan, namun tak bisa ditunjukan karena terhalang kutukan yang pernah Bocchan terima.

Anime ini menyajikan usaha Alice yang terus menerus menggoda Bocchan agar hidup Bocchan tak merasa kesepian.

22. Tenkuu no Shiro Laputa

Anime Tenkuu no Shiro Laputa

Anime yang versi Internasionalnya berjudul Castle in the Sky ini adalah anime lawas yang sangat populer kala itu. Diproduksi oleh Studio Ghibli.

Anime ini menceritakan kisah petualangan Sheeta dan Pazu, dimana sambil berpetualang sambil juga belajar bagaimana sebuah mimpi dan juga keadaan bisa membuat dua orang menjadi lebih dekat.

23. Tamako Love Story

Anime Tamako Love Story

Tamako Love Story adalah film anime romantis yang datang sebagai sekuel dari seri anime berjudul Tamako Market. Disini fokus cerita berpusat pada Mochizou Ooji dan Tamako Kitashirakawa.

Tamako ingin sekali memiliki tujuan setelah lulus sekolah nanti, namun sayangnya ia harus fokus untuk terus bekerja keras di restoran keluarganya.

Di sisi lain, Mochizou berniat untuk melanjutkan ke Universitas di Tokyo, meninggalkan seluruh teman dan keluarganya untuk beberapa tahun.

Namun Mochizou memiliki tujuan terpenting sebelum ia melanjutkan ke Universitas. Tujuan tersebut adalah mengungkapkan perasaannya kepada Tamako.

Film anime satu ini menyajikan seluruh usaha yang Mochizou lakukan untuk bisa meyampaikan perasaannya kepada Tamako sebelum pergi ke Tokyo untuk melajutkan pendidikannya.

24. Whisper of the Heart

Whisper of the Heart

Whisper of the Heart adalah film anime romantis dari studio Ghibli yang akan membawamu menikmati cerita percintaan dua anak muda di perkotaan Jepang tahun 90-an.

Shizuku Tsukishima adalah gadis enerjik yang berusia 14 tahun, hobinya adalah membaca buku dan menulis puisi.

Ketika ia meminjam buku di perpustakaan, ia selalu penasaran karena terus menerus ada nama Seiji Amasawa di buku yang ia pinjam.

Shizuku pun mencoba menyelidiki pria tersebut, namun berakhir bertemu kucing aneh yang menuntun Shizuku ke toko barang antik kuno.

Uniknya disana ia justru bertemu dengan pria yang ia cari. Setelahnya, mereka berteman dengan cepat. Saat hubungannya dengan Seiji tumbuh, Shizuku justru merasa tak yakin dengan masa depannya.

Namun dengan bisikan hati dan inspirasi The Baron, patung kucing di toko antik miliki kakek Seiji, Shizuku pun memutuskan untuk mengungkit potensi dan mimpinya sendiri.

Keduanya saling mendukung satu sama lain, hingga pada suatu titik muncullah benih-benih perasaan suka dan cinta antara Seiji dan Shizuku.

25. Saenai Heroine no Sodatekata Fine

Saenai Heroine no Sodatekata Fine

Anime ini adalah prekuel dari seri animenya yang berjudul sama. Di judul satu ini menutup seluruh seri dimana Tomoya harus memilih rute terakhirnya antara kehidupan pribadi atau Blessing Software, tim yang memproduksi game “How to Raise a Boring Girlfriend”.

26. Hotarubi no Mori e

Anime Hotarubi no Mori e

Hotarrubi no Mori e menceritakan kisah persahabatan dan kompromi dari dua orang yang seharusnya tak pernah bertemu, karena hidup mereka terjalin tanpa adanya harapan.

27. Fruit Basket

Fruit Basket

Tooru Honda memiliki hidup yang sangat menyedihkan, ia yatim piatu dan tak punya tempat untuk tinggal, bahkan rumahnya saja hanya sebuah tenda di hutan.

Ketika ia dibawa oleh keluarga Souma, ia bertemu banyak anggota Souma. Sayangnya jika para Souma memeluk lawan jenis ia akan berubah menjadi binatang dari Zodiak Cina.

Kini Tooru perlu membantu Kyou dan Yuki Souma (salah satu anggota keluarga Souma) untuk menyembunyikan kutukan tersebut dari teman sekelas mereka.

Kehidupan Tooru pun kini ditarik lebih jauh ke dunia misterius dari keluarga Souma. Walaupun begitu, ia justru bertemu lebih banyak anggota keluarga yang lain, sambil menjalin persahabatan di sepanjang pertemuannya.

28. Kimi ni Todoke

Kimi ni Todoke

Sawako Kuronuma adalah siswa yang memiliki wajah menyeramkan menurut banyak orang, namun Shouta Kazehaya tidak menganggapnya begitu.

Karena hal tersebut ia menjadi penyendiri, padahal ia memiliki hati yang polos dan rajin. Ia pun ingin menjadi lebih seperti Kazehaya yang sangat mudah bergaul dengan banyak orang.

Dari keinginan tersebut, Sawako kini lebih banyak menghabiskan waktu dengan Kazehaya.

Saat mencoba untuk membuka lembaran baru, Sawako terdorong untuk mengeksplorasi hal-hal baru yang tak pernah ia lakukan sebelumnya, bersama dengan Kazehaya tepat di sampingnya.

29. Ride Your Wave

Ride Your Wave

Ride Your Wave adalah anime romantis sedih yang memiliki banyak adegan keren. Bingung juga, keren tapi sedih? Sulit diungkapkan, karena kamu harus menontonnya untuk tahu lebih banyak.

Anime ini berfokus pada Hinako Mukaimizu, gadis yang bersemangat namun kesulitan untuk menetapkan masa depannya.

Sepanjang cerita Hinako terus berjuang untuk menemukan tujuannya sendiri, sambil berselancar dengan ditemani pacarnya bernama Minato Hinageshi.

30. Working!!

Anime Working!!

Working berfokus pada cerita di sebuah restoran keluarga di Hokkaido, Jepang. Disana siswa bernama Souta Takanashi bekerja paruh waktu bersama rekannya yang bernama Popura Taneshima.

Popura adalah gadis SMA yang satu tahun lebih tua dari Souta, namun tinggi badannya yang lebih pendek dari Souta membuat Popura sering disangka anak SD oleh orang lain.

31. Toki wo Kakeru Shoujo

Toki wo Kakeru Shoujo

Makoto Konno mengalami kesulitan memutuskan masa depannya. Selama masa sulitnya tersebut, ia tak sengaja menemukan cara melompati waktu.

Dengan kemampuannya melompati waktu, ia langsung belajar bahwa dari setiap keputusan yang diambil selalu memiliki konsekuensinya, dan waktu jauh lebih rumit dari yang terlihat.

32. Nisekoi

Nisekoi

Nisekoi mengikuti kisah kejenakaan sehari-hari dari sebuah hubungan yang terpaksa antar anak kedua kelompok yakuza demi menjaga perdamaian kota.

Sambil menjalani hubungan tersebut, sambil juga karakter utama mencari gadis yang memegang hati dan janjinya di masa lalu.

33. Sakura-sou no Pet na Kanojo

Anime Sakura-sou no Pet na Kanojo

Sakura-sou no Pet na Kanojo adalah salah satu anime romantis komedi yang mengisahkan sehari-hari Sorata Kanda, siswa SMA Suimei yang diusir dari asrama karena mengadopsi kucing liar.

Setelah pindah, Kanda bertemu dengan seorang calon penulis manga bernama Mashiro Shiina yang ia temui di Sakura Hall.

Dengan keterlibatan sesama pengguni Sakura Hall, Kanda dan Shiina menjadi lebih dekat satu sama lain, hingga ke tahap dimana mereka berjuang bersama untuk menemukan panggilan hidup masing-masing.

34. Clannad

Clannad

Rekomendasi anime romantis selanjutnya adalah Clannad, yang menceritakan Okazaki Tomoya, siswa sekolah menengah yang hobinya bolos sekolah.

Suatu ketika ia bertemu dengan seorang gadis yang unik, sepanjang cerita berjalan Tomoya pada akhirnya menyukai gadis tersebut.

Gadis yang Tomoya temui bernama Furukawa Nagisa, dan pertemuan dengannya menuntun Tomoya ke sebuah perkumpulan gadis-gadis unik lainnya.

Sambil menjalani keseharian, Tomoya banyak menghabiskan waktu bersama gadis-gadis tersebut sambil belajar dan memahami masalah mereka agar ketika Tomoya siap, ia bisa membantu mereka.

35. Amagami SS

Anime Amagami SS

Amagami SS adalah salah satu rekomendasi anime romantis terbaik yang memiliki cerita dari sebuah hubungan sesama murid sekolah di setiap realita yang ada.

Karakter utama bernama Junichi Tachibana ini memiliki banyak alternatif cerita di kehidupannya dimana masing-masing dari kehidupan tersebut menjalani sebuah hubungan dengan perempuan yang berbeda.

Mulai dari Morishima Haruka, Nanasaki Ai, Ayatsuji Tsukasa, Tamachi Kaori, Nakata Sae, hingga Sakurai Rihoko yang masing-masing dari mereka memiliki karakteristik dan sifatnya yang unik.

36. Koukyoushihen Eureka Seven

Koukyoushihen Eureka Seven

Eureka Seven pernah tanyang di Indonesia di salah satu stasiun televisi, namun penayangannya tak sampai cerita terakhir.

Mengisahkan tentang Renton Thurston, laki-laki berumur 14 tahun yang hidup di kota kecil Bellforest.

Perjalanan hidup Renton dimulai ketika ia bertemu Eureka, anggota Gekkostate (kelompok tentara bayaran) yang meminta tune-up untuk Nirvash.

Pertemuan mereka menjadi pemicu awal keterlibatannya bersama Gekkostate saat ia lepas landas bersama Eureka sebagai co-pilot Nirvash.

37. Kami nomi zo Shiru Sekai

Anime Kami nomi zo Shiru Sekai

Anime ini menceritakan Keima Katsuragi yang terkenal karena keahliannya dalam game simulasi kencan.

Karena sebuah pertemuannya dengan gadis bernama Elucia de Lute Ima menuntunnya menjadi petugas yang ditugaskan menangkap roh-roh pelarian yang bersemayam dalam tubuh para gadis.

Kini ia harus menyelesaikan tugas tersebut sambil menungganakan keahliannya yang ia peroleh dari game simulasi kencan.

38. Lovely Complex

Lovely Complex

Lovely Complex termasuk salah satu anime romantis komedi yang menceritakan sebuah hubungan unik dari dua orang yang sama-sama punya perasaan suka namun malu-malu, yang terkadang membuat mereka menjadi canggung.

Risa Koizumi memiliki tinggi 172 cm dan Atsushi Ootani memiliki tinggi 156 cm. membuat Ootani semakin canggung ketika bersama Risa.

Awalnya mereka bekerja sama untuk mendapatkan hati dari orang yang mereka suka, namun berakhir menjadi saling suka.

39. Sword Art Online

Anime Sword Art Online

Anime ini mengisahkan kisah para pemain game online Sword Art Online yang mengalami error saat dijalankan, membuat para pemain lainnya terjebak dan tidak bisa logout.

Kisah romantis dalam anime ini ditunjukan pada hubungan Kirigaya Kazuto dan Yuuki Asuna yang saling membantu dan berusaha satu sama lain untuk mencari jalan keluar agar para pemain lainnya termasuk mereka bisa logout dari game tersebut.

40. Kotonoha no Niwa

Anime The Garden of Words

Kotonoha no Niwa termasuk film anime romantis yang masih satu jagat bersama Kimi no Na wa ciptaan Makoto Shinkai.

Takao Akizuki, calon pembuat sepatu sering bolos sekolah karena harus fokus membuat sketsa desain di sebuah taman yang tenang dan indah.

Disana ia bertemu dengan Yukari Yukino, wanita misterius yang selalu ia temui di taman tersebut.

Sayangnya ada sebuah rahasia yang Takao Akizuki tidak tahu terkait Yukari, dimana rahasia tersebut akan membuat hubungan mereka diuji.

41. Kaichou wa Maid-sama!

Kaichou wa Maid-sama!

Misaki Ayuzawa adalah ketua OSIS perempuan pertama di SMA Seika, ia memiliki kemampuan Aikido. Karena sifatnya yang disiplin membuatnya dijuluki presiden iblis.

Namun Misaki memiliki rahasia, bahwa ia bekerja sebagai Maid di suatu kafe untuk menghidupi keluarganya. Ia tak ingin murid di sekolah tahu pekerjaannya itu.

Takumi Usui adalah salah satu murid laki-laki yang mengetahui rahasia tersebut. Semenjak saat itu takdir mereka berdua mulai terlihat, sampai menghabiskan lebih banyak waktu bersama sambil memahami rahasia satu sama lain.

42. Wotaku ni Koi wa Muzukashii

Wotaku ni Koi wa Muzukashii

Wotaku ni Koi wa Muzukashii mengikuti kisah dalam hubungan antara Narumi dan Hirotaka saat masa-masa awal mereka berkencan. Semua keseharian mereka tersaji dalam ringkasan cerita yang ringan.

Mereka berkencan sambil mencoba menyeimbangkan pekerjaan, hobi, dan juga hubungan yang sedang dijalani.

43. Kokoro Connect

Anime Kokoro Connect

Kokoro Connect menceritakan pertukaran tubuh secara acak yang dialami oleh kelima siswa sekolah menengah.

Mereka diantaranya adalah Taichi, Iori, Himeko, Yoshifumi, dan Yui. Masing-masing dari mereka adalah anggota Klub Penelitian Budaya.

44. Kimi no Suizou wo Tabetai

Anime I Want To Eat Your Pancreas

Kimi no Suizou wo Tabetai memiliki judul internasional yang berupa “I want to eat your pancreas”. Menyeramkan? Tapi ini kisah romantis lho.

I want to eat your pancreas adalah film anime romantis sedih yang mengisahkan cinta antar dua orang yang tak saling berjalan dengan semestinya.

Bahkan ketika ingin dipersatukan, keduanya harus dihadapkan dengan kenyataan bahwa mereka tak bisa bersama. Bahkan perpisahannya sangat mengejutkan.

45. Nakitai Watachi wa Neko wo Kaburu

Nakitai Watachi wa Neko wo Kaburu

Miyo Sasaki adalah siswa SMP kelas dua yang jatuh cinta dengan Kento Hinode. Sayangnya cintanya bertepuk sebelah tangan.

Ketika ia menemukan sebuah topeng ajaib yang mengubahnya menjadi kucing bernama Taro, ia jadi memiliki kesempatan mendekati Hinode.

Sayangnya ia tak bisa berubah kembali menjadi manusia. Kini takdirnya hanya bisa diubah dengan bantuan dari Hinode.

46. Plastic Memories

Anime Sedih Plastic Memories

Plastic Memories termasuk salah satu anime romantis sedih yang menceritakan kisah perpisahan antara manusia yang jatuh cinta dengan sebuah android cantik, namun sayangnya android tersebut memiliki umur yang pendek.

47. Tonikaku Kawaii

Tonikaku Kawaii

Nasa Yuzaki hampir meninggal ditabrak oleh truk karena terpesona oleh gadis bernama Tsukasa.

Untungnya ia diselamatkan, namun sebelum ia ditinggal oleh gadis tersebut, ia mengatakan cinta dan untungnya diterima, namun dengan satu syarat, ia ingin melakukan pernikahan.

Setelah pulih dari luka-lukanya, ia tak bisa menemukan Tsukasa yang hilang tanpa jejak. Hampir merasa menyerah, suatu malam ia terkaget menerima tamu yang datang. Benar saja, ia adalah Tsukasa, istrinya di masa depan.

48. Arakawa Under the Bridge

Arakawa Under the Bridge

Arakawa Under the Bridge adalah salah satu anime romantis komedi yang memiliki banyak sekali adegan komedi dengan sisipan beberapa parodi.

Tokoh utama yang bernama Kou Ichinomiya merasa tak enak hati ketika ia berhutang nyawa dengan gadis aneh yang bernama Nino.

Gadis tersebut tak ingin apa-apa, namun Kou yang tak pernah lupa dengan hutang balas budi ingin memberikan sesuatu kepada Nino.

Pada akhirnya Kou harus menjalani hidup bersama Nino di bahwa kolong jembatan dengan sesama kelompok lain yang unik dan eksentrik hanya untuk menunggu apa yang diinginkan Nino darinya agar hutangnya bisa terbayar lunas.

49. From Up on Poppy Hill

From Up on Poppy Hill

Ini adalah salah satu karya terbaik dari Ghibli Studio. Menceritakan kisah pemuda yang jatuh cinta dengan seorang perempuan yang takut dikiranya sebagai saudarinya namun kenyataannya berbeda.

50. Aa! Megami-sama!

Anime Aa! Megami-sama!

Ini adalah sebuah dunia dimana keinginan dapat dikabulkan hanya dengan menelpon jasa Bantuan Dewi. Ada pria bernama Keiichi Morisato yang niatnya bercanda memanggil Dewi Belldandy meminta untuk hidup bersama dirinya selamanya.

Uniknya permohonan tersebut dikabulkan. Kini Keiichi hidup berdua dengan seorang Dewi, dan kesehariannya kini penuh dengan kecanggungan.

51. Higashi no Eden

Higashi no Eden

Bisa dibilang ini adalah anime drama yang memiliki beberapa adegan romantis antar dua tokoh utama.

Cerita bermula saat Saki Morimi mendapatkan masalah di lingkungan Gedung Putih, Washington DC. Tanpa sepengetahuannya, ia diselamatkan oleh salah satu rekan senegaranya.

Pria yang memperkenalkan diri sebagai Akira Takizawa adalah orang yang misterius. Ia tampak kehilangan ingatan, sambil membawa senjata dan uang sebesar 8.200.000.000 yen.

52. Kaze Tachinu

The Wind Rises

Kaze Tachinu mengisahkan impian Jurou Horikoshi yang ingin membuat sebuah pesawat terbang. Di perjalanan menggapai impiannya, ia bertemu dengan Naoko Satomi yang nantinya akan menjadi istrinya di masa depan.

Setelah bertahun-tahun mengejar impiannya, ia mulai dihadapkan dengan situasi yang sulit, dimana didalamnya ada harapan dan juga kehilangan.

53. Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru. Kan

Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru. Kan

Anime comedy satu ini menyajikan cerita seputaran kelulusan, dimana semua emosi dituangkan di acara tersebut.

Di saat yang sama, anggota Voluntee Service Club menggunakan acara itu untuk memahami anggotanya satu sama lain agar bisa lebih akrab dan dekat.

54. Danna ga Nani wo Itteiru ka Wakaranai Ken

Danna ga Nani wo Itteiru ka Wakaranai Ken

Anime ini mengikuti kehidupan sehari-hari wanita pekerja kantoran yang bernama Kaoru dengan suaminya yang bernama Hajime, seorang otaku akut.

55. Senpai ga Uzai Kouhai no Hanashi

Senpai ga Uzai Kouhai no Hanashi

Futaba Igarashi berhasil mempertahankan pekerjaannya berkat bimbingan seniornya yang bernama Harumi Takeda. Karena Igarashi bertubuh pendek, Takeda terkadang sering menggodanya dengan menyebut Igarashi anak kecil.

Meskipun terasa mengganggu bagi Igarashi, namun godaan tersebut membuat mereka bisa menghabiskan waktu bersama lebih banyak, hingga hubungan tersebut berkembang lebih dari sekedar rekan kerja di kantor.

Kesimpulan

Nah, jadi itu tadi beberapa rekomendasi anime romantis terbaik yang memiliki cerita seru dan menyenangkan untuk dilihat, beberapa adegannya juga pastinya bisa kini kamu baperan maksimal.

Setelah melihat beberapa judul diatas, sudah ada rencana mau pilih judul anime romantis yang mana?

Rekomendasi Anime Harem Terbaik

55 Rekomendasi Anime Harem Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Lihat!

30 Anime Musik Terbaik Sepanjang Masa, Ceritanya Seru!