in

55 Rekomendasi Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa yang Bisa Menguras Air Mata!

rekomendasi anime sedih terbaik

Hei, kami telah mengumpulkan puluhan rekomendasi anime sedih terbaik yang punya jalan cerita mengharukan, pastinya bisa buatmu menangis tersedu-sedu deh.

Tentu semua orang suka dengan jalan cerita yang memiliki akhiran bahagia, atau setidaknya susah-susah dahulu lalu bahagia kemudian.

Tapi ada juga orang yang suka dengan jalan cerita yang menyedihkan. Kenapa begitu? Tanyakan yang bersangkutan.

Jalan cerita sedih pada umumnya memiliki banyak drama, seperti kesulitan bertahan hidup, ditinggal oleh seseorang, terpisah dengan kekasih, hingga menerima kenyataan yang pahit.

Pada kenyataannya hal seperti itu bisa dijumpai di kehidupan kita. Sama seperti beberapa daftar rekomendasi anime sedih terbaik dibawah ini, jalan ceritanya ada juga yang diambil dari kisah nyata.

Tanpa panjang lebar, berikut beberapa rekomendasi terbaik yang harus kamu lihat segera.

1. Grave of the Fireflies

Anime Sedih Grave of the Fireflies

Grave of the Fireflies adalah salah satu film anime sedih terbaik yang menggambarkan betapa mengerikannya tragedi dalam Perang Dunia II di Jepang.

Mengisahkan dua adik-kakak bernama Seita dan Setsuko yang hidupnya menjadi menderita akibat perang.

Mereka telah kehilangan ibu, ayah, rumah mereka, bahkan yang lebih menyakitkannya lagi mereka tak diterima dengan baik oleh sanak saudara jauhnya sendiri.

Namun dalam kenyataan pahit yang mereka alami, mereka masih bisa bertahan dan mencari sedikit kebahagiaan, walaupun nasib buruk tak dapat mereka hindarkan.

2. Anohana: The Flower We Saw That Day

Anime Sedih Anohana The Flower We Saw That Day

Anohana menceritakan kisah arwah Meiko “Menma” Honma yang muncul dan mulai mengganggu Jinta Yadomi di kehidupan damainya yang jauh dari sekolah dan hanya bermain game di rumah.

Jinta dan Menma terpisah setelah kematian Menma yang telalu dini, namun disatukan kembali ketika arwah Menma ingin meminta tolong agar bisa beristirahat dengan tenang.

Tak sendirian, Jinta pun meminta bantuan teman lainnya yang dulu sewaktu kecil sering bermain bersama. Mereka saling membantu untuk bisa menemukan cara terbaik agar arwah Menma bisa pergi dengan tenang ke alam sana.

3. Your Lie in April

Your Lie in April

Kousei Arima adalah anak yang berbakat dalam bermain piano, itu berkat pelatihan yang ketat oleh ibunya sendiri.

Namun setelah ibunya meninggal, Kouma mengalami trauma yang membuatnya tak bisa mendengar suara piano, bahkan tak ingin lagi naik panggung.

Suatu ketika Arima bertemu dengan pemain biola eksentrik bernama Kaori Miyazono yang bisa mendorong Arima kembali ke jalan musiknya dalam bermain piano setelah mengalami trauma yang menyedihkan.

Walaupun Arima mendapatkan kembali kebahagiaan dalam bermain piano berkat bantuan Kaori, Arima masih harus berjuang menghadapi sebuah kenyataan pahit yang akan ia alami.

4. Plastic Memories

Anime Sedih Plastic Memories

Setelah mengalami kegagalan dalam masuk perguruan tinggi, Tsukasa justru mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan A.I.

Tsukasa pun diberikan tugas untuk mengumpulkan para ‘Giftias’, sebuah Android tinggat tinggi yang mendekati tanggal kedaluwarsa.

Tsukasa dipasangkan dengan salah satu Giftia bernama Isla. Ia pun jatuh cinta pada Giftia tersebut. Namun kenyataannya jatuh cinta pada Giftia adalah sebuah kesalahan.

Setiap Giftia punya masa waktunya sendiri, begitupun dengan Isla. Tsukasa hanya tak tahu kapan waktunya akan berpisah dengan Isla, ia hanya bisa menikmati hari-harinya bersamanya.

5. A Silent Voice

A Silent Voice

A Silent Voice sebenarnya bukan anime yang begitu menyedihkan, namun sepanjang jalan cerita banyak ditampilkan bagaimana seseorang bisa sulit menjalani hari-harinya saat dirinya dipenuhi perasaan bersalah.

Shouya adalah siswa yang nakal. Ketika Shouko seorang gadis tuli menjadi siswa pindahan baru disekolahnya, ia pun mengganggunya hanya untuk bersenang-senang.

Ketika ibu Shouko memberitahu ke pihak sekolah, Shouya pun dihukum sehingga membuatnya dikucilkan oleh teman-temannya. Shouko pun pada akhirnya pindah sekolah.

Sekarang Shouya berada di tahun ketiga di sekolah menengahnya, ia masih tetap diganggu oleh perasaan bersalah di masa lalu dan ingin sekali menebus perasaan tersebut dengan meminta maaf secara langsung pada Shouko.

Anime sedih satu ini menceritakan kisah perjuangan Shouya dalam menebus rasa bersalahnya kepada Shouko di masa lalu, namun mengalami banyak rintangan dalam proses usahanya.

6. Clannad

Clannad

Anime Clannad mungkin tidak begitu menyedihkan, baru terasa menyedihkan ketika melihat sekuelnya yang berjudul Clannad: After Story.

Clannad menceritakan kisah pertemuan Tomoya, anak SMA yang putus asa karena ditinggal ibunya, dengan Nagisa, gadis yang sedang kesulitan mencapai mimpinya di dunia klub drama sekolah menengah.

Tomoya dan Nagisa saling jatuh cinta dalam proses menghidupkan kembali klub drama sekolah menengah tersebut, membuat mereka berdua melanjutkan kisah cinta sampai mereka mulai hidup bersama.

Sayangnya kenyataan pahit datang dimana kondisi Nagisa mulai memburuk selama beberapa tahun terakhir hidup bersama. Kondisinya pun sangat parah, bahkan bisa membuatnya meninggal saat melahirkan.

Tahu dengan resikonya, Nagisa tetap bersikeras untuk melahirkan anaknya. Ushio lahir namun Nagisa meninggal.

Kehilangan Nagisa membuat Tomoya mengalami depresi, sehingga Ushio dititipkan untuk tinggal bersama orang tua Nagisa.

Walau telah ditinggal istrinya, Tomoya masih terus melanjutkan hidup demi kebahagiaan putri kecilnya.

7. I Want To Eat Your Pancreas

Anime I Want To Eat Your Pancreas

Walau judulnya sedikit menyeramkan, ini bukanlah anime bertema zombie. Anime ini menceritakan kisah gadis bernama Sakura yang tidak memiliki banyak waktu lagi karena menderita penyakit pankreas yang mematikan.

Haruki, salah satu teman kelasnya mengetahui hal tersebut, dan sekarang Sakura ingin Haruki menjaga rahasianya sambil membantunya menemani waktu terakhir Sakura dengan melakukan banyak hal.

8. Your Name

Anime Sedih Kimi no Na WaYour Name

Your Name adalah salah satu film anime sedih terbaik, menceritakan kisah gadis desa bernama Mitsuha yang bertukar tubuh dengan anak laki-laki kota bernama Taki.

Awalnya mereka berdua kaget dengan fenomena tersebut, bahkan kesulitan menjalani hari-hari mereka dengan tubuh yang berbeda.

Seiring jalannya cerita, banyak kejadian yang menarik dan bahkan mengubah kehidupan mereka masing-masing, termasuk saling jatuh cinta.

Taki yang penasaran ingin bertemu Mitsuha pun terhalang dengan waktu, karena jarak antara mereka berdua bukan sebuah jarak antar tempat, melainkan antar waktu yang berbeda.

Anime ini sangat cocok untuk siapapun yang suka jalan cerita kisah cinta yang dibumbui dengan hal-hal magis.

9. Angel Beats!

Angel Beats!

Yuzuru Otanishi yang berusia 17 tahun baru saja meninggal dan bangun di akhirat tanpa ingatan sebelumnya.

Mengambil latar belakang lingkungan sekolah, dunia akhirat tersebut diciptakan sebagai tempat melindungi mereka yang meninggal karena kematian yang tidak diinginkan.

Merasa dirugikan oleh Tuhan, para penduduk sekolah tersebut memutuskan untuk membentuk Afterlife Battlefront, sebuah grup pemberontak yang menentang dewan siswa seperti dewa.

Mempertanyakan moralitas dibalik tindakan mereka, Otonashi mengambil langkah dibelakang garis musuh untuk memahami sisi berlawanan dari nasib mereka.

10. Wolf Children

Anime Sedih Wolf Children

Wolf Children adalah salah satu film anime sedih terbaik yang menceritakan kisah beratnya perjuangan seorang ibu tunggal membesarkan anak-anaknya setelah ditinggal suami.

Ketika tinggal di kota membuat kehidupannya menjadi lebih sulit, mereka pindah ke sebuah desa kecil yang tenang dan damai.

Namun tantangan lain mulai berdatangan setelah anak-anaknya mulai tumbuh dan menyadari diri mereka yang sebenarnya.

Film anime terbaik satu ini layak dilihat oleh siapapun yang menikmati jalan cerita penuh drama yang bisa menguras banyak emosi dan air mata.

11. Tokyo Magnitude 8.0

Tokyo Magnitude 8.0

Tokyo Magnitude 8.0 adalah anime sad ending terbaik yang memperlihatkan kengerian gempa bumi yang terjadi di Tokyo, Jepang.

Fokus cerita berpusat pada Mirai dan Yuuki yang baru saja pergi ke pameran robot ketika gempa berkekuatan 8,0 skala richter melanda kota dan mengubah seluruh gedung menjadi reruntuhan dalam semenit.

Berjuang untuk keluar dari musibah tersebut dan mencari tempat perlindungan, mereka tiba-tiba bertemu dengan seorang ibu tunggal yang memutuskan untuk membantu mereka.

12. Violet Evergarden

Anime Violet Evergarden

Anime satu ini menceritakan kisah Violet Evergarden, gadis muda yang dibesarkan untuk menjadi prajurit yang menghancurkan garis depan musuh.

Setelah perang berakhir, ia ditinggal pergi oleh orang yang paling ia sayangi dengan diberikan sebuah pesan terakhir yang tak ia pahami tentang artinya.

Sembuh dari luka-luka, Violet kini menjalani hidup baru dengan bekerja di CH Postal Services sebagai Boneka Memori Otomatis yang menuliskan pikiran dan perasaan ke dalam kata-kata di atas kertas.

Sambil bekerja di sana, hatinya tergerak untuk mencari tahu kalimat terakhir yang ia dengar dari orang yang paling ia sayangi setelah perang berakhir dulu.

Dengan bantuan orang-orang yang ia temui, Violet sedikit demi sedikit mulai memahami arti dari kalimat tersebut.

13. Hotarubi no Mori e

Anime Hotarubi no Mori e

Sedih rasanya jika mencintai seseorang namun tak bisa menyentuhnya. Begitulah yang dirasakan dalam sepanjang jalan cerita di film anime sedih terbaik berjudul Hotarubi no Morie ini.

Hotaru Takegawa di usianya yang 6 tahun tersesat di hutan yang dikabarkan dihuni oleh makhluk halus.

Ketika ia menangis dan putus asa, Hotaru didekati oleh Gin, bocah lelaki misterius yang membantunya keluar dari hutan.

Bahagia ketika keluar dari hutan, Hotaru berlari ke Gin dengan mencoba meraih tangannya, namun ditangkis secara kasar.

Dengan cepat Hotaru menyadari bahwa Gin memiliki kutukan dimana jika ia disentuh manusia, ia akan menghilang selamanya.

Gin mendesak Hotaru untuk tidak kembali ke hutan, namun Hotaru bertindak sebaliknya. Sepanjang cerita berjalan timbulah perasaan antara mereka berdua, walau situasi diantara mereka terlihat sangat rumit.

Anime ini berfokus pada perjuangan Hotaru dan Gin untuk bisa bersama walau ada batas-batas yang telah di tetapkan dalam takdir mereka berdua.

14. Girls Last Tour

Anime Sedih Girls Last Tour

Girls Last Tour termasuk salah satu judul anime sad ending paling mengharukan yang mengisahkan petualangan terakhir dua gadis imut bernama Chito dan Yuuri.

Mereka adalah dua orang yang selamat dari kota yang telah menjadi puing-puing. Tak ada yang lain, hanya mereka berdua yang selamat di kota tersebut.

Fokus cerita berpusat pada perjuangan Chito dan Yuuri dalam menjalani kehidupan di tengah kesuraman dunia yang mereka tinggali.

Mereka saling bekerja sama, menanggung beban hidup berdua, sambil berfantasi tentang masa lalu yang indah.

15. Made in Abyss

Anime Sedih Made in Abyss

Made in Abyss menceritakan kisah Riko, gadis yatim piatu yang berteman dengan robot humanoid bernama Reg yang Riko kira datang dari dalam Abyss.

The Abyss adalah lubang dengan kedalaman yang sangat-sangat dalam. Riko yang ditemani dengan Reg mencoba memasuki lubang tersebut, berharap menemukan tanda-tanda dari ibu Riko yang terjebak di dasar Abyss.

16. Erased

Anime Erased

Ketika sebuah tragedi terjadi, Satoru Fujinuma dituduh sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan seseorang yang sangat dekat dengannya.

Namun fenomena aneh mengirimnya kembali ke 18 tahun yang lalu saat dirinya masih anak kecil.

Mencoba mengungkap misteri dan menemukan kebenaran, ia juga harus dihadapkan dengan pilihan untuk melindungi orang yang dicintainya.

Karena salah-salah bertindak, Satoru bisa mengubah jalan cerita hidupnya di masa depan, termasuk kehilangan orang yang dicintainya.

17. Charlotte

Anime Charlotte

Charlotte mungkin bukanlah anime sad ending, namun beberapa episodenya menampilkan kisah sedih yang membuatmu terharu kepada karakter di anime ini.

Yuu Otosaka adalah siswa yang memiliki kemampuan mengambil alih pikiran dan tubuh orang lain. Walau berlangsung selama lima detik, kekuatan tersebut mampu membantu Yuu masuk ke sekolah tinggi bergengsi dan melakukan hal yang tidak jujur.

Kejahatan tersebut dihentikan oleh Nao Tomori, OSIS di Akademi Hoshinoumi. Diam-diam Akademi tersebut adalah sebuah institusi yang diciptakan untuk remaja yang memiliki kemampuan supranatural.

Ketika Yuu membantu dalam urusan dewan, kelompok itu berangkat untuk menemukan dan melindungi pengguna kemampuan baru lainnya dari bahaya.

Namun ketika mereka menyelidiki kemampuan itu, mereka dihadapkan dengan sebuah masalah yang jauh lebih rumit dari yang pernah mereka bayangkan.

18. Akame ga Kill!

Anime Akame ga Kill!

Night Raid adalah sebuah kelompok pembunuh rahasia dari Tentara Revolusioner yang dibentuk untuk menggulingkan Perdana Menteri yang serakah.

Tatsumi adalah anggota terbaru dari kelompok tersebut, ia seorang bocah naif dari desa terpencil yang memulai perjalanan untuk membantu kampungnya yang sedang kesulitan.

Fokus cerita dalam anime ini berpusat pada perjuangan Tatsumi melawan Kekaisaran dengan senjata kuatnya. Ia banyak dihadapkan dengan pilihan moral dan nilai-nilai dari tindakan yang ia lakukan.

Walau bukan anime yang 100% menyedihkan, namun di beberapa episodenya bisa membuatmu terharu-haru, bahkan menaruh empati pada beberapa karakter di anime ini.

19. Who’s Left Behind?

Anime Who’s Left Behind

Anime berjudul Who’s Left Behind menampilkan perspektif lain dari kejadian Perang Dunia II di masa lalu. Menceritakan kisah Kayoko, gadis muda yang agak sedikit cengeng dan suka bermain dengan teman-temannya.

Kayoko yang saat itu masih muda mulai memberikan boneka-boneka favoritnya untuk membantu mereka yang sedang membuat bahan peledak untuk perang.

Seiring bertambahnya usia, Kayoko melihat perang dari sudut pandang yang berbeda dan mulai mengetahui bahwa perang telah mempengaruhi hidupnya dan orang-orang di sekitarnya.

Kayoko kini hidup kesepian setelah ditinggal oleh hampir seluruh keluarganya akibat perang. Namun ia tetap berjuang untuk bangkit dari keterpurukan, termasuk berusaha bahagia di lingkungannya yang menyedihkan.

20. Elfen Lied

Elfen Lied

Elfen Lied adalah salah satu anime sedih yang bisa menguras emosimu ketika melihat betapa tidak manusiawinya beberapa manusia dalam keserakahan mereka.

Elfen Lied berfokus pada cerita kehidupan seorang gadis yang merupakan keturunan khusus yang disebut Diclonius.

Ia dijadikan sebagai eksperimen, namun berhasil melarikan diri dengan membunuh semua orang di sekitarnya. Sayangnya setelah mengalami cedera, ia menderita kepribadian ganda.

Anime ini memang lumayan kontroversial, namun jika kamu menggemari anime dengan jalan cerita yang menyedihkan dan sedikit berbau psikologi, maka tak ada salahnya melihat anime satu ini.

21. Banana Fish

Anime Aksi Banana Fish

Awal cerita bermula ketika seorang mafia mencoba mengadopsi anak laki-laki bernama Aslan. Namun ia melarikan diri dan berjuang hidup seadaanya di jalanan kota New York.

Takdir pun menuntunnya untuk menemukan lebih banyak referensi dari ‘Banana Fish’ yang diberikan oleh kakak laki-lakinya setelah kembali dari perang.

Walau anime ini adalah anime aksi, namun ada momen-momen tertentu yang dimana bisa membuatmu terharu-haru, bahkan merasa sedih kepada karakter tersebut.

22. To Your Eternity

Anime To Your Eternity

To Your Eternity termasuk salah satu rekomendasi anime sedih yang harus kamu lihat, karena jalan ceritanya yang sangat menyentuh sekaligus mengharukan.

Sebuah entitas aneh mengelana di daratan bumi hingga bertemu dengan bocah dan menemaninya dari rasa kesepian. Sayangnya bocah tersebut meninggal karena penyakit yang dideritanya.

Entitas abadi itu akhirnya berubah menjadi bocah tersebut dan mulai mengelana, mewujudkan impian bocah yang ditemuinya dimana ia ingin pergi keluar dan berpetualang jikalau umurnya bisa lebih panjang.

Entitas itu mengelana hingga bertemu dengan beberapa orang yang nantinya akan mengubah jalan hidupnya sambil juga belajar bagaimana hidup seperti manusia.

23. Terror in Resonance

Terror in Resonance

Terror in Resonance adalah anime sedih yang menceritakan kisah Nine dan Twelve, dua bocah laki-laki di balik topeng Sphinx.

Kehadiran mereka membuat kota-kota disekitarannya jatuh hancur dan beberapa menjadi puing-puing. Semua dilakukan dengan harapan mengubur kebenaran tragis diri mereka sendiri.

24. Steins;Gate

Anime Steins;Gate

Satu kata jika kamu punya kemampuan menjelajah waktu. Yaitu ‘JANGAN’. Yup, jangan dilakukan. Menjelajah waktu bisa mempengaruhi waktu lainnya. Kamu ke masa lalu, bisa mengubah masa depan. Itulah yang ditampilkan di anime Steins;Gate ini.

Okabe mencoba menjelajah waktu untuk menyelamatkan teman masa kecilnya yang telah meninggal. Namun usahanya tak pernah berhasil tanpa mengubah waktu yang lain.

Usahanya pun juga memaksa Okabe melihat temannya meninggal lagi dan lagi di alur waktu tertentu, karena ia tak bisa menyelamatkannya.

25. Death Parade

Anime Death Parade

Setiap manusia yang sudah meninggal, hanya ada dua tempat dimana mereka akan dikirim, Surga atau Neraka. Namun sebagian orang terpilih, kematian akan membawa mereka ke Quindecim. Begitulah yang terlihat dalam anime ini.

Quindecim adalah sebuah bar dimana hanya pasangan orang yang mati pada saat yang sama yang bisa masuk.

Disana ada Decim, sosok yang menunggu mereka yang telah meninggal dan masuk ke dalam barnya. Ia akan memberikan penilaian pada arwah yang datang dengan menantangnya ke permainan yang mengancam jiwa.

Permainan tersebut juga yang menentukan apakah arwah itu akan bereinkarnasi ke kehidupan baru, atau dikirim ke kehampaan dan tak akan pernah terlihat lagi.

26. Code Geass

Anime Code Geass

Code Geass berfokus pada cerita Lelouch Lamperouge yang mendapatkan kekuatan Geass untuk mengambil alih serta melenyapkan Kekaisaran Britannia yang pernah berbuat salah padanya bertahun-tahun lalu.

Walau bergenre anime aksi, namun ada momen-momen di beberapa episode yang terasa mengharukan. Bahkan menurut kami, Code Geass termasuk salah satu anime sad ending terbaik diatas Attack On Titan.

27. No. 6

Anime sedih No. 6

Umat manusia berlindung dalam sebuah kota yang damai setelah menderita karena perang dunia yang berdarah-darah. Shion adalah salah satu penduduk elit kota No. 6 yang bertemu bocah bernama Nezumi.

Nezumi adalah seorang pelarian dan termasuk salah satu yang tinggal di gurun terpencil luar tembok. Mengetahui ia adalah buronan, Shion memutuskan untuk melindunginya.

Tindakannya itu membawa sebuah konsekuensi drastis, dimana ia dan ibunya kehilangan status elit dan dipindahkan ke tempat sisi gelap kota.

Lama terpisah, Shion dan Nezumi akhirnya bertemu kembali di tempat tersebut dan memulai petualangan mereka yang akan mengungkap rahasia yang menyedihkan dari No. 6 itu.

28. The Garden of Words

Anime The Garden of Words

Kesibukannya dalam membuat sketsa desain sepatu baru menuntun Takaro kepada Yukari, seorang wanita cantik yang ia temui di sebuah taman.

Ia menawarkannya untuk membuat sepatu baru dan membuatnya terus bertemu sepanjang musim hujan, di taman yang sama.

Berlalunya waktu, mereka pun hari demi hari semakin dekat hingga menimbulkan perasaan cinta dari keduanya.

Namun hal-hal sebelumnya menjadi tak biasa. Bahkan kehidupan mereka menjadi berubah ketika cinta mereka saling diuji.

29. Assassination Classroom

Anime Assassination Classroom

Ketika monster yang mengubah bulan menjadi bulan sabit permanen datang ke bumi dan berprofesi sebagai guru, murid-muridnya langsung diberikan tugas yang berat, yaitu membunuhnya.

Namun monster yang berjuluk Koro-sensei sangatlah kuat dan cepat, terlebih sifatnya terbilang tak seperti monster jahat pada umumnya.

Murid-murid di kelasnya pun suka dengan Koro-sensei, membuat tugas membunuhnya pun menjadi semakin berat, karena tercampur perasaan di dalamnya.

30. 5 Centimeters Per Second

5 Centimeters Per Second

5 Centimeters Per Second adalah anime sad ending paling mengharukan. Kenapa? Karena menampilkan betapa sulitnya menjalani hubungan jarak jauh.

Takaki dan Akari adalah teman masa kecil yang berubah menjadi kekasih, namun kesibukan masing-masing justru menambah jarak dan memisahkan mereka.

Walau jarak mereka tinggal sangat jauh, mereka tetap berusaha bertemu di waktu-waktu tertentu. Mendambakan sentuhan kekasih dan sangat ingin melihat wajah satu sama lain, mereka bersemangat ketika waktu bertemu sudah tiba.

Namun takdir bisa berkata lain. Harapan mereka bersama pun tak pernah menjadi kenyataan. Justru yang ada hanya kesedihan, itupun hanya sepihak. Untuk lebih merasakan, kamu bisa melihat anime ini jika kamu mau.

31. Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpa no Yume wo Minai

Anime Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpa no Yume wo Minai

Seorang gadis bernama Mai mengalami sindrom pubertas dimana gejalanya sangat supernatural sehingga membuatnya hampir tidak dikenali.

Namun salah satu siswa bernama Sakuta Azusagawa tahu dari pengalaman pribadi dan uniknya hanya ia yang bisa melihat gadis itu. Ketika ia bertemu Mai, ia mencoba membantunya dalam menghadapi sindrom tersebut.

Anime ini sebenarnya bergenre romantis, namun situasi Mai yang membuatnya tak bisa dikenali dan dilihat orang lain menjadi terasa menyedihkan bukan? Bayangkan jika itu terjadi kepada kita.

32. One Week Friends

Anime One Week Friends

One Week Friends termasuk salah satu rekomenadasi anime sedih terbaik yang memperlihatkan situasi dimana sulitnya mendapatkan teman sejati atau seseorang yang dicintai.

Kaori menderita amnesia dan tak dapat mengingat dengan tepat orang yang ia kenali dan cintai. Ingatannya akan reset ulang setiap hari Senin.

Akibat kecelakan di sekolah menengah, Kaori yang dulu populer dan baik hati kini tidak dapat berteman karena sifat dinginnya yang disebabkan tidak mengenali siapapun setiap hari Senin dimulai. Ia tak ingin menyakiti hati orang lain karena sifatnya.

Di sisi lain ada Yuuki, seseorang yang setiap hari berjumpa dengan Kaori berusaha untuk menjadi lebih dekat dengannya, bahkan lebih bertekad untuk bisa menjadi teman lebih dari satu minggu.

33. Neon Genesis Evangelion

Neon Genesis Evangelion

Seorang bocah kecil berusia 14 tahun yang ditinggal oleh ibunya karena hal yang tak diketahui dan tidak dirawat dengan baik oleh ayahnya tiba-tiba disuruh menyelamatkan dunia? Tentu mentalnya akan tertekan bukan?

Anime ini memperlihatkan kondisi psikologi dari Shinji Ikari, seorang siswa yang tiba-tiba dibawa ke markas NERV, sebuah organisasi yang bertugas menyelamatkan umat manusia dari ancaman Malaikat yang ingin memusnahkan bumi.

Walaupun tertekan, Shinji tetap bertanggung jawab dengan tugas yang baru saja ia dapatkan. Membuatnya menjadi pilot Evangelion Unit 01 dan berusaha menyelamatkan manusia dari kepunahan.

Sepanjang jalan cerita, Shinji pun banyak dihadapkan dengan kenyataan pahit di setiap momen-momen tertentu yang membuat mentalnya menjadi semakin parah.

34. The Promised Neverland

The Promised Neverland

The Promised Neverland termasuk salah satu anime sedih yang pastinya membuatmu tersedu-sedu saat menontonnya. Kesal? Bisa jadi. Merasa kasihan? Sudah pasti. Semua perasaan bisa campur aduk kamu alami saat menonton anime satu ini.

Grace field, atau Bidang Rahmat adalah sebuah peternakan yang membiakkan manusia. Menyedihkannya lagi, produk yang dikatakan matang adalah anak-anak kecil yang berbakat. Parahnya lagi? Yang membeli adalah iblis.

Mereka dibeli, dipotong, dan dimasak. Begitulah nasib anak yatim piatu dalam anime The Promised Neverland ini. Mama Isabella adalah yang bertanggung jawab merawat mereka semua.

Di sisi lain ada tiga anak berbakat yang merasa curiga dengan kegiatan yang dilakukan di rumah tersebut. Hingga ketika mereka menemukan sebuah bukti mengejutkan, mereka pun bertekad untuk menyelamatkan anak-anak lainnya dari masa depan mereka yang menyeramkan.

35. Guilty Crown

Guilty Crown

Sulit melihat kebenaran dalam masalah yang sudah sangat rumit, hal tersebut dirasakan oleh siswa sekolah menengah bernama Shuu yang terseret ke dalam perang antara Funeral Parlor dan militer GHQ.

Dari situasi tersebut, tanpa sadar ia mendapatkan kekuatan yang bisa mengetahui rahasia dua kelompok itu.

Namun Shuu menyadari bahwa kebenaran sejati jauh dari apa yang terlihat, sehingga ia memilih menyelesaikan masalah dengan konsekuensi yang sangat berbahaya.

36. Attack on Titan

Anime Attack on Titan

Attack on Titan adalah anime sedih terbaik paling mengharukan yang populer dikalangan pecinta anime. Bagaimana tidak? Eren Yeager sang karakter utama sudah banyak mengalami kehilangan, mulai dari kehilangan keluarga, teman, bahkan koleganya sepanjang cerita berjalan.

Di awalan episode, Eren kehilangan ibunya yang dimakan Titan. Dipertengahan cerita, ia kehilangan kolega dan teman-teman karena Titan. Diakhir cerita, ia juga kehilangan seseorang yang ia cintai dan dirinya sendiri.

Attack on Titan berfokus pada cerita perjuangan Eren yang berusaha membasmi seluruh Titan sambil menemukan sebuah kebenaran sejati dari fenomena yang terjadi di hidupnya.

Anime Attack on Titan ini juga termasuk anime sad ending yang paling menyebalkan kalau menurut kami. Kenapa? Mungkin bisa kamu tahu sendiri saat menonton season terakhirnya ya.

37. Hal

Anime Hal

Hal adalah salah satu film anime menyedihkan terbaik yang menceritakan kisah Kurumi yang ditinggal oleh Hal dalam kecelakaan pesawat. Kurumi sampai trauma dibuatnya hingga mengisolasi dirinya dari dunia.

Kakeknya sendiri sampai mengirimkan robot Q01 dalam bentuk Hal untuk membantunya keluar dari depresi.

Namun hubungan manusia dan Android tidak bisa menggantikan hubungan manusia dengan manusia. Sehingga Kurumi menyadari bahwa perasaannya kepada Hal sudah tak lagi sama.

Ketika diakhir cerita kamu akan disuguhkan sebuah situasi yang mengejutkan dan menjawab seluruh situasi di sepanjang jalannya cerita dalam film anime tersebut.

38. The Wind Rises

The Wind Rises

Jirou Horikoshi memiliki gangguan mata yang membuatnya sulit menjadi seorang pilot. Namun ia tetap berjalan pada mimpinya dengan belajar teknik penerbangan di Universitas Kekaisaran Tokyo agar bisa merancang sebuah pesawat.

Dalam perjalanan ia menyelamatkan pelayan dari seorang gadis muda bernama Naoko Satomi. Peristiwa itu menyatukan mereka berdua hingga ke jenjang pernikahan.

Beberapa tahun berselang, Jirou memproduksi sebuah pesawat tempur Mitsubishi A6M Zero yang sangat terkenal.

Mimpinya memang tercapai, namun seiring waktu berjalan ia dihadapkan dengan sebuah kenyataan pahit di kehidupan pribadinya. Ada pengorbanan yang sangat besar hanya untuk mengejar mimpi indahnya.

39. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Fullmetal Alchemist Brotherhood

Walau ini adalah anime action, namun ada momen-momen di beberapa episode yang terasa mengharukan.

Anime ini mengisahkan kisah hidup dua saudara yang berusaha menghidupkan kembali ibunya dengan bantuan teknik Alkimia.

Dalam prosesnya, Edward kehilangan kaki kirinya dan tangannya sedangkan Alphonse kehilangan seluruh tubuh fisiknya.

Sedih sekaligus hancur ketika percobaannya tak berhasil, bahkan merenggut adiknya sendiri, Edward melakukan percobaan lain untuk memperbaiki situasi rumit yang terjadi.

Ia berjuang keras menemukan cara untuk memperbaiki tubuh mereka dan membawa mereka kembali ke keadaan normal sebelum percobaan Alkimia dilakukan.

40. Bokurano: Ours

Anime Bokurano Ours

Bokurano adalah salah satu anime sedih yang hampir di setiap episodenya menampilkan momen-momen mengharukan dan menyayat hati ketika menontonnya.

Fokus cerita mungkin terlihat sederhana, yaitu sekelompok anak yang mencoba menyelamatkan dunia dari invasi alien dengan bantuan sebuah robot.

Tapi keadaan berubah menjadi gelap ketika tahu bahwa pengorbanan menggunakan robot tersebut adalah jiwa. Sehingga setiap anak yang mencoba menggunakan robot untuk melawan alien akan meninggal satu per satu.

41. Children Who Chase Lost Voices

Children Who Chase Lost Voices

Asuna Watase sering mendengarkan radio lamanya di tempat persembunyiannya di gunung. Suatu hari ia tak sengaja menyetel melodi misterius melankolis dimana melodi tersebut membangkitkan makhluk-makhluk berbahaya.

Untung saja ia diselamatkan oleh Shun, seorang anak laki-laki misterius yang menyeret Asuna ke perjalanan panjang tanah yang telah lama hilang, dan mengubah melodi itu menjadi sesuatu yang sangat rumit.

42. 91 Days

91 Days Anime Sedih

91 Days menceritakan kisah perjalanan hidup Avilio yang suram, gelap, dan penuh lumuran darah untuk membalas dendam. Saat ia perlahan mengakhiri hidup setiap pria yang terlibat dalam pembunuhan keluarganya.

43. Orange

Anime Orange

Pada tahun kedua sekolahnya, Naho Takamiya menerima surat dari dirinya yang berusia 26 tahun. Ia melihat beberapa peristiwa dalam perjalanan hidupnya hingga usia 26 tahun.

Surat tersebut menuliskan bahwa Naho harus mengawasi terus Kakeru jika tak ingin timbul penyesalan di masa depan.

44. Dusk Maiden of Amnesia

Tasogare Otome x Amnesia (Dusk Maiden of Amnesia)

Rekomendasi anime sedih berjudul Dusk Maiden of Amnesia ini menceritakan kisah Yuuko, hantu yang meninggal secara misterius di ruang bawah tanah gedung sekolah Akademi Swasta Seikyou.

Tanpa ingatan hidup ataupun matinya, Yuuko diam-diam mengepalai Klub Investigasi Paranormal untuk mencari jawaban.

Di sisi lain ada Teiichi Niiya, siswa rajin yang dapat melihat hantu. Dengan cepat pun mereka menjadi lebih dekat dan memutuskan untuk membantu Yuuki dalam proses investigasi.

Seiring proses berjalan, mereka secara tak sadar sudah menggali lebih jauh ke dalam Tujuh Misteri yang terkenal di sekolah tersebut. Sambil mempelajari misteri dan juga mencari kebenaran di balik kematian Yuuko.

45. Future Diary

Anime Future Diary

Future Diary bisa dibilang termasuk anime sad ending yang menceritakan kisah seorang anak bernama Yukiteru Amano dengan buku harian digitalnya yang bisa memberitahu situasi masa depan.

Suatu hari Yukiteru mengetahui bahwa teman sekelasnya Yuno Gasai juga memiliki buku harian yang sama. Keduanya pun terseret ke dalam sebuah permainan dimana setiap pemain harus saling membunuh.

Yukiteru dan Yuno pun bekerja sama untuk mengalahkan kontestan lain agar bisa kembali ke kehidupannya lagi. Tanpa pikir panjang, mereka pun menggunakan buku harian yang bisa membaca masa depan.

Walaupun bisa lolos dari banyak ancaman dalam permainan tersebut, nyatanya Yukiteru dan Yuno masih belum mengetahui kenyataan masa depan yang bisa memisahkan mereka berdua nantinya.

46. Barefoot Gen

Anime Sedih Barefoot Gen

Barefoot Gen adalah anime sedih terbaik yang mengambil tema Perang Dunia II dengan jalan cerita tak jauh beda dengan Grave of the Fireflies.

Tiga tahun sejak perang antara Amerika Serikat dan Jepang dimulai, keluarga Gen berjuang keras untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka di masa-masa sulit.

Kota-kota lain di Jepang sudah banyak yang di bom, namun Hirosima masih berdiri kokoh dan menjadi tempat berlindung terbaik yang tersedia.

Gen saat itu tak tahu apa-apa sampai pada Tanggal 6 Agustus 1945 sebuah insiden besar terjadi di Hirosima dan menjadi sejarah yang diceritakan hingga masa kini.

47. Rumbling Hearts

Anime Rumbling Hearts

Ketika Haruka mengalami koma selama tiga tahun, Takayuki pacarnya merasa sedih. Saat Mitsuki, teman Haruka mencoba menenangkan Takayuki, perasaan keduanya justru berkembang.

Berjalannya waktu, hubungan keduanya pun menjadi lebih erat bukan hanya sekedar teman, melainkan menjadi sebuah hubungan.

Kemudian ketika Haruka bangun dari koma dan ingin melihat Takayuki, situasi menjadi lebih rumit. Kondisi mentalnya tak menyadari jarak 3 tahun, sehingga segalanya terlihat sama baginya.

Akankah Takayuki meninggalkan Mitsuki dan kembali ke Haruka? Atau justru Mitsuki menyerah demi temannya sehingga Takayuki bisa kembali ke Haruka? Seluruh pilihan sama-sama tidak adil bagi semua pihak. Ikatan persahabatan dan cinta mereka seakan sedang diuji.

48. Ride Your Wave

Ride Your Wave

Ride Your Wave adalah salah satu film anime menyedihkan terbaik yang menceritakan kisah Hinako yang baru saja pindah ke kota kecil di tepi pantai untuk berselancar, namun mendapati dirinya jatuh cinta dengan Minato, seorang pemadam kebakaran yang menyelamatkannya dari kebakaran.

Namun hubungan asmara tersebut berakhir menyedihkan setelah Minato tenggelam. Hinako yang masih bersedih melihat Minato dalam wujud berbeda, dan hadir baik itu dalam genangan air, gelas ataupun bak mandi.

49. The Anthem of the Heart

Anime The Anthem of the Heart

Jun adalah gadis yang pernah bahagia namun karena hal tertentu hidupnya pun berubah, bahkan keluarganya hancur berantakan.

Suatu hari peri telur muncul dan menyegel kemampuannya untuk berbicara agar menghentikannya menyakiti hati orang lain dengan omongannya.

Sejak pengalaman traumatis tersebut, Jun hidup dalam bayang-bayang jauh dari pusat perhatian. Namun suatu hari ia menjadi anggota dewan penjangkauan masyarakat. Selain itu juga ia dituntuk sebagai peran utama dalam musikal mereka.

50. Wolf’s Rain

Wolf’s Rain

Saat dunia sudah tak layak untuk ditinggali dengan kehancuran dimana-mana, Kiba dan Cheza serta teman-teman yang lain berlomba untuk mencapai tempat terbaik yang tak dapat dihuni.

51. Re:Zero

ReZero

Re:Zero adalah salah satu anime isekai terbaik yang juga memiliki momen-momen mengharukan di beberapa episodenya. Menceritakan kisah petualangan Subaru Natsuki di dunia fantasi.

Subaru yang baru datang di dunia tersebut mengalami insiden mematikan, membuatnya mengalami hidup kembali di tempat sama secara berulang.

52. Princess Momonoke

Anime Mononoke Hime

Seorang pemuda bernama Ashitaka menjadi pahlawan saat menyelamatkan sebuah desa Emishi yang diserang oleh iblis babi hutan. Ketika iblis babi hutan tersebut hampir dikalahkan, ia mengutuk tangan Ashitaka hingga membuatnya menjadi hitam.

Disuruh oleh tetua desa untuk melakukan perjalanan ke barat demi penyembuhan tangannya, Ashitaka bertemu dengan gadis bernama Momonoke.

Seiring jalannya cerita, keserakahan seseorang membuat keseimbangan alam menjadi goyah. Ashitaka dan Momonoke berjuang bersama untuk memperbaiki situasi rumit yang sedang terjadi, walau harus kehilangan sesuatu dalam prosesnya.

53. Kimetsu no Yaiba

Anime Kimetsu no Yaiba

Kimetsu no Yaiba menjadi salah satu anime populer di dunia setelah season pertamanya mengalami kesuksesan. Menceritakan kisah perjuangan Tanjirou Kamado dan Nezuko Kamado untuk menjalani hidup di situasi rumit yang dialami.

Tanjirou terkaget melihat hampir seluruh keluarganya dibantai oleh iblis, namun harapan kecil terlihat ketika ia menemukan bahwa Nezuko adiknya masih selamat dari insiden tersebut.

Sayangnya insiden berdarah itu mengubah Nezuko menjadi seorang iblis. Tahu Nezuko diincar oleh pemburu iblis, Tanjirou pun membuat kesepakatan bergabung menjadi pembasmi iblis sambil menemukan cara mengubah kembali Nezuko menjadi manusia.

Sepanjang jalan cerita, Tanjirou banyak menemukan kesulitan, menemukan teman baru sekaligus kehilangan teman berharga dan momen-momen mengharukan lainnya yang bisa kamu temukan saat menonton anime ini.

54. Colorful

Colorful

Sebuah jiwa yang tidak murni diberikan kesempatan kedua untuk bereinkarnasi. Salah satu jiwa bereinkarnasi ke dalam tubuh Makoto Kobayashi, anak laki-laki berusi 14 tahun yang baru saja bunuh diri.

Jiwa itu ditugaskan untuk mengidentifikasi dosa terbesar anak tersebut dalam waktu enam bulan. Walaupun merasa enggan, namun jiwa itu tetap melanjutkan hidup sebagai Makoto.

Anime ini memperlihatkan bagaimana rasanya mengalami situasi rumit yang terjadi dalam keluarga yang retak, dan perasaan bersalah pada diri sendiri.

55. Blood C

Anime Blood C

Seorang gadis sekolah yang ceria di pagi hari bisa berubah 180 derajat menjadi seorang pembunuh di malam hari. Begitulah Saya Kisaragi menjalani kehidupannya setiap hari.

Ia memiliki sebuah kekuatan hebat yang digunakan untuk membasmi para monster yang mengancam. Namun tiba-tiba hidupnya seakaan berubah, seluruh keberadaan serta identitasnya pun dipertanyakan.

Kisaragi berjuang untuk mencari tahu apa yang benar dan apa yang salah, karena apapun yang dilihat terasa bersalah.

Kesimpulan

Jadi itulah tadi beberapa rekomendasi terbaik anime menyedihkan yang memiliki jalan cerita mengharukan dan pastinya bisa membuatmu meneteskan air mata.

Perlu diingat, jangan terlalu banyak menonton anime sedih, paling tidak diselangi atau diimbangi dengan anime bergenre lainnya seperti genre aksi, komedi, atau bahkan slice of life yang ceritanya adem ayem.

Dari beberapa judul diatas, judul anime mana yang ingin sekali kamu lihat segera?

anime perang terbaik

30 Rekomendasi Anime Perang Terbaik yang Punya Banyak Adegan Epik!

rekomendasi anime horror misteri

35 Anime Horror Terbaik Sepanjang Masa yang Seram Tapi Seru!