in

40 Makanan Italia Terkenal yang Bisa Membuatmu Ketagihan!

Kami telah mengumpulkan puluhan nama makanan Italia yang terkenal dan memiliki rasa enak serta bisa membuatmu ketagihan!

Italia terkenal dengan makanan Pizza dan Spaghetti nya, lalu topping khas seperti jamur, keju, daging, zaitun, tomat, dan pepperoncini juga banyak digunakan.

Tapi tahukah kamu kalau makanan Italia tidak hanya sekedar dua nama Pizza dan Spaghetti terkenal itu saja.

Ada nama makanan lainnya yang populer dan juga memiliki rasa yang enak. Seperti beberapa nama makanan Italia terkenal berikut ini.

1. Agnolotti

Makanan Italia Agnolotti
Agnolotti | Photo: greatitalianchefs.com

Italia memiliki macam-macam bentuk pasta, seperti pasta Italia ripiena agnolotti empuk, isian krim keju, daging, ataupun sayuran. Agnolotti dianggap sebagai salah satu jenis pasta dari Italia Utara pada abad ke-12.

Agnolotti sendiri dibuat dengan satu lembar adonan yang dilipat diatas isian, biasanya dipotong berbentuk persegi panjang kecil. Namun saat ini Agnolotti hadir dalam berbagai macam bentuk.

2. Crostata

Crostata
Crostata | Photo: wikipedia.com

Crostata adalah makanan penutup yang terdiri dari krim keju dan buah yang dimasukan kedalam kue kering. Biasanya buah yang digunakan adalah ceri, beri, aprikot atau persik.

3. Trenette al Pesto

Trenette al Pesto
Trenette al Pesto | Photo: italian-traditions.com

Trenette al Pesto adalah versi sederhana dari hidangan pasta Liguria. Hidangan ini terdiri dari mie trenette dan saus basil pesto Genovese (bahan makanan dari kota Genova).

Hidangan ini biasanya menggunakan kentang rebus dan kacang hijau, serta dilapisi dengan keju parmesan dan krim dari kombinasi pecorino.

Trenette al Pesto sering disajikan dengan taburan kacang pinus panggang dan beberapa ekstra parutan keju parmesan.

4. Sfincione

Makanan Italia Sfincione
Sfincione | Photo: wikipedia.com

Sfincione adalah roti yang dipanggang di oven dengan saus tomat dan oregano yang dibuat dengan tambahan bawang, ikan teri, remah roti, dan keju lokal seperti caciocavallo, tuma, atau ricotta.

Sfincione masuk ke dalam jajanan jalanan terfavorit di Italia, terutama di Palermo, dimana banyak pedagang jalanan yang menjual makanan ini.

5. Risotto alla Milanese

Makanan Italia, Risotto alla Milanese
Risotto alla Milanese | Photo: conad.it

Risotto alla Milanese adalah makanan Italia yang terkenal berbahan utama nasi dengan dicampur risotto yang creamy. Warna yang cerah diambil dari saffron.

6. Tortellini in brodo

Tortellini in brodo
Tortellini in brodo | Photo: greatitalianchefs.com

Tortellini in brodo adalah hidangan pasta khas dari Bologna. Makanan ini berisi daging yang disajikan dalam kaldu capon berwarna emas, terkadang ditambah keju Parmigiano Reggiano parut.

Makanan Italia terkenal bernama Tortellini in brodo ini sering disajikan saat acara perayaan Natal.

7. Penne all’arrabbiata

Penne all’arrabbiata
Penne all’arrabbiata | Photo: giallozafferano.com

Penne all’arrabbiata adalah hidangan pasta yang disajikan dengan saus pedas berisi bawang putih, tomat, minyak zaitun, dan cabai merah. Biasanya Penne all’arrabbiata dinikmati sebagai hidangan pembuka.

8. Bakso Italia (Polpette)

Polpette
Polpette | Photo: kitchen.nine.com.au

Polpette adalah sejenis bakso daging khas Italia yang terdiri dari daging giling sapi muda yang dibentuk menjadi bola-bola kecil.

Bakso juga ditambahkan berbagai bahan lainnya seperti telur, bawang putih, dan mortadella atau Parmigiano Reggiano.

9. Ossobuco alla Milanese

Ossobuco alla Milanese
Ossobuco alla Milanese | Photo: cookist.it

Nama makanan Italia satu ini dikenal oleh para penduduk lokal Milan sebagai l’oss bus a la Milanesa, yaitu betis daging sapi muda yang direbus dengan anggur.

Potongan daging sapi yang digunakan telah diiris secara horizontal melalui tulang dan memperlihatkan sumsumnya.

Lalu dimasak dalam kaldu sapi sampai daging menjadi lembut, setelah itu dilapisi taburan gremola ramuan zesty yang dibuat dari ikan teri tumbuk, kulit lemon, dan bawang putih cincang.

10. Pizzette

Pizzette
Pizzette | Photo: schaer.com

Pizzette adalah pizza versi kecil yang hadir dalam berbagai ukuran dan bentuk. Pizzette termasuk makanan Italia yang mudah dibuat.

Caranya hampir sama dengan membuat pizza biasa, seperti adonan dasar yang diberikan saus, keju, lalu tambahan bahan lainnya.

Pizzette sering disajikan sebagai hidangan pembuka, atau sekedar camilan saat santai. Bahkan sering juga kamu jumpai di toko roti sekitaran kota Roma, Italia.

25 Easter Eggs di Film Disney Terpopuler yang Perlu Kamu Ketahui!

50 Anime Comedy Terbaik Sepanjang Masa yang Buatmu Terus Tertawa Saat Menontonnya!