in

40 Makanan Italia yang Terkenal, Enak dan Bisa Membuatmu Ketagihan!

Kami telah mengumpulkan puluhan nama makanan Italia yang terkenal dan memiliki rasa enak serta bisa membuatmu ketagihan!

Italia terkenal dengan makanan Pizza dan Spaghetti nya, lalu topping khas seperti jamur, keju, daging, zaitun, tomat, dan pepperoncini juga banyak digunakan.

Tapi tahukah kamu kalau makanan Italia tidak hanya sekedar dua nama Pizza dan Spaghetti terkenal itu saja.

Ada nama makanan lainnya yang populer dan juga memiliki rasa yang enak. Seperti beberapa nama makanan Italia terkenal berikut ini.

1. Agnolotti

Makanan Italia Agnolotti
Agnolotti | Photo: greatitalianchefs.com

Italia memiliki macam-macam bentuk pasta, seperti pasta Italia ripiena agnolotti empuk, isian krim keju, daging, ataupun sayuran. Agnolotti dianggap sebagai salah satu jenis pasta dari Italia Utara pada abad ke-12.

Agnolotti sendiri dibuat dengan satu lembar adonan yang dilipat diatas isian, biasanya dipotong berbentuk persegi panjang kecil. Namun saat ini Agnolotti hadir dalam berbagai macam bentuk.

2. Crostata

Makanan Italia Crostata
Crostata | Photo: wikipedia.com

Crostata adalah makanan penutup yang terdiri dari krim keju dan buah yang dimasukan kedalam kue kering. Biasanya buah yang digunakan adalah ceri, beri, aprikot atau persik.

3. Trenette al Pesto

Trenette al Pesto
Trenette al Pesto | Photo: italian-traditions.com

Trenette al Pesto adalah versi sederhana dari hidangan pasta Liguria. Hidangan ini terdiri dari mie trenette dan saus basil pesto Genovese (bahan makanan dari kota Genova).

Hidangan ini biasanya menggunakan kentang rebus dan kacang hijau, serta dilapisi dengan keju parmesan dan krim dari kombinasi pecorino.

Trenette al Pesto sering disajikan dengan taburan kacang pinus panggang dan beberapa ekstra parutan keju parmesan.

4. Sfincione

Makanan Italia Sfincione
Sfincione | Photo: wikipedia.com

Sfincione adalah roti yang dipanggang di oven dengan saus tomat dan oregano yang dibuat dengan tambahan bawang, ikan teri, remah roti, dan keju lokal seperti caciocavallo, tuma, atau ricotta.

Sfincione masuk ke dalam jajanan jalanan terfavorit di Italia, terutama di Palermo, dimana banyak pedagang jalanan yang menjual makanan ini.

5. Risotto alla Milanese

Risotto alla Milanese
Risotto alla Milanese | Photo: conad.it

Risotto alla Milanese adalah makanan Italia yang terkenal berbahan utama nasi dengan dicampur risotto yang creamy. Warna yang cerah diambil dari saffron.

6. Tortellini in brodo

Makanan Italia Tortellini in brodo
Tortellini in brodo | Photo: greatitalianchefs.com

Tortellini in brodo adalah hidangan pasta khas dari Bologna. Makanan ini berisi daging yang disajikan dalam kaldu capon berwarna emas, terkadang ditambah keju Parmigiano Reggiano parut.

Makanan Italia terkenal bernama Tortellini in brodo ini sering disajikan saat acara perayaan Natal.

7. Penne all’arrabbiata

Penne all’arrabbiata
Penne all’arrabbiata | Photo: giallozafferano.com

Penne all’arrabbiata adalah hidangan pasta yang disajikan dengan saus pedas berisi bawang putih, tomat, minyak zaitun, dan cabai merah. Biasanya Penne all’arrabbiata dinikmati sebagai hidangan pembuka.

8. Bakso Italia (Polpette)

Bakso Italia (Polpette)
Polpette | Photo: kitchen.nine.com.au

Polpette adalah sejenis bakso daging khas Italia yang terdiri dari daging giling sapi muda yang dibentuk menjadi bola-bola kecil.

Bakso juga ditambahkan berbagai bahan lainnya seperti telur, bawang putih, dan mortadella atau Parmigiano Reggiano.

9. Ossobuco alla Milanese

Ossobuco alla Milanese
Ossobuco alla Milanese | Photo: cookist.it

Nama makanan Italia satu ini dikenal oleh para penduduk lokal Milan sebagai l’oss bus a la Milanesa, yaitu betis daging sapi muda yang direbus dengan anggur.

Potongan daging sapi yang digunakan telah diiris secara horizontal melalui tulang dan memperlihatkan sumsumnya.

Lalu dimasak dalam kaldu sapi sampai daging menjadi lembut, setelah itu dilapisi taburan gremola ramuan zesty yang dibuat dari ikan teri tumbuk, kulit lemon, dan bawang putih cincang.

10. Pizzette

Makanan Pizzette
Pizzette | Photo: schaer.com

Pizzette adalah pizza versi kecil yang hadir dalam berbagai ukuran dan bentuk. Pizzette termasuk makanan Italia yang mudah dibuat.

Caranya hampir sama dengan membuat pizza biasa, seperti adonan dasar yang diberikan saus, keju, lalu tambahan bahan lainnya.

Pizzette sering disajikan sebagai hidangan pembuka, atau sekedar camilan saat santai. Bahkan sering juga kamu jumpai di toko roti sekitaran kota Roma, Italia.

11. Arrosticini

Arrosticini
Arrosticini | Photo: vincenzosplate.com

Arrosticini adalah makanan Italia berupa sate daging domba yang dikebiri, atau daging kambing. Daging tersebut dipanggang diatas tungku arang. Arrosticini mirip seperti Sate Maranggi, Makanan di Indonesia.

12. Cassata

Cassata
Cassata | Photo: discoveritaly.alitalia.com

Cassata adalah nama makanan Italia yang terkenal di Sisilia, makanan ini sejenis kue tradisional yang terdiri dari bolu genoise dengan lapisan ricotta manis dan pengawet buah (untuk lapisan buah atasnya).

Lapisan atas dihiasi dengan cangkang marzipan dan manisan buah warna-warni (yang sudah diawetkan). Sering disajikan saat musim semi dan musim dingin. Biasanya didinginkan terlebih dahulu 3 jam sebelum disajikan.

13. Sfogliatella

Makanan Italia Sfogliatella
Sfogliatella | Photo: wikipedia.com

Sfogliatella adalah kue Italia yang terkenal dan paling mudah cara pembuatannya. Kue diberikan krim custard dan ceri hitam yang diawetkan dalam sirup.

14. Pizza bianca

Pizza bianca
Pizza Bianca | Photo: rusticcrust.com

Pizza bianca adalah jenis pizza yang tidak menggunakan saus tomat dan menggantinya dengan pesto atau krim asam.

Pizza bianca sering disajikan tanpa saus sama sekali, bahkan sering diganti dengan garam, minyak zaitun, atau rosemary cincang.

Versi Pizza bianca sendiri ada banyak, dan toppingnya pun bervariasi, tergantung tempat yang menjual atau siapapun yang membuatnya. Intinya apapun boleh dimasukan, kecuali saus tomat merah.

15. Pasta alla Norma

Pasta alla Norma
Pasta alla Norma | Photo: flockler.com

Makanan Italia pasta satu ini dibuat dengan saus tomat, keju, terong, ricotta salata, dan kemangi.

Hidangan ini konon diberi nama alla Norma adalah untuk menghormati La Norma, opera terkenal yang digubah oleh Vincenzo Bellini pada tahun 1831.

16. Pizza al taglio

Pizza al taglio
Pizza al taglio | Photo: realitybakes.com

Pizza al taglio adalah variasi pizza Italia yang dipanggang dalam nampan berbentuk persegi panjang, dan dijual juga dalam bentuk persegi panjang.

Pizza al taglio sendiri adalah makanan Italia yang terkenal di kota Roma. Cara pembuatannya hampir sama seperti pizza umumnya.

17. Spaghetti alla puttanesca

Spaghetti alla puttanesca
Spaghetti alla puttanesca | Photo: delish.com

Spaghetti alla puttanesca adalah hidangan pasta yang terkenal di Italia, sayangnya asal makanan ini masih belum diketahui. Dikenal oleh para penduduk lokal sebagai aulive e chiappariell.

18. Pizza ai funghi

Makanan Italia Pizza ai funghi
Pizza ai funghi | Photo: buonissimo.it

Pizza ai funghi adalah hidangan pizza Italia yang disajikan secara tradisional, toppingnya sendiri berupa saus tomat, keju mozzarella, jamur, minyak, dan peterseli.

19. Pizza quattro formaggi

Pizza quattro formaggi
Pizza quattro formaggi | Photo: schaer.com

Pizza quattro formaggi menggunakan kombinasi empat jenis keju. Bahan utamanya menggunakan keju mozzarella, lalu tambahannya bisa menggunakan keju lain, tergantung daerahnya seperti Gorgonzola, Fontina, dan Parmigiano-Reggiano.

20. Piadina Romagnola

Piadina Romagnola
Piadina Romagnola | Photo: primochef.it

Piadina Romagnola adalah roti pipih khas Italia yang dihaluskan dan disajikan seperti sandwich atau makanan taco dari Meksiko.

Piadina Romagnola diisi dengan keju, krim squacquerone, tomat, dan urugula pedas. Bahan Piadina sendiri dibuat dari tepung jagung.

21. Pizza capricciosa

Pizza capricciosa
Pizza capricciosa | Photo: freepik.com

Pizza capricciosa dibuat dengan kombinasi bahan tomat, mozzarella, ham, zaitun, jamur, dan irisan telur rebus.

Toppingnya sendiri terkadang sering berubah-ubah sesuai daerah, seperti di Italia Tengah dan Utara yang tidak menambahkan sosis dan caper, serta menggantinya dengan ikan teri.

22. Tortelli

Makanan Italia Tortelli
Tortelli | Photo: greatitalianchefs.com

Tortelli adalah varian pasta isian khas Italia yang dibuat dalam beberapa bentuk, seperti persegi, bulat, ataupun lingkaran. Pasta Tortelli sangat populer di Tuscany, Emilia-Romagna, dan Lombardy.

23. Cacio e pepe

Cacio e pepe
Cacio e pepe | Photo: primochef.it

Cacio e pepe adalah makanan Italia yang mudah dibuat dengan bahan-bahan dasarnya yang sederhana namun bisa membuatmu puas. Bahan dasarnya terdiri dari pasta spaghetti biasa, keju, garam, dan lada hitam.

24. Spaghetti aglio e olio

Makanan Italia Spaghetti aglio e olio
Spaghetti aglio e olio | Photo: piccolericette.net

Jenis spaghetti satu ini adalah yang paling populer di Italia, bahkan dunia. Spaghetti aglio e olio menggunakan bahan dasar spaghetti, bawang putih, minyak, dan cabai merah kecil.

25. Caprese Pizza

Caprese Pizza
Caprese Pizza | Photo: killingthyme.net

Caprese Pizza adalah pizza Italia tradisional yang bahannya diberi tomat ceri, mozzarella, minyak zaitun, dan daun kemangi.

26. Amatriciana

Makanan Amatriciana
Amatriciana | Photo: bonappetit.com

Amatriciana berbahan dasar tomat yang telah dipotong dadu, lalu ditumis dengan lemak yang dihasilkan dari potongan babi yang diawetkan, kemudian dicampur dengan keju parut, dan spaghetti.

27. Pizza Marinara

Makanan Italia Pizza Marinara
Pizza Mariana | Photo: wikipedia.com

Marinara adalah jenis Pizza Italia dengan topping tomat, bawang putih, minyak zaitun, kemangi, dan oregano. Pizza Marinara adalah makanan favorit para nelayan, biasa dikonsumsi ketika mereka selesai memancing di Teluk Napoli.

28. Crostini

Crostini
Crostini | Photo: bettycrocker.com

Crostini adalah sekelompok makanan pembuka yang terdiri dari potongan kecil roti panggang yang memiliki berbagai macam topping. Mulai dari bawang putih, keju, zaitun, bayam, hingga tomat.

29. Calzone Pizza

Makanan Italia Calzone Pizza
Calzone Pizza | Photo: sodelicious.recipes

Pizza ini bentuknya setengah bulat, dibuat dengan melipat pizza menjadi dua bagian bertumpuk. Biasanya calzone diisi dengan daging ham, keju mozzarella atau parmesan.

30. Grissini

Grissini
Grissini | Photo: twoofakindcooks.com

Grissini adalah makanan Italia tradisional yang berasal dari Torino, Piemonte, wilayah barat laut Italia.

Grissini sering dibumbui dengan rosemary, bawang bombay, keju parmesan, dan yang paling utama dengan taburan biji wijen.

31. Parmigiana

Parmigiana
Parmigiana di melanzane | Photo: wikipedia.com

Parmigiana di melanzane adalah sejenis sayuran parut tradisional yang dibuat dari irisan terong goreng dengan lapisan saus tomat dan kemangi, lalu ditambah lapisan keju mozzarella, scamorza, dan caciocavallo.

32. Spaghetti alle vongole

Makanan Spaghetti alle vongole
Spaghetti alle vongole | Photo: thehappyfoodie.co.uk

Spaghetti jenis satu ini adalah makanan Italia yang terkenal dan mudah disiapkan, karena bahannya hanya terdiri dari kerang vongole dan pasta.

33. Minestrone

Minestrone
Minestrone | Photo: veggiefestchicago.org

Minestrone adalah sup tradisional Italia yang sangat kental dan tebal, dibuat dari jenis-jenis sayuran yang sedang musim panen.

Sup ini tidak memiliki resep pasti, karena biasanya bahan yang umum digunakan adalah kaldu, bawang, tomat, wortel, dan kacang-kacangan. Jenis sayurannya bisa apa saja yang sedang panen saat itu juga.

34. Cannoli

Cannoli
Cannoli | Photo: delish.com

Cannoli adalah pastry goreng dengan isian krim keju ricotta. Cannoli sangat terkenal di Sisilia, Italia, bahkan kepopulerannya juga sudah mendunia.

35. Focaccia

Makanan Italia Focaccia
Focaccia | Photo: theperfectloaf.com

Focaccia adalah roti pipih kenyal dan cukup berminyak dengan isian bisa berbagai bahan seperti garam laut, minyak zaitun, rempah-rempah, dan tomat.

36. Lasagne alla Bolognese

Lasagne alla Bolognese
Lasagne alla Bolognese | Photo: sweethany.com

Lasagne terbuat dari lapisan pasta lasagna telur rasa bayam yang dibumbui saus daging dan saus bechamel yang disebut ragu alla Bolognese.

Lasagne alla Bolognese dibuat secara dipanggang dengan oven. Sebelum dipanggang, lasagna ditaburi terlebih dahulu dengan keju Emilian, Parmigiano-Reggiano.

37. Pizza Napoletana

Makanan Italia Pizza Napoletana
Pizza Napoletana | Photo: wikipedia.com

Pizza adalah kuliner nomor satu di Italia, variasinya ada banyak, termasuk Pizza Napoletana ini. Berbahan dasar sederhana, seperti saus tomat yang dibumbui bawang putih dan oregano, margherita, mozzarella, dan daun kemangi

38. Pizza Margherita

Pizza Margherita
Pizza Margherita | Photo: yumcurry.com

Pizza Margherita adalah makanan yang ditujukan untuk Ratu Margherita dari Savoy yang mengunjungi Napoli pada tahun 1889.

Saat itu ratu disuguhkan dengan sajian pizza yang menyerupai bendera Italia dengan bahan makanan: tomat, keju mozzarella putih, dan basil hijau.

Sang ratu menyukai dan memuji hidangan tersebut, dan Esposito selaku koki menamai hidangan itu pizza Margherita, untuk mengingat pujian dari sang ratu Margherita.

39. Tagliatelle al ragu alla Bolognese

Tagliatelle al ragu alla Bolognese
Tagliatelle al ragu alla Bolognese | Photo: alice.tv

Hidangan ini tidak sama dengan spaghetti bolognese, walau mungkin punya kemiripan. Faktanya saus daging ragu alla Bolognese Italia terkenal di dunia tidak pernah disajikan diatas spaghetti.

40. Pasta Carbonara

Pasta carbonara
Pasta Carbonara | Photo: dashofsavory.com

Pasta carbonara adalah spaghetti dengan campuran guanciale (daging babi yang diawetkan), kuning telur, dan keju Pecorino Romano. Pasta carbonara adalah hidangan favorit penduduk kota Roma, Italia.

Kesimpulan

Walaupun Italia terkenal dengan Pizza dan Spaghetti nya, nyatanya Italia juga punya banyak sekali jenis-jenis makanan yang juga enak.

Bahan-bahan utamanya sendiri tak lepas dari saus tomat dan juga keju, bisa varian mozzarella hingga parmesan.

Dari beberapa hidangan Italia diatas, mana nih hidangan yang paling ingin kamu cicipi segera?

25 Easter Eggs di Film Disney Terpopuler yang Perlu Kamu Ketahui!

50 Anime Comedy Terbaik Sepanjang Masa yang Buatmu Terus Tertawa Saat Menontonnya!