in

40 Makanan Italia Terkenal yang Bisa Membuatmu Ketagihan!

11. Arrosticini

Arrosticini
Arrosticini | Photo: vincenzosplate.com

Arrosticini adalah makanan Italia berupa sate daging domba yang dikebiri, atau daging kambing. Daging tersebut dipanggang diatas tungku arang. Arrosticini mirip seperti Sate Maranggi, Makanan di Indonesia.

12. Cassata

Makanan Italia, Cassata
Cassata | Photo: discoveritaly.alitalia.com

Cassata adalah nama makanan Italia yang terkenal di Sisilia, makanan ini sejenis kue tradisional yang terdiri dari bolu genoise dengan lapisan ricotta manis dan pengawet buah (untuk lapisan buah atasnya).

Lapisan atas dihiasi dengan cangkang marzipan dan manisan buah warna-warni (yang sudah diawetkan). Sering disajikan saat musim semi dan musim dingin. Biasanya didinginkan terlebih dahulu 3 jam sebelum disajikan.

13. Sfogliatella

Makanan Kue Italia, Sfogliatella
Sfogliatella | Photo: wikipedia.com

Sfogliatella adalah kue Italia yang terkenal dan paling mudah cara pembuatannya. Kue diberikan krim custard dan ceri hitam yang diawetkan dalam sirup.

14. Pizza bianca

Makanan Italia Pizza Bianca
Pizza Bianca | Photo: rusticcrust.com

Pizza bianca adalah jenis pizza yang tidak menggunakan saus tomat dan menggantinya dengan pesto atau krim asam.

Pizza bianca sering disajikan tanpa saus sama sekali, bahkan sering diganti dengan garam, minyak zaitun, atau rosemary cincang.

Versi Pizza bianca sendiri ada banyak, dan toppingnya pun bervariasi, tergantung tempat yang menjual atau siapapun yang membuatnya. Intinya apapun boleh dimasukan, kecuali saus tomat merah.

15. Pasta alla Norma

Makanan Pasta Italia, Pasra Alla Norma
Pasta alla Norma | Photo: flockler.com

Makanan Italia pasta satu ini dibuat dengan saus tomat, keju, terong, ricotta salata, dan kemangi.

Hidangan ini konon diberi nama alla Norma adalah untuk menghormati La Norma, opera terkenal yang digubah oleh Vincenzo Bellini pada tahun 1831.

16. Pizza al taglio

Pizza al taglio Italia
Pizza al taglio | Photo: realitybakes.com

Pizza al taglio adalah variasi pizza Italia yang dipanggang dalam nampan berbentuk persegi panjang, dan dijual juga dalam bentuk persegi panjang.

Pizza al taglio sendiri adalah makanan Italia yang terkenal di kota Roma. Cara pembuatannya hampir sama seperti pizza umumnya.

17. Spaghetti alla puttanesca

Spaghetti alla puttanesca
Spaghetti alla puttanesca | Photo: delish.com

Spaghetti alla puttanesca adalah hidangan pasta yang terkenal di Italia, sayangnya asal makanan ini masih belum diketahui. Dikenal oleh para penduduk lokal sebagai aulive e chiappariell.

18. Pizza ai funghi

Pizza ai funghi
Pizza ai funghi | Photo: buonissimo.it

Pizza ai funghi adalah hidangan pizza Italia yang disajikan secara tradisional, toppingnya sendiri berupa saus tomat, keju mozzarella, jamur, minyak, dan peterseli.

19. Pizza quattro formaggi

Makanan Pizza Italia bernama Pizza quattro formaggi
Pizza quattro formaggi | Photo: schaer.com

Pizza quattro formaggi menggunakan kombinasi empat jenis keju. Bahan utamanya menggunakan keju mozzarella, lalu tambahannya bisa menggunakan keju lain, tergantung daerahnya seperti Gorgonzola, Fontina, dan Parmigiano-Reggiano.

20. Piadina Romagnola

Piadina Romagnola
Piadina Romagnola | Photo: primochef.it

Piadina Romagnola adalah roti pipih khas Italia yang dihaluskan dan disajikan seperti sandwich atau makanan taco dari Meksiko.

Piadina Romagnola diisi dengan keju, krim squacquerone, tomat, dan urugula pedas. Bahan Piadina sendiri dibuat dari tepung jagung.

25 Easter Eggs di Film Disney Terpopuler yang Perlu Kamu Ketahui!

50 Anime Comedy Terbaik Sepanjang Masa yang Buatmu Terus Tertawa Saat Menontonnya!