in

40 Makanan Italia Terkenal yang Bisa Membuatmu Ketagihan!

31. Parmigiana

Parmigiana di melanzane
Parmigiana di melanzane | Photo: wikipedia.com

Parmigiana di melanzane adalah sejenis sayuran parut tradisional yang dibuat dari irisan terong goreng dengan lapisan saus tomat dan kemangi, lalu ditambah lapisan keju mozzarella, scamorza, dan caciocavallo.

32. Spaghetti alle vongole

Spaghetti alle vongole
Spaghetti alle vongole | Photo: thehappyfoodie.co.uk

Spaghetti jenis satu ini adalah makanan Italia yang terkenal dan mudah disiapkan, karena bahannya hanya terdiri dari kerang vongole dan pasta.

33. Minestrone

Minestrone
Minestrone | Photo: veggiefestchicago.org

Minestrone adalah sup tradisional Italia yang sangat kental dan tebal, dibuat dari jenis-jenis sayuran yang sedang musim panen.

Sup ini tidak memiliki resep pasti, karena biasanya bahan yang umum digunakan adalah kaldu, bawang, tomat, wortel, dan kacang-kacangan. Jenis sayurannya bisa apa saja yang sedang panen saat itu juga.

34. Cannoli

Makanan Italia Cannoli
Cannoli | Photo: delish.com

Cannoli adalah pastry goreng dengan isian krim keju ricotta. Cannoli sangat terkenal di Sisilia, Italia, bahkan kepopulerannya juga sudah mendunia.

35. Focaccia

Focaccia
Focaccia | Photo: theperfectloaf.com

Focaccia adalah roti pipih kenyal dan cukup berminyak dengan isian bisa berbagai bahan seperti garam laut, minyak zaitun, rempah-rempah, dan tomat.

36. Lasagne alla Bolognese

Lasagne alla bolognese
Lasagne alla Bolognese | Photo: sweethany.com

Lasagne terbuat dari lapisan pasta lasagna telur rasa bayam yang dibumbui saus daging dan saus bechamel yang disebut ragu alla Bolognese.

Lasagne alla Bolognese dibuat secara dipanggang dengan oven. Sebelum dipanggang, lasagna ditaburi terlebih dahulu dengan keju Emilian, Parmigiano-Reggiano.

37. Pizza Napoletana

Pizza Napoletana
Pizza Napoletana | Photo: wikipedia.com

Pizza adalah kuliner nomor satu di Italia, variasinya ada banyak, termasuk Pizza Napoletana ini. Berbahan dasar sederhana, seperti saus tomat yang dibumbui bawang putih dan oregano, margherita, mozzarella, dan daun kemangi

38. Pizza Margherita

Pizza Margherita | Photo: yumcurry.com

Pizza Margherita adalah makanan yang ditujukan untuk Ratu Margherita dari Savoy yang mengunjungi Napoli pada tahun 1889.

Saat itu ratu disuguhkan dengan sajian pizza yang menyerupai bendera Italia dengan bahan makanan: tomat, keju mozzarella putih, dan basil hijau.

Sang ratu menyukai dan memuji hidangan tersebut, dan Esposito selaku koki menamai hidangan itu pizza Margherita, untuk mengingat pujian dari sang ratu Margherita.

39. Tagliatelle al ragu alla Bolognese

Tagliatelle al ragu alla Bolognese
Tagliatelle al ragu alla Bolognese | Photo: alice.tv

Hidangan ini tidak sama dengan spaghetti bolognese, walau mungkin punya kemiripan. Faktanya saus daging ragu alla Bolognese Italia terkenal di dunia tidak pernah disajikan diatas spaghetti.

40. Pasta Carbonara

Makanan Italia pasta carbonara
Pasta Carbonara | Photo: dashofsavory.com

Pasta carbonara adalah spaghetti dengan campuran guanciale (daging babi yang diawetkan), kuning telur, dan keju Pecorino Romano. Pasta carbonara adalah hidangan favorit penduduk kota Roma, Italia.

Kesimpulan

Walaupun Italia terkenal dengan Pizza dan Spaghetti nya, nyatanya Italia juga punya banyak sekali jenis-jenis makanan yang juga enak.

Bahan-bahan utamanya sendiri tak lepas dari saus tomat dan juga keju, bisa varian mozzarella hingga parmesan.

Dari beberapa hidangan Italia diatas, mana nih hidangan yang paling ingin kamu cicipi segera?

25 Easter Eggs di Film Disney Terpopuler yang Perlu Kamu Ketahui!

50 Anime Comedy Terbaik Sepanjang Masa yang Buatmu Terus Tertawa Saat Menontonnya!