in

70 Makanan Jepang Paling Populer di Dunia yang Harus Kamu Coba Saat Berkunjung Kesana!

31. Kaisendon

Kaisendon
Kaisendon | Photo: livejapan.com

Kaisendon adalah hidangan yang terdiri dari makanan laut mentah yang diiris tipis seperti sashimi yang diletakan diatas nasi hangat.

Bahan yang digunakan pun tidak tetap, bisa berubah tergantung musim. Paling sering adalah bahan dari daging tuna, ikan air laut, udang, bulu babi laut, kerang, kepiting, dan terkadang telur salmon yang diasinkan.

32. Miso Ramen

Makanan Jepang Miso Ramen
Miso Ramen | Photo: seriouseats.com

Miso ramen termasuk salah satu makanan Jepang populer dalam kategori jenis ramen. Dibuat dengan miso, kaldu, dan sayuran yang ditaruh didalam wajan.

Lalu ditaburi dengan toge, daging cincang, bawang putih, jagung manis, dan terkadang makanan laut seperti kerang, kepiting atau cumi-cumi.

33. Natto

Natto
Natto | Photo: tsunagujapan.com

Natto adalah makanan dari kedelai yang sudah difermentasi. Proses fermentasinya pun memakan waktu yang tak sebentar namun cukup sederhana.

Karena dibuat dari hasil fermentasi, membuat Natto memiliki aroma khas yang kuat dan tajam. Beberapa orang mungkin tidak suka dengan baunya itu.

Umumnya Natto dihidangkan diatas nasi hangat, lalu diberi irisan daun bawang. Jika ingin membeli ditoko, biasanya ditambahkan saus mustard, kecap, atau dicampur dengan kacang.

Walau rasa dan baunya terlihat tidak sesuai dengan selera kebanyakan orang, nyatanya Natto memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

34. Soba

Soba
Soba | Photo: killingthyme.net

Mie Soba adalah makanan tradisional Jepang yang sering disajikan panas atau dingin. Hidangan ini disajikan dengan mangkuk dan dimakan dengan sumpit.

Untuk memakannya pun harus diseruput dengan keras, memang terkesan tidak sopan jika di Indonesia, namun nyatanya itu merupakan budaya umum di Jepang.

Soba paling populer di Jepang adalah Kitsune Soba, Tanuki Soba, Kake Soba, Matcha Soba, Nishin Soba, Wanko Soba dan Tempura Soba.

 35. Kare Udon

Kare Udon
Kare Udon | Photo: cookingwithdog.com

Kare udon adalah mie kental yang dibuat dari tepung terigu, lalu disajikan dalam semangkuk kari Jepang.

Topping yang digunakan biasanya daging shabu-shabu yang diiris tipis. Tingkat kepedasannya sendiri bisa diatur sesuai selera.

36. Monaka

Monaka
Monaka | Photo: japanese-products.blog

Monaka adalah makanan manis tradisional Jepang yang terdiri dari isian selai kacang azuki yang dihempit diantara dua wafer mochi tipis.

Wafernya sendiri sangat renyah, memiliki rasa yang tidak terlalu mencolok, kering, dan hadir dalam berbagai warna serta ukuran.

Selain isian kacang azuki, Monaka juga bisa diisi dengan es krim, atau krim keju. Lalu dihidangkan bersama teh hangat.

37. Udon

Udon
Udon | Photo: onegreenplanet.org

Udon adalah mie Jepang yang kental dan kenyal, terbuat dari tepung terigu. Mie udon disajikan dalam kake udon, kuah yang dibuat dengan kecap, mirin, dan dashi.

Topping untuk Udon bisa sayuran, tempura, udang, irisan daun bawang, tahu goreng, kue beras, atau jika ingin bisa dimasukan irisan daging sapi atau ayam.

38. Okoshi

Okoshi
Okoshi | Photo: tasteatlas.com

Okoshi adalah camilan Jepang yang mirip seperti nasi. Bahan utamanya dibuat dari nasi kental, pembuatannya mengunakan butiran beras yang dipanggang hingga meletus.

Lalu dicampur dengan gula dan mentega atau sirup jagung, agar nasi yang dipanggang tadi bisa menyatu utuh.

Ketika semua bahan sudah disatukan, maka adonan dibentuk atau ditekan kedalam nampan, dan dibiarkan mengering. Setelahnya, adonan dipotong menjadi persegi.

Kebanyakan Okoshi saat ini diproduksi di pabrik dan memakai mesin, sudah jarang ada orang yang membuatnya secara tradisional menggunakan tangan.

39. Tsukemono

Tsukemono
Tsukemono | Photo: asianinspirations.com.au

Tsukemono adalah makanan pendamping makanan utama, tetapi bisa juga disajikan dengan nasi sebagai pelengkap. Hidangan ini terdiri dari acar Jepang yang diiris tipis.

Tsukemono juga dibuat dengan berbagai macam buah dan sayuran yang diawetkan, seperti lobak daikon, terong, timun, wortel, akar gobo, kubis nappa, jahe, dan tunas shiso.

40. Edamame

Edamame
Edamame | Photo: medicalnewstoday.com

Edamame adalah kedelai segar yang biasanya dikonsumsi sebagai camilan. Rasanya hampir seperti kacang, namun lebih lembut dan lebih enak.

Edamame mengandung vitamin C, dan dipercaya bisa mengurangi efek racun dari mengkonsumsi alkohol.

36 Makanan Termahal di Dunia, Ada yang Seharga Mobil Sport!

35 Game Multiplayer Online Terbaik yang Bikin Kamu Ketagihan Main Lagi & Lagi!