in

70 Makanan Jepang Paling Populer di Dunia yang Harus Kamu Coba Saat Berkunjung Kesana!

41. Nabemono

Nabemono
Nabemono | Photo: hashicooking.wordpress.com

Nabemono adalah hidangan yang mencampur banyak masakan dalam satu panci, lalu dimasak dengan berbagai bahan.

Di restoran Jepang, Nabemono disiapkan ditengah meja dan disajikan untuk para tamu.

Berbagai bahan disiapkan diatas meja seperti daging, seafood, sayuran, mie, tahu tempe, yang nantinyanya dimasukan ke dalam panci. Satu panci tidak bisa memuat semua bahan, jadi dimasukan secara bergiliran.

Saat bahan sedang dimasak, para tamu mengisi mangkuk masing-masing dengan kaldu yang sudah disiapkan.

42. Nimono

Makanan Jepang Nimono
Nimono | Photo: cookingwithdog.com

Nimono adalah berbagai macam makanan yang direbus secara tradisional, sering disajikan sebagai menu makan kecuali sarapan.

Bahan seperti sayuran, ikan, jamur, dan tahu biasanya direbus setengah matang dalam air, lalu dimasak kedalam kaldu shiru dalam waktu yang lama hingga cairannya meresap kedalam makanan.

Kaldu shiru yang digunakan untuk Nimono adalah dashi, kecap, mirin, cuka, miso, dan rempah lainnya.

43. Himono

Himono
Himono | Photo: hellotokyo.jp

Himono adalah hidangan yang mencangkup berbagai macam ikan kering. Umumnya ikan yang digunakan berukuran kecil seperti makarel atau sarden yang diberi mentega, diasinkan, dan dijemur kering.

Himono disajikan untuk sarapan ataupun makan siang, terkadang juga dijadikan camilan larut malam yang dipasangkan dengan nasi dan kecap.

44. Tendon

Makanan Jepang Tendon
Tendon | Photo: jw-webmagazine.com

Tendon adalah hidangan perpaduan antara tempura dan donburi. Makanan satu mangkuk ini terdiri dari makanan laut yang digoreng dan sayuran, dicampur dengan nasi.

Bahan yang paling populer digunakan untuk Tendon adalah ebi atau udang, terong Jepang yang disebut nasu, serta sayuran seperti lobak daikon dan labu kabocha.

Tendon disiram dengan tentsuyu yang mengandung umami, saus tempura yang dibuat dari kaldu dashi, mirin, dan gula.

Makanan ini sering dinikmati oleh orang-orang Jepang sebagai menu makan siang atau makan malam ringan.

45. Daging Sapi Kobe

Steak Sapi Kobe Jepang
Steak Sapi Kobe | Photo: bloombergquint.com

Daging Sapi Kope adalah jenis daging yang sangat populer di Jepang, selain karena rasanya lezat, tekstur dan kelembutannya pun terbilang sempurna.

Steak dari daging sapi Kobe sangat banyak peminatnya di Jepang. Kamu bisa menikmati daging sapi Kobe di restoran teppanyaki, dimana koki memanggang dagingnya diatas piring besi dihadapan para pelanggan.

46. Oyakodon

Oyakodon
Oyakodon | Photo: kitchenmisadventures.com

Oyakodon adalah makanan percampuran ayam dan telur yang disajikan dalam semangkuk nasi putih dan potongan daun bawang. Telur yang digunakan adalah setengah matang yang disajikan diatas nasi yang panas.

Oyakodon sangat populer dijadikan untuk menu makan siang karena cara penyajiannya yang mudah.

47. Agemono

Agemono
Agemono | Photo: tripadvisor.com

Agemono adalah istilah yang mengacu pada semua jenis masakan yang digoreng.

Ada tiga teknik dasar menggoreng, yaitu Suage: digoreng tanpa lapisan tepung, Karaage: digoreng dengan lapisan tepung, Koromo-age: dilapisi adonan sebelum digoreng.

Jadi Agemono bisa berbagai macam makanan yang disajikan dengan tiga teknik dasar menggoreng tadi. Bisa tempura, bisa makanan yang lain yang digoreng hingga matang. Dimakan dengan menggunakan sumpit.

48. Korokke

Makanan Jepang Korokke
Korokke | Photo: asianinspirations.com.au

Kalau di Indonesia ada Kroket, di Prancis ada Croquette, dan di Jepang ada Korokke. Makanan ini terdiri dari kombinasi kentang yang dihaluskan dan daging cincang serta sayuran.

Semua bahan dihaluskan lalu dilapisi tepung, telur, dan remah roti, kemudian digoreng.

Korokke sering disajikan diatas meja dan dimakan menggunakan sumpit. Jika membeli di pedagang kaki lima, biasanya akan dibungkus dengan kertas dan dimakan dengan tangan.

49. Kare Raisu

Makanan Jepang Kare Raisu
Kare Raisu | Photo: hungryfordinner.com

Kare Raisu adalah makanan Jepang paling populer yang banyak dijadikan menu makan siang. Disajikan seporsi setengah yang dicampur dengan nasi dalam satu piring.

Kare dibuat menggunakan bahan daging, sayuran seperti wortel, bawang, dan kentang. Terkadang ditambah mentimun atau terong diatasnya.

50. Kasutera

Kasutera
Kasutera | Photo: pinterest.com

Kasutera adalah kue bolu tradisional Jepang yang dibuat dengan gula, tepung, telur, dan sirup. Kue bolu ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal, rasanya pun enak.

36 Makanan Termahal di Dunia, Ada yang Seharga Mobil Sport!

35 Game Multiplayer Online Terbaik yang Bikin Kamu Ketagihan Main Lagi & Lagi!