in

70 Makanan Jepang Paling Populer di Dunia yang Harus Kamu Coba Saat Berkunjung Kesana!

61. Daifuku

Makanan Jepang Daifuku
Daifuku | Photo: wikimedia.org

Daifuku adalah makanan manis Jepang yang cukup terkenal. Dibuat berbentuk bola kecil yang terdiri dari lapisan luar yang kenyal dengan isian yang lembut dan manis.

Kulit Daifuku dibuat dari mochi, sedangkan bahan didalamnya bisa diisi dengan krim, pasta kacang merah, atau berbagai bahan makanan manis seperti buah stroberi, dan buah manis lainnya.

62. Sukiyaki

Sukiyaki
Sukiyaki | Photo: wikimedia.org

Sukiyaki adalah makanan Jepang yang disiapkan di atas kompor gas portable, dalam panci besi tradisional. Hidangan ini biasanya diisi dengan daging sapi yang diiris sempurna.

Bahan lainnya bisa irisan kol, jamur, daun bawang, mie konnyaku, dan daun shungiku. Semua bahan kemudian dimasa dengan campuran mirin, kecap, dan gula.

Bahan-bahan tadi disajikan dalam satu panci. Menu Sukiyaki ini sangat cocok disantap beramai-ramai, karena menunya yang sangat besar.

63. Kare

Kare
Kare | Photo: pinterest.com

Kare atau bisa disebut Kari ala Jepang adalah hidangan yang paling populer di Jepang, bahkan sudah mendunia. Berbeda dari kari dari negara lain, Kare Jepang dibuat dengan bubuk kari.

Kare Jepang memiliki tiga versi, yaitu Kare Raisu (kari diatas nasi), Kare Udon (kari diatas mie), dan Kare-pan (kue yang diisi dengan kari).

64. Nigiri

Nigiri Sushi
Nigiri | Photo: kikkoman.eu

Nigiri atau Nigirizushi adalah jenis sushi yang dipres dengan tangan, dimana dagingnya diiris dan ditekan diatas nasi sushi. Terkadang perlu menggunakan nori untuk membungkus seluruh bahannya.

Toppingnya bisa menggunakan udang, tuna, atau belut. Topping harus menggunakan bahan-bahan yang segar, karena ini langsung dimakan secara mentah-mentah.

Umumnya Nigiri disajikan bersama dengan daun shiso, wasabi, kecap, atau acar jahe. Namun terkadang juga dihiasi dengan daikon dan rumput laut asin.

65. Kushiyaki

Kushiyaki
Kushiyaki | Photo: favy-jp.com

Kushiyaki adalah teknik memasak Jepang yang mencakup berbagai daging yang ditusuk dan dipanggang. Daging tersebut bisa makanan laut atau bahkan sayuran dan tahu.

Bahan yang digunakan ditusuk dengan tusuk sate bambu, lalu dibumbui dengan garam (shio) atau kecap manis yang disebut tare.

Kushiyaki harus disantap setelah selesai dipanggang, tidak boleh didiamkan terlalu lama. Untuk penyajiannya, biasanya didampingi dengan edamame, salad, atau acar sayuran.

66. Yakisoba

Yakisoba
Yakisoba | Photo: epicurious.com

Yakisoba adalah mie goreng khas Jepang. Mie ini biasanya dicampur berbagai macam daging dan juga sayuran.

Umumnya mie yang digunakan adalah mie untuk ramen yang dibuat dari tepung terigu, namun bisa juga menggunakan mie soba yang dibuat dengan soba.

Yakisoba bisa kamu jumpai diseluruh kawasan Jepang, jadi tidak harus ke daerah tertentu hanya untuk menikmati makanan ini. Setiap restoran ada yang menjualnya.

67. Sup Miso

Sup Miso
Sup Miso | Photo: thespruceeats.com

Sup miso adalah sup berbahan dasar kedelai yang dibuat dari kaldu yang disebut dashi, pasta miso, dan berbagai bahan tambahan seperti rumput laut atau tahu.

Walaupun bisa dimakan kapanpun, mayoritas orang Jepang memasak Sup Miso untuk dijadikan sebagai menu sarapan pagi.

68. Kombu

Kombu
Kombu | Photo: umai-aomori.com

Kombu adalah bahan makanan Jepang yang berbahan rumput laut. Biasanya dimakan bersama dengan nasi atau dibungkus dengan onigiri.

Lebih enak lagi apabila ditambahkan dengan jamur shiitake, biji wijen, paprika Jepang atau shisho.

69. Nori

Nori, Rumput Laut Jepang
Nori | Photo: Google Images

Nori hampir sama seperti Kombu, menggunakan bahan dasar rumput laut olahan. Proses pembuatannya sendiri dimulai dari membilas, mengeringkan, mengiris, dan dikeringkan.

Nori bisa dimakan secara langsung, namun lebih enak lagi saat digunakan untuk membungkus sushi dan onigiri, atau sebagai tambahan saat memakan sup dan hidangan mie.

70. Gyoza

Gyoza
Gyoza | Photo: cookingchanneltv.com

Gyoza adalah semacam pangsit berbentuk bulan sabit yang merupakan salah satu makanan favorit orang Jepang.

Terdiri dari lapisan tipis yang dibuat dari tepung terigu, telur, dan air, kemudian isiannya terdiri dari campuran daging dan sayuran seperti kubis, daun bawang, bawang putih, dan jahe.

Umumnya pangsit ini disajikan bersama dengan saus celup disampingnya, saus tersebut dibuat dari cuka beras, kecap, dan minyak wijen.

Gyoza biasanya dijadikan sebagai menu makanan pembuka di berbagai restoran di Jepang. Tetapi kebanyakan dijadikan sebagai camilan, dengan pendamping sake atau bir dingin.

Kesimpulan

Jadi itu tadi deretan nama makanan Jepang yang paling terkenal tidak hanya di negara Jepang saja, tapi juga di dunia.

Kalau kamu berkunjung ke Jepang nanti, pastikan beberapa daftar makanan khas Jepang diatas jangan sampai terlewatkan untuk dicoba.

Bytheway dari nama-nama makanan tadi, makanan mana yang paling ingin kamu coba? Yuk, tuliskan dikomentar!

36 Makanan Termahal di Dunia, Ada yang Seharga Mobil Sport!

35 Game Multiplayer Online Terbaik yang Bikin Kamu Ketagihan Main Lagi & Lagi!