in

65 Makanan Korea Selatan Paling Enak di Dunia yang Cocok Dengan Lidah Orang Indonesia!

Kami telah mengumpulkan puluhan makanan Korea Selatan paling enak di dunia yang pastinya cocok dengan lidah orang Indonesia!

Tahukah kamu kalau Korea Selatan itu tidak hanya populer dengan drama Korea, film Korea ataupun Kpop-nya saja? Ada makanan-makanannya juga yang populer di seluruh dunia.

Bahkan karena kepopulerannya, beberapa makanan khas Korea banyak yang dijadikan sebagai perasa atau bumbu pelengkap untuk beberapa merk makanan instan di Indonesia.

Berikut Wokeeh sajikan beberapa daftar makanan Korea Selatan terenak di dunia yang harus kamu coba segera!

1. Kimchi

Makanan Korea Selatan Kimchi
Kimchi | Photo: wikipedia.com

Makanan Korea bernama Kimchi adalah makanan pembuka berisi sayuran yang difermentasi, dengan dilapisi bumbu yang lezat dengan rasa pedas, asin, manis dan asam menjadi satu.

Semua sayuran yang sudah dibumbui tersebut diikat dan direndam dalam air garam dengan cabai pedas, pasta ikan asin, daun bawang, gula, bawang putih, dan jahe.

2. Bulgogi

Makanan Daging Sapi Korea Bulgogi
Bulgogi | Photo: seonkyounglongest.com

Bulgogi adalah gaya barbekyu ala Korea dimana irisan tipis daging diasinkan dengan cepat dan dimasak dengan api besar diatas panggangan.

Nama hidangan ini berasal dari tulisan bul (api) dan gogi (daging). Bulgogi dalam versi Korea sendiri dagingnya dibumbui terlebih dahulu sebelum dipanggang.

3. Bibimbap

Makanan Korea Bibimbap
Bibimbap | Photo: thepioneerwoman.com

Bibim berarti campur, dan bap berarti nasi, dan bibimbap adalah nasi campur. Nasi dicampur dengan berbagai bumbu dan irisan daging sapi, irisan sayuran, kecap, gochujang, dan telur mentah diatasnya.

Bibimbap sendiri tercipta karena ada tradisi di Korea dimana sisa makanan pada Malam Tahun Baru tidak boleh tersisa hingga ke Awal Tahun Baru.

Jadi mulailah masyarakat menggabungkan berbagai bahan makanan ke satu porsi nasi dalam mangkuk, agar makananan tidak ada yang disisakan, dan mudah untuk menghabiskannya.

4. Kimbap

Kimbap
Kimbap | Photo: wikipedia.com

Kimbap adalah makanan Korea yang mirip seperti sushi Jepang. Kimbap sendiri terdiri dari rumput laut (kim), nasi berbumbu (bap), dan berbagai bahan pilihan lainnya yang digulung, diiris, dan disajikan seperti penyajian sushi Jepang.

Bahan paling umum digunakan adalah kue ikan, daging, bayam, telur, dan mentimun.

Kimbap sendiri memiliki berbagai variasi, beberapa yang terkenal diantaranya adalah kimbap tradisional, kimbap nude, dan samgak kimbap.

Kimbap tradisional berisi rumput laut, nasi, dan berbagai bahan isian di dalamnya. Kimbap nude berisi rumput laut didalam yang terlihat dengan mata dan nasi diluar. Samgak kimbap berisi berbagai bahan dalam nasi yang berbentuk segitiga, dijual dibanyak toko di Korea Selatan.

5. Banchan

Banchan
Banchan | Photo: tripzilla.com

Banchan adalah makanan Korea paling enak yang disajikan secara tradisional di piring kecil.

Banchan sendiri dianggap sebagai bagian penting dalam setiap hidangan. Daftar hidangan banchan sendiri sangat luas, namun yang paling umum diantaranya seperti kimchi, hidangan tumis, pancake, hingga daging atau makanan laut yang direbus.

Semua hidangan dalam piring kecil ditempatkan ditengah meja, yang dimana dimaksudkan untuk dibagikan. Uniknya, banchan disajikan dalam jumlah ganjil, karena orang Korea percaya bahwa bilangan genap dianggap sial.

6. Tteok

Tteok
Tteok | Photo: wikipedia.com

Tteok adalah kue beras tradisional Korea yang dibuat dari beras ketan dan non-ketan. Umumnya Tteok ini berasa manis, dan dinikmati sebagai makanan penutup.

Resep makanan Korea yang satu ini pun cukup mudah, hanya membutuhkan beras ketan yang harus dikukus, ditumbuk, dan diuleni hingga berubah menjadi adonan yang lentur.

Tteok sendiri memiliki berbagai macam jenis, beberapa yang populer diantaranya seperti songpyeon, chapssaltteok, garaetteok, dan gyeongdan.

7. Jeon

Makanan Korea Selatan Jeon
Jeon | Photo: maangchi.com

Jeon dikenal sebagai pancake Korea yang disajikan sebagai makanan pembuka, dijadikan lauk, atau dikonsumsi langsung sebagai makanan ringan.

Jeon biasanya dibuat dengan dilapisi tepung dan telur, kemudian ditumis dengan minyak. Jeon menggabungkan bahan-bahan seperti daging yang diiris tipis, makanan laut, dan berbagai macam sayuran.

Beberapa bahan Jeon yang paling populer digunakan diantaranya seperti irisan daging sapi (yukjeon), tiram (guljeon), kimchi (kimchijeon), dan daun bawang (pajeon).

Jeon bisa disantap bersama dengan saus celup berbahan kedelai pedas atau salad mentimun.

8. Tteokbokki

Makanan Korea Halal Tteokbokki
Tteokbokki | Photo: wikipedia.com

Tteokbokki adalah makanan Korea Halal yang hits di Indonesia. Makanan ini paling enak dimasak dengan menumis lontong berbentuk silinder, sambal merah manis, dan bakso ikan.

Tteokbokki sangat populer di jalanan Korea Selatan, bahkan di beberapa tempat banyak kamu temukan orang yang menjualnya. Pedagang kaki lima yang menjual Tteokbokki dikenal sebagai pojangmacha.

9. Japchae

Japchae
Japchae | Photo: curiouscuisiniere.com

Japchae adalah masakan Kore Selatan yang mudah dibuat dengan menumis mie dan sayuran. Hidangan ini sering disajikan dengan daging sapi dan dibumbui dengan gula dan kecap.

Mirip seperti Capcay di Indonesia, Japchae adalah masakan percampuran berbagai sayuran yang dimasak dengan cara ditumis.

Japchae sendiri banyak ditemukan di hari ulang tahun atau pesta pernikahan Korea.

Versi Japchae sendiri ada banyak, yang populer diantaranya seperti gochu japchae dengan cabai serta sayuran, dan haemul japchae dengan makanan laut serta sayuran.

10. Kalbi

Kalbi
Kalbi | Photo: chowhound.com

Kalbi atau bisa disebut galbi adalah hidangan Korea Selatan terpopuler yang berbasis iga sapi panggang.

Iga mulanya direbus dalam saus manis yang terdiri dari bahan-bahan seperti kecap, gula, minyak wijen, dan bawang putih.

Setelah daging direbus dengan berbagai bahan penyedap, daging selanjutnya dipanggang hingga matang. Biasanya disajikan untuk dimakan beramai-ramai.

11. Sundubu Jjigae

Sundubu Jjigae
Sundubu Jjigae | Photo: cooktube.in

Sundubu Jjigae adalah semur tradisional khas Korea. Berbahan dasar dari sundubu yaitu tahu yang tidak menggulung.

Tahu yang digunakan tidak disaring, sehingga teksturnya tidak keras, melainkan lembut dan halus. Tetapi ada juga variasi yang lebih padat, namun tetap masih jauh kepadatannya dari tahu yang disaring.

Bahan tambahannya bisa menggunakan daging sapi atau berbagai makanan laut. Jika ingin, daging sapi dan makanan laut bisa digunakan secara bersamaan.

Selain itu ada bahan lainnya seperti bawang bombay, zucchini, daun bawang, bawang putih, dan jamur.

12. Dak Galbi

Dak Galbi
Dak Galbi | Photo: maangchi.com

Dak Galbi termasuk salah satu makanan Korea Selatan yang mudah dibuat dan paling enak di dunia. Dak Galbi adalah masakan tumis ayam.

Bahan utama yang digunakan pada Dak Galbi adalah potongan ayam, kol, tteok (lontong), wortel, cabai, dan juga ubi.

Saat disajikan, tak lupa juga diberikan saus pedas yang dibuat dari pasta cabai pedas, serpihan cabai, kecap, bawang putih, bawang bombay, dan jahe sebagai bahan tambahan.

13. Namul

Namul
Namul | Photo: futuredish.com

Namul adalah hidangan Korea berupa sayuran yang disajikan dalam piring kecil yang telah dibumbui.

Sayuran yang digunakan adalah sayuran dedaunan hijau, kecambah, kacang hijau, dan terkadang bisa buah. Bahan yang digunakan bisa mentah, diasamkan, digoreng, tumis, rebus, atau dikeringkan.

Sebelum dihidangkan, sayuran dibumbui dengan kecap, minyak wijen, biji wijen, cuka, bawang putih, dan terkadang pasta cabai merah yang dikenal sebagai gochujang.

14. Gyeran Mari

Masakan Korea Gyeran Mari
Gyeran Mari | Photo: koreanbapsang.com

Gyeran Mari adalah Makanan Korea yang mudah dibuat, makanan ini berupa sejenis telur dadar gulung yang bentuk dan cara sajinya hampir mirip dengan makanan Jepang bernama Tamagoyaki.

Gyeran Mari dibuat dari telur kocok yang diisi dengan bahan seperti daun bawang yang diiris halus, wortel, parpika, jamur, keju, atau rumput laut nori.

Telur dadar yang digulung diiris terlebih dahulu sebelum disajikan. Bisa disantap untuk makan siang atau bisa juga sebagai hidangan kecil.

15. Jjapaguri

Jjapaguri
Jjapaguri | Photo: foodisafourletterword.com

Jjapaguri adalah nama makanan Korea Selatan yang terdiri dari dua jenis mie instan, dikenal juga sebagai ram-don, singkatan dari ramen dan udon.

Jjapaguri memadukan dua mie berbeda, yaitu Chapagetti (mie ramen) dan Neoguri (mie udon dalam kuah seafood). Dua nama itu adalah produk mie instan populer di Korea.

Untuk bahan tambahannya bisa menggunakan daging sapi (hanu), atau steak sirloin yang ditaburi dengan daun bawang cincang.

16. Dakbokkeumtang

Makanan Dakbokkeumtang
Dakbokkeumtang | Photo: kongjianspace.wordpress.com

Dakbokkeumtang adalah masakan Korea Selatan yang terdiri dari ayam, kentang, bawang bombay, dan wortel yang ditumis dengan kecap, gochujang (saus fermentasi), dan bawang putih.

Biasanya di restoran, Dakbokkeumtang disajikan dengan potongan ayam sempurna tanpa ada sedikitpun tulang yang masuk dalam hidangannya.

17. Kimchi Jjigae

Kimchi Jjigae
Kimchi Jjigae | Photo: chopsticksandflour.com

Kimchi Jjigae adalah makanan Korea Selatan berupa sup beraroma yang menggunakan kimchi sebagai bahan dasarnya.

Bahan lain yang digunakan biasanya terdiri dari tahu yang dipotong dadu, daging sapi atau ayam, makanan laut, kentang, dan daun bawang.

Makanan Korea berkuah bernama Kimchi Jjigae ini biasanya disajikan bersama dengan nasi hangat disampingnya.

18. Mandu

Masakan Mandu
Mandu | Photo: wikipedia.com

Mandu adalah pangsit khas Korea yang diisi dengan daging dan sayuran. Ada juga isian lain seperti tahu, udang, atau versi tanpa daging sama sekali.

Paling umum, Mandu menggunakan daging sapi, kubis, kimchi, tauge, bawang bombay, daun bawang, dan jamur.

Mandu dapat dikukus, digoreng atau direbus. Biasanya Mandu disajikan dengan saus celup disampingnya.

19. Ssam

Teknik Makan Korea Ssam
Ssam | Photo: wikipedia.com

Ssam bukan nama makanan melainkan teknik memakan di Korea Selatan yang dibuat dengan membungkus berbagai bahan makanan dalam selada mentah atau yang sudah direbus.

Jadi ketika makanan belum masuk ke dalam mulut, terlebih dahulu makanan dibungkus dengan selada, lalu selanjutnya dinikmati. Konsepnya seperti lalapan jika di Indonesia.

20. Samgyetang

Samgyetang
Samgyetang | Photo: wikipedia.com

Samgyetang adalah makanan Korea yang Halal, berupa sup yang berbahan ayam muda utuh dan dimasak dengan gingseng, dan bawang putih.

Gingseng sendiri sangat populer di Korea karena khasiatnya, seperti menurunkan gula darah, meningkatkan sistem kekebalan dan stamina tubuh.

21. Patbingsu

Makanan Es Patbingsu
Patbingsu | Photo: busan.for91days.com

Patbingsu adalah makanan penutup yang paling enak di Korea Selatan. Nama Patbingsu sendiri mengartikan serpihan es kacang merah.

Patbingsu terdiri dari es serut, pasta kacang merah azuki, dan susu kental manis. Terkadang diberikan tambahan potongan kue beras Korea yang dikenal sebagai Tteok, buah segar, atau sereal, tergantung selera masing-masing.

Patbingsu sangat populer saat musim panas, banyak pedagang yang menjualnya mulai dari bulan Mei hingga Oktober.

22. Kimchi Bokkeumbap

Kimchi Bokkeumbap
Kimchi Bokkeumbap | Photo: koreanbapsang.com

Kimchi Bokkeumbap adalah makanan Korea Selatan kombinasi antara nasi goreng dan kimchi. Hidangan ini dibuat sebagai cara terbaik untuk menghabiskan sisa kimchi.

Jadi kimchi yang tidak habis bisa digunakan dengan mencampurnya bersama nasi goreng. Jika ingin, bisa ditambahkan dengan daging, sayuran, dan kecap.

Umumnya Kimchi Bokkeumbap diberikan topping telur goreng atau telur mata sapi, dihiasi dengan biji wijen, dan daun bawang cincang.

23. Naengguk

Makanan Naengguk
Naengguk | Photo: ryukoch.com

Naengguk adalah makanan Korea yang Halal, berkuah dingin yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Korea saat musim panas. Naengguk termasuk kedalam jenis hidangan sup.

Naengguk memiliki dua variasi penyajian, yang pertama dengan air dingin yang dicampur cuka dan bahan-bahan seperti mentimun, daun bawang, bawang putih, atau rumput laut nori. Untuk variasi kedua, dibuat dengan wijen, kedelai, atau ayam.

24. Gim Gui

Gim Gui
Gim Gui | Photo: pinterest.com

Gim Gui adalah lauk sederhana berupa rumput laut panggang yang berasa asin dengan tekstur yang renyah.

Gim Gui banyak digunakan sebagai pelengkap lauk dalam kotak bento karena rasanya yang enak. Selain itu bisa juga dimakan sebagai camilan.

Gim Gui banyak ditemukan hampir disetiap toko bahan makanan di seluruh Korea Selatan.

25. Kalguksu

Kalguksu
Kalguksu | Photo: seonkyounglongest.com

Kalguksu adalah masakan Korea terfavorit yang paling banyak dikonsumsi saat musim dingin, musim hujan, atau musim panas namun sangat berangin.

Kalguksu terdiri dari tepung terigu dan mie telur kaldu yang dimana kaldunya dibuat dari kerang, teri kering, dan rumput laut.

Secara harfiah Kalguksu berarti mie pisau, dimana memang mienya dipotong terlebih dahulu sebelum disajikan.

Kalguksu memiliki berbagai macam variasi rasa dan topping, seperti kalguksu pedas (jjanpping kalguksu), ayam (dak kalguksu), kalguksu jamur (beodeot kalguksu), dan paling populer adalah kalguksu seafood.

26. Yakgwa

Yakgwa
Yakgwa | Photo: thespruceeats.com

Yakgwa adalah makanan penutup Korea yang digoreng dengan tepung dan minyak wijen. Umumnya, Yakgwa berbentuk bunga atau bulat.

Sebelum disajikan atau dijual, Yakgwa terlebih dahulu dibumbui dan disiram dengan sirup madu yang manis setelah melewati proses penggorengan.

27. Chapssaultteok

Makanan Korea Chapssaultteok
Chapssaultteok | Photo: korea-lover.com

Chapssaultteok adalah makanan penutup Korea Selatan yang terbuat dari beras ketan dan pasta kacang merah.

Chapssaultteok sendiri hampir mirip seperti mochi, dengan tekstur yang padat, kenyal, dan berasa manis didalamnya.

Terkadang masyarakat Korea memberikan makanan ini kepada anak atau teman yang akan menghadapi ujian penting, dengan harapan makanan ini dapat membawa keberuntungan.

28. Seolleongtang

Seolleongtang
Seolleongtang | Photo: wikipedia.com

Seolleongtang adalah sup khas Korea Selatan yang berbahan dasar tulang belakang, kaki, organ dalam, punggung, kepala dan betis sapi yang dimasak menggunakan kaldu.

Sup sendiri adalah makanan pokok disetiap rumah tangga di Korea Selatan, terlebih banyak dimasak saat bulan-bulan musim dingin.

29. Kongnamul Muchim

Makanan Korea Kongnamul Muchim
Kongnamul Muchim | Photo: cookpad.com

Kongnamul Muchim adalah makanan dengan bahan dasar kecambah yang dibilas terlebih dahulu lalu dimasak hingga terasa renyah.

Setelah selesai dimasak, kecambah dicampur dengan kecap, daun bawang, biji wijen, minyak wijen, dan serpihan cabai merah.

30. Sannakji

Sannakji
Sannakji | Photo: wikipedia.com

Sannakji adalah makanan mentah berbahan bayi gurita yang telah dicincang dan disajikan dengan taburan minyak wijen diatas piring.

Ekstrimnya lagi, Sannakji yang sudah dipotong-potong dan disajikan terkadang beberapa bagian kaki guritanya masih ada yang bergerak-gerak dalam piring.

Bagi kamu yang ingin menyicipinya harus menyiapkan mental ya, karena sensasinya akan terasa ketika Sannakji sudah berada dalam mulut.

Sannakji sendiri cocok dihidangkan bersama dengan ssamjang dan teh hijau. Teh hijau fungsinya untuk menetralisir rasa jika kamu merasakan tidak enak setelah menyantap Sannakji ini.

31. Janchi Guksu

Janchi Guksu
Janchi Guksu | Photo: pinterest.com

Janchi Guksu adalah nama makanan Korea Selatan yang terdiri dari mie gandum somyeon yaang disajikan dengan ikan teri atau kaldu sapi, dan terkadang dibumbui dengan rumput laut.

Untuk toppingnya sendiri biasanya terdiri dari telur, rumput laut, jamur shitake, wortel, dan saus berbahan dasar kecap pedas.

32. Agujjim

Agujjim
Agujjim | Photo: koreaherald.com

Agujjim adalah nama makanan Korea Selatan yang berbahan dasar ikan. Agujjim memiliki dua versi masakan. Versi pertama ikannya dikukus, dan versi kedua ikannya direbus.

Versi pertama, ikan dikukus dengan serpihan cabai gochugaru dan pasta kedelai doenjang. Versi kedua, ikan direbus dengan saus pedas. Kedua versi selalu dihidangkan dengan tauge, mideodeok, atau udang.

33. Gejang

Makanan Gejang
Gejang | Photo: arrivalguides.com

Gejang adalah makanan Korea Selatan yang berbahan dasar kepiting yang diasinkan. Bumbunya sendiri terdiri dari kecap.

Kepiting yang digunakan bisa jantan dan betina, namun lebih disarankan menghidangkan yang betina karena biasanya diisi dengan telur.

34. Kongguksu

Kongguksu
Kongguksu | Photo: wikipedia.com

Kongguksu adalah makanan yang menggabungkan mie dan kaldu susu kedelai dingin. Awalnya kaldu dimasak dengan kedelai yang sudah dihaluskan, lalu ditambah dengan biji wijen.

Setelah kaldu selesai dimasak, kaldu dicampur dengan mie somyeon, dan diakhiri dengan topping berupa irisan timun, wortel atau tomat.

35. Bibim Guksu

Bibim Guksu
Bibim Guksu | Photo: plantbasedmatters.net

Bibim Guksu adalah nama makanan Korea Selatan yang berbahan dasar mie yang dimasak dan diberikan saus dingin gabungan gochujang (pasta cabai), cuka beras, kecap, dan biji wijen.

Bibim Guksu adalah makanan pedas yang tentunya bisa membuatmu cukup keringatan saat menyantapnya.

Umumnya Bibim Guksu diberikan topping berupa irisan sayuran, kimchi, telur rebus, rumput laut, acar lobak, atau kecambah.

Walau pedas, biasanya Bibim Guksu dihidangkan secara dingin, dan enak dinikmati sebagai santapan saat bulan-bulan musim panas.

36. Tteokgalbi

Tteokgalbi
Tteokgalbi | Photo: korea.stripes.com

Tteokgalbi adalah masakan Korea Selatan yang dibuat dari iga pendek daging sapi giling. Dagingnya sendiri direndam dan kemudian dibuat menjadi bentuk seperti roti yang kemudian dipanggang.

37. Yaksik

Yaksik
Yaksik | Photo: wikipedia.com

Yaksik adalah makanan kue beras yang manis, banyak dijadikan sebagai pencuci mulut khas Korea.

Yaksik dibuat dari kombinasi nasi ketan, madu, buah jujube kering, chestnut, dan kacang pinus. Selain itu juga dilengkapi dengan saus cokelat tua yang dibuat dari karamel, kayu manis, kecap, dan minyak wijen.

Yaksik akan lengket jika masih hangat dan langsung dipotong setelah selesai dimasak dari nampan. Cocoknya dibiarkan dingin dahulu sehingga mudah dipotong kotak dan bisa dimakan dengan tangan.

38. Galbitang

Galbitang
Galbitang | Photo: wikipedia.com

Galbitang adalah sup Korea Selatan yang dibuat dari iga sapi. Cara membuatnya pun cukup dengan merebus iga sapi dan lobak utuh selama sekitar 5 jam.

Ketika sudah matang, daging lalu diberi bumbu daun bawang, bawang putih, kecap, minyak wijen, biji wijen, merica bubuk, dan garam. Kemudian direbus lagi kedalam kaldu dan dibiarkan hingga matang.

Iga sapi adalah bagian daging sapi yang mahal, sehingga Galbitang dianggap sebagai makanan istimewa, dan banyak disajikan khusus pada acara tertentu seperti pernikahan dan jamuan makan.

39. Songpyeon

Makanan Korea Songpyeon
Songpyeon | Photo: korea.net

Songpyeon adalah kue beras khas Korea Selatan yang dibuat secara dikukus. Bahannya terdiri dari kulit tepung beras yang diberi warna lalu dibungkus dengan isian kacang hijau atau pasta kacang merah.

Kue beras ini dibentuk menyerupai bulan yang terlihat setengah. Umumnya disajikan secara tradisional selama festival Chuseok, sebuah perayaan tahunan mensyukuri musim panen yang sukses.

40. Sundaeguk

Makanan Korea Sundaeguk
Sundaeguk | Photo: koreaherald.com

Sundaeguk adalah sup Korea Selatan yang menggunakan bahan sosis Korea. Kuahnya sendiri mengandung kaldu beraroma yang mencangkup irisan jeroan, sayuran, dan mie.

Biasanya Sundaeguk disajikan dengan nasi yang dimasukan ke dalam kuah, namun bisa juga disajikan secara terpisah. Selain itu Sundaeguk juga sangat cocok dihidangkan bersama dengan kimchi, banchan, atau kkakdugi.

41. Chueotang

Chueotang
Chueotang | Photo: wikipedia.com

Chueotang adalah sup Korea yang menggunakan bahan utama seperti mudfish (ikan lumpur), pasta cabai, pasta kedelai, dan jahe. Lalu tambahannya terdiri dari sawi, daun bawang, dan kubis.

Chueotang umumnya disajikan dengan nasi dan lauk tradisional Korea (banchan).

42. Muguk

Muguk
Muguk | Photo: koreanbapsang.com

Muguk juga salah satu sup Korea Selatan yang populer, menggunakan bahan potongan daging sapi dan irisan lobak Korea (mu).

Kaldunya sendiri terbuat dari kecap ikan, bawang bombay, bawang putih, dan kecap. Selain itu bisa juga dibumbui dengan pasta kedelai atau serpihan cabai.

Muguk sering disajikan bersama dengan nasi hangat dan juga kimchi, serta lauk tradisional Korea yang disebut banchan.

43. Pyeonsu

Makanan Korea Pyeonsu
Pyeonsu | Photo: visitkorea.or.kr

Pyeonsu adalah pangsit kukus khas Korea Selatan yang berbentuk persegi. Isiannya terdiri dari daging sapi dan berbagai bahan sayuran.

Pangsitnya disajikan dingin atau disajikan mengapung dalam kuah sup berbahan dasar kecap dingin.

44. Budae Jjigae

Makanan Korea Budae Jjigae
Budae Jjigae | Photo: beyondkimchee.com

Budae Jjigae adalah makanan rebusan yang menggabungkan kaldu rumput laut laut dan ikan teri dengan kimchi, kacang panggang, dan sosis. Lalu bisa juga ditambahkan dengan mie ramen, mie kentang, kue beras, atau tahu.

45. Nakji Bokkeum

Makanan Korea Nakji Bokkeum
Nakji Bokkeum | Photo: wikipedia.com

Nakji Bokkeum adalah masakan tumis khas Korea yang menggunakan bahan dasar gurita kecil yang diris dan kemudian digoreng dengan kombinasi bawang putih, jahe, dan pasta cabai gochujang.

Nakji Bokkeum juga bisa diberikan tambahan seperti bawang bombay, daun bawang, mentimun, zucchini, dan cabai. Sebelum dihidangkan, ditaburi terlebih dahulu dengan biji wijen panggang.

46. Memil Guksu

Makanan Korea Memil Guksu
Memil Guksu | Photo: wikipedia.com

Memil Guksu adalah makanan mie soba khas Korea Selatan yang terdiri dari mie soba, telur, daun bawang, dan rumput laut.

Semua bahan direbus dalam kaldu yang dibuat dari guksijangguk dan hondashi Jepang. Setelah bahan matang, mie diberi telur dan irisan rumput laut panggang. Memil Guksu selalu disajikan dingin.

47. Hoedeopbap

Makanan Korea Hoedeopbap
Hoedeopbap | Photo: futuredish.com

Hoedeopbap adalah makanan Korea Selatan berupa semangkuk nasi yang ditaburi ikan mentah dan irisan sayuran segar diatasnya.

Hoedeopbap juga diberikan tambahan seperti saus manis pedas yang dibuat dari campuran gochujang (pasta cabai), cuka, gula, dan bawang putih.

Ikan yang digunakan dalam Hoedeopbap adalah ikan salmon, tuna, atau halibut yang sudah diiris atau dipotong tipis-tipis.

48. Maeuntang

Makanan Korea Maeuntang
Maeuntang | Photo: wikipedia.com

Maeuntang adalah sup ikan pedas khas Korea Selatan yang dibuat dari ikan air tawar atau ikan asin seperti ikan kakap merah, ikan cod, ikan monkfish, dan sea bass.

Ikan yang digunakan dalam hidangan umumnya ikan utuh (termasuk kepala dan tulangnya). Ikan direbus dalam kaldu ikan teri bersama sayuran dan tahu.

Beberapa restoran di Korea Selatan biasanya memberikan pilihan kepada tamu untuk memilih ikan secara langsung dari akuarium yang nantinya akan dihidangkan kepada mereka.

49. Milmyeon

Makanan Korea Milmyeon
Milmyeon | Photo: koreanetblog.blogspot.com

Milmyeon adalah mie soba yang menggabungkan kaldu dingin dengan mie gandum. Sedangkan toppingnya terdiri dari telur rebus, mentimun, lobak, dan daging sapi.

Ada dua versi hidangan Milmyeon, versi pertama berkuah kaldu dingin (mul mulmyeon) dan versi kedua berkuah kaldu pasta pedas berbahan dasar gochujang (bibim milmyeon).

50. Boribap

Makanan Korea Boribap
Boribap | Photo: hapskorea.com

Boribap adalah nama makanan Korea Selatan yang terdiri dari nasi kukus dan rebusan kedelai yang difermentasi (doenjang), serta berbagai lauk pauk (banchan).

51. Galbijjim

Makanan Korea Galbijjim
Galbijjim | Photo: wikipedia.com

Galbijjim adalah nama makanan Korea Selatan berupa iga sapi rebus dalam saus beraroma yang terdiri dari madu, mirin, kecap, bawang putih dan merah, jahe, dan apel parut atau pir.

Bahan sayuran lainnya bisa diisi dengan lobak, jamur shiitake, wortel, chestnut, kacang pinus, kacang gingko, dan jujube. Umumnya Galbijjim dihidangkan bersama dengan kimchi dan nasi hangat disampingnya.

52. Andong Jjimdak

Makanan Korea Andong Jjimdak
Andong Jjimdak | Photo: wikipedia.com

Andong Jjimdak adalah masakan Korea Selatan yang dibuat dari ayam rebus yang disiram oleh saus manis pedas dan dicampur dengan madu dan kecap.

Bahan lainnya terdiri dari jamur shiitake, kentang, bawang putih, bawang bombay, selofan, dan cabai.

53. Chungmu Gimbap

Makanan Korea Chungmu Gimbap
Chungmu Gimbap | Photo: pinterest.com

Chungmu Gimbap adalah nama masakan Korea berupa nasi yang dibungkus dengan rumput laut sangrai, lapisan gulungannya sangat tipis. Biasanya disajikan dengan kimchi lobak dan cumi-cumi pedas.

54. Chamchi Kimbap

Makanan Korea Chamchi Kimbap
Chamchi Kimbap | Photo: thespruceeats.com

Chamchi Kimbap mirip seperti sushi, makanan ini dibuat dengan tuna kalengan. Selain nasi dan ikan, isiannya bisa menggunakan acar, telur, atau bakso ikan.

Bahan yang dipakai digulung dengan nasi dan dipadukan bersama mayonaise, mustard, dan rempah-rempah pilihan. Hidangan diiris kecil-kecil sebelum dihidangkan, mirip seperti sushi.

55. Ogokbap

Makanan Korea Ogokbap
Ogokbap | Photo: wikipedia.com

Ogokbap adalah nama makanan Korea Selatan berupa nasi ketan atau nasi putih yang dikombinasikan dengan kacang-kacangan.

Ogokbap termasuk makanan tradisional Korea yang paling enak, bahkan disetiap daerah di Korea Selatan tersedia hidangan ini.

Masyarakat Korea Selatan menikmati makanan ini dengan harapan akan menghasilkan keberuntungan bagi kehidupannya dan juga keluarga mereka.

56. Mayak Kimbap

Makanan Korea Mayak Kimbap
Mayak Kimbap | Photo: pinterest.com

Mayak Kimbap adalah gulungan nasi (gimbap) yang terdiri dari nasi, rumput laut panggang dengan isiannya seperti wortel, acar lobak, serta bayam.

Perbedaan Mayak Kimbap dengan Gimbap tradisional lainnya adalah Mayak Kimbap tidak pernah diiris saat dihidangkan, dan disajikan berbentuk gulungan.

57. Gamjajeon

Gamjajeon
Gamjajeon | Photo: wikipedia.com

Gamjajeon adalah nama makanan Korea Selatan sejenis pancake yang dibuat dengan kentang tumbuk. Bahan lainnya terdiri dari daun bawang dan wortel.

Gamjajeon selalu berukuran kecil dan bulat, memasaknya pun harus digoreng hingga teksturnya berubah menjadi renyah.

Untuk menikmatinya, kamu perlu menggabungkan Gamjajeon dengan saus celup choganjang yang terdiri dari kecap, cuka, gula, biji wijen dan air.

58. Hwajeon

Hwajeon
Hwajeon | Photo: korea.net

Hwajeon juga termasuk pancake tradisional Korea yang dihidangkan dengan topping berbentuk bunga yang bisa dimakan.

59. Dasik

Makanan Korea Dasik
Dasik | Photo: korea.net

Dasik adalah camilan yang biasanya dihidangkan untuk dijadikan sebagai pelengkap minum teh.

Bahan dasar Dasik terdiri dari tepung beras, wijen hitam, dan kacang-kacangan. Dibuat dalam cetakan khusus dan diberikan berbagai pilihan warna agar lebih menarik.

60. Yugwa

Yugwa
Yugwa | Photo: pinterest.com

Yugwa adalah makanan penutup tradisional Korea Selatan yang dibuat dari beras ketan yang ditumbuk lalu dicampur dengan air, madu dan anggur beras (cheongju).

Bahan tersebut dibentuk menjadi potongan kecil memanjang yang dilapisi madu, biji wijen, kacang pinus, kayu manis, dan nasi.

61. Yukgaejang

Makanan Korea Yukgaejang
Yukgaejang | Photo: angsarap.net

Yukgaejang adalah sup pedas khas Korea yang terdiri dari daging sapi, daun bawang, tauge, dan jamur.

Sup ini pedas karena dibumbui oleh pasta cabai, kecap, minyak wijen, bawang putih, dan serpihan cabai segar.

62. Injeolmi

Injeolmi
Injeolmi | Photo: wikipedia.com

Injeolmi adalah kue beras tradisional Korea Selatan yang dibuat dengan cara mengukus dan menumbuk nasi menjadi adonan lentur, kemudian digulung dan diberi bubuk kedelai hingga merata.

63. Hotteok

Makanan Hotteok
Hotteok | Photo: devour.asia

Hotteok adalah pancake Korea Selatan yang berisi kayu manis, gula merah, kacang tanah, dan juga kacang kenari.

Hotteok banyak dijual sebagai jajanan pasar atau jajanan di kios-kios samping jalan dalam perkotaan. Banyak ditemukan saat bulan-bulan musim dingin.

64. Doenjang Jjigae

Masakan Korea Doenjang Jjigae
Doenjang Jjigae | Photo: angsarap.net

Doenjang Jjigae adalah nama makanan Korea Selatan sejenis sup dengan pasta kedelai yang difermentasi (doenjang).

Sup ini menggunakan kaldu beraroma yang terdiri dari air beras, teri, rumput laut, dan pasta kedelai dalam jumlah yang cukup banyak.

Tambahan lainnya seperti bawang bombay, tahu, daging, makanan laut, daun bawang, zucchini, dan lobak. Doenjang sendiri disajikan bersama dengan nasi hangat.

65. Nurungji

Makanan Korea Nurungji
Nurungji | Photo: asianfoodnetwork.com

Nurungji adalah kerak nasi atau bisa dibilang nasi hangus yang bertekstur renyah, dan biasanya terbentuk dibagian bawah wajan.

Nurungji hampir mirip seperti makanan khas Jakarta bernama kerak telur, namun Nurungji memiliki rasa yang lebih manis dan sering dijadikan sebagai makanan pencuci mulut.

Kesimpulan

Nah jadi itu tadi beberapa nama makanan Korea Selatan yang pastinya cocok untuk lidah orang Indonesia, halal dan juga memiliki rasa hampir sama dengan makanan Indonesia.

Dari beberapa daftar nama makanan diatas, makanan Korea mana yang ingin kamu coba segera?

15 Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Android dan iPhone, Paling Update!

36 Produk Gagal dari Perusahaan Ternama yang Gak Pernah Kamu Duga Sebelumnya!