in

65 Makanan Korea Selatan Paling Populer di Dunia yang Cocok Dengan Lidah Orang Indonesia!

Kami telah mengumpulkan puluhan makanan Korea Selatan paling populer di dunia yang pastinya cocok dengan lidah orang Indonesia!

Tahukah kamu kalau Korea Selatan itu tidak hanya populer dengan drama Korea, film Korea ataupun Kpop-nya saja? Ada makanan-makanannya juga yang populer di seluruh dunia.

Bahkan karena kepopulerannya, beberapa makanan khas Korea banyak yang dijadikan sebagai perasa atau bumbu pelengkap untuk beberapa merk makanan instan di Indonesia.

Berikut Wokeeh sajikan beberapa daftar makanan Korea Selatan terpopuler di dunia yang harus kamu coba segera!

1. Kimchi

Kimchi Makanan Korea Selatan
Kimchi | Photo: wikipedia.com

Makanan Korea bernama Kimchi adalah makanan pembuka berisi sayuran yang difermentasi, dengan dilapisi bumbu yang lezat dengan rasa pedas, asin, manis dan asam menjadi satu.

Semua sayuran yang sudah dibumbui tersebut diikat dan direndam dalam air garam dengan cabai pedas, pasta ikan asin, daun bawang, gula, bawang putih, dan jahe.

2. Bulgogi

Bulgogi Makanan Korea Selatan
Bulgogi | Photo: seonkyounglongest.com

Bulgogi adalah gaya barbekyu ala Korea dimana irisan tipis daging diasinkan dengan cepat dan dimasak dengan api besar diatas panggangan.

Nama hidangan ini berasal dari tulisan bul (api) dan gogi (daging). Bulgogi dalam versi Korea sendiri dagingnya dibumbui terlebih dahulu sebelum dipanggang.

3. Bibimbap

Bibimbap Makanan Korea Selatan
Bibimbap | Photo: thepioneerwoman.com

Bibim berarti campur, dan bap berarti nasi, dan bibimbap adalah nasi campur. Nasi dicampur dengan berbagai bumbu dan irisan daging sapi, irisan sayuran, kecap, gochujang, dan telur mentah diatasnya.

Bibimbap sendiri tercipta karena ada tradisi di Korea dimana sisa makanan pada Malam Tahun Baru tidak boleh tersisa hingga ke Awal Tahun Baru.

Jadi mulailah masyarakat menggabungkan berbagai bahan makanan ke satu porsi nasi dalam mangkuk, agar makananan tidak ada yang disisakan, dan mudah untuk menghabiskannya.

4. Kimbap

Kimbap Makanan Korea Selatan
Kimbap | Photo: wikipedia.com

Kimbap adalah makanan Korea yang mirip seperti sushi Jepang. Kimbap sendiri terdiri dari rumput laut (kim), nasi berbumbu (bap), dan berbagai bahan pilihan lainnya yang digulung, diiris, dan disajikan seperti penyajian sushi Jepang.

Bahan paling umum digunakan adalah kue ikan, daging, bayam, telur, dan mentimun.

Kimbap sendiri memiliki berbagai variasi, beberapa yang terkenal diantaranya adalah kimbap tradisional, kimbap nude, dan samgak kimbap.

Kimbap tradisional berisi rumput laut, nasi, dan berbagai bahan isian di dalamnya. Kimbap nude berisi rumput laut didalam yang terlihat dengan mata dan nasi diluar. Samgak kimbap berisi berbagai bahan dalam nasi yang berbentuk segitiga, dijual dibanyak toko di Korea Selatan.

5. Banchan

Banchan Makanan Korea Selatan
Banchan | Photo: tripzilla.com

Banchan adalah makanan Korea paling populer yang disajikan secara tradisional di piring kecil.

Banchan sendiri dianggap sebagai bagian penting dalam setiap hidangan. Daftar hidangan banchan sendiri sangat luas, namun yang paling umum diantaranya seperti kimchi, hidangan tumis, pancake, hingga daging atau makanan laut yang direbus.

Semua hidangan dalam piring kecil ditempatkan ditengah meja, yang dimana dimaksudkan untuk dibagikan. Uniknya, banchan disajikan dalam jumlah ganjil, karena orang Korea percaya bahwa bilangan genap dianggap sial.

6. Tteok

Tteok Makanan Korea Selatan
Tteok | Photo: wikipedia.com

Tteok adalah kue beras tradisional Korea yang dibuat dari beras ketan dan non-ketan. Umumnya Tteok ini berasa manis, dan dinikmati sebagai makanan penutup.

Resep makanan Korea yang satu ini pun cukup mudah, hanya membutuhkan beras ketan yang harus dikukus, ditumbuk, dan diuleni hingga berubah menjadi adonan yang lentur.

Tteok sendiri memiliki berbagai macam jenis, beberapa yang populer diantaranya seperti songpyeon, chapssaltteok, garaetteok, dan gyeongdan.

7. Jeon

Jeon Makanan Korea Selatan
Jeon | Photo: maangchi.com

Jeon dikenal sebagai pancake Korea yang disajikan sebagai makanan pembuka, dijadikan lauk, atau dikonsumsi langsung sebagai makanan ringan.

Jeon biasanya dibuat dengan dilapisi tepung dan telur, kemudian ditumis dengan minyak. Jeon menggabungkan bahan-bahan seperti daging yang diiris tipis, makanan laut, dan berbagai macam sayuran.

Beberapa bahan Jeon yang paling populer digunakan diantaranya seperti irisan daging sapi (yukjeon), tiram (guljeon), kimchi (kimchijeon), dan daun bawang (pajeon).

Jeon bisa disantap bersama dengan saus celup berbahan kedelai pedas atau salad mentimun.

8. Tteokbokki

Tteokbokki Makanan Korea Selatan
Tteokbokki | Photo: wikipedia.com

Tteokbokki adalah makanan Korea halal paling populer yang dimasak dengan menumis lontong berbentuk silinder, sambal merah manis, dan bakso ikan.

Tteokbokki sangat populer di jalanan Korea Selatan, bahkan di beberapa tempat banyak kamu temukan orang yang menjualnya. Pedagang kaki lima yang menjual Tteokbokki dikenal sebagai pojangmacha.

9. Japchae

Japchae Makanan Korea Selatan
Japchae | Photo: curiouscuisiniere.com

Japchae adalah masakan Kore Selatan yang dibuat dengan menumis mie dan sayuran. Hidangan ini sering disajikan dengan daging sapi dan dibumbui dengan gula dan kecap.

Mirip seperti Capcay di Indonesia, Japchae adalah masakan percampuran berbagai sayuran yang dimasak dengan cara ditumis.

Japchae sendiri banyak ditemukan di hari ulang tahun atau pesta pernikahan Korea.

Versi Japchae sendiri ada banyak, yang populer diantaranya seperti gochu japchae dengan cabai serta sayuran, dan haemul japchae dengan makanan laut serta sayuran.

10. Kalbi

Kalbi Makanan Korea Selatan
Kalbi | Photo: chowhound.com

Kalbi atau bisa disebut galbi adalah hidangan Korea Selatan terpopuler yang berbasis iga sapi panggang.

Iga mulanya direbus dalam saus manis yang terdiri dari bahan-bahan seperti kecap, gula, minyak wijen, dan bawang putih.

Setelah daging direbus dengan berbagai bahan penyedap, daging selanjutnya dipanggang hingga matang. Biasanya disajikan untuk dimakan beramai-ramai.

15 Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Android dan iPhone yang Bisa Bikin Videomu Jadi Tambah Keren!

36 Produk Gagal dari Perusahaan Ternama yang Gak Pernah Kamu Duga Sebelumnya!