in

65 Makanan Korea Selatan Paling Populer di Dunia yang Cocok Dengan Lidah Orang Indonesia!

21. Patbingsu

Patbingsu Makanan Penutup Khas Korea
Patbingsu | Photo: busan.for91days.com

Patbingsu adalah makanan penutup yang paling populer di Korea Selatan. Nama Patbingsu sendiri mengartikan serpihan es kacang merah.

Patbingsu terdiri dari es serut, pasta kacang merah azuki, dan susu kental manis. Terkadang diberikan tambahan potongan kue beras Korea yang dikenal sebagai Tteok, buah segar, atau sereal, tergantung selera masing-masing.

Patbingsu sangat populer saat musim panas, banyak pedagang yang menjualnya mulai dari bulan Mei hingga Oktober.

22. Kimchi Bokkeumbap

Kimchi Bokkeumbap, Nasi Goreng dari Kimchi Khas Korea
Kimchi Bokkeumbap | Photo: koreanbapsang.com

Kimchi Bokkeumbap adalah makanan Korea Selatan kombinasi antara nasi goreng dan kimchi. Hidangan ini dibuat sebagai cara terbaik untuk menghabiskan sisa kimchi.

Jadi kimchi yang tidak habis bisa digunakan dengan mencampurnya bersama nasi goreng. Jika ingin, bisa ditambahkan dengan daging, sayuran, dan kecap.

Umumnya Kimchi Bokkeumbap diberikan topping telur goreng atau telur mata sapi, dihiasi dengan biji wijen, dan daun bawang cincang.

23. Naengguk

Naengguk
Naengguk | Photo: ryukoch.com

Naengguk adalah makanan Korea berkuah dingin yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Korea saat musim panas. Naengguk termasuk kedalam jenis hidangan sup.

Naengguk memiliki dua variasi penyajian, yang pertama dengan air dingin yang dicampur cuka dan bahan-bahan seperti mentimun, daun bawang, bawang putih, atau rumput laut nori. Untuk variasi kedua, dibuat dengan wijen, kedelai, atau ayam.

24. Gim Gui

Gim Gui, Rumput Laut Panggang Khas Korea
Gim Gui | Photo: pinterest.com

Gim Gui adalah lauk sederhana berupa rumput laut panggang yang berasa asin dengan tekstur yang renyah.

Gim Gui banyak digunakan sebagai pelengkap lauk dalam kotak bento karena rasanya yang enak. Selain itu bisa juga dimakan sebagai camilan.

Gim Gui banyak ditemukan hampir disetiap toko bahan makanan di seluruh Korea Selatan.

25. Kalguksu

Kalguksu Makanan Korea Selatan
Kalguksu | Photo: seonkyounglongest.com

Kalguksu adalah masakan Korea terfavorit yang paling banyak dikonsumsi saat musim dingin, musim hujan, atau musim panas namun sangat berangin.

Kalguksu terdiri dari tepung terigu dan mie telur kaldu yang dimana kaldunya dibuat dari kerang, teri kering, dan rumput laut.

Secara harfiah Kalguksu berarti mie pisau, dimana memang mienya dipotong terlebih dahulu sebelum disajikan.

Kalguksu memiliki berbagai macam variasi rasa dan topping, seperti kalguksu pedas (jjanpping kalguksu), ayam (dak kalguksu), kalguksu jamur (beodeot kalguksu), dan paling populer adalah kalguksu seafood.

26. Yakgwa

Yakgwa Camilan Khas Korea
Yakgwa | Photo: thespruceeats.com

Yakgwa adalah makanan penutup Korea yang digoreng dengan tepung dan minyak wijen. Umumnya, Yakgwa berbentuk bunga atau bulat.

Sebelum disajikan atau dijual, Yakgwa terlebih dahulu dibumbui dan disiram dengan sirup madu yang manis setelah melewati proses penggorengan.

27. Chapssaultteok

Chapssaultteok
Chapssaultteok | Photo: korea-lover.com

Chapssaultteok adalah makanan penutup Korea Selatan yang terbuat dari beras ketan dan pasta kacang merah.

Chapssaultteok sendiri hampir mirip seperti mochi, dengan tekstur yang padat, kenyal, dan berasa manis didalamnya.

Terkadang masyarakat Korea memberikan makanan ini kepada anak atau teman yang akan menghadapi ujian penting, dengan harapan makanan ini dapat membawa keberuntungan.

28. Seolleongtang

Seolleongtang Makanan Korea
Seolleongtang | Photo: wikipedia.com

Seolleongtang adalah sup khas Korea Selatan yang berbahan dasar tulang belakang, kaki, organ dalam, punggung, kepala dan betis sapi yang dimasak menggunakan kaldu.

Sup sendiri adalah makanan pokok disetiap rumah tangga di Korea Selatan, terlebih banyak dimasak saat bulan-bulan musim dingin.

29. Kongnamul Muchim

Kongnamul Muchim
Kongnamul Muchim | Photo: cookpad.com

Kongnamul Muchim adalah makanan dengan bahan dasar kecambah yang dibilas terlebih dahulu lalu dimasak hingga terasa renyah.

Setelah selesai dimasak, kecambah dicampur dengan kecap, daun bawang, biji wijen, minyak wijen, dan serpihan cabai merah.

30. Sannakji

Sannakji Makanan Gurita Mentah Khas Korea
Sannakji | Photo: wikipedia.com

Sannakji adalah makanan mentah berbahan bayi gurita yang telah dicincang dan disajikan dengan taburan minyak wijen diatas piring.

Ekstrimnya lagi, Sannakji yang sudah dipotong-potong dan disajikan terkadang beberapa bagian kaki guritanya masih ada yang bergerak-gerak dalam piring.

Bagi kamu yang ingin menyicipinya harus menyiapkan mental ya, karena sensasinya akan terasa ketika Sannakji sudah berada dalam mulut.

Sannakji sendiri cocok dihidangkan bersama dengan ssamjang dan teh hijau. Teh hijau fungsinya untuk menetralisir rasa jika kamu merasakan tidak enak setelah menyantap Sannakji ini.

15 Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Android dan iPhone, Paling Update!

36 Produk Gagal dari Perusahaan Ternama yang Gak Pernah Kamu Duga Sebelumnya!