in

65 Makanan Korea Selatan Paling Populer di Dunia yang Cocok Dengan Lidah Orang Indonesia!

31. Janchi Guksu

Janchi Guksu Mie Korea
Janchi Guksu | Photo: pinterest.com

Janchi Guksu adalah nama makanan Korea Selatan yang terdiri dari mie gandum somyeon yaang disajikan dengan ikan teri atau kaldu sapi, dan terkadang dibumbui dengan rumput laut.

Untuk toppingnya sendiri biasanya terdiri dari telur, rumput laut, jamur shitake, wortel, dan saus berbahan dasar kecap pedas.

32. Agujjim

Agujjim Makanan Korea Selatan
Agujjim | Photo: koreaherald.com

Agujjim adalah nama makanan Korea Selatan yang berbahan dasar ikan. Agujjim memiliki dua versi masakan. Versi pertama ikannya dikukus, dan versi kedua ikannya direbus.

Versi pertama, ikan dikukus dengan serpihan cabai gochugaru dan pasta kedelai doenjang. Versi kedua, ikan direbus dengan saus pedas. Kedua versi selalu dihidangkan dengan tauge, mideodeok, atau udang.

33. Gejang

Gejang Makanan Kepiting Asin Khas Korea
Gejang | Photo: arrivalguides.com

Gejang adalah makanan Korea Selatan yang berbahan dasar kepiting yang diasinkan. Bumbunya sendiri terdiri dari kecap.

Kepiting yang digunakan bisa jantan dan betina, namun lebih disarankan menghidangkan yang betina karena biasanya diisi dengan telur.

34. Kongguksu

Kongguksu Mie Kaldu Susu Khas Korea
Kongguksu | Photo: wikipedia.com

Kongguksu adalah makanan yang menggabungkan mie dan kaldu susu kedelai dingin. Awalnya kaldu dimasak dengan kedelai yang sudah dihaluskan, lalu ditambah dengan biji wijen.

Setelah kaldu selesai dimasak, kaldu dicampur dengan mie somyeon, dan diakhiri dengan topping berupa irisan timun, wortel atau tomat.

35. Bibim Guksu

Bibim Guksu Makanan Korea Selatan
Bibim Guksu | Photo: plantbasedmatters.net

Bibim Guksu adalah nama makanan Korea Selatan yang berbahan dasar mie yang dimasak dan diberikan saus dingin gabungan gochujang (pasta cabai), cuka beras, kecap, dan biji wijen.

Bibim Guksu adalah makanan pedas yang tentunya bisa membuatmu cukup keringatan saat menyantapnya.

Umumnya Bibim Guksu diberikan topping berupa irisan sayuran, kimchi, telur rebus, rumput laut, acar lobak, atau kecambah.

Walau pedas, biasanya Bibim Guksu dihidangkan secara dingin, dan enak dinikmati sebagai santapan saat bulan-bulan musim panas.

36. Tteokgalbi

Tteokgalbi
Tteokgalbi | Photo: korea.stripes.com

Tteokgalbi adalah masakan Korea Selatan yang dibuat dari iga pendek daging sapi giling. Dagingnya sendiri direndam dan kemudian dibuat menjadi bentuk seperti roti yang kemudian dipanggang.

37. Yaksik

Yaksik Korean Food
Yaksik | Photo: wikipedia.com

Yaksik adalah makanan kue beras yang manis, banyak dijadikan sebagai pencuci mulut khas Korea.

Yaksik dibuat dari kombinasi nasi ketan, madu, buah jujube kering, chestnut, dan kacang pinus. Selain itu juga dilengkapi dengan saus cokelat tua yang dibuat dari karamel, kayu manis, kecap, dan minyak wijen.

Yaksik akan lengket jika masih hangat dan langsung dipotong setelah selesai dimasak dari nampan. Cocoknya dibiarkan dingin dahulu sehingga mudah dipotong kotak dan bisa dimakan dengan tangan.

38. Galbitang

Galbitang
Galbitang | Photo: wikipedia.com

Galbitang adalah sup Korea Selatan yang dibuat dari iga sapi. Cara membuatnya pun cukup dengan merebus iga sapi dan lobak utuh selama sekitar 5 jam.

Ketika sudah matang, daging lalu diberi bumbu daun bawang, bawang putih, kecap, minyak wijen, biji wijen, merica bubuk, dan garam. Kemudian direbus lagi kedalam kaldu dan dibiarkan hingga matang.

Iga sapi adalah bagian daging sapi yang mahal, sehingga Galbitang dianggap sebagai makanan istimewa, dan banyak disajikan khusus pada acara tertentu seperti pernikahan dan jamuan makan.

39. Songpyeon

Songpyeon Kue Beras Khas Korea
Songpyeon | Photo: korea.net

Songpyeon adalah kue beras khas Korea Selatan yang dibuat secara dikukus. Bahannya terdiri dari kulit tepung beras yang diberi warna lalu dibungkus dengan isian kacang hijau atau pasta kacang merah.

Kue beras ini dibentuk menyerupai bulan yang terlihat setengah. Umumnya disajikan secara tradisional selama festival Chuseok, sebuah perayaan tahunan mensyukuri musim panen yang sukses.

40. Sundaeguk

Sundaeguk Masakan Korea Selatan
Sundaeguk | Photo: koreaherald.com

Sundaeguk adalah sup Korea Selatan yang menggunakan bahan sosis Korea. Kuahnya sendiri mengandung kaldu beraroma yang mencangkup irisan jeroan, sayuran, dan mie.

Biasanya Sundaeguk disajikan dengan nasi yang dimasukan ke dalam kuah, namun bisa juga disajikan secara terpisah. Selain itu Sundaeguk juga sangat cocok dihidangkan bersama dengan kimchi, banchan, atau kkakdugi.

15 Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Android dan iPhone, Paling Update!

36 Produk Gagal dari Perusahaan Ternama yang Gak Pernah Kamu Duga Sebelumnya!