in

36 Makanan Termahal di Dunia, Ada yang Seharga Mobil Sport!

Kami telah mengumpulkan lebih dari tiga puluh daftar makanan termahal di dunia yang bikin kamu geleng-geleng kepala saat melihat harga-harganya, bahkan ada yang seharga mobil!

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya ‘kok ada makanan yang harganya segitu?’ yah, memang pada kenyataannya, ada.

Dikatakan mahal bisa berarti bahan makanannya sulit dicari, jumlahnya yang sedikit dan langka, atau bisa juga lapisan makanannya yang mahal, seperti dilapisi emas.

Nah, berikut kami sajikan deretan makanan termahal di dunia yang memiliki harga mulai dari yang wajar sampai yang gak disangka-sangka.

1. Foie Gras (Rp 2 juta per kg)

Foie Gras
Foie Gras | Photo: wikipedia.com

Foie Gras adalah makanan yang terbuat dari hati bebek atau angsa yang telah digemukan. Dari hal rasa, hampir mirip jeroan bebek pada umumnya. Memiliki tekstur yang halus dan banyak disukai pecinta kuliner.

Namun sayangnya kalau kamu menginginkan makanan ini, kamu harus mengeluarkan uang sekitar Rp 2 jutaan per 1 kg nya. Tentu kamu bisa membeli setengah kilo untuk mendapatkan setengah harga.

2. Ayam Cemani (Rp 2,8 juta per ekor)

Makanan dari Ayam Cemani
Ayam Cemani | Photo: Google Images

Ayam Cemani dikembangbiakan di Indonesia, namun tidak diekspor ke berbagai negara karena dikhawatirkan bisa menyebabkan flu burung.

Ayam Cemani bisa dikatakan sangat langka, sehingga satu ekornya bisa dihargai sekitar Rp 2,8 jutaan.

Makanan dari daging Ayam Cemani bisa menjadi salah satu makanan termahal di Indonesia jika dijual di restoran. Bahkkan di luar negeri, harga perekornya bisa mencapai puluhan ribu dollar.

Namun di Malaysia, Ayam Cemani sangatlah umum, sehingga harganya tidak lebih tinggi dari Ayam biasa.

3. Kopi Luwak (Rp 2,8 juta per kg)

Secangkir Kopi
Kopi Luwak | Photo: Google Images

Kopi Luwak pada dasarnya dimulai dari kopi biasa dan tidak memiliki kelebihan dibandingkan kopi lainnya. Namun yang membuatnya berbeda adalah proses pembuatannya.

Kopi Luwak diproduksi melalui kotoran musang. Awalnya musang memakan biji-biji kopi, lalu kemudian menghasilkan kotoran beserta biji kopinya, dan proses akhir kotoran tersebut diproses menjadi kopi luwak.

Banyak orang mengklaim kopi ini memiliki rasa yang unik dan khas, namun disisi lain beberapa orang tidak merasakan perbedaan kopi ini dengan kopi yang lainnya ketika mereka minum.

Apapun itu, tetap Kopi Luwak menjadi minuman yang dianggap premium dan memiliki harga yang mahal untuk perkilo biji kopinya.

4. Quintessential Grilled Cheese (Rp 3,4 juta)

Quintessential Grilled Cheese
Quintessential Grilled Cheese | Photo: cnbc.com

Quintessential Grilled Cheese atau bisa dibilang Keju panggang adalah makanan rumahan yang murah, mudah dibuat, dan sangat lezat.

Tapi di Serendipity 3 di kota New York, Amerika Serikat, keju panggang ini diubah menjadi sebuah makanan yang memiliki rasa klasik dengan kelezatan yang berbeda dari keju panggang yang dibuat sendiri dirumah.

Perbedaannya ada pada penyajiannya keju panggangnya. Kamu akan disajikan keju panggang ini dengan roti Prancis yang direndam dalam sampanye Dom Perignon, lalu dipanggang dengan serpihan emas 23 karat.

Kemudian diisi dengan Cociocavallo Podolico, keju Italia langka yang membutuhkan susu dari jenis sapi unik (sapi yang populasinya hanya sekitar 25.000 di dunia).

Roti yang dipanggang kemudian disikat dengan minyak white truffle dan lebih banyak serpihan emas, lalu ditekan kedalam oven, dan ditambahkan lagi dengan lembaran emas.

Terasa kebanyakan serpihan emas di makanan? Memang. Itulah yang membuat makanan sederhana ini memiliki harga yang mahal di Serendipiti 3 di New York, Amerika Serikat.

5. Billion Dollar Popcorn (Rp 3,5 juta)

Makanan termahal di Dunia, Billion Dollar Popcorn
Billion Dollar Popcorn | Photo: bercospopcorn.com

Billion Dollar Popcorn termasuk salah satu makanan termahal di dunia. Bukan karena harganya sampai milliar dollar, namun lagi-lagi karena dilapisi oleh emas 23 karat dan bahan unik lainnya.

Untuk 1 porsi popcorn (disajikan menggunakan ember plastik sedang) kamu perlu mengeluarkan sekitar Rp 3,5 jutaan. Tapi tenang, rasanya sebanding dengan uang yang dikeluarkan kok.

Popcorn ini dibuat dari garam pulau Laeso, dilapisi dengan mentega Vermont, dan memiliki kandungan vanilla bourbon Neilsen-Massey.

Nama bahannya menang unik, dan juga sulit dicari. Itulah yang membuat Popcorn ini memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan popcorn yang lain.

6. Le Burger Extravagant (Rp 4,2 juta)

Makanan Termahal di Dunia, Le Burger Extravagant
Le Burger Extravagant | Photo: guinnessworldrecords.com

Burger ini sangatlah mewah. Dibuat dari daging sapi Wagyu Jepang, ditambah dengan mentega truffle, lalu dilapisi taburan keju cheddar James Montgomery, tak lupa telur puyuh goreng dan black truffle.

Sebelum disajikan, burger ini diberi taburan emas diatasnya, diolesi dengan mentega white truffle dan diatasnya diberi kaviar, blini dan krim fraiche.

Bahan-bahan yang dipakai saja sudah sangat-sangat premium, tak heran Le Burger Extravagant memiliki harga sekitar Rp 4,2 jutaan.

7. Ham Iberia yang Diawetkan Kering (Rp 5 juta per kg)

Bahan Makanan Termahal di Dunia, Ham Iberia
Ham Iberia | Photo: everydayfoodblog.com

Ham adalah daging babi, dan babi Iberia adalah jenis langka yang hanya ada di Semenanjung Iberia (termasuk negara Spanyol, Portugal, Andorra dan Gibraltar).

Ham Iberia yang diawetkan kering sekitar 3 tahunan memiliki harga mencapai Rp 5 jutaan per kilonya. Karena langkanya, tidak dijual sembarangan, dan tentu hanya akan dijual kepada penawar tertinggi.

8. Saffron (Rp 7,1 juta per ons)

Bahan Makanan Termahal di Dunia, Saffron
Saffron | Photo: healthline.com

Dilihat dari bentuk dan porsinya dengan harga yang mencapai Rp 7 jutaan per ons, tentu membuat Saffon menjadi salah satu makanan termahal di dunia.

Saffron terkenal mahal karena kelangkaannya dan hanya bisa dibeli ketika kondisi cuaca yang terbatas dimana Saffron bisa mekar dan dipanen.

Sekitar 90% Saffron di dunia ditanam di ladang gersang di Iran, karena Saffron hanya mekar selama 7 hari pertahun di musim gugurnya.

9. Jamur Matsutake (Rp 7,8 juta per kg)

Makanan Termahal di Dunia, Jamur Matsutake
Jamur Matsutake | Photo: wikipedia.com

Jamur Matsutake termasuk salah satu bahan makanan termahal di dunia yang terancam punah. Alasannya karena jamur ini hanya tumbuh di beberapa wilayah di Jepang.

Jamur ini sangat sulit sekali ditemukan, bahkan harganya saja melambung tinggi hampir sekitaran Rp 8 jutaan perkilonya. Harga tersebut dua kali lipat dari harga sebelum jamur ini terancam punah.

10. Douche Burger (Rp 9,5 juta)

Douche Burger, Burger Termahal
Douche Burger | Photo: time.com

Kenapa Burger ini diberi harga $666? Alasannya karena Burger ini dibuat untuk mengejek Le Burger Extravagant pada masa debutnya di dunia makanan.

Burger ini sebenarnya dibuat hanya sebagai bahan ejekan saja, dan uniknya ada satu orang yang benar-benar memesannnya. Apa yang membuatnya bisa jadi mahal?

Walau sebagai bahan ejekan, isian Douche Burger terbilang tak kalah premium dari Le Burger Extravagant.

Dimulai dari roti dengan isian daging sapi Kobe, lalu ditambah isian Foie Gras dan lapisan emas yang bisa dimakan. Kemudian ditambahkan kaviar, lobster, truffle, dan keju Gruyere yang dilelehkan dengan uap sampanye.

Semua bahan diatas ditutup dengan saus barbeque yang dibuat dengan kopi Luwak. Terkesan premium bukan?

11. Black Diamond Ice Cream (Rp 11,6 juta)

Black Diamond Ice Cream, Es Krim Termahal di Dunia
Black Diamond Ice Cream | Photo: alarabiya.net

Ketika kamu berlibur ke Dubai, lalu ingin jajan sekaligus menghabiskan uang sekitar Rp 11 jutaan, maka kamu bisa mencoba mencicipi es krim termahal yang satu ini, Black Diamond namanya.

Es krim ini mengandung vanilla dari Madagaskar, kunyit dari Iran, black truffle dari Italia, dan diatasnya dilapisi dengan daun emas 23 karat.

12. Japanese Wagyu Steaks (Rp 12,7 juta per kg)

Japanese Wagyu Steaks | Photo: seriouseats.com

Apa yang membuat wagyu steaks sangat mahal? Tenang, steaks satu ini tidak dilapisi oleh emas lagi kok, melainkan proses pembentukan dagingnya yang membuatnya mahal.

Di Jepang, sapi-sapi diperlakukan dengan sangat baik, bahkan dipijat secara teratur dengan pemijat otomatis. Diberikan bir dan sake untuk membangkitkan pikiran dan perasaan bahagia sekaligus rileks pada sapi tersebut.

Ketika sapi-sapi itu dirawat seperti layaknya hewan peliharaan, maka daging sapi yang dihasilkan akan jauh lebih baik dan mungkin sempurna dibandingkan sapi pada umumnya. Itulah yang membuat dagingnya menjadi mahal.

13. Keju Moose (Rp 13,8 juta)

Keju Termahal di Dunia, Keju Moose
Keju Moose | Photo: ventured.com

Moose adalah rusa besar yang hidup di wilayah barat, seperti negara Amerika, Kanada, dan beberapa negara di Eropa.

Di Swedia ada beberapa Moose yang dipelihara untuk diambil susunya, dan terkadang Moose tersebut bisa menghasilkan sekitar 5 liter susu per hari.

Setelah semua susu Moose dikumpulkan, maka selanjutnya susu tersebut diolah untuk dijadikan keju.

Banyak orang disana berpendapat kalau keju dari susu Moose lebih halus teksturnya dan sedikit asam, tentu rasanya enak bagi mereka. Saya tidak tahu karena belum pernah coba.

Ketika dijual, keju Moose yang sudah diolah dengan benar bisa dihargai sekitar $500 per setengah kilonya. Tentu itu menjadikan keju Moose sebagai salah satu makanan termahal di dunia.

14. Kentang La Bonnotte (Rp 22,7 juta)

La Bonnotte Potatoes
Kentang La Bonnotte | Photo: Google Images

Ini adalah kentang bukan sembarang kentang, tidak dilapisi emas maupun dilapisi berlian, ini hanya sebuah kentang. Tapi kenapa bisa mahal?

Kentang ini adalah makanan langka yang hanya tersedia di Noirmoutier, Prancis Barat. Jenis kentang La Bonnotte ini dikatakan hampir punah, itulah alasan kenapa kentang langka satu ini sangat mahal harganya.

Di seluruh Eropa, permintaan kentang selalu meningkat setiap tahunnya, karena kentang adalah salah satu makanan pokok disana.

Jika ada yang ingin merasakan kentang La Bonnotte ini, maka harus mengeluarkan uang sekitaran Rp 22 jutaan. Harga segitu bisa membawa satu kilo kentang La Bonnotte. Tertarik membelinya?

15. Zillion Dollar Lobster Omelet (Rp 28,4 juta)

Zillion Dollar Lobster Omelet
Zillion Dollar Lobster Omelet | Photo: Google Images

Tenang, namanya memang ada Zillion nya, tapi harganya sangat jauh lebih murah dari kalimat Zillion tersebut.

Dengan uang Rp 28 jutaan, kamu bisa menikmati lobster fittata lengkap dengan 10 ons Sevruga Caviar, lobster utuh, enam telur segar, krim, daun bawang, dan saus lobster.

Itu semua disajikan dengan hamparan kentang emas Yukon. Apakah itu semua bisa membuatmu kenyang?

Kalau uang Rp 28 jutaan terasa tidak masuk akal untuk sebuah omelet lobster, maka kamu bisa mencoba versi mini nya yang dihargai sekitar Rp 3 jutaan. Tentu isiannya jauh lebih sedikit dari versi yang lebih mahal.

16. Sup Sarang Burung (Rp 38,7 juta)

Bird Nest Soup
Sup Sarang Burung | Photo: businessinsider.com

Sup Sarang Burung termasuk salah satu makanan termahal di dunia, bukan karena kelangkaannya, bukan juga karena dilapisi emas. Melainkan karena proses pembuatannya yang agak rumit.

Sup Sarang Burung ini tidak diciptakan dari sembarang burung, melainkan dari sarang burung walet.

Biasanya burung walet membuat sarang menggunakan air liurnya, menciptakan cangkang sarang seperti lilin yang sangat keras untuk menjaga bayi-bayi mereka.

Untuk mendapatkan sarang burung walet tidaklah mudah, karena sarang bisa ditemukan di tepi tebing yang sangat tinggi, atau diatas pohon tertinggi di hutan.

Para pencari sarang burung walet pun harus bisa menilai kematangan sebuah sarang yang akan diambil. Tidak semua sarang bisa diambil.

Bahkan jika ingin diambil pun, para pencari sarang burung walet harus memastikan kalau sudah tidak ada burung walet yang tinggal lagi di sarang tersebut.

Setelah sarang burung diambil, sarang tersebut kemudian disanitasi dan dijual sebagai bongkahan air liur burung walet.

Hasil akhirnya akan terlihat memiliki tekstur lembur seperti jeli, rasa manis, dan mengandung 70% protein. Biasanya banyak dijadikan sup.

17. Black Truffle (Rp 48,3 juta)

Bahan Makanan Termahal di Dunia, Black Truffle
Black Truffle | Photo: langhe.net

Black Truffle adalah salah satu jenis jamur yang banyak ditemukan di Prancis. Black Truffle juga termasuk salah satu bahan makanan termahal di dunia, harganya masih dibawah White Truffle.

Banyak orang berpendapat bahwa rasa dari Black Truffle ini sangat luar biasa. Banyak disajikan sebagai makanan mewah di restoran teratas bintang lima, bahkan juga sering dijadikan penambah rasa beberapa makanan di restoran.

Untuk bisa mendapatkan Black Truffle, tentu kamu harus mengeluarkan paling tidak uang sekitar Rp 48 jutaan untuk per kilogramnya.

18. Bluefin Tuna (Rp 56,9 juta)

Bluefin Tuna
Bluefin Tuna | Photo: seriouseats.com

Bluefin Tuna, atau Tuna Sirip Biru adalah salah satu jenis tuna yang dianggap hampir punah. Anehnya pasokan dagingnya sering tersedia di beberapa toko.

Saking langkanya, siapapun yang menginginkan daging tuna ini harus mengeluarkan setidaknya Rp 56 jutaan. Harganya bisa lebih mahal ketika sudah dijadikan sebuah hidangan di restoran.

19. Pizza Royale 007 (Rp 59,7 juta)

Domenico Crolla with Pizza Royale 007
Pizza Royale 007 | Photo: yahoo.com

Apakah dengan memakan Pizza Royale 007 ini bisa langsung jadi mata-mata 007? Sayangnya tidak.

Domenico Crolla, seorang koki di Skotlandia, telah menciptakan pizza mewah dan elegan yang cocok untuk para agen 007.

Isian pizza terdiri dari kaviar basah Dom Perignon, salmon asap Skotlandia, lobster yang direndam dalam cognac, daging rusa, prosciutto Italia, cuka balsamic, saus tomat sunblush, dan ditaburi serpihan emas.

Crolla meletakan kreasi pizza tersebut di Ebay dan berkata kalau dia akan pergi ke rumah penawar tertinggi untuk membuat makanan mahal satu ini. Atau dia akan mengundang si penawar ke restorannya langsung.

Sebuah pizza dihargai Rp 59 jutaan? Tentu tidak masuk akal. Tapi berita baiknya, uang yang kamu keluarkan untuk membeli pizza mahal ini akan Crolla berikan untuk amal.

20. FleurBurger 5000 (Rp 71,2 juta)

Burger Termahal di Dunia, FleurBurger 5000
FleurBurger 5000 | Photo: esquire.com

FleurBurger 5000 termasuk salah satu makanan termahal di dunia yang harganya bisa buatmu geleng-geleng kepala, melihat dari ukuran makanan dan harganya yang tidak sebanding.

Di Las Vegas, Nevada, Chef Huber Keller menciptakan sebuah burger termahal yang pernah dibuat, dinamakan FleurBurger 5000.

Burger tersebut dibuat dengan isian daging sapi wagyu panggang yang disiram mentega gourmet.

Kemudian diisi lagi beberapa lembaran foie gras, lemak bebek, mentega, dan white truffle yang dibakar untuk membuat campuran saus yang renyah dan beraroma sempurna.

Burger kemudian ditempatkan diantara roti brioche dan disajikan dengan sebotol wine Petrus 1995. Sangat elegan bukan?

21. White Truffles (Rp 102,3 juta per kg)

Bahan Makanan Termahal di Dunia, White Truffle
White Truffle | Photo: theolivet.com

White Truffles adalah salah satu bahan makanan termahal di dunia, yang harganya melebihi Black Truffle.

White Truffle termasuk sejenis jamur bawah tanah yang memiliki bau yang sangat tajam, bentuknya pun terlihat mirip seperti kentang atau gumpalan adonan kue.

Jamur ini bisa ditemukan di dekat pohon ek di Italia dan Prancis. Selain itu untuk menemukannya memerlukan skill sekaligus bantuan anjing pelacak untuk mengendus bau jamurnya.

Menurut pencari white truffle, jamur ini tidak mungkin bisa dibudidayakan karena pertumbuhan dan produksinya yang sama sekali tidak dapat diprediksi.

Itulah kenapa White Truffle dihargai sangat mahal, karena kelangkaannya sekaligus pencarian jamurnya yang sangat sulit. Apalagi jamur ini tidak dibudidayakan.

22. Vanilla Madagaskar (Rp 113,7 juta per kg)

Vanilla Madagaskar
Vanilla Madagaskar | Photo: amazon.com

Vanilla Madagaskar termasuk jenis rempah-rempah yang paling banyak dicari di dunia, namun sayangnya rempah satu ini paling sulit untuk dipanen.

Bunga vanili hanya mekar selama beberapa jam setahun sekali, itulah yang membuat petani vanili harus siap siaga ketika bunga tersebut mekar.

Vanilla yang dihasilkan di Madagskar memiliki nilai yang jauh lebih tinggi dibandingkan vanilla jenis lainnya. Selain langka, vanilla disana juga banyak dicari oleh orang-orang.

23. White Pearl Albino Caviar (Rp 129,3 juta per kg)

White Pearl Albino Caviar
White Pearl Albino Caviar | Photo: kolikofcaviar.com

Satu kilogram kaviar ini dihargai sekitar Rp 129 jutaan, tentu harga yang tidak main-main bukan untuk satu kilo kaviar.

Sturgeon Albino adalah sejenis ikan besar yang hidup di Laut Kaspia, selain itu harga kaviar sudah sangat mahal sesuai harga pasarannya, apalagi ditambah teluk ikan ini sangat jarang didapat.

White Pearl Albino Caviar dihasilkan dari Sturgeon Albino, dan untuk mendapatkan telur dari ikan ini hanya ketika mereka diperkirakan berusia sekitar 100 tahun.

24. Pizza Louis XIII (Rp 170,6 juta)

Pizza Louis XIII
Pizza Louis XIII | Photo: manoosh.com.au

Pizza Louis XIII adalah pizza yang paling mahal diantara pizza yang lain. Pizza ini dibuat dengan adonan yang membutuhkan 72 jam waktu pendinginan sebelum dipanggang.

Bahkan saat memproses adonan pizza, butuh waktu hingga berjam-jam untuk merenggangkan dan memanjangkan adonannya ketingkat yang sempurna sebelum diratakan dengan mozzarella.

Setelah adonan sempurna, pizza langsung dilapisi dan ditaburi dengan tiga jenis kaviar yang berbeda, lobster dari Norwegia dan Cilento.

Lalu ditaburi dengan butiran garam laut merah muda dari Australia yang diambil langsung dari Sungai Murray.

Tidak ada lapisan emas? Tidak ada. Pizza ini dihargai mahal karena proses pembuatan dan bahan-bahan yang dipakai.

25. Pie Daging (Rp 202,7 juta)

Expensive Meat Pie
Pie Daging | Photo: concreteplayground.com

Apa yang membuat Pie Daging ini menjadi salah satu makanan termahal di dunia? Ini bukanlah pie daging biasa yang ada di toko-toko, pie satu ini berisi bahan-bahan paling premium di dalamnya.

Bahan-bahan yang dipakai terdiri dari daging Wagyu Jepang, Jamur Matsutake, Black Truffle, jamur Bluefoot Prancis, dan saus yang dibuat dari 2 botol anggur Chateu Mouton Rothschild tahun 1982.

Setelah itu, diatasnya dilapisi dengan daun emas yang bisa dimakan senilai sekitar Rp 3 jutaan. Untuk perpotong pie nya saja kamu harus mengeluarkan uang sekitar Rp 25 jutaan.

Hanya ada satu meja pelanggan yang pernah memakan pai daging super mahal satu ini, dan itu adalah grup yang terdiri dari 8 tamu pada 14 November 2005.

26. Stilt Fisherman’s Indulgence (Rp 206,1 juta)

Makanan Penutup Termahal, Stilt Fisherman’s Indulgence
Stilt Fisherman’s Indulgence | Photo: Google Images

Sebuah resort di Sri Lanka menciptakan makanan penutup yang paling berseni dan paling mahal diantara makanan penutup yang lain.

Koki memasukan buah ke dalam krim Irlandia, merendamnya di Dom Perignon, lalu membuat sebuah benteng krim manis berbentuk silinder dan diatasnya ditambahkan dengan buah lagi.

Kemudian semua itu digabungkan dengan ukiran coklat berbentuk seorang nelayan.

Agar coklat bisa seimbang, coklat tersebut diganjal dengan batu permata aquamarine 80 karat yang ditempatkan diatas ukiran coklat berbentuk nelayan tersebut.

Tentu batu permata tadi bisa para tamu atau pemesan simpan dan gunakan sendiri ketika makanan penutup tersebut sudah habis disantap.

Jadi kesimpulannya? Yang membuatnya super mahal adalah batu aquamarine nya itu. Untuk coklat dan isiannya bisa jadi dibawah seratus juta.

27. Taco di Grand Velas Los Cabos (Rp 355,4 juta)

Grand Velas Los Cabos Tacos
Taco di Grand Velas Los Cabos | Photo: cnbc.com

Biasanya satu Taco dihargai sekitar 30 sampai 50 ribu rupiah. Tetapi di Grand Velas Los Cabos Resort di Meksiko memberi harga Taco sekitar Rp 355 jutaan, dimana harga segitu sudah bisa membeli mobil baru.

Apa yang membuatnya mahal? Ternyata ada pada isiannya. Dimana Taco diisi dengan daging sapi Kobe, kaviar Almas Beluga, keju Brie Black Truffle dengan tortilla jagung yang mengandung emas.

Untuk menikmatinya kamu harus memberikan uang muka sekitar Rp 177 juta dulu sebelum menerima hidangan penuhnya.

28. Golden Cannoli (Rp 369,7 juta)

Golden Cannoli
Golden Cannoli | Photo: luxuo.com

Golden Cannoli buatan Chef Jasper Mirabile Jr. adalah yang paling termahal diantara Canoli lainnya di dunia.

Ia berkata bahwa resep yang digunakan merupakan resep keluarga dan sudah teruji turun-temurun dari nenek buyutnya.

Apa isiannya? Cannoli ini diisi dengan cokelat pekat yang kaya, keju ricotta kocok, dan ditaburi manisan potongan lemon.

Kemudian dilapisi dengan daun emas, dan dibungkus dengan hati-hati agar bentuknya tidak berubah.

29. Yubari King Melon (Rp 412,3 juta)

Buah Termahal, Yubari King Melon
Yubari King Melon | Photo: vice.com

Yubari King Melon hanya tumbuh di Yubari, Jepang. Melon ini merupakan salah satu buah termahal di dunia.

Yubari King Melon memiliki bentuk bulat sempurna, dengan daging buahnya manis merata tanpa ada rasa pahitnya.

Seorang presiden di sebuah perusahaan besar di Jepang pernah membeli dua melon ini seharga Rp 412 jutaan pada tahun 2018.

Jumlah tersebut lebih besar dibandingkan penjualan seluruh melon tahun sebelumnya di Jepang.

30. Puding Cokelat (Rp 497,7 juta)

Expensive Chocolate Pudding
Puding Cokelat | Photo: luxuo.com

Apa yang membuat Puding Cokelat ini menjadi salah satu makanan termahal di dunia? Apakah karena bahan-bahan isiannya?

Puding cokelat ini mengandung empat jenis cokelat Belgia, jeli sampanye, coklat berbentuk telur Faberge, daun emas yang dapat dimakan, dan kaviar. Kemudian diatasnya diberi berlian dua karat.

Yup, lagi-lagi lapisan emas dan berlian dua karat yang membuat puding cokelat ini menjadi super mahal berkali-kali lipat dibandingkan puding cokelat pada umumnya.

31. Almas Caviar (Rp 526,1 juta per sendok teh)

Makanan Termahal di Dunia, Almas Caviar
Almas Caviar | Photo: detik.com

Almas Caviar adalah makanan termahal di dunia yang disebabkan karena kelangkaannya.

Kaviar ini hanya dijual di satu toko bernama Caviar House & Prunier di Picadilly, London. Kaviar diimpor dari Iran, berwarna emas muda dan dijual dalam kaleng emas 24 karat.

Kaviar ini berasal dari ikan Sturgeon yang dipercaya bisa meningkatkan ketahanan fisik dan kekuatan seseorang jika ia memakan telurnya.

Karena Sturgeon adalah ikan yang dalam bahaya kepunahan, maka harga-harga telur dari ikan tersebut melambung sangat tinggi.

Lalu kenapa harganya lebih dari Rp 500 juta hanya dapat memakan kaviar sesendok teh saja? Karena kaviar ini hanya berasal dari Sturgeon Albino, yang nyatanya lebih langka lagi spesiesnya.

32. Tullibardine Whiskey 1952 (Rp 583 juta)

Tullibardine Whiskey 1952
Tullibardine Whiskey 1952 | Photo: luxatic.com

Botol whiskey Tullibardine berusia lebih dari 60 tahun, sangat jarang dan bahkan sedikit yang menjualnya.

Whiskey ini mahal karena hanya diproduksi sekitar 70 botol saja. Untuk jumlah 70 saja dibutuhkan satu tong whiskey.

Setiap botolnya dirancang oleh pembuat kristal Prancis Baccarat yang mendesain botol dengan elemen emas dan juga kristal.

33. Acqua Di Cristallo Tributo a Modigliani (Rp 853,2 juta per 750 mL)

Acqua Di Cristallo Trubuto a Modigliani
Acqua Di Cristallo Trubuto a Modigliani | Photo: mostfamouslist.com

Ini adalah botol air paling mahal di dunia. Airnya bersumber dari Prancis, Islandia, dan Fiji. Harganya saja sudah sebanding dengan rumah dua tingkat minimalis di Indonesia.

Air tersebut dijual dalam botol yang dirancang oleh Fernando Altamirano, yang juga merancang botol Cognac Dudognon Heritage Henry IV yang merupakan botol Corgac termahal di dunia.

Botolnya sendiri bisa menampung 750 mL air dan terbuat dari emas murni 24 karat. Air dalam botol tersebut memiliki kandungan air geltser dari Islandia dan bercampur dengan serpihan kecil debu emas.

34. Thanksgiving Dinner (Rp 1 milliar)

Most Expensive Thanksgiving Dinner
Thanksgiving Dinner | Photo: cnbc.com

Old Homestead Steakhouse di New York City pernah membuat menu makan malam Thanksgiving termahal di Amerika.

Untuk harga makan malam yang lebih dari Rp 1 milliar ini kamu akan mendapatkan menu daging sapi Wagyu jepang, Gravy saus dari bourbon Pappy Van Winkle.

Lalu ada ubi kocok dengan topping kaviar hitam senilai Rp 25 jutaan, kentang tumbuk dengan keju impor, foie gras, kalkun bumbu dengan minyak zaitun, saus cranberry yang dicampur dengan French Cabernet Sauvignon.

Selain itu, menu ini juga termasuk 4 tiket ke Hamilton, kupon belanja sekitar 107 juta di Fifth Avenue di New York, menginap dua malam di Suite Mandarin Oriental Luxury yang menghadap ke Central Park, New York.

Serta juga jam tangan dari pabrikan Swiss Ulysse Nardin seharga lebih dari Rp 205 juta.

Tentu harga menu makan malam saat Thanksgiving diatas dibilang sepadan dengan apa yang akan diterima. Bukan menu makan malam saja, tapi juga ada kupon belanja hingga jam tangan seharga ratusan juta rupiah.

35. Chateau Margaux 1787 (Rp 7,1 milliar)

Most Expensive Wine, Chateau Margaux 1787
Chateau Margaux 1787 | Photo: lazypenguins.com

Chateau Margaux adalah botol wine paling mahal sedunia. Cerita dimulai pada tahun 1985 ketika seorang pekerja konstruksi menemukan selusin botol wine yang bertuliskan tahun 1784-1789.

Botol tersebut juga terdapat tulisan “Th.J” dimana tulisan itu cocok dengan nama Thomas Jefferson, yang menuliskan deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat.

Seorang pedagang anggur di Manhattan bernama William Sokolin membeli botol wine tersebut seharga $500.000. Itulah kenapa botol wine Chateau Margaux sangatlah mahal dan belum ada yang bisa menandingi harga wine ini.

36. Kue Natal di Tokyo, Jepang (Rp 24,4 milliar)

Kue Natal Termahal di Dunia, Christmas Cake di Tokyo, Jepang
Kue Natal Termahal | Photo: alux.com

Seorang koki di Tokyo bernama Jeong Hong-yong membutuhkan waktu sekitar 6 bulan untuk merancang kue natal yang akan menjadi makanan termahal di dunia ini.

Dengan 223 berlian total 170 karat, termasuk batu berlian 5 karat berbentuk hati, tentu menarik banyak perhatian orang sekitar.

Kue natal tersebut dipajang di Takashimaya, sebuah department store di Tokyo, Jepang. Dijaga 24 jam nonstop.

Apakah ada yang membeli kue natal tersebut? Sayangnya tidak ada. Tapi walaupun begitu, tetap kue natal itu menjadi yang paling mahal diantara kue natal yang lain.

Kesimpulan

Itu tadi beberapa deretan makanan termahal di dunia, mulai dari yang harganya Rp 2 jutaan hingga Rp 25 milliar. Dengan harga segitu, tentu tidak banyak orang yang bisa membelinya.

Dari beberapa makanan diatas, harga mahal bisa dipengaruhi oleh bahan yang dipakai seperti emas atau berlian, bisa juga karena proses dan kelangkaan bahan makanannya.

Seperti hukum perdagangan saja, kalau pasokan melimpah harga menjadi murah, kalau pasokan menurun harga menjadi mahal.

Bytheway dari daftar makanan diatas, kamu paling ingin makan makanan yang mana nih? Yuk tuliskan pilihanmu di komentar!

100 Film Korea Terbaik Dengan Alur Cerita Menarik yang Harus Kamu Lihat Sekarang Juga!

70 Makanan Jepang Terenak dan Terpopuler di Dunia!