in

36 Makanan Termahal di Dunia, Ada yang Seharga Mobil Sport!

Kami telah mengumpulkan lebih dari tiga puluh daftar makanan termahal di dunia yang bikin kamu geleng-geleng kepala saat melihat harga-harganya, bahkan ada yang seharga mobil!

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya ‘kok ada makanan yang harganya segitu?’ yah, memang pada kenyataannya, ada.

Dikatakan mahal bisa berarti bahan makanannya sulit dicari, jumlahnya yang sedikit dan langka, atau bisa juga lapisan makanannya yang mahal, seperti dilapisi emas.

Nah, berikut kami sajikan deretan makanan termahal di dunia yang memiliki harga mulai dari yang wajar sampai yang gak disangka-sangka.

1. Foie Gras (Rp 2 juta per kg)

Foie Gras
Foie Gras | Photo: wikipedia.com

Foie Gras adalah makanan yang terbuat dari hati bebek atau angsa yang telah digemukan. Dari hal rasa, hampir mirip jeroan bebek pada umumnya. Memiliki tekstur yang halus dan banyak disukai pecinta kuliner.

Namun sayangnya kalau kamu menginginkan makanan ini, kamu harus mengeluarkan uang sekitar Rp 2 jutaan per 1 kg nya. Tentu kamu bisa membeli setengah kilo untuk mendapatkan setengah harga.

2. Ayam Cemani (Rp 2,8 juta per ekor)

Makanan dari Ayam Cemani
Ayam Cemani | Photo: Google Images

Ayam Cemani dikembangbiakan di Indonesia, namun tidak diekspor ke berbagai negara karena dikhawatirkan bisa menyebabkan flu burung.

Ayam Cemani bisa dikatakan sangat langka, sehingga satu ekornya bisa dihargai sekitar Rp 2,8 jutaan.

Makanan dari daging Ayam Cemani bisa menjadi salah satu makanan termahal di Indonesia jika dijual di restoran. Bahkkan di luar negeri, harga perekornya bisa mencapai puluhan ribu dollar.

Namun di Malaysia, Ayam Cemani sangatlah umum, sehingga harganya tidak lebih tinggi dari Ayam biasa.

3. Kopi Luwak (Rp 2,8 juta per kg)

Secangkir Kopi
Kopi Luwak | Photo: Google Images

Kopi Luwak pada dasarnya dimulai dari kopi biasa dan tidak memiliki kelebihan dibandingkan kopi lainnya. Namun yang membuatnya berbeda adalah proses pembuatannya.

Kopi Luwak diproduksi melalui kotoran musang. Awalnya musang memakan biji-biji kopi, lalu kemudian menghasilkan kotoran beserta biji kopinya, dan proses akhir kotoran tersebut diproses menjadi kopi luwak.

Banyak orang mengklaim kopi ini memiliki rasa yang unik dan khas, namun disisi lain beberapa orang tidak merasakan perbedaan kopi ini dengan kopi yang lainnya ketika mereka minum.

Apapun itu, tetap Kopi Luwak menjadi minuman yang dianggap premium dan memiliki harga yang mahal untuk perkilo biji kopinya.

4. Quintessential Grilled Cheese (Rp 3,4 juta)

Quintessential Grilled Cheese
Quintessential Grilled Cheese | Photo: cnbc.com

Quintessential Grilled Cheese atau bisa dibilang Keju panggang adalah makanan rumahan yang murah, mudah dibuat, dan sangat lezat.

Tapi di Serendipity 3 di kota New York, Amerika Serikat, keju panggang ini diubah menjadi sebuah makanan yang memiliki rasa klasik dengan kelezatan yang berbeda dari keju panggang yang dibuat sendiri dirumah.

Perbedaannya ada pada penyajiannya keju panggangnya. Kamu akan disajikan keju panggang ini dengan roti Prancis yang direndam dalam sampanye Dom Perignon, lalu dipanggang dengan serpihan emas 23 karat.

Kemudian diisi dengan Cociocavallo Podolico, keju Italia langka yang membutuhkan susu dari jenis sapi unik (sapi yang populasinya hanya sekitar 25.000 di dunia).

Roti yang dipanggang kemudian disikat dengan minyak white truffle dan lebih banyak serpihan emas, lalu ditekan kedalam oven, dan ditambahkan lagi dengan lembaran emas.

Terasa kebanyakan serpihan emas di makanan? Memang. Itulah yang membuat makanan sederhana ini memiliki harga yang mahal di Serendipiti 3 di New York, Amerika Serikat.

5. Billion Dollar Popcorn (Rp 3,5 juta)

Makanan termahal di Dunia, Billion Dollar Popcorn
Billion Dollar Popcorn | Photo: bercospopcorn.com

Billion Dollar Popcorn termasuk salah satu makanan termahal di dunia. Bukan karena harganya sampai milliar dollar, namun lagi-lagi karena dilapisi oleh emas 23 karat dan bahan unik lainnya.

Untuk 1 porsi popcorn (disajikan menggunakan ember plastik sedang) kamu perlu mengeluarkan sekitar Rp 3,5 jutaan. Tapi tenang, rasanya sebanding dengan uang yang dikeluarkan kok.

Popcorn ini dibuat dari garam pulau Laeso, dilapisi dengan mentega Vermont, dan memiliki kandungan vanilla bourbon Neilsen-Massey.

Nama bahannya menang unik, dan juga sulit dicari. Itulah yang membuat Popcorn ini memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan popcorn yang lain.

6. Le Burger Extravagant (Rp 4,2 juta)

Makanan Termahal di Dunia, Le Burger Extravagant
Le Burger Extravagant | Photo: guinnessworldrecords.com

Burger ini sangatlah mewah. Dibuat dari daging sapi Wagyu Jepang, ditambah dengan mentega truffle, lalu dilapisi taburan keju cheddar James Montgomery, tak lupa telur puyuh goreng dan black truffle.

Sebelum disajikan, burger ini diberi taburan emas diatasnya, diolesi dengan mentega white truffle dan diatasnya diberi kaviar, blini dan krim fraiche.

Bahan-bahan yang dipakai saja sudah sangat-sangat premium, tak heran Le Burger Extravagant memiliki harga sekitar Rp 4,2 jutaan.

7. Ham Iberia yang Diawetkan Kering (Rp 5 juta per kg)

Bahan Makanan Termahal di Dunia, Ham Iberia
Ham Iberia | Photo: everydayfoodblog.com

Ham adalah daging babi, dan babi Iberia adalah jenis langka yang hanya ada di Semenanjung Iberia (termasuk negara Spanyol, Portugal, Andorra dan Gibraltar).

Ham Iberia yang diawetkan kering sekitar 3 tahunan memiliki harga mencapai Rp 5 jutaan per kilonya. Karena langkanya, tidak dijual sembarangan, dan tentu hanya akan dijual kepada penawar tertinggi.

8. Saffron (Rp 7,1 juta per ons)

Bahan Makanan Termahal di Dunia, Saffron
Saffron | Photo: healthline.com

Dilihat dari bentuk dan porsinya dengan harga yang mencapai Rp 7 jutaan per ons, tentu membuat Saffon menjadi salah satu makanan termahal di dunia.

Saffron terkenal mahal karena kelangkaannya dan hanya bisa dibeli ketika kondisi cuaca yang terbatas dimana Saffron bisa mekar dan dipanen.

Sekitar 90% Saffron di dunia ditanam di ladang gersang di Iran, karena Saffron hanya mekar selama 7 hari pertahun di musim gugurnya.

9. Jamur Matsutake (Rp 7,8 juta per kg)

Makanan Termahal di Dunia, Jamur Matsutake
Jamur Matsutake | Photo: wikipedia.com

Jamur Matsutake termasuk salah satu bahan makanan termahal di dunia yang terancam punah. Alasannya karena jamur ini hanya tumbuh di beberapa wilayah di Jepang.

Jamur ini sangat sulit sekali ditemukan, bahkan harganya saja melambung tinggi hampir sekitaran Rp 8 jutaan perkilonya. Harga tersebut dua kali lipat dari harga sebelum jamur ini terancam punah.

10. Douche Burger (Rp 9,5 juta)

Douche Burger, Burger Termahal
Douche Burger | Photo: time.com

Kenapa Burger ini diberi harga $666? Alasannya karena Burger ini dibuat untuk mengejek Le Burger Extravagant pada masa debutnya di dunia makanan.

Burger ini sebenarnya dibuat hanya sebagai bahan ejekan saja, dan uniknya ada satu orang yang benar-benar memesannnya. Apa yang membuatnya bisa jadi mahal?

Walau sebagai bahan ejekan, isian Douche Burger terbilang tak kalah premium dari Le Burger Extravagant.

Dimulai dari roti dengan isian daging sapi Kobe, lalu ditambah isian Foie Gras dan lapisan emas yang bisa dimakan. Kemudian ditambahkan kaviar, lobster, truffle, dan keju Gruyere yang dilelehkan dengan uap sampanye.

Semua bahan diatas ditutup dengan saus barbeque yang dibuat dengan kopi Luwak. Terkesan premium bukan?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

Loading…

0

100 Film Korea Terbaik Dengan Alur Cerita Menarik yang Harus Kamu Lihat Sekarang Juga!

70 Makanan Jepang Paling Populer di Dunia yang Harus Kamu Coba Saat Berkunjung Kesana!