FOOD

Kenapa Masakan Rendang Padang Itu Rasanya Enak? Ini Dia Alasannya

Rendang

Rendang itu enak banget lho!

Masakan rendang Padang menjadi salah satu masakan Indonesia yang pernah memuncaki daftar masakan terlezat nomor satu di dunia. Memiliki cita rasa yang khas dengan aroma rempah-rempahnya yang kuat membuat masakan rendang Padang ini menjadi masakan yang paling disukai oleh banyak orang.

Masakan rendang Padang ini bisa kamu dapati di rumah makan sederhana khas Minang yang tentu restorannya selalu ada di setiap daerah di Indonesia. Kamu yang pernah memakan masakan rendang pastinya berpikiran kalau makanannya enak bukan?

Nah, berikut ini Wokeeh berikan beberapa alasan kenapa rasa masakan rendang Padang bisa enak dan membuat kita ketagihan.

1. Masakan Rendang Padang banyak menggunakan rempah-rempah yang kaya sebagai bumbu masakannya

Rendang - Masakan Rendang Padang Paling Enak

Rendang via flickr.com

Alasan kenapa banyak orang luar negeri menyukai rendang adalah karena bumbu rendang nya sendiri yang sulit dicari diluar Indonesia. Selain itu rendang juga menggunakan bumbu rempah yang kaya. Seperti campuran bumbu khas yang dihaluskan, diantaranya ada cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawah merah dan putih, serta bumbu-bumbu lainnya.

2. Masakan Rendang Padang juga menggunakan bahan-bahan alami dan bebas pengawet

Rendang - Masakan Rendang

Nasi Padang

Selain karena bumbu-bumbunya yang kaya, kelezatan masakan rendang Padang ini juga disebabkan oleh penggunaan bahan-bahannya yang alami. Seperti contohnya pada penggunaan bawang putih, bawang merah, lengkuas, jahe yang itu semua bersifat sebagai bahan pengawet alami dan diketahui memiliki aktivitas antimikroba yang kuat. Jadi karena alasan itulah kenapa rendang bisa disimpan lebih dari satu atau dua minggu, bahkan bisa lebih dari sebulan jika disimpan di dalam lemari es.

3. Berbeda restoran dan pemilik, berbeda juga cara memasak rendangnya

Masakan Rendang

Rendang yang masih dimasak

Harus kita akui kalau setiap restoran masakan Padang di seluruh Indonesia memiliki cara memasak rendang yang berbeda-beda dan tidak semua caranya sama. Di daerah asalnya sendiri, Minangkabau, menyajikan masakan rendang untuk acara-acara istimewa. Dan masing-masing daerah di Minangkabau memiliki cara memasak rendang serta penggunaan bumbu yang berbeda-beda pula.

Baca Juga :  Tak Cuma Rendang, Beberapa Kuliner Khas Sumatera Barat Berikut Ini Juga Memiliki Rasa yang Enak Lho, Wajib Kamu Cicipi!

4. Bumbu rendang yang digunakan dimasak dengan lama sehingga meresap kedalam daging

Masakan Rendang Padang Paling Enak

Rendang

Bahan utama masakan rendang Padang adalah daging sapi. Saat proses mencampurkan daging dengan bumbunya pun dilakukan dengan waktu yang cukup lama (sekitar tiga sampai lima jam). Hal itu sendiri dilakukan agar bumbu bisa meresap sampai kedalam daging. Bisa dikatakan meresap apabila warna daging sudah terlihat berwarna coklat terang dan keemasan.

5. Ada peran-peran kecil dari setiap bumbu rendang yang dipakai saat memasak

Masakan Rendang

Rendang

Bumbu-bumbu yang diolah untuk memasak rendang juga memiliki perannya masing-masing seperti yang dijelaskan berikut ini:

  • Cabai: Untuk membuat rendang yang bercitarasa pedas, penggunaan cabai juga berpengaruh. Bisa menggunakan cabai merah besar atau cabai merah keriting sebagai salah satu bumbunya.
  • Serai: Rempah ini digunakan untuk membuat rendang memiliki bau harum yang khas.
  • Kunyit: Digunakan untuk membuat warna rendang menjadi lebih menarik dan menggugah selera.
  • Jahe: Kegunaan jahe sebagai bumbu rendang adalah untuk menambah aroma wangi dan cita rasa agak pedas pada dagingnya.
  • Lengkuas: Digunakan untuk membuat daging rendang agar bisa memiliki aroma yang sangat kuat.

Selain bumbu-bumbu diatas, masih banyak lagi bumbu-bumbu yang digunakan saat proses memasak masakan rendang Padang.

Intinya yang membuat masakan rendang itu menjadi enak adalah pada penggunaan bumbunya sendiri. Mau cara memasaknya berbeda pun, apabila bumbu yang digunakan sudah tepat dan sesuai aturannya, pasti bisa menghasilkan masakan rendang yang enak sekali saat disantap.

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini