in

70 Makanan Jepang Terenak dan Terpopuler di Dunia!

Kami telah mengumpulkan sekitar tujuh puluh makanan Jepang terenak dan terpopuler di dunia, yang tentunya bisa kamu coba segera di restoran Jepang terdekat!

Berikut Wokeeh tampilkan deretan makanan khas Jepang paling populer yang rasanya super enak dan juga lezat!

1. Omurice

Makanan Jepang Omurice
Omurice | Photo: thespruceeats.com

Omurice adalah makanan Jepang yang mudah dibuat. Berbahan dasar nasi dan telur dadar.

Nasi biasanya ditumis bersama ayam dan saus tomat, lalu dibungkus dengan lembaran telur dadar. Dibagian atas diberikan saus tomat yang bisa kamu utak-atik cara penyajiannya.

2. Ebi Furai

Makanan Jepang Ebi Furai
Ebi Furai | Photo: justonecookbook.com

Ebi furai termasuk salah satu makanan Jepang terenak dan terpopuler di dunia, bahkan beberapa resto siap saji di Indonesia banyak yang memasukan makanan ini kedalam menu hidangannya.

Ebi furai adalah udang besar yang dicelupkan ke dalam kuning telur, lalu dilapisi dengan remah roti panko (bisa tepung panir), dan kemudian di goreng.

Hidangan ini umumnya disajikan dengan parutan kol, kubis, dan irisan lemon. Lalu bisa dinikmati dengan mayonaise, mustard, atau hoisin.

Ebi furai banyak disajikan dalam kotak bento, biasanya untuk dijadikan bekal.

3. Tamagoyaki

Makanan Jepang Tamagoyaki
Tamagoyaki | Photo: cookingwithdog.com

Tamagoyaki adalah makanan Jepang yang mudah dibuat dan paling terkenal dengan bahan dasar telur. Hampir bisa ditemui diseluruh kawasan di Jepang. Meskipun tidak ada isian, Tamagoyaki bisa dibumbui dengan gula, mirin, dan kecap.

Hidangan satu ini sering ditemukan dalam kotak bento, umumnya sering dijadikan sebagai menu sarapan atau topping sushi.

4. Onigiri

Makanan Jepang Onigiri
Onigiri | Photo: hungryhuy.com

Onigiri adalah gulungan nasi yang bertekstur kenyal, dan lembab. Onigiri banyak dijadikan sebagai makanan bekal saat piknik.

Isian Onigiri bisa berupa salmon, umeboshi plum, jamur panggang, acar, dan berbagai sayuran. Onigiri sendiri dibungkus dengan Nori.

5. Shabu-shabu

Shabu-shabu
Shabu-shabu | Photo: savorjapan.com

Shabu-shabu adalah makanan Jepang paling terkenal di dunia, hampir setiap restoran Jepang menyediakan menu ini. Shabu-shabu terdiri dari irisan daging dan sayuran yang dimasak dalam air.

Walaupun umumnya menggunakan daging sapi, Shabu-Shabu bisa juga dibuat dengan daging domba, ayam, babi, bebek, kepiting, atau lobster.

Cara makannya, kamu hanya perlu mencelupkan seluruh bahan yang disediakan kedalam air yang dimasak dalam panci, lalu tunggu hingga daging atau sayurannya matang, kemudian dinikmati.

6. Sashimi

Makanan Jepang Sashimi
Sashimi | Photo: welovejapanesefood.com

Sashimi adalah makanan Jepang yang terdiri dari ikan mentah yang diiris tipis atau kerang yang disajikan dengan kecap, wasabi, atau pasta jahe.

Paling umum daging yang digunakan untuk sashimi adalah daging tuna, cumi-cumi, ikan, gurita, dan kerang.

Sashimi banyak dijadikan sebagai hidangan pembuka, disajikan dengan hiasan daun shiso, timun, dan rumput laut wakame serta tosaka-nori.

7. Mochi

Makanan Jepang Mochi
Mochi | Photo: theculturetrip.com

Di Indonesia juga ada Mochi. Tapi tahukah kamu kalau Mochi paling populer di dunia berasal dari Jepang.

Mochi tradisional dibuat dengan menumbuk nasi ketan hingga berbentuk menjadi pasta kental. Kemudian digulung dan dibentuk menjadi bulatan kecil.

8. Sushi

Makanan Jepang Sushi
Sushi | Photo: nippon.com

Sushi adalah makanan Jepang yang dibuat dengan nasi dan isian yang digulung dalam selembar rumput laut kering (nori).

Bahan utama Sushi adalah nasi cuka, dengan isian ikan mentah. Tetapi bisa juga menggunakan daging, sayuran, atau seafood seperti cumi-cumi dan gurita.

Jenis Sushi paling terkenal adalah Chirashizushi, Oshizushi, Inarizushi, Narezushi, dan Temaki.

Sushi dapat dimakan menggunakan sumpit atau bisa langsung dengan tangan. Biasanya disajikan diatas piring atau dalam kotak bento.

9. Dango

Makanan Jepang Dango
Dango | Photo: japancentre.com

Dango adalah makanan manis tradisional Jepang terenak dan paling populer di dunia, dibuat dari tepung beras dan pangsit gula yang ditusuk dengan bambu.

Dango yang populer disebut mitarashi dango, dilapisi dengan kecap manis dan disajikan dengan teh hijau.

10. Takoyaki

Makanan Jepang Takoyaki
Takoyaki | Photo: iamafoodblog.com

Takoyaki adalah camilan khas Jepang yang berbentuk bulatan bola yang ditusuk. Berbahan dasar tepung terigu yang dimasak dalam wajan cetakan berbentuk bola.

Umumnya Takoyaki diisi dengan daging gurita yang dipotong dadu atau dicincang, irisan sisa tempura, acar jahe dan daun bawang. Bisa dinikmati dengan mayonaise.

11. Tori Katsu

Tori Katsu
Tori Katsu | Photo: allrecipes.com

Tori katsu atau juga bisa disebut chicken katsu adalah makanan tradisional Jepang terenak dan paling populer di dunia. Makanan ini dibuat menggunakan bahan dasar daging ayam bagian dada.

Dada ayam diambil dan dikeruk menjadi empuk, lalu dicampurkan ke dalam tepung, telur, dan remah roti atau tepung panir. Setelah itu digoreng dalam minyak panas hingga warna makanan menjadi keemasan.

Potongan daging dada ayam tadi disajikan dalam bentuk potongan kecil, karena harus dimakan dengan sumpit.

Tak lupa juga Tori Katsu disajikan beserta nasi putih, saus katsu yang mengandung aroma yang tajam, manis dan juga kental.

12. Futomaki

Makanan Jepang Futomaki
Futomaki | Photo: aromasian.com

Futomaki adalah variasi sushi gulung yang memiliki ciri khas khusus pada ukuran besarnya dan bahan yang digunakan.

Makanan ini berisi rumput laut nori untuk lapisan luar, nasi sushi, dan isian pilihan seperti timun, jamur, atau wortel.

Cara makanannya adalah dengan menggunakan sumpit, lalu dicelupkan ke dalam kecap dengan bumbu pilihan. Kamu juga bisa menyantap langsung jika tidak ingin menggunakan kecap.

Futomaki pada umumnya dijadikan sebagai makanan festival, dan pada saat mulainya musim baru, orang mengkonsumsi futomaki utuh sebagai ritual keberuntungan.

13. Tsukune Yakitori

Tsukune Yakitori
Tsukune Yakitori | Photo: tokyo-memories.com

Tsukune Yakitori adalah makanan Jepang yang dibuat dari ayam giling. Dagingnya dibumbui dan biasanya dibentuk dalam roti lonjong atau bakso kecil yang ditusuk menggunakan batang bambu.

Tusuk satenya sendiri biasanya dibumbui dengan garam, lalu kecap, sake, dan mirin. Sedangkan dagingnya dilapisi dengan irisan daun bawang, bawang putih, jahe, bawang merah, dan shiso.

Tsukune disajikan dengan kuning telur mentah dan berbagai macam topping.

14. Wagashi

Makanan Jepang Wagashi
Wagashi | Photo: timeout.com

Wagashi adalah camilan manis tradisional Jepang yang biasanya dibuat dari biji-bijian dan kacang azuki. Umumnya disajikan bersama dengan teh.

Wagashi sendiri diproduksi secara berbeda setiap musimnya. Misalkan saat musim semi bunga sakura mekar, produsen membuat Wagashi dalam bentuk bunga sakura.

15. Yakiniku

Makanan Jepang Yakiniku
Yakiniku | Photo: cookpad.com

Yakiniku adalah istilah memasak potongan daging dan sayuran diatas panggangan. Yakiniku berasal dari Korea dan terinspirasi oleh masakan Korea bernama Galbi dan Bulgogi.

Yakiniku menggunakan daging dan sayuran mentah yang diiris dan dipanggang diatas panggangan. Daging yang digunakan bisa daging sapi, ayam, kerang, atau babi.

Untuk sausnya sendiri bisa menggunakan saus dari kecap asin, saus miso, dan saus minyak bawang putih.

Yakiniku biasanya dihidangkan saat perayaan besar, seperti perayaan yang dihadiri oleh banyak orang.

16. Nankotsu Yakitori

Makanna Jepang Nankotsu Yakitori
Nankotsu Yakitori | Photo: morethanrelo.com

Nankotsu adalah makanan Jepang yang dibuat dengan tulang rawan ayam, biasanya bagian dari tulang dada atau kaki.

Tulang tersebut diletakan diatas tusuk sate, kemudian dipanggang atau digoreng sebagai hidangan Yakitori.

Nankotsu memiliki tekstur yang renyah dan kental. Biasanya hidangan disajikan dengan garam dan irisan lemon disampingnya.

17. Soba

Makanan Jepang Soba
Soba | Photo: macheesmo.com

Soba adalah mie khas Jepang. Biasanya dihidangkan panas dan dingin, dimakan menggunakan sumpit.

Uniknya jika kamu memakan Soba, kamu harus menyeruput mienya dengan keras hingga bersuara, karena itu adalah bagian dari budaya umum di Jepang.

Hidangan Soba paling populer di Jepang antara lain Kake Soba, Kitsune Soba, Tempura Soba, Tanuki Soba.

18. Yaki Udon

Makanan Jepang Yaki Udon
Yaki Udon | Photo: goodtoknow.co.uk

Yaki Udon adalah masakan Jepang yang paling terkenal, makanan ini terdiri dari mie udon kenyal yang digoreng dengan berbagai bahan, lalu disiram dengan saus kedelai kaya rasa.

Hidangannya bisa disajikan menggunakan berbagai macam irisan sayuran, daging atau seafood.

Semua bahan yang telah digoreng sesegera mungkin dicampur ke mie udon yang kenyal, lalu disiram menggunakan saus yang beraroma harum dan melezatkan.

Yaki Udon disebut sebagai makanan favorit orang-orang Jepang, dimana makanan ini banyak yang jual dan hampir bisa ditemui di berbagai restoran di seluruh Jepang.

19. Senbei

Senbei
Senbei | Photo: bokksu.com

Senbei adalah kerupuk nasi dari Jepang, tersedia dalam berbagai warna, bentuk, dan juga rasa.

Senbei memiliki berbagai rasa, namun rasa manis dan gurih masih menjadi favorit orang Jepang. Senbei berbahan dasar nasi, bisa dipanggang atau digoreng.

Senbei goreng paling sering dibumbui dengan kecap dan gula. Lalu senbei panggang sering dilapisi dengan gula pasir.

Hidangan ini sering disajikan bersama teh hijau, dan dikonsumsi sebagai camilan.

20. Zenzai

Zenzai
Zenzai | Photo: asia453.wordpress.com

Zenzai adalah makanan penutup yang menggabungkan sup kacang merah kental dengan mochi, salah satu kue ketan paling terkenal di dunia.

Perpaduan antara sup kacang merah dan mochi akan terlihat sangat kontras, tapi tenang saja karena rasanya enak. Zenzai memiliki rasa manis dan pas dijadikan sebagai makanan penutup.

Zenzai dimakan dengan sendok dan sumpit, dan dikonsumsi saat musim dingin. Bisa juga didinginkan dan disajikan saat musim panas, biasanya ditambah beberapa sendok es krim.

21. Jingisukan

Makanan Jepang Jingisukan
Jingisukan | Photo: livejapan.com

Jingisukan adalah makanan Jepang khas Hokkaido yang terdiri dari daging kambing atau domba yang dipanggang. Hidangan ini sering disajikan diatas panggangan bebentuk cembung.

Kamu akan disajikan irisan daging polos atau diasinkan, dan kemudian kamu perlu memanggang dagingnya sendiri bersama berbagai sayuran seperti bawang merah, kol, daun bawang, atau paprika.

Daging yang sudah selesai dipanggang bisa dinikmati dengan kecap dan saus sambal yang ditaburi bawang putih parut.

22. Unagi

Unagi
Unagi | Photo: insidekyoto.com

Unagi adalah makanan Jepang yag berbahan dasar belut. Ini dikonsumsi dalam bentuk fillet, yang dipanggang dan diolesi dengan saus manis dan asin yang dibuat dari kecap, mirin dan gula.

Unagi bisa bervariasi dari renyah hingga kenyal, tetapi selalu berasa asin dan semi-manis. Makanan ini biasanya disajikan diatas nasi, bersama acar dan lada sansho.

23. Yakimono

Yakimono
Yakimono | Photo: tripadvisor.com

Yakimono adalah sajian berbagai makanan khas Jepang yang dibakar atau digoreng, disajikan di satu tempat. Bisa Ikan, kerang, sayuran, atau daging.

Kebanyakan hidangan Yakimono disajikan panas, sebagai hidangan pembuka sebelum hidangan utama yang lebih besar.

24. Okonomiyaki

Okonomiyaki
Okonomiyaki | Photo: sbs.com.au

Okonomiyaki adalah makanan Jepang yang paling populer. Dibuat dengan adonan dari telur, tepung, air, ubi parut, dan kubis parut.

Ditambah bahan lainnya seperti ikan, makanan laut, daging, sayuran, atau keju sebagai bahan campuran.

Adonan kemudian digoreng, lalu diberi bumbu seperti mayonaise khas Jepang, acar jahe, ikan, atau serpihan rumput laut, dan diatasnya diberi saus kental.

25. Temaki

Temaki
Temaki | Photo: unileverfoodsolutions.com.au

Temaki adalah hidangan jenis sushi yang berbentuk kerucut. Temaki terdiri dari nasi, ikan mentah, dan sayuran yang dibungkus dengan potongan rumput laut nori.

Temaki dianggap sebagai makanan Jepang yang mudah dibuat, bahannya yang mudah didapat, dan cara pembuatannya yang tidak sulit.

Temaki biasanya dimakan dengan tangan, tidak memakai sumpit, karena sumpit tidak diperlukan untuk sushi jenis ini.

Biasanya Temaki dihidangkan dengan acar jahe, wasabi, dan saus celup seperti kecap dan saus ponzu.

26. Katsudon

Makanan Jepang Katsudon
Katsudon | Photo: taste.com.au

Katsudon adalah sejenis donburi, yaitu hidangan nasi yang disajikan dalam mangkuk dengan bahan yang direbus.

Topping bisa diisi dengan potongan daging sapi, ayam, atau babi yang digoreng. Topping juga bisa ikut direbus bersama sayuran dalam saus berbumbu yang dipadukan dengan telur.

27. Monjayaki

Makanan Jepang Monjayaki
Monjayaki | Photo: favy-jp.com

Monjayaki bisa dibilang seperti pancake yang terdiri dari tepung terigu dan kaldu ikan yang disebut dashi.

Isiannya terdiri dari kol, dan sayuran lainnya yang dimasak hingga berasa renyah dibagian bawah dan matang dibagian atas.

28. Kamameshi

Makanan Jepang Kamameshi
Kamameshi | Photo: tasteatlas.com

Kamameshi adalah makanan yang dimasak dan disajikan dalam panci besi khusus yang disebut kama.

Hidangan tradisional Jepang ini dibuat dengan mengukus nasi dan dicampur berbagai jenis daging, seafood, dan sayuran.

Kamameshi biasanya dibumbui dengan sake, kecap, mirin. Lalu tekstur renyahnya dihasilkan dari kerak nasi bagian bawah yang agak gosong, biasanya menempel dibagian dasar nasi.

Topping untuk kamameshi yang paling populer adalah daging ayam, tapi bisa juga memakai daging kepiting.

29. Tataki

Tataki
Tataki | Photo: passmethedimsum.com

Tataki adalah jenis makanan Jepang yang diolah dari daging atau ikan, dimana makanannya dibakar sebentar dan dibiarkan mentah ditengahnya.

Paling umum digunakan adalah steak tuna atau beef tenderloin, karena dagingnya bisa dipotong secara sempurna, memungkinkan pembakaran merata disemua sisi.

Setelah dibakar, daging tersebut diiris tipis-tipis dan disajikan dengan disusun rapi diatas piring.

Lalu seluruh irisan daging tadi disiram dengan kecap atau saus ponzu yang dicampur air jeruk dan diaromatisasi dengan parutan jahe, bawang bombay, dan irisan bawang putih.

30. Chawanmushi

Maknana Jepang Chawanmushi
Chawanmushi | Photo: wikimedia.org

Chawanmushi adalah sejenis sup kental bertekstur lembut, mirip seperti pudding. Hidangan ini umumnya disajikan dalam cangkir kecil dan banyak dijadikan sebagai hidangan pembuka.

Bahan dalam Chawanmushi terdiri dari campuran telur yang dibumbui dengan berbagai bahan seperti dashi (kaldu Jepang), kecap, jamur, tahu, kacang ginko, dan udang kukus.

31. Kaisendon

Kaisendon
Kaisendon | Photo: livejapan.com

Kaisendon adalah hidangan yang terdiri dari makanan laut mentah yang diiris tipis seperti sashimi yang diletakan diatas nasi hangat.

Bahan yang digunakan pun tidak tetap, bisa berubah tergantung musim. Paling sering adalah bahan dari daging tuna, ikan air laut, udang, bulu babi laut, kerang, kepiting, dan terkadang telur salmon yang diasinkan.

32. Miso Ramen

Makanna Jepang Bekruah Miso Ramen
Miso Ramen | Photo: seriouseats.com

Miso ramen termasuk salah satu makanan Jepang populer dalam kategori jenis ramen. Dibuat dengan miso, kaldu, dan sayuran yang ditaruh didalam wajan.

Lalu ditaburi dengan toge, daging cincang, bawang putih, jagung manis, dan terkadang makanan laut seperti kerang, kepiting atau cumi-cumi.

33. Natto

Natto
Natto | Photo: tsunagujapan.com

Natto adalah makanan dari kedelai yang sudah difermentasi. Proses fermentasinya pun memakan waktu yang tak sebentar namun cukup sederhana.

Karena dibuat dari hasil fermentasi, membuat Natto memiliki aroma khas yang kuat dan tajam. Beberapa orang mungkin tidak suka dengan baunya itu.

Umumnya Natto dihidangkan diatas nasi hangat, lalu diberi irisan daun bawang. Jika ingin membeli ditoko, biasanya ditambahkan saus mustard, kecap, atau dicampur dengan kacang.

Walau rasa dan baunya terlihat tidak sesuai dengan selera kebanyakan orang, nyatanya Natto memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

34. Soba

Soba
Soba | Photo: killingthyme.net

Mie Soba adalah makanan tradisional Jepang yang sering disajikan panas atau dingin. Hidangan ini disajikan dengan mangkuk dan dimakan dengan sumpit.

Untuk memakannya pun harus diseruput dengan keras, memang terkesan tidak sopan jika di Indonesia, namun nyatanya itu merupakan budaya umum di Jepang.

Soba paling populer di Jepang adalah Kitsune Soba, Tanuki Soba, Kake Soba, Matcha Soba, Nishin Soba, Wanko Soba dan Tempura Soba.

 35. Kare Udon

Kare Udon
Kare Udon | Photo: cookingwithdog.com

Kare udon adalah mie kental yang dibuat dari tepung terigu, lalu disajikan dalam semangkuk kari Jepang.

Topping yang digunakan biasanya daging shabu-shabu yang diiris tipis. Tingkat kepedasannya sendiri bisa diatur sesuai selera.

36. Monaka

Monaka
Monaka | Photo: japanese-products.blog

Monaka adalah makanan manis tradisional Jepang yang terdiri dari isian selai kacang azuki yang dihempit diantara dua wafer mochi tipis.

Wafernya sendiri sangat renyah, memiliki rasa yang tidak terlalu mencolok, kering, dan hadir dalam berbagai warna serta ukuran.

Selain isian kacang azuki, Monaka juga bisa diisi dengan es krim, atau krim keju. Lalu dihidangkan bersama teh hangat.

37. Udon

Makanan Jepang Udon
Udon | Photo: onegreenplanet.org

Udon adalah mie Jepang yang kental dan kenyal, terbuat dari tepung terigu. Mie udon disajikan dalam kake udon, kuah yang dibuat dengan kecap, mirin, dan dashi.

Topping untuk Udon bisa sayuran, tempura, udang, irisan daun bawang, tahu goreng, kue beras, atau jika ingin bisa dimasukan irisan daging sapi atau ayam.

38. Okoshi

Okoshi
Okoshi | Photo: tasteatlas.com

Okoshi adalah camilan Jepang yang mirip seperti nasi. Bahan utamanya dibuat dari nasi kental, pembuatannya mengunakan butiran beras yang dipanggang hingga meletus.

Lalu dicampur dengan gula dan mentega atau sirup jagung, agar nasi yang dipanggang tadi bisa menyatu utuh.

Ketika semua bahan sudah disatukan, maka adonan dibentuk atau ditekan kedalam nampan, dan dibiarkan mengering. Setelahnya, adonan dipotong menjadi persegi.

Kebanyakan Okoshi saat ini diproduksi di pabrik dan memakai mesin, sudah jarang ada orang yang membuatnya secara tradisional menggunakan tangan.

39. Tsukemono

Tsukemono
Tsukemono | Photo: asianinspirations.com.au

Tsukemono adalah makanan pendamping makanan utama, tetapi bisa juga disajikan dengan nasi sebagai pelengkap. Hidangan ini terdiri dari acar Jepang yang diiris tipis.

Tsukemono juga dibuat dengan berbagai macam buah dan sayuran yang diawetkan, seperti lobak daikon, terong, timun, wortel, akar gobo, kubis nappa, jahe, dan tunas shiso.

40. Edamame

Edamame
Edamame | Photo: medicalnewstoday.com

Edamame adalah kedelai segar yang biasanya dikonsumsi sebagai camilan. Rasanya hampir seperti kacang, namun lebih lembut dan lebih enak.

Edamame mengandung vitamin C, dan dipercaya bisa mengurangi efek racun dari mengkonsumsi alkohol.

41. Nabemono

Nabemono
Nabemono | Photo: hashicooking.wordpress.com

Nabemono adalah hidangan yang mencampur banyak masakan dalam satu panci, lalu dimasak dengan berbagai bahan.

Di restoran Jepang, Nabemono disiapkan ditengah meja dan disajikan untuk para tamu.

Berbagai bahan disiapkan diatas meja seperti daging, seafood, sayuran, mie, tahu tempe, yang nantinyanya dimasukan ke dalam panci. Satu panci tidak bisa memuat semua bahan, jadi dimasukan secara bergiliran.

Saat bahan sedang dimasak, para tamu mengisi mangkuk masing-masing dengan kaldu yang sudah disiapkan.

42. Nimono

Makanan Jepang Nimono
Nimono | Photo: cookingwithdog.com

Nimono adalah berbagai macam makanan yang direbus secara tradisional, sering disajikan sebagai menu makan kecuali sarapan.

Bahan seperti sayuran, ikan, jamur, dan tahu biasanya direbus setengah matang dalam air, lalu dimasak kedalam kaldu shiru dalam waktu yang lama hingga cairannya meresap kedalam makanan.

Kaldu shiru yang digunakan untuk Nimono adalah dashi, kecap, mirin, cuka, miso, dan rempah lainnya.

43. Himono

Himono
Himono | Photo: hellotokyo.jp

Himono adalah hidangan yang mencangkup berbagai macam ikan kering. Umumnya ikan yang digunakan berukuran kecil seperti makarel atau sarden yang diberi mentega, diasinkan, dan dijemur kering.

Himono disajikan untuk sarapan ataupun makan siang, terkadang juga dijadikan camilan larut malam yang dipasangkan dengan nasi dan kecap.

44. Tendon

Tendon
Tendon | Photo: jw-webmagazine.com

Tendon adalah hidangan perpaduan antara tempura dan donburi. Makanan satu mangkuk ini terdiri dari makanan laut yang digoreng dan sayuran, dicampur dengan nasi.

Bahan yang paling populer digunakan untuk Tendon adalah ebi atau udang, terong Jepang yang disebut nasu, serta sayuran seperti lobak daikon dan labu kabocha.

Tendon disiram dengan tentsuyu yang mengandung umami, saus tempura yang dibuat dari kaldu dashi, mirin, dan gula.

Makanan ini sering dinikmati oleh orang-orang Jepang sebagai menu makan siang atau makan malam ringan.

45. Daging Sapi Kobe

Kobe Beef
Steak Sapi Kobe | Photo: bloombergquint.com

Daging Sapi Kope adalah jenis daging yang sangat populer di Jepang, selain karena rasanya lezat, tekstur dan kelembutannya pun terbilang sempurna.

Steak dari daging sapi Kobe sangat banyak peminatnya di Jepang. Kamu bisa menikmati daging sapi Kobe di restoran teppanyaki, dimana koki memanggang dagingnya diatas piring besi dihadapan para pelanggan.

46. Oyakodon

Makanan Jepang Oyakodon
Oyakodon | Photo: kitchenmisadventures.com

Oyakodon adalah makanan percampuran ayam dan telur yang disajikan dalam semangkuk nasi putih dan potongan daun bawang. Telur yang digunakan adalah setengah matang yang disajikan diatas nasi yang panas.

Oyakodon sangat populer dijadikan untuk menu makan siang karena cara penyajiannya yang mudah.

47. Agemono

Agemono
Agemono | Photo: tripadvisor.com

Agemono adalah istilah yang mengacu pada semua jenis masakan yang digoreng.

Ada tiga teknik dasar menggoreng, yaitu Suage: digoreng tanpa lapisan tepung, Karaage: digoreng dengan lapisan tepung, Koromo-age: dilapisi adonan sebelum digoreng.

Jadi Agemono bisa berbagai macam makanan yang disajikan dengan tiga teknik dasar menggoreng tadi. Bisa tempura, bisa makanan yang lain yang digoreng hingga matang. Dimakan dengan menggunakan sumpit.

48. Korokke

Makanan Jepang Korokke
Korokke | Photo: asianinspirations.com.au

Kalau di Indonesia ada Kroket, di Prancis ada Croquette, dan di Jepang ada Korokke. Makanan ini terdiri dari kombinasi kentang yang dihaluskan dan daging cincang serta sayuran.

Semua bahan dihaluskan lalu dilapisi tepung, telur, dan remah roti, kemudian digoreng.

Korokke sering disajikan diatas meja dan dimakan menggunakan sumpit. Jika membeli di pedagang kaki lima, biasanya akan dibungkus dengan kertas dan dimakan dengan tangan.

49. Kare Raisu

Kare Raisu
Kare Raisu | Photo: hungryfordinner.com

Kare Raisu adalah makanan Jepang paling populer yang banyak dijadikan menu makan siang. Disajikan seporsi setengah yang dicampur dengan nasi dalam satu piring.

Kare dibuat menggunakan bahan daging, sayuran seperti wortel, bawang, dan kentang. Terkadang ditambah mentimun atau terong diatasnya.

50. Kasutera

Kasutera
Kasutera | Photo: pinterest.com

Kasutera adalah kue bolu tradisional Jepang yang dibuat dengan gula, tepung, telur, dan sirup. Kue bolu ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal, rasanya pun enak.

51. Taiyaki

Makanan Jepang Taiyaki
Taiyaki | Photo: byfood.com

Taiyaki adalah kue berbentuk ikan yang biasa dikonsumsi sebagai cemilan. Terbuat dari tepung dengan isian pasta kacang manis azuki.

Taiyaki enak disajikan saat masih hangat, dan biasanya sering dijumpai di kios-kios saat festival musim dingin di Jepang.

Ciri Taiyaki yang enak bisa dilihat dari lapisan luar renyah yang telah dipanggang hingga seluruh lapisan berwarna coklat keemasan.

Saat ini sudah banyak varian rasa pada Taiyaki, namun rasa original masih menjadi favorit di Jepang sana.

52. Negima Yakitori

Negima Yakitori
Negima Yakitori | Photo: fun-japan.jp

Negima adalah salah satu Yakitori yang dibuat dengan irisan paha ayam atau dada ayam yang ditusuk dengan potongan bawang. Negima biasanya dibumbui dengan garam (shio), dan tare (bumbu kecap kental manis).

Bahan yang sudah diberi bumbu dipanggang diatas arang panggangan Yakitori. Lalu bisa dinikmati diatas piring untuk mendinginkan Yakitori tadi sebelum dimakan menggunakan tangan.

53. Gyudon

Gyudon
Gyudon | Photo: thespruceeats.com

Gyudon adalah salah satu makanan cepat saji paling populer dan murah di Jepang. Hidangan ini terdiri dari daging sapi dan bawang yang disajikan diatas semangkuk nasi.

Daging sapi dan bawang bombay dimasak dengan kombinasi mirin, sake, gula, dan kecap, untuk memberikan rasa asin-manis pada makanan.

54. Karaage

Makanan Karaage
Karaage | Photo: asianinspirations.com.au

Karaage adalah teknik menggoreng kering. Pertama bahan dilapisi dengan tepung lalu kemudian digoreng.

Karaage juga bisa menggunakan bahan seperti daging sapi, ayam atau ikan. Umumnya menggunakan daging ayam.

55. Ikura

Ikura
Ikura | Photo: youngocean.com

Ikura adalah telur ikan salmon yang menjalani proses pengawetan dengan menggunakan air garam.

Ikura umumnya dijadikan sebagai bahan pelengkap untuk makanan utama di restoran, tapi bisa juga disantap langsung atau ditaruh diatas semangkuk nasi.

56. Makizushi

Makizushi
Makizushi | Photo: uwajimaya.com

Makizushi termasuk jenis sushi yang paling terkenal di Jepang. Jenis sushi ini terdiri dari nori yang dilapisi dengan nasi cuka, lalu ditengah nasinya diisi dengan ayam, teriyaki, dan sayuran segar.

Kombinasi tadi kemudian digulung dengan bantuan tikar bambu yang lentur, dan setelah menjadi gulungan, sushi kemudian dipotong dan disajikan.

57. Tempura

Tempura
Tempura | Photo: uncutrecipes.com

Tempura adalah berbagai macam makanan seperti udang, kerang, cumi-cumi, kepiting kecil, atau sayuran seperti jamur shiitake, asparagus, terong, dan kacang polong yang digoreng matang.

Adonan tempura terdiri dari tepung, telur, dan air untuk menjaga bahan tetap lembab dan beraroma.

58. Teriyaki

Teriyaki
Teriyaki | Photo: wikimedia.org

Teriyaki adalah teknik memasak Jepang yang bahan-bahannya dipanggang, dibakar, atau dipanggang setelah direndam dalam saus teriyaki yang terdiri dari kecap, mirin, dan gula.

Teriyaki bisa menggunakan berbagai bahan daging seperti ayam dan sapi. Lalu bisa disantap dengan nasi atau secara langsung menggunakan sumpit.

59. Manju

Makanan Jepang Manju
Manju | Photo: zojirushi.com

Manju adalah makanan manis paling terkenal di Jepang yang dikukus dan dibentuk menjadi berbagai macam bentuk. Biasanya isian Manju adalah pasta kacang merah yang disebut anko atau tsubuan.

Manju modern memiliki berbagai macam isian (tidak hanya kacang merah). Isiannya seperti krim yang dibumbui dengan jeruk, coklat atau vanili.

Manju berwarna merah dan putih seringkali diberikan sebagai hadiah terimakasih di pesta pernikahan.

Manju juga sering dijadikan oleh-oleh khas Jepang karena penampilannya yang memikat dan ukurannya yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana.

60. Tsukemen

Makanan Tsukemen
Tsukemen | Photo: timeout.com

Tsukemen adalah sajian mie yang disantap dengan cara yang terpisah. Mie dingin dicelupkan ke dalam kuah, kaldu, atau saus yang disajikan panas dalam mangkuk terpisah.

Tsukemen pada dasarnya tidak seperti ramen yang dimana mie ditempatkan langsung dalam kuahnya.

61. Daifuku

Daifuku
Daifuku | Photo: wikimedia.org

Daifuku adalah makanan manis Jepang yang cukup terkenal. Dibuat berbentuk bola kecil yang terdiri dari lapisan luar yang kenyal dengan isian yang lembut dan manis.

Kulit Daifuku dibuat dari mochi, sedangkan bahan didalamnya bisa diisi dengan krim, pasta kacang merah, atau berbagai bahan makanan manis seperti buah stroberi, dan buah manis lainnya.

62. Sukiyaki

Sukiyaki
Sukiyaki | Photo: wikimedia.org

Sukiyaki adalah makanan Jepang yang disiapkan di atas kompor gas portable, dalam panci besi tradisional. Hidangan ini biasanya diisi dengan daging sapi yang diiris sempurna.

Bahan lainnya bisa irisan kol, jamur, daun bawang, mie konnyaku, dan daun shungiku. Semua bahan kemudian dimasa dengan campuran mirin, kecap, dan gula.

Bahan-bahan tadi disajikan dalam satu panci. Menu Sukiyaki ini sangat cocok disantap beramai-ramai, karena menunya yang sangat besar.

63. Kare

Makanan Kare
Kare | Photo: pinterest.com

Kare atau bisa disebut Kari ala Jepang adalah hidangan yang paling populer di Jepang, bahkan sudah mendunia. Berbeda dari kari dari negara lain, Kare Jepang dibuat dengan bubuk kari.

Kare Jepang memiliki tiga versi, yaitu Kare Raisu (kari diatas nasi), Kare Udon (kari diatas mie), dan Kare-pan (kue yang diisi dengan kari).

64. Nigiri

Nigiri
Nigiri | Photo: kikkoman.eu

Nigiri atau Nigirizushi adalah jenis sushi yang dipres dengan tangan, dimana dagingnya diiris dan ditekan diatas nasi sushi. Terkadang perlu menggunakan nori untuk membungkus seluruh bahannya.

Toppingnya bisa menggunakan udang, tuna, atau belut. Topping harus menggunakan bahan-bahan yang segar, karena ini langsung dimakan secara mentah-mentah.

Umumnya Nigiri disajikan bersama dengan daun shiso, wasabi, kecap, atau acar jahe. Namun terkadang juga dihiasi dengan daikon dan rumput laut asin.

65. Kushiyaki

Kushiyaki
Kushiyaki | Photo: favy-jp.com

Kushiyaki adalah teknik memasak Jepang yang mencakup berbagai daging yang ditusuk dan dipanggang. Daging tersebut bisa makanan laut atau bahkan sayuran dan tahu.

Bahan yang digunakan ditusuk dengan tusuk sate bambu, lalu dibumbui dengan garam (shio) atau kecap manis yang disebut tare.

Kushiyaki harus disantap setelah selesai dipanggang, tidak boleh didiamkan terlalu lama. Untuk penyajiannya, biasanya didampingi dengan edamame, salad, atau acar sayuran.

66. Yakisoba

Yakisoba
Yakisoba | Photo: epicurious.com

Yakisoba adalah mie goreng khas Jepang. Mie ini biasanya dicampur berbagai macam daging dan juga sayuran.

Umumnya mie yang digunakan adalah mie untuk ramen yang dibuat dari tepung terigu, namun bisa juga menggunakan mie soba yang dibuat dengan soba.

Yakisoba bisa kamu jumpai diseluruh kawasan Jepang, jadi tidak harus ke daerah tertentu hanya untuk menikmati makanan ini. Setiap restoran ada yang menjualnya.

67. Sup Miso

Miso Soup
Sup Miso | Photo: thespruceeats.com

Sup miso adalah sup berbahan dasar kedelai yang dibuat dari kaldu yang disebut dashi, pasta miso, dan berbagai bahan tambahan seperti rumput laut atau tahu.

Walaupun bisa dimakan kapanpun, mayoritas orang Jepang memasak Sup Miso untuk dijadikan sebagai menu sarapan pagi.

68. Kombu

Kombu
Kombu | Photo: umai-aomori.com

Kombu adalah bahan makanan Jepang yang berbahan rumput laut. Biasanya dimakan bersama dengan nasi atau dibungkus dengan onigiri.

Lebih enak lagi apabila ditambahkan dengan jamur shiitake, biji wijen, paprika Jepang atau shisho.

69. Nori

Nori
Nori | Photo: Google Images

Nori hampir sama seperti Kombu, menggunakan bahan dasar rumput laut olahan. Proses pembuatannya sendiri dimulai dari membilas, mengeringkan, mengiris, dan dikeringkan.

Nori bisa dimakan secara langsung, namun lebih enak lagi saat digunakan untuk membungkus sushi dan onigiri, atau sebagai tambahan saat memakan sup dan hidangan mie.

70. Gyoza

Gyoza
Gyoza | Photo: cookingchanneltv.com

Gyoza adalah semacam pangsit berbentuk bulan sabit yang merupakan salah satu makanan favorit orang Jepang.

Terdiri dari lapisan tipis yang dibuat dari tepung terigu, telur, dan air, kemudian isiannya terdiri dari campuran daging dan sayuran seperti kubis, daun bawang, bawang putih, dan jahe.

Umumnya pangsit ini disajikan bersama dengan saus celup disampingnya, saus tersebut dibuat dari cuka beras, kecap, dan minyak wijen.

Gyoza biasanya dijadikan sebagai menu makanan pembuka di berbagai restoran di Jepang. Tetapi kebanyakan dijadikan sebagai camilan, dengan pendamping sake atau bir dingin.

Kesimpulan

Jadi itu tadi deretan nama makanan Jepang yang paling terkenal tidak hanya di negara Jepang saja, tapi juga di dunia.

Kalau kamu berkunjung ke Jepang nanti, pastikan beberapa daftar makanan khas Jepang diatas jangan sampai terlewatkan untuk dicoba.

Bytheway dari nama-nama makanan tadi, makanan mana yang paling ingin kamu coba? Yuk, tuliskan dikomentar!

36 Makanan Termahal di Dunia, Ada yang Seharga Mobil Sport!

35 Game Multiplayer Online Terbaik yang Bikin Kamu Ketagihan Main Lagi & Lagi!